sherryandkez wrote:Prolog
1269572_0.jpg
Well, gak perlu saya jelasin juga pasti udah pada tau ini mobil apa. Sebuah mobil yang banyak dihujat netijen mendang mending karena pake DNGA, khusus negara berkembang, udah gitu build qualitynya gubrak. Sebelum review, saya mau jawab dulu pertanyaan para netijen mendang mending,
“Kenapa sih yang masuk gak Yaris Cross global aja?”
Nah, di dunia otomotif itu pengembangan mobil gak bisa semuanya global, ada kebutuhan yang bersifat regional dan juga compliance regional. Sekarang, kalo yang masuk Yaris Cross global, apakah ada yang mau beli? Spec mesinnya jelas butuh adjustment lagi buat minum bensin busuk. Dimensinya juga kecil, nanti dikeluhin lagi ama netijen mendang mending kok gedean rivalnya. Belum lagi harganya pasti lebih mahal dan desainnya gak banyak disukain orang Indo yang hobinya bodykit gondrong GR-GRan.
Lagian netijen mendang mending itu juga pasti belom pernah naik Yaris Cross global

. Cuma sok tau aja TNGA dijamin enak. Padahal Yaris Cross global itu keras, sempit pula meskipun bantingannya gak glodakan hahaha.
“Trus kenapa bikin yang spec negara berkembang pake DNGA? TNGA donggg kan mahal!“
Sekarang saya tanya, bedanya DNGA sama TNGA apa juga netijen begitu gak bisa jawab. Taunya cuma TNGA = mahal dan DNGA = LCGC. Padahal ada TNGA-B, C etc dan DNGA-Kei, A, B. Saya tanya seberapa beda rasio high tensile steelnya, rigiditynya beda berapa banyak juga diem mereka pasti.
Intinya, TNGA-B sekalipun terlalu mahal buat masuk sini. Bayangin itu platform bisa dipake dari Aygo sampe Lexus LBX. Lagian bisa murah pun, range variable track roda/panjangnya gak bisa dilebarin/dipanjangin banget.
Oke daripada saya kebanyakan ngomel mending masuk review dah.
Car : 2023 Toyota Yaris Cross S HV GR Parts
Mileage : 15rban km lupa
Price : 450jt
Exterior
1269570_0.jpg
Kalo saya boleh jujur, saya gak begitu suka sama model luarnya. Napas sportynya kerasa, lumayan modern, but not my style. Depannya agak mirip sama Corolla Cross dicampur Highlander, tapi dalam size S. Lampu depannya surprisingly cukup terang dan focused. Grill depan gede ala SUV-Crossover Toyota jaman sekarang.
Bodykit GR keramean, tapi kayak Innova, kalo mau dapet cepet yaa harus beli yang GR

.
Sampingnya mirip seperti RAV4 yang dikecilin dan jadi SWB. Bagusnya di samping gak keramean dengan sticker dan bodykit gondrong, cukup aksen dual tone aja yang bikin modern. Velg 17” yang cukup solid dan modelnya keren, PCDnya 5x100 seperti DNGA-B lain kecuali Vios. Yang perlu diacungi jempol, di saat rival sekelasnya bannya biasa atau bahkan mereknya gak jelas, ban Yaris Cross ini Turanza T005 yang terkenal comfort.
1269571_0.jpg
Belakangnya menurut saya bagian terbaik di exterior. Terlihat cukup mahal dengan lampu LED bar keren, pintu bagasi modern dan gak norak, dan utamanya : mirip NX lama

. Sayang GR aerokit dan ducktail keramean, harusnya beli yang non-GR aja. Bagusnya lagi, pintu bagasi udah gak kayak Innova yang voice command, Yaris pake kick sensor yang lebih berguna.
Overall, Yaris Cross ini lumayan oke. Not my style, tapi bisa dimengerti kalo target market Toyota adalah orang yang pengen punya crossover sporty, bukan elegan apalagi lucu kayak Yaris Cross global.
Exterior : 8/10
Interior
Masuk ke dalam, langsung kerasa kalo bukaan pintu mobil ini agak flimsy. Gak berasa premium, agak mengecewakan liat harganya 450jt. Pintunya sendiri masih agak berat, gak seenteng kata netijen. tutup pintu juga bunyinya gak “blep” kayak Innova tapi lebih ke “brak” kayak Avanza
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
.
1269573_0.jpg
Untung desain doortrimnya bagus. Bahkan menurut saya lebih bagus dari doortrim Innova saya yang lama-lama bosen juga liatnya. Material juga gak malu-maluin, bagian atas dan sandaran tangan softpad yang empuk, tarikan pintu dan panel power window piano black, dan di tengahnya ada guratan-guratan 3D. Rasanya masih solid juga gak seringkih yang dikira.
1269574_0.jpg
Masuk ke dalem, baru keliatan dashboard yang desainnya hampir mirip sama Vios. Well sebenernya dashboardnya beda, tapi bentuknya aja yang mirip. Speedo udah pake half TFT ala Veloz, patut diacungi jempol karena ada desain cluster yang exclusive buat Yaris Cross HEV

. Saya sangat suka ngeliat speedonya. Jeleknya, kadang speedo ini suka error gak mau masuk menu setting. Solusinya ya udah matiin aja mobilnya tar dinyalain normal sendiri.
Head unit pake OEM bukan ala Toyota lokal, sayangnya malah jadi kehilangan fitur emoney yang lumayan kepake. Bagusnya jadi keliatan lebih rapi, gak laggy, dan banyak pengaturan serta info mobil seperti energy flow. Soal kualitas suara sih biasa aja, gak bisa dibilang bagus. Pengaturan AC ada di bawahnya, berikut wireless charger. Wireless chargernya sama aja kayak Innova, kadang gak kuat ngecas hp saya (Note10+)

.
Bahan dashboard sih lumayan ya, tengahnya ada insert kulit yang jaitannya lumayan rapih. Ada juga panel piano, panel aluminium palsu, dan panel gurat 3D kayak di doortrim. Desain dan pemilihan bahannya bisa diacungi jempol. Soal built quality sih saya gak bisa bilang bagus, sebagian besar sih oke tapi sebagian lagi gak bagus sama sekali. Konsol tengah goyang, panel plastik kursi goyang, jaitan jok miring etc. Surprisingly masih ada yang bagus kayak dashboard solid dan panel gap rapih.
Konsol tengahnya aneh, ada panel pemisah di kiri. Mungkin maksudnya biar driver oriented dan sporty, tapi kalo tangannya gede malah megang shifternya jadi sempit. Penumpang juga jadi susah naroh hp di wireless charger.
1269578_0.jpg
Joknya gak kayak Toyota jadul, yang ini lumayan suportif. Sayangnya support paha agak kurang panjang dikit, padahal saya pendek loh cuma 170. Sandaran juga tinggi sampe atas pundak dan headrest nyaman. Posisi nyetir juga boleh dibilang ergonomis untuk ukuran sebuah Toyota “murah”. Pengaturan? Sudah elektrik, jempol untuk Toyota!
1269575_0.jpg
Pindah bangku belakang, baru agak kerasa kalo pintu belakang enteng bener. Space di belakang bisa dibilang cukup lega, kalo gak mau dibilang sangat lega. Space kaki HR-V masih lebih lega, tapi Yaris menang di headroom. Atapnya tinggi jadi gak perlu nunduk buat naik, dan panoramic roof bikin feel headroom lebih lega. Oh ya, panoramicnya gak bisa dibuka kacanya, cuma shadenya aja.
1269576_0.jpg
Bagasinya bisa dibilang cukup lega. Udah ada tonneau cover, tapi modelnya gulung jadi gak bisa taroh barang di atasnya. Magic tricknya mobil ini, kalo kita butuh bawa barang agak banyak, gak perlu lipet kursi dulu. Lantainya bisa diturunin 1 step, voila! Jadi agak lega dikit. Tapi kalo mau lipet rata lantai, lantai bagasinya naikin lagi ya ke step 2. By the way, plastik di bagian bagasi juga agak ringkih, bagian kiri bagasi udah longgar panelnya.
Overall, interiornya cukup memukau dari desain, ergonomika, dan pemilihan material. Tapi begitu dipake, baru kerasa kalo built qualitynya… begitulah. Tapi what do you expect dari Hybrid semurah ini?
Interior : 8/10
Driving
Bagian ini yang pasti ditunggu-tunggu. Apakah enak mobil bersasis “Daihatsu“ ini?
1269579_0.jpg
Masuk, setel jok elektrik, trus nyalain.. well gak akan ada suara apa apa kan masih EV mode. Begitu mau jalan, langsung kerasa satu hal yang gak enak. Release parking brakenya agak kasar, beda sama Innova. Kalo di Innova masuk D/R dari P langsung release, di Yaris Cross ini harus digas dikit baru release. Iya lebih safety, tapi releasenya kasar kayak nyeret.
Oke, sebagai Hybrid, konsumsi BBMnya bisa dibilang IRIT PARAH.
Saya kira Innova udah irit banget, ternyata ini lebih gila2an lagi iritnya. Bayangin aja, untuk rute kombinasi harian saya, Yaris Cross ini bisa cetak 20km/l. Perbandingannya, Innova saya “cuma” bisa 17km/l dan Camry Hybrid/ES300h saya 14km/l. Ugal-ugalan banget iritnya.
Pertanyaannya, apa ada pengaruh dari ganti batere Ni-MH ke Li-ion?
Jelas ada. Yang kerasa bedanya dari Hybrid-Hybrid saya sebelumnya, jarak tempuh EV modenya lebih jauh. Ini karena batere Li-ion lebih efisien dalam penyaluran energinya. Selain itu, mesin juga jauh lebih jarang nyala dibanding Camry atau bahkan Innova. Kalo di Innova, gas agak dalem dikit mesin nyala, di Yaris Cross gak nyala. Karena energi listriknya dialirkan lebih cepet, mesin gak perlu nyala saat akselerasi dalam kota. Pun kalo lagi cruising, mesin bisa mati lebih cepet.
Hasilnya, kombinasi bisa 20km/l, EV driving bisa 80% dari total perjalanan kombinasi, dan kalo keliling kota lancar di weekend bisa tembus 30-35km/l easily. Who needs a plug-in hybrid?
Soal performance, Yaris Cross gak bisa dibilang pelan juga. Dibanding HR-V RS sih jauh, tapi dibanding sesama 1.5 bisa dibilang dia paling kenceng. 0-100 sekitar 10-11 detikan lah yaa. Decent kalo buat nyalip-nyalip doang mah.
Handling? Yah, bisa dibilang so-so lah. Body roll masih ada, setir juga feedbacknya artificial. Tapi setirnya cukup direct dan sasisnya juga lumayan kaku gak flex kalo diajak nekuk-nekuk extreme. Kalo dibilang gak enak juga gak bisa sih. Bukan buat enthusiast driver pokoknya. Daily? Good.
Comfort juga so-so. Bukan paling nyaman di kelasnya, masih ada HR-V atau Grand Vitara. Bukan paling keras juga karena masih ada CX-3. Peredaman suara gak bisa dibilang jelek, setidaknya upclass dikit dibanding peredamannya Veloz. Ketemu poldur masih kerasa jedernya, gak berasa premium. Tapi ya di kelasnya yang rasanya premium paling kalo gak Omoda ya HR-V.
Rasa nyetirnya harian mobil ini enak, gak gampang cape, banyak mainan juga jadi gak bosenin. Dan yang paling penting, handling directnya bikin gampang selap selip. TSS nya meskipun cuma bermodal stereo camera cukup oke, tapi kerasa kalo belok agak tajem atau marka jalan samar, dia gak bisa baca. Lagian TSS Toyota juga bukan yang paling oke kok.
Nah pertanyaannya, apakah mobil ini far behind Yaris Cross global?
Kan saya udah pernah cobain yang global ya, menurut saya gak sejauh itu kok. Yaris Cross global pastinya menang handling dan juga rasa solidnya (beda lah barang JDM), tapi soal kenyamanan mah sama aja, malah kerasan Yaris Cross global dan lebih cramped juga rasanya.
Verdict
Mobil ini bukan buat orang yang beli mobil pake hati. Karena mobil ini rasanya medioker bener, handling biasa aja, nyaman juga standar, bentuk body sih yaa lumayan dan interior juga lumayan. Tapi mobil ini jelas untuk orang yang ngandelin logic buat beli mobil. Iritnya gila-gilaan, bisa hemat jutaan sebulan kalo pakenya high mileage. Dan untuk harga segini, fiturnya sangat-sangat decent. Electric seat, PBD, TFT speedo, panoramic, TSS, dan banyak lagi. Well built qualitynya jelek sih, tapi ini Toyota, jadi saya yakin sejelek-jeleknya juga pasti masih awet.
Dan sejelek-jeleknya omongan netijen ke mobil ini, bakal tetep laku juga kok

. Ini Toyota dan irit serta value for moneynya gila. Orang akan tetep beli despite netijen mendang mending beli Alvez atau Omoda 5.
Lagian juga netijen begitu paling diem kalo bapaknya ternyata ikutan beli Yaris Cross, wong kebanyakan masih modal duit bapak
Thank you!