Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 11:59
Liat d jalan aja mbah ntu ioniq5 dah makin pasaran skrg gw tiap liat buset kaya2 amat yak orang
AIR ev, melempem ioniq sebulan 900an
BMW IX juga laris banget
cuma jadi maenan orang kaya doank bener
Nyampe 900 ya ioniq om? Not bad sih bwat ukuran mbl segitu merk h miring. Bmw ix iya gw jg sering liat di jalan
Balik lg ttg ciarpih. Td gw ke giias sempet ngeliat row 2 nya sama cx60 sekilas lebih lebar si ciarpih ni ya. Ga ngitung detail sih soalnya uda kayak makanan dikerubungin laler tuh mbl dua biji. Banyak bener yg mo liat.
Kalau dari kacamata org biasa (bukan enthusiast), sekali udh coba ioniq 5 sih rasanya gak akan mau balik mobil biasa lagi. Banyak kelebihannya itu makanya laku.
- bebas ganjil genap
- lega, kenceng, iritt banget
- harga “worth” hanya 780jt higest spec
- pajak super murah, no maintenance cost
- tarikan instan, tanpa suara berisik
- charge saat ini msh gratis di PI
Pada umumnya pemakai ga pusingin nanti batre rusak, kebakar, ga ada tmpt charge, dll… liatnya yg positif aja depan mata saat ini..
ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 11:59
Liat d jalan aja mbah ntu ioniq5 dah makin pasaran skrg gw tiap liat buset kaya2 amat yak orang
AIR ev, melempem ioniq sebulan 900an
BMW IX juga laris banget
cuma jadi maenan orang kaya doank bener
Nyampe 900 ya ioniq om? Not bad sih bwat ukuran mbl segitu merk h miring. Bmw ix iya gw jg sering liat di jalan
Balik lg ttg ciarpih. Td gw ke giias sempet ngeliat row 2 nya sama cx60 sekilas lebih lebar si ciarpih ni ya. Ga ngitung detail sih soalnya uda kayak makanan dikerubungin laler tuh mbl dua biji. Banyak bener yg mo liat.
cx60 sempit soalna konsol tengahnya lebar bgt um
terus itu interiornya semuanya serba besar jadi kesannya kecil
tapi yah itu bonnet panjang amat, ruang row 2 sih mendingan. tapi tetep ngepas
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:12
Ane ga tau data real penjualan ioniq 5 sama palisade, tp apa emang beneran banyak ya mbah? Biasa data bulanan cuman liat 20 terlaris yg itu2 lg aja
Kalo ga ada datanya cuman karena sales blg indent2 aja kadang semu mbah
nih om, YTD jan-jul '23 (unit) wholesale gaikindo
Ioniq 5 : YTD jan-jul : 3823 unit
prime short : 19
prime long : 224
signature short : 160
signature long : 3420
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:12
Ane ga tau data real penjualan ioniq 5 sama palisade, tp apa emang beneran banyak ya mbah? Biasa data bulanan cuman liat 20 terlaris yg itu2 lg aja
Kalo ga ada datanya cuman karena sales blg indent2 aja kadang semu mbah
nih om, YTD jan-jul '23 (unit) wholesale gaikindo
Ioniq 5 : YTD jan-jul : 3823 unit
prime short : 19
prime long : 224
signature short : 160
signature long : 3420
Liat data gini dimana sih um? Lumayan yah penjualan ioniq 5. Tp emang blm ada lawan propernya jg sih ya. Tp ni EV kalo ada sampe sebiji aja yg kebakar disini, bakalan ngasih pengaruh gede sih terhadap calon konsumennya. Ga yakin ane pemadam kebakaran disini uda ditraining bwat ngatasin ev kebakar. Tunggu viral dlu baru gerak. Ini ticking time bomb sih, tinggal tunggu aja kapan tuh salah satu ev meleduk.
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:12
Ane ga tau data real penjualan ioniq 5 sama palisade, tp apa emang beneran banyak ya mbah? Biasa data bulanan cuman liat 20 terlaris yg itu2 lg aja
Kalo ga ada datanya cuman karena sales blg indent2 aja kadang semu mbah
nih om, YTD jan-jul '23 (unit) wholesale gaikindo
Ioniq 5 : YTD jan-jul : 3823 unit
prime short : 19
prime long : 224
signature short : 160
signature long : 3420
Liat data gini dimana sih um? Lumayan yah penjualan ioniq 5. Tp emang blm ada lawan propernya jg sih ya. Tp ni EV kalo ada sampe sebiji aja yg kebakar disini, bakalan ngasih pengaruh gede sih terhadap calon konsumennya. Ga yakin ane pemadam kebakaran disini uda ditraining bwat ngatasin ev kebakar. Tunggu viral dlu baru gerak. Ini ticking time bomb sih, tinggal tunggu aja kapan tuh salah satu ev meleduk.
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 17:05
Liat data gini dimana sih um? Lumayan yah penjualan ioniq 5. Tp emang blm ada lawan propernya jg sih ya. Tp ni EV kalo ada sampe sebiji aja yg kebakar disini, bakalan ngasih pengaruh gede sih terhadap calon konsumennya. Ga yakin ane pemadam kebakaran disini uda ditraining bwat ngatasin ev kebakar. Tunggu viral dlu baru gerak. Ini ticking time bomb sih, tinggal tunggu aja kapan tuh salah satu ev meleduk.
kemaren ada yang remek kan satu ya belom ampe meleduk sih cuma dari damagenya dimanapun tempat dia di simpen sih ngeri
moga2x aja lsg di bongkar tuh mobil
batrenya ud kudu di check bisa di pake si di pake cuma resiko meledukny makin gede kalo ud begini
gw si jadi ownernya gw buang sial gak berani di pake lagi itu
so far ioniq sih paling proper sama worthed buat EV dan kebanyakan kan gak mau pusing ganjil genap di sini juga keknya kebanyakan yang pake bapak2x 50an ud ada 5 kali yang pake disini ix aja ada sebiji disini
ud kena lawsuit juga di US keknya kasusnya yang kemaren suka mati sandiaga juga kena keknya
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 17:05
Liat data gini dimana sih um? Lumayan yah penjualan ioniq 5. Tp emang blm ada lawan propernya jg sih ya. Tp ni EV kalo ada sampe sebiji aja yg kebakar disini, bakalan ngasih pengaruh gede sih terhadap calon konsumennya. Ga yakin ane pemadam kebakaran disini uda ditraining bwat ngatasin ev kebakar. Tunggu viral dlu baru gerak. Ini ticking time bomb sih, tinggal tunggu aja kapan tuh salah satu ev meleduk.
kemaren ada yang remek kan satu ya belom ampe meleduk sih cuma dari damagenya dimanapun tempat dia di simpen sih ngeri
moga2x aja lsg di bongkar tuh mobil
batrenya ud kudu di check bisa di pake si di pake cuma resiko meledukny makin gede kalo ud begini
gw si jadi ownernya gw buang sial gak berani di pake lagi itu
so far ioniq sih paling proper sama worthed buat EV dan kebanyakan kan gak mau pusing ganjil genap di sini juga keknya kebanyakan yang pake bapak2x 50an ud ada 5 kali yang pake disini ix aja ada sebiji disini
ud kena lawsuit juga di US keknya kasusnya yang kemaren suka mati sandiaga juga kena keknya
b0ku wrote: Fri Aug 18, 2023 12:29
AIR ev, melempem ioniq sebulan 900an
BMW IX juga laris banget
cuma jadi maenan orang kaya doank bener
air EV sih banyak flop itu softwarenya dipake jg ga enak banyak yg udah test drive terus illfeel bawanya kayak bawa pick up gw kalo liat di jalan aja kasian yang nyetir buset tinggi tegak amat kayak pickup menang kecilnya doank
utk mayoritas household indo sih EV memang mainan orang kaya yg mau keliatan "green" entry price tinggi dan rata-rata udh punya 1 mobil lagi dan rumah orang kaya jg yang listriknya sanggup nge charge EV semaleman
ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 2:41
air EV sih banyak flop itu softwarenya dipake jg ga enak banyak yg udah test drive terus illfeel bawanya kayak bawa pick up gw kalo liat di jalan aja kasian yang nyetir buset tinggi tegak amat kayak pickup menang kecilnya doank
utk mayoritas household indo sih EV memang mainan orang kaya yg mau keliatan "green" entry price tinggi dan rata-rata udh punya 1 mobil lagi dan rumah orang kaya jg yang listriknya sanggup nge charge EV semaleman
disini aja yang pake IX depannya fortuner VRZ kalo gak salah jarang liat tuh mobil keluar gelo bener beli EV ngulinya pake fortuner
ud salah banget itungan ekonominya ntar 10thn batre jebol KM baru 20rb dia cuma gigit jari
lagian saya sempet liat kemaren ioniq pindah jalur pas lampu merah keknya strugle banget keliatan banget tuh mobil underster keknya kek gak lincah gitu padahal jalannya pelan
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 2:45
Waktu itu bos ane ngehajar balok C250nya velgnya peang mayan parah, secara visual aja keliatan. Asuransi ngotot gamau ganti. Maunya di repair aja. Ngotot2an akhirnya kayanya diganti sih soalnya diancem kalo sampe mbl dipake trus kenapa2 bakalan dituntut
waah bahaya harusnya sih damage segitu aja assesmentnya ud TLO soalnya batrenya ud gak layak jalan atau berpontensi thermal runway cuma ya disini mana ada yang ngerti
b0ku wrote: Sat Aug 19, 2023 2:46
disini aja yang pake IX depannya fortuner VRZ kalo gak salah jarang liat tuh mobil keluar gelo bener beli EV ngulinya pake fortuner
ud salah banget itungan ekonominya ntar 10thn batre jebol KM baru 20rb dia cuma gigit jari
lagian saya sempet liat kemaren ioniq pindah jalur pas lampu merah keknya strugle banget keliatan banget tuh mobil underster keknya kek gak lincah gitu padahal jalannya pelan
pikirnya jarang dipake awet sayang mobil miliaran. masalahnya dimari kan gitu mobil miliaran biasa lbh disayang-sayang. ya betul mobil internal combustion 10 thn kilometer 50rebu masih baik2 aja.
EV pake gitu ya umur batre tetep jalan kaget ntar loh kan gw jarang pake kok nih batre udah rusak.
terus viral konten "GANTI BATRE BMW IX SEGINI"
wkwkwk yang less appealing dari EV buat gw excess weightnya sih gila itu ioniq5 masa bobot sama kek fortuner emang si di bawah semua tp udah keliatan gak enak buat manuver.
makanya mo tesla nge flexing akselerasi kek apa di track membuktikan itu mobil gak agile model S plaid di nurburgring aja cuma lebih kenceng dikit dari M5 Compe pdhl itu di lurusan fanboy tesla ngetawain M5 compe nya dibabat habis
sedan BMW tua gw aja bobotnya 600kg lebih ringan.
Last edited by ChZ on Sat Aug 19, 2023 2:57, edited 3 times in total.
Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.
Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54
pikirnya jarang dipake awet sayang mobil miliaran. masalahnya dimari kan gitu mobil miliaran biasa lbh disayang-sayang. ya betul mobil internal combustion 10 thn kilometer 50rebu masih baik2 aja.
EV pake gitu ya umur batre tetep jalan kaget ntar loh kan gw jarang pake kok nih batre udah rusak.
terus viral konten "GANTI BATRE BMW IX SEGINI"
wkwkwk yang less appealing dari EV buat gw excess weightnya sih gila itu ioniq5 masa bobot sama kek fortuner emang si di bawah semua tp udah keliatan gak enak buat manuver. makanya mo tesla nge flexing akselerasi kek apa di track membuktikan itu mobil gak agile
sedan BMW tua gw aja bobotnya 600kg lebih ringan.
tesla mah lucu lawan GT3 RS kalo lempeng mah juara bangeet giliran di nurbuging ketinggalannya jauh bener
gw bilang yaah ngejar si kura GT3 rs aja gak bisa
makannya EV gak bakalan se*y lah bobotnya aja ud jd nilai minus
makannya saya bilan gitu batre jebol nimbang VALUE+ONGKOS BENERIN BATRE ujung2xnya dibuang ke parung jadi kiloan itu jg kalo di itung KG batrenya kalo cuma chasis ya wassalam deh
KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54
Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.
Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
harga batre murah itu cuma dongeng karena tergantung sama bahan tambang alternatif banyak cuma gak sehebat batre yang sekarang dipake dayanya makanya gak dipake cuma dijadiin berita dongeng doank game changer tapi ya ntar di dalem ditulis masih gini masih gitu
, apalagi kalo makin gembor ev nbanyak di pake materialnya makin mahal ya harganya otomatis bakalan naek ini yang saya gak suka,
sama ketergantungan minyak bumi aja saya ud gak suka ini malah sama bahan tambang yang lebih rare lagi kan gila
paling ketara liat aja camry hybrid dari 40jtan sekarang ud masuk 70jtan resminya
Kalau mobil full batere yg mahal pasti akan dipikirkan soal penggantian nya yg difasilitasi sama batere bekas nya ditampung. Harga mahal di bengkel resmi tapi dpt piece of mind sih no problem buat org kaya aseli.
Kalau soal jual beli mobil seken full listrik, para pedagang mobkas uda tahu bisa ganti per sel batere yg rusak/lemah saja. Cuman ya paling standar batere nya yg dipasang berbeda antara bawaan pabrik sama yg dijual di bengkel penyedia sel batere. Jadi org yg pengen full BEV beli mobkas nya baiknya memang punya sedikit pengetahuan.
Semua produsen pasti sambil jalan sambil diperbaiki. Yg penting jualan dulu. Sambil melihat dinamika di lapangan. Kalau yg awam awam soal teknologi mobil mending nanti aja biarkan orang2 kaya yg jadi kelinci percobaan. (Ini konteks kalau mobil full bev ya bukan hybrid biasa)
KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54
Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.
Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
harga batre murah itu cuma dongeng karena tergantung sama bahan tambang alternatif banyak cuma gak sehebat batre yang sekarang dipake dayanya makanya gak dipake cuma dijadiin berita dongeng doank game changer tapi ya ntar di dalem ditulis masih gini masih gitu
, apalagi kalo makin gembor ev nbanyak di pake materialnya makin mahal ya harganya otomatis bakalan naek ini yang saya gak suka,
sama ketergantungan minyak bumi aja saya ud gak suka ini malah sama bahan tambang yang lebih rare lagi kan gila
paling ketara liat aja camry hybrid dari 40jtan sekarang ud masuk 70jtan resminya
Tambang dan hasil bumi memang sering digoreng. Tapi nanti juga dipaksa sama pabrikan china biar murah. Kalau merek barat dan jepang gk bisa bikin murah maka mereka akan makin dihajar produsen china yg mau jadi exportir BEV terbanyak dunia.
KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 3:02
Kalau mobil full batere yg mahal pasti akan dipikirkan soal penggantian nya yg difasilitasi sama batere bekas nya ditampung. Harga mahal di bengkel resmi tapi dpt piece of mind sih no problem buat org kaya aseli.
Kalau soal jual beli mobil seken full listrik, para pedagang mobkas uda tahu bisa ganti per sel batere yg rusak/lemah saja. Cuman ya paling standar batere nya yg dipasang berbeda antara bawaan pabrik sama yg dijual di bengkel penyedia sel batere. Jadi org yg pengen full BEV beli mobkas nya baiknya memang punya sedikit pengetahuan.
Semua produsen pasti sambil jalan sambil diperbaiki. Yg penting jualan dulu. Sambil melihat dinamika di lapangan. Kalau yg awam awam soal teknologi mobil mending nanti aja biarkan orang2 kaya yg jadi kelinci percobaan. (Ini konteks kalau mobil full bev ya bukan hybrid biasa)
iya cuma ditawarnya spare harga full batre kalo pedagang
tesla aja cuma berani offer 5000$ buat model s yang 2015 padahal pasaran masih 20.000an ud kebaca kan kenapa mereka cuma nawar segitu????
ud kuranggin aja mobil berbatre gede di jalan imbasnya kemana2x harga laptop hP Ikutan mahal tau
KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54
Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.
Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
apakah ada sample harga batre itu semakin murah?
setau saya batre abc putih biru yang ada sejak jaman bapak2 kita, yang klo habis tinggal dijemur atau dikerok catnya akan terisi lagi( ) yang rnd n marketing costnya hampir zero harganya g pernah turun. bagaimana dgn teknologi batre yg baru yg mungkin mineralnya diselundupkan dr negara konflik di afrika atau dari sulawesi ijin opung2 king maker. batre beda ramuan beda karakteristik beda kontroller beda manajemen beda pengisian seperti tidak bersaing atau menggantikan teknologi lama. belum lagi beda brand , mungkin cell sama tapi pasti packaging beda tiap brand dan model. btw batre hibrid2an suzuki xl7 harganya 14jt, 8 tahun lagi saat garansi habis saya yakin harganya kena inflasi dll g mungkin masih 14jt
b0ku wrote: Sat Aug 19, 2023 2:58
tesla mah lucu lawan GT3 RS kalo lempeng mah juara bangeet giliran di nurbuging ketinggalannya jauh bener
gw bilang yaah ngejar si kura GT3 rs aja gak bisa
makannya EV gak bakalan se*y lah bobotnya aja ud jd nilai minus
makannya saya bilan gitu batre jebol nimbang VALUE+ONGKOS BENERIN BATRE ujung2xnya dibuang ke parung jadi kiloan itu jg kalo di itung KG batrenya kalo cuma chasis ya wassalam deh
padahal less weight more fun more efficient. ini malah ditambahin bobot batre. hahahaha. ujungnya apa bedanya sama bawa mobil cc besar sama2 berat enakan bawa cc besar setidaknya ada suaranya.
udah bener kok banyakin mobil kecil cc kecil aja. jepang baek2 aja polusinya bertaun2 penduduknya naik kereta sama kei car. blakangan aja dipush suruh EV EV an.
heiituaku wrote: Sat Aug 19, 2023 3:16
apakah ada sample harga batre itu semakin murah?
setau saya batre abc putih biru yang ada sejak jaman bapak2 kita, yang klo habis tinggal dijemur atau dikerok catnya akan terisi lagi( ) yang rnd n marketing costnya hampir zero harganya g pernah turun. bagaimana dgn teknologi batre yg baru yg mungkin mineralnya diselundupkan dr negara konflik di afrika atau dari sulawesi ijin opung2 king maker. batre beda ramuan beda karakteristik beda kontroller beda manajemen beda pengisian seperti tidak bersaing atau menggantikan teknologi lama. belum lagi beda brand , mungkin cell sama tapi pasti packaging beda tiap brand dan model. btw batre hibrid2an suzuki xl7 harganya 14jt, 8 tahun lagi saat garansi habis saya yakin harganya kena inflasi dll g mungkin masih 14jt
kalau berkaca dari batre hp/laptop yang teknologinya sama.....
yang ane pikir si bukan batrenya makin murah tapi makin banyak third party nya om kek batre hp aja yg ori gak pernah turun harga dari baru org kalo udah lebih dari 3 taun aja susah tuh cari batre ori kalopun ada digetok sama kayak harga gadget ujungnya ya mending jual atau beli gak ori.
nah tinggal pertanyaan besarnya soal safety namanya knockoff battery gak mungkin sama kualitasnya
Last edited by ChZ on Sat Aug 19, 2023 3:26, edited 1 time in total.
KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54
Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.
Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
apakah ada sample harga batre itu semakin murah?
setau saya batre abc putih biru yang ada sejak jaman bapak2 kita, yang klo habis tinggal dijemur atau dikerok catnya akan terisi lagi( ) yang rnd n marketing costnya hampir zero harganya g pernah turun. bagaimana dgn teknologi batre yg baru yg mungkin mineralnya diselundupkan dr negara konflik di afrika atau dari sulawesi ijin opung2 king maker. batre beda ramuan beda karakteristik beda kontroller beda manajemen beda pengisian seperti tidak bersaing atau menggantikan teknologi lama. belum lagi beda brand , mungkin cell sama tapi pasti packaging beda tiap brand dan model. btw batre hibrid2an suzuki xl7 harganya 14jt, 8 tahun lagi saat garansi habis saya yakin harganya kena inflasi dll g mungkin masih 14jt
Kalau soal harga mineral dan produk tambang ya sekali lagi sering digoreng terlepas sumber nya mau dari afrika atau Sulawesi ataupun dr manapun.
Soal kompetior saingan bikin batere ya bagus kan buat market jadi banyak pilihan. Semakin banyak kompetitor, harga makin bersaing, customer wins.
Soal contoh harga batere bisa semakin murah sudah dijawab dari contoh sampean sendiri