oggut wrote: Sat Aug 19, 2023 16:11
Malam Om om om..
baca2 jauh kebelakang tentang fuel dilution, jadi penasaran pengen test lab oli nih..
Mau tanya kalo mau test lab oli itu bjayanya berapa? prosedurnya gmn? berapa banyak oli yg dibutuhkan? apakah bisa ngambil sedikit dari yg di dalem mesin? atau harus sekalian ganti oli?
kebetulan bulan depan udah jadwal gantol.
fuel dilution itu maksimal berapa%?
pake k24z1 posisi odo skrng 140.000km, udah 3 taun pake ptt evotec supersynth 0w20, gantol annually sekitar per 3rb- 4rb km. mobil jarang panasin, jarang jalan jauh (paling setaun sekali jkt-magelang pp) , dan sering jadi genset (maklum ada balita 2)
kalo cek dipstick, oli masih keliatan warna kuning, dan agak tercium bau bensin.. entah ini yg disebut fuel dilution atau bukan

btw agak shock liat harga ptt sekarang,, apa ganti kyueight sekalian ya?

bisa gak sih oli longdrain bener2 diganti pas 10rb km alias 3 taun? wkwkwkw
Gejala FD (fuel dilution) itu dr bbrp opini user yg kena biasanya:
- mesin kasar, krn viscocity turun krn kena FD
- fisik oli, ketika cold temperature, jika diraba, terasa lbh encer dibanding oli baru
- FD ada toleransinya jg, klo dalam jumlah melebihi batas, akan terjadi 2 hal di atas
Jika mesin msh relatif halus, fisik oli jg msh kental mirip spt oli baru, ya belum bisa dibilang gejala FD.
Klo bau bensin, itu krn emg aroma dr hasil bbm dibakar dan muter dalam mesin
Penyebab FD:
- hasil resiko dr remap / piggyback
- ring piston yg bertugas mechanical seal pembakaran BBM / kompresi mesin, mengalami aus
Untuk mengukur buat mengetahui gejala FD
- test lab oli
- test kompresi mesin
- dll