hmm mobil EV jadi barang disposable gini apa gak timbulin masalah baru? mobil lama mostly mekanikal, kalo ngejogrog ya udah tinggal diancurin di junkyard kelar dan gak begitu bikin limbah karena cuma sebuah "besi". Nah ini EV gak cuma body aja tapi banyak part elektrikal kaya Batere apa malah gak makin parah itu dampaknya ke lingkungan.zonepublic wrote: Thu Aug 03, 2023 6:59 Teknologi EV sebenernya bagus,kemajuan jaman kok terlepas dengan belum sempurnanya teknologinya
Nantinya mobil EV akan sama seperti HP saat ini,tiap beberapa tahun anda dipaksa ganti (mungkin 10 tahun sekali,bukan seperti mobil ICE yang bisa 20-30 tahun masih bisa jalan)
Secara ekonomi EV membuat pabrik otomotif bisa hidup karena lifetimenya lebih pendek dari mobil bahan bakar fosil jadi ketika rusak konsumen dipaksa beli mobil baru bukan lagi diakalin seperti mobil bahan bakar fosil jadi tidak lagi collectible dan tidak bisa mobil EV ditune seperti mobil bensin diremap doang gitu atau di port and polish jadi memang naikannya lebih hambar
Secara efisiensi penggunaan energi lebih tepat sasaran dan tidak terbuang seperti mobil bahan bakar fosil
Menurut saya sih begitu
China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
rajapb wrote: Thu Aug 03, 2023 16:03 hmm mobil EV jadi barang disposable gini apa gak timbulin masalah baru? mobil lama mostly mekanikal, kalo ngejogrog ya udah tinggal diancurin di junkyard kelar dan gak begitu bikin limbah karena cuma sebuah "besi". Nah ini EV gak cuma body aja tapi banyak part elektrikal kaya Batere apa malah gak makin parah itu dampaknya ke lingkungan.
ITU jawabannya dari orang yang nyemplung ke dunia kek gitu versi realistis bukan versi politikus halu

dan ide recyle pun sebenernya omong kosong juga

makannya balik ke jaman batu aja ramah lingkungan


balik ke jaman pertengahan juga kita masak pake kayu bakar, angetin rumah pake kayu bakar kebayang gak polusi di jalanan pindah ke dalem rumah dengan itungan populasi jaman sekarang ditambah emisi dari bakar kayu juga gak disaring pake catalic conventer
https://www.green-zones.eu/en/blog-news ... 0%20tonnes.As far as particulate matter is concerned, wood-burning stoves even release almost three times as much as exhaust gases from road traffic. Exhaust emissions cause "only" 6,800 tonnes of particulate matter, while fireplaces cause an incredible 18,600 tonnes.
kadang orang bakar batubara di rumah apa bedanya sama PLTU apalagi ini itungannya bisa jutaan rumah

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
aslinya kalo urban planningnya bener kan gini.b0ku wrote: Thu Aug 03, 2023 13:07 sebenernya banyak2xin orang kek saya om mobil dua unit di rumah cuma buat jalan2x doank kerja naek ojek![]()
kalo bisa si naek LRT MRT sayang di rumah bikin LRT ud kayak wahana taman mini masa cuma gading-rawamangun mana belom jelas lagi kapan mau di lanjutin sampe sudirman![]()
Pemukiman warga dibangun deket lokasi kerja atau stasiun MRT/LRT. Jd gak reliant ke transport pribadi.
Yg dirancang gini kawasan industri yg kulinya tinggal di mess sebelah pabrik tuh


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Lagian tiap bahas polusi yg disalahin masyarakat gak mau beli kendaraan listrik kan lawakdarrelund wrote: Thu Aug 03, 2023 14:17
pemerintah lupa klo entry price EV tuh tinggi
proper EV aja ud berapaan, minimal yg b/c segment udah 600jt, apalagi yg segede gaban
orang" umum juga masih ada concern kebakar / batere rusak meski ada warranty
cuma ya itu yg utama ya, rasio ngirit bbm & entry pricenya gak ketemu
minimal gap 100/200 juta, gap segitu bisa ngisi bensin puluhan kali![]()

Mau harga sama jg op costnya blm tentu nutup om klo 8thn batrenya seharga mobil makanya trs mo subsidi apa garansi jg emang tahan brp lama

Demand listrik naik kan harga listrik naik jg

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Pejabat Pemerintah dr lahir dah punya pohon duit mayoritasChZ wrote: Thu Aug 03, 2023 23:43Lagian tiap bahas polusi yg disalahin masyarakat gak mau beli kendaraan listrik kan lawakdarrelund wrote: Thu Aug 03, 2023 14:17
pemerintah lupa klo entry price EV tuh tinggi
proper EV aja ud berapaan, minimal yg b/c segment udah 600jt, apalagi yg segede gaban
orang" umum juga masih ada concern kebakar / batere rusak meski ada warranty
cuma ya itu yg utama ya, rasio ngirit bbm & entry pricenya gak ketemu
minimal gap 100/200 juta, gap segitu bisa ngisi bensin puluhan kali![]()
![]()
Mau harga sama jg op costnya blm tentu nutup om klo 8thn batrenya seharga mobil makanya trs mo subsidi apa garansi jg emang tahan brp lamalupa apa peribahasa there's no free lunch.
Demand listrik naik kan harga listrik naik jg![]()

Makanya gak akan bisa "empati"
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Technology battery itu pasti membaik. Dulu battery utk industri cuma ada VRLA AGM, paling mentok gel atau tubular gel. Sekarang battery lithium aja udah mayoritas, ukurannya kecil, cycle nya lebih besar.
RnD battery akan makin cepat dan agresif karena market EV yg membesar.
Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha
RnD battery akan makin cepat dan agresif karena market EV yg membesar.
Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
iya mungkin dulu kuda hidup, harganya lbh murah jauh dibanding mobil.ftmb wrote: Fri Aug 04, 2023 2:08 Technology battery itu pasti membaik. Dulu battery utk industri cuma ada VRLA AGM, paling mentok gel atau tubular gel. Sekarang battery lithium aja udah mayoritas, ukurannya kecil, cycle nya lebih besar.
RnD battery akan makin cepat dan agresif karena market EV yg membesar.
Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha![]()
itu ada di jaman kakek nenek buyut kita.
yg nikmatin mobil, ya kita di jaman skrg.
EV jg gtu, yg nikmatin teknologi maturenya, ya cucu-buyut kita

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Saya merasa perkataan om ini ada ironi nya, om bilang perkembangan teknologi akan semakin cepat dan agresif. Misalkan kalau yang beli ev sekarang ini, apa memungkinkan 8-10 tahun ke depan akan gampang nyari battery originalnya yang sessuai spek awal? Kalaupun pake batre aftermarket (misal sekalian upgrade teknologi batre), apakah bisa yakin 100% compatible ? Disini bukannya pada menentang soal ev, cuma masalah mau atau tidak mau menjadi early adopter di tengah permasalahan batre yang bisa dibilang menyangkut ke safety pengguna.ftmb wrote: Fri Aug 04, 2023 2:08 Technology battery itu pasti membaik. Dulu battery utk industri cuma ada VRLA AGM, paling mentok gel atau tubular gel. Sekarang battery lithium aja udah mayoritas, ukurannya kecil, cycle nya lebih besar.
RnD battery akan makin cepat dan agresif karena market EV yg membesar.
Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
om masalahnya beda kuda dan mobil itu jelas clear advantagenya klo kuda bisa capek sakit bisa mati nyampe tujuan jg dari sehari semalem jadi setengah hari ya orang milih mobil atau motor donk.ftmb wrote: Fri Aug 04, 2023 2:08 Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha![]()
klo mobil bengsin ke EV emang beda fundamentalnya apaan


kecuali EV bisa nawarin kualitas commute lebih baik misal bisa terbang ya orang bakal switch ke EV. ujungnya kan sama macet-macetan jg trus mahal jd buat apa


org akar masalah polusi itu kan orang commute tiap hari dan overpopulation bukan masalah EV apa bensin. nett emissionnya sama aja dikalkulasi andai semua pake EV cuma membaik gak sampe 1%

negara maju jg ga segampang itu switch ke EV. mang dikira EV barang baru dari dulu jg udah pada mencoba bikin EV

klo masa depan masa depan an dulu crypto jg katanya masa depan keuangan.

Last edited by ChZ on Fri Aug 04, 2023 2:57, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
nyama2xin ice ke ev kayak kuda ke mobil padahal yang jadi kudanya EVtimbermaniac123 wrote: Fri Aug 04, 2023 2:31
Saya merasa perkataan om ini ada ironi nya, om bilang perkembangan teknologi akan semakin cepat dan agresif. Misalkan kalau yang beli ev sekarang ini, apa memungkinkan 8-10 tahun ke depan akan gampang nyari battery originalnya yang sessuai spek awal? Kalaupun pake batre aftermarket (misal sekalian upgrade teknologi batre), apakah bisa yakin 100% compatible ? Disini bukannya pada menentang soal ev, cuma masalah mau atau tidak mau menjadi early adopter di tengah permasalahan batre yang bisa dibilang menyangkut ke safety pengguna.
kuda juga murah cuma makan rumput tapi butuh istirahat sama aja kek ev butuh charging, kuda juga minim perawatan sama kek EV cuma kuda 20thn lifespam sama ev juga 10thn lifespan.............
cuma tuhan yang tahu kapan kuda kita mati sama batre EV juga gitu

gw sih ogah di suruh balik ke lifestyle kuda

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
gw yakin namanya industry itu gak ada cerita barang yang sama makin murah. yang ada lower quality tapi makin masspro.timbermaniac123 wrote: Fri Aug 04, 2023 2:31
Saya merasa perkataan om ini ada ironi nya, om bilang perkembangan teknologi akan semakin cepat dan agresif. Misalkan kalau yang beli ev sekarang ini, apa memungkinkan 8-10 tahun ke depan akan gampang nyari battery originalnya yang sessuai spek awal? Kalaupun pake batre aftermarket (misal sekalian upgrade teknologi batre), apakah bisa yakin 100% compatible ? Disini bukannya pada menentang soal ev, cuma masalah mau atau tidak mau menjadi early adopter di tengah permasalahan batre yang bisa dibilang menyangkut ke safety pengguna.
jd mungkin kalo misal katakan EV makin massal, ya nanti akan ada option batre 15 juta tapi cuma tahan 3 tahun. gak bisa tahan selevel batre original tp ya ud mahal 60 juta tahan 7 taon. blom nanti kualitas barangnya jg kurang bagus misal lbh cepet drop.
baru aja dibahas di trit oli skrg oli mah emang makin murah tp kandungannya jg diturunin

org aki aja gimana si skrg rata-rata yg ekonomis aja tahan 1.5 - 2 taun

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
r12qiSonH4ji wrote: Fri Jul 28, 2023 7:33di Forum ini banyak yg menyangsikan hal ini, tapi masa2 kejayaan Jepang dan Eropa di Indonesia pun akan segera berakhir.fabreguz wrote: Tue Jul 25, 2023 5:50 https://www.carscoops.com/2023/07/china ... n-q1-2023/
China Surges Past Japan As World’s Top Car Exporter In Q1 2023
China exported 3.32 million vehicles in 2022, and this number is set to increase this year
China has rapidly evolved into a major force in the automotive industry, as proven by its ever-increasing exports. In 2022, China surpassed Germany to become the second largest exporter with 3.32 million vehicles. With a further increase so far in 2023, China has overtaken Japan, reaching the top spot in the first quarter of the year.
Chinese cars used to have a bad reputation for their build quality and safety credentials, but those days are long gone. Local automakers have improved so much that they can now compete head-to-head with well-established rivals, questioning their dominance in the global automotive landscape. A number of competitive advantages – including the lower cost – alongside China’s growing expertise in electric vehicles (it is the world’s largest market for EVs) are slowly changing the way people perceive Chinese models, leading to an unprecedented global expansion.
As reported by S&P Global, China’s 3.32 million vehicle exports in 2022 represented a 57% growth compared to 2021. Between January and April 2023, China’s vehicle exports increased by 76% year-to-year to around 1.5 million, occupying the first place in the global charts.
While the demand for new vehicles in China is declining, the growth in export markets kept the local automotive industry quite busy. Note that, unlike overseas rivals, Chinese automakers weren’t hit by serious supply chain issues and semiconductor shortages, allowing them to flourish. SAIC Motor and Chery are heading the pack, with BYD and Geely showing great export potential.
Russia, Europe, And North America Are The Main Points Of Interest
In Europe, China’s offensive is more gradual, as people need to be convinced about the quality of the products before leaving the safe waters of brand loyalty. Belgium is a strong market as it accounts for 6% of the Chinese vehicle exports, with another 4% ending up in the UK. A good business example is SAIC’s clever use of the MG brand which now sells more vehicles in Europe and the UK compared to China. Other automakers like BYD are planning to build factories in Europe, something that would help them avoid customs duties and improve their image in the Old Continent.
Mexico is China’s largest vehicle export market taking over 8% of the pie in 2022, mostly due to GM’s popular offerings which are built in Chinese factories. On the other hand, the US is not an easy target for China’s automotive industry due to the political tension between the countries and the 25% tariff imposed by the US government on Chinese-built models. Other tough cases include the markets of India and Turkey, where the local governments do not favor imported vehicles from China.
The future sounds promising for Chinese automakers who built their design, engineering, and manufacturing expertise by learning from their well-established Western competitors as part of joint ventures.
panik ndak panik ndak panik ndak... masa ndak panik ya ?![]()
![]()
setelah jerman terlampaui taon lalu, kinerja mobil2 cungkwo smakin kinclong dan mulai menyusul jepen smentara kroya slatan malah udah ndak masuk itungan sama skale![]()
![]()
sirene udah berbunyi dan para ahli dari dulu udah memperingatkan hal ini agar jerman dan jepen ndak anggap enteng otomotif cungkwo
udah dari beberapa taon lalu sblom kolorna
viewtopic.php?t=28805
mungkin gara2 terlalu fokus pada leon masker sahaja![]()
![]()
crita mertua yg barusan pulang dari sianghai liat pameran skalian ajak liburan cucu2 kok skrg pengen beli mobil cungkwo setelah dari sana![]()
![]()
mama mertua dan anak2 nya masih ndak se7![]()
![]()
![]()
![]()
mertua sebagai penggemar boil jepen atoyot hando dan jerman dulu punya biem seri 3 e36 bilang stelah dari sana kok skrg jadi yakin kalo dominasi otomotif jepen dan jerman dalam bahaya![]()
![]()
jgn2 para cucu ndak akan familiar dengan merk mobil sperti kita2 yg udah tuwek skrg ini![]()
![]()
![]()
lha bahkan jika cuman kehilangan pasar cungkwo yg polum nya terbanyak dunia udah berat banget setengah koit bagi produsen mobil jerman dan jepen apalagi jika kehilangan dominasi otomotif global mreka![]()
![]()
karna cungkwo memang berniat menyerbu pasar otomotif luar domestik mereka bahkan awal2 bidik negara maju mamaerika, yurop dan ostralia
giias bulan depan kata nya byk produsen cungkwo mulai masuk endo bahkan dirikan pabrik dan r n d taon 2025![]()
![]()
perang rasia yukren masih blom slesai sperti nya asia tenggarong menyusul menjadi medan perang dahsyat antara mobil cungkwo dan jepen![]()
![]()
semoga konsumen diuntngkan dalam hal ini dan produsen jepen juga jerman harus smakin memperkuat after sales dan servis mreka jg![]()
![]()
![]()
![]()
Gempuran Pabrikan China di GIIAS cukup mengkhawatirkan. Apalagi nanti klo BYD dah Launching di GIIAS, siap2 aja makin menarik persaingan di dunia otomotif Indonesia
![]()
Saya termasuk yang tadinya meragukan kualitas mobil china.
karena masih teringat duka masa lalu sama motor china Jialing, Loncini, Sanex, dll
mobil juga ada JRD, Cherry QQ, dll
tapi setelah ada teman roadtrip saya (yg saya tak bisa sebut namanya) beli Cherry Tiggo 7 Pro, maka mind set saya jadi sedikit terbuka.
tentunya bukan alasan beliau beli mobil itu krn tadinya dia owner : Dakkar, Hilux, VW Golf, Nissa Livander, dll
tetiba skrg sy susah kasih nick name baru krn nama lama "Buaya Putih" sudah tidak cocok lagi.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Saya si mikirnya gini, air ev sekarang kan sukses kejual kareena harganya yang dibawah 300. Itupun orang beli "terpaksa" karena paling murah saat ini, padahal ukurannya mini (ga proper). Misal 1-2 tahun ke depan banyak ev china yang harganya 300an dengan normal size. Air ev sudah pasti ditinggalkan. Kalau sudah gitu, apakah sgmw akan stock batre untuk air ev nya ? Mungkin adanya disuruh po 1-2 bulan. Aplagi 10 tahun ke depan, makin langka sebuah sparepart, pastinya akan makin mahal.
Itu di luar aja ada pengguna leaf 2013 di negara eropa, kesusahan nyari batre pengganti nya. Adapun diketok sama nissan 13k usd. Jadi yang beranggapan "oh perkembangan batre cepat kok", juga harus waspada akan hal ini. Realita paling gampangnya si, ya coba cari batre samsung note 2 aja, apa ada yang jual batre originalnya ?
Itu di luar aja ada pengguna leaf 2013 di negara eropa, kesusahan nyari batre pengganti nya. Adapun diketok sama nissan 13k usd. Jadi yang beranggapan "oh perkembangan batre cepat kok", juga harus waspada akan hal ini. Realita paling gampangnya si, ya coba cari batre samsung note 2 aja, apa ada yang jual batre originalnya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Tretna ngebut banget
Keberagaman opini yg sangat2 menarik
Astra sejak 1999 udh bukan milik +62 lage imbas krismon 98 dan yg nubie dengar pendirina Um@William tekenal bukan sebagai orang yg dekat dengan circle Kong Harto
Dengerna sejak 2000 udah jadi milik BUMN +65 dan pastina jadi salah 1 angsa bertelur emas bagi ekonomi +65 lha wong bayangkan sendiri volume mobil terjual di +62 vs mobil terjual di +65
Kalo Indomob memang masih milik orang lama walo jg terguncang krismon 98 jg tapi bisa balik ke sang pendiri
Masih ada beberapa bisnis besar +62 terutama private company yg kebal saat Orba berkuasa walo ga masuk circle Kong Harto.
Memang berkale kale mo diintervensi tapi tetap ga mempan sampe Orba runtuh
malah beberapana saat ini yg paling menonjol di richest +62 karena zaman informasi ga bisa dibendung lagi.
Jack ma tu byk dosa dan udah lama diincar oleh presidenna dan saat yg tepat akhirna datang jg saat pidato mengkritikna wkwkwkw
Pamor langsung ancur apalage mayoritas saham Alibaba ternyata juga bukan milik Jack Ma yg brarti uangna jg keluar dari Tiongkok dan opa jin Ping tentu tanpa ragu menyikatna

Keberagaman opini yg sangat2 menarik

Koreksi dikit Um@ChzChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 4:49Warisan zaman mbah harto. Konglomerasi yg masi ada skrg2 pan udah ada dr zaman mbah harto. Bos bosnya sirkel deket mbah harto semuakendibocor wrote: Sun Jul 30, 2023 4:07
Susah ya kebijakan kalo pemerintahnya takut ma konglomerasi, ga kaya cungkuo yg jack ma ngmng macem2 aja langsung disikat![]()
![]()
Akibatnya bikin bisnis di indo susah emang. Duitnya ya ke itu itu baemau saingin udah telat. Gmn saingin astra ma indomob org barang2 mereka semua
govt skrg macem2 ngambek ambruk ekonomi indo
![]()
Maskapai cap singa aja blg ya gw emang jelek tp emang u punya pilihan?![]()
Kalo china dasarnya emang sebisa mungkin bungkam orang om warisan rejim komunis dan msh kentel bau komunisnya jd informasi dikontrol ketat. Apalagi opa Xi powernya kuat di CCP![]()
Mbah harto aja dulu ngontrol informasi blm segila itu.![]()
Astra sejak 1999 udh bukan milik +62 lage imbas krismon 98 dan yg nubie dengar pendirina Um@William tekenal bukan sebagai orang yg dekat dengan circle Kong Harto
Dengerna sejak 2000 udah jadi milik BUMN +65 dan pastina jadi salah 1 angsa bertelur emas bagi ekonomi +65 lha wong bayangkan sendiri volume mobil terjual di +62 vs mobil terjual di +65

Kalo Indomob memang masih milik orang lama walo jg terguncang krismon 98 jg tapi bisa balik ke sang pendiri

Masih ada beberapa bisnis besar +62 terutama private company yg kebal saat Orba berkuasa walo ga masuk circle Kong Harto.
Memang berkale kale mo diintervensi tapi tetap ga mempan sampe Orba runtuh



malah beberapana saat ini yg paling menonjol di richest +62 karena zaman informasi ga bisa dibendung lagi.
Jack ma tu byk dosa dan udah lama diincar oleh presidenna dan saat yg tepat akhirna datang jg saat pidato mengkritikna wkwkwkw

Pamor langsung ancur apalage mayoritas saham Alibaba ternyata juga bukan milik Jack Ma yg brarti uangna jg keluar dari Tiongkok dan opa jin Ping tentu tanpa ragu menyikatna


Last edited by pcx on Fri Aug 04, 2023 4:55, edited 1 time in total.
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Mindset terbuka ini mengenai apa dulu ? Biasanya si orang mengutamakan salah satu dari segi fitur / BQ / mesin dll. Kalau soal fitur dan kenyamanan si saya yakin beberapa mobil china ada di atas pabrikan jepang dengan harga dan segmen yang setara. Tapi banyak juga yang meragukan keawetan dan ketersediaan sparepart dari pabrikan china. Contoh nyata ya dfsk, kasih garansi 7 tahun. tapi sebelum 7 tahun atpm nya melempem.ginting wrote: Fri Aug 04, 2023 3:49
tapi setelah ada teman roadtrip saya (yg saya tak bisa sebut namanya) beli Cherry Tiggo 7 Pro, maka mind set saya jadi sedikit terbuka.
tentunya bukan alasan beliau beli mobil itu krn tadinya dia owner : Dakkar, Hilux, VW Golf, Nissa Livander, dll
tetiba skrg sy susah kasih nick name baru krn nama lama "Buaya Putih" sudah tidak cocok lagi.![]()
![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
yep salah satu diler DF*K berubah jd dealer K*Atimbermaniac123 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:02Mindset terbuka ini mengenai apa dulu ? Biasanya si orang mengutamakan salah satu dari segi fitur / BQ / mesin dll. Kalau soal fitur dan kenyamanan si saya yakin beberapa mobil china ada di atas pabrikan jepang dengan harga dan segmen yang setara. Tapi banyak juga yang meragukan keawetan dan ketersediaan sparepart dari pabrikan china. Contoh nyata ya dfsk, kasih garansi 7 tahun. tapi sebelum 7 tahun atpm nya melempem.ginting wrote: Fri Aug 04, 2023 3:49
tapi setelah ada teman roadtrip saya (yg saya tak bisa sebut namanya) beli Cherry Tiggo 7 Pro, maka mind set saya jadi sedikit terbuka.
tentunya bukan alasan beliau beli mobil itu krn tadinya dia owner : Dakkar, Hilux, VW Golf, Nissa Livander, dll
tetiba skrg sy susah kasih nick name baru krn nama lama "Buaya Putih" sudah tidak cocok lagi.![]()
![]()
![]()
krn sesama siloam motor bbrp dilernya.
contohny di pasteur, bbrp tahun lalu buka di sana, skrg berubah jadi K*A

ya klo punya duit lebih, gaskeun aja.
karena biasanya klo pada umumnya, mobil perang andalan, milih yg peace-of-mind
ya itu itu lagi.. jepang jepang lagi

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Jadi inget ac rumah, dari dulu ya harganya ga jauh beda, 3jt an, tp dulu awet 10 tahun minimal. Sekarang diatas 5 tahun aja udah boleh gelar syukuran wkwkwkChZ wrote:gw yakin namanya industry itu gak ada cerita barang yang sama makin murah. yang ada lower quality tapi makin masspro.timbermaniac123 wrote: Fri Aug 04, 2023 2:31
Saya merasa perkataan om ini ada ironi nya, om bilang perkembangan teknologi akan semakin cepat dan agresif. Misalkan kalau yang beli ev sekarang ini, apa memungkinkan 8-10 tahun ke depan akan gampang nyari battery originalnya yang sessuai spek awal? Kalaupun pake batre aftermarket (misal sekalian upgrade teknologi batre), apakah bisa yakin 100% compatible ? Disini bukannya pada menentang soal ev, cuma masalah mau atau tidak mau menjadi early adopter di tengah permasalahan batre yang bisa dibilang menyangkut ke safety pengguna.
jd mungkin kalo misal katakan EV makin massal, ya nanti akan ada option batre 15 juta tapi cuma tahan 3 tahun. gak bisa tahan selevel batre original tp ya ud mahal 60 juta tahan 7 taon. blom nanti kualitas barangnya jg kurang bagus misal lbh cepet drop.
baru aja dibahas di trit oli skrg oli mah emang makin murah tp kandungannya jg diturunin![]()
org aki aja gimana si skrg rata-rata yg ekonomis aja tahan 1.5 - 2 taun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Dec 23, 2013 7:48
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
saya beli wuling airev lebih karena ukurannya yang mini .. gampang parkir , enak dipake untuk sekitar serpong .. jadi alasan orang beli mobil itu beda2 tidak bisa disamaratakan .. dan yang paling penting itu yang pilih istri..
.. kalo untuk baterai sih garansi 8th .. untuk mobilnya sih so far tidak ada masalah .. sering terabas genangan air , hujan dll no problem .. justru yang masalah bengkelnya .. servis rutin .. mobil normal , setelah servis setir malah miring .. di suruh SA .. spooring di tempat lain .. bengkelnya ga punya mesin spooring .. yah saya ga mau tau .. suruh mereka yang beresin akhirnya beres jg .. sy jg ada punya hybrid .. kenapa pilih hybrid bukan yang turbo .. lagi2 istri yang milih .. hehehe ..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
ftmb wrote: Fri Aug 04, 2023 2:08 Technology battery itu pasti membaik. Dulu battery utk industri cuma ada VRLA AGM, paling mentok gel atau tubular gel. Sekarang battery lithium aja udah mayoritas, ukurannya kecil, cycle nya lebih besar.
RnD battery akan makin cepat dan agresif karena market EV yg membesar.
Gw ngebayangin shifting dari ICE ke EV itu seperti dari kereta kuda ke mobil. Awal awal pasti akan banyak yg bilang kalau pakai mobil itu bisa kebakaran, lalu SPBU nya masih jarang, harganya mahal.. dll.
Jadi mirip kayak yg terjadi skrg kan... Hahaha![]()
dulu sebelom mobil ada pun bahan bakarnya ud avail dimana2x namanya ligroin pasti dijual di apotik
dan emak2x benz ini bisa benerin sendiri di jalan pas mobilnya masalah
ev kalo trouble gimana benerinnya wong yang kumat batrenya

in cased kek kasus berta benz gak tau deh chargingnya gimnane nunggu gledek nyamber dulu kali........

sorry ya gak sama om

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
- Location: Jakarta
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
sepertinya om tipe yg beli mobil lebih ke arah "peace of mind" a.k.a daripada dicerewetin istribedil wrote: Fri Aug 04, 2023 4:35 saya beli wuling airev lebih karena ukurannya yang mini .. gampang parkir , enak dipake untuk sekitar serpong .. jadi alasan orang beli mobil itu beda2 tidak bisa disamaratakan .. dan yang paling penting itu yang pilih istri.... kalo untuk baterai sih garansi 8th .. untuk mobilnya sih so far tidak ada masalah .. sering terabas genangan air , hujan dll no problem .. justru yang masalah bengkelnya .. servis rutin .. mobil normal , setelah servis setir malah miring .. di suruh SA .. spooring di tempat lain .. bengkelnya ga punya mesin spooring .. yah saya ga mau tau .. suruh mereka yang beresin akhirnya beres jg .. sy jg ada punya hybrid .. kenapa pilih hybrid bukan yang turbo .. lagi2 istri yang milih .. hehehe ..

Jadi inget punya klien galaknya minta ampun, kalo karyawannya kerja gak bener semua penghuni kebon binatang keluar dari mulutnya. Giliran beli mobil, pilih warna ya nurut sama kemauan istrinya

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Ic... Iya om klo astra punya jardine group.pcx wrote: Fri Aug 04, 2023 3:58 Tretna ngebut banget
Keberagaman opini yg sangat2 menarik![]()
Koreksi dikit Um@Chz
Astra sejak 1999 udh bukan milik +62 lage imbas krismon 98 dan yg nubie dengar pendirina Um@William tekenal bukan sebagai orang yg dekat dengan circle Kong Harto
Dengerna sejak 2000 udah jadi milik BUMN +65 dan pastina jadi salah 1 angsa bertelur emas bagi ekonomi +65 lha wong bayangkan sendiri volume mobil terjual di +62 vs mobil terjual di +65![]()
Kalo Indomob memang masih milik orang lama walo jg terguncang krismon 98 jg tapi bisa balik ke sang pendiri![]()
Masih ada beberapa bisnis besar +62 terutama private company yg kebal saat Orba berkuasa walo ga masuk circle Kong Harto.
Memang berkale kale mo diintervensi tapi tetap ga mempan sampe Orba runtuh![]()
![]()
![]()
malah beberapana saat ini yg paling menonjol di richest +62 karena zaman informasi ga bisa dibendung lagi.
Jack ma tu byk dosa dan udah lama diincar oleh presidenna dan saat yg tepat akhirna datang jg saat pidato mengkritikna wkwkwkw![]()
Pamor langsung ancur apalage mayoritas saham Alibaba ternyata juga bukan milik Jack Ma yg brarti uangna jg keluar dari Tiongkok dan opa jin Ping tentu tanpa ragu menyikatna![]()
![]()
Tp tetep kenyataannya punya mobil di indo hulu hilir yg kuasai tetep astra



Wakak jack ma kasusnya kek jusuf hamka donk wajahnya dipasang jd corporate image pdhl pemilik saham mayoritas aja bukan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Kalau soal mobil saya juga mending nurut istri de. Daripada sepanjang jalan ngegerutu trus. Aplagi kalau buat mobil pribadi istri, yang penting istri seneng, kita pulang ke rumah juga mood nya bagus.Iriawans wrote: Fri Aug 04, 2023 5:00
sepertinya om tipe yg beli mobil lebih ke arah "peace of mind" a.k.a daripada dicerewetin istri![]()
Jadi inget punya klien galaknya minta ampun, kalo karyawannya kerja gak bener semua penghuni kebon binatang keluar dari mulutnya. Giliran beli mobil, pilih warna ya nurut sama kemauan istrinya![]()
Tapi ya gitu, kaum wanita sebagian besar beli mobil ya berdasarkan ukuran mobil sama tampak rupa mobil itu aja. Buka kap mesin aja belum tentu bisa

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Tos Um@ChzChZ wrote: Fri Aug 04, 2023 5:07Ic... Iya om klo astra punya jardine group.pcx wrote: Fri Aug 04, 2023 3:58 Tretna ngebut banget
Keberagaman opini yg sangat2 menarik![]()
Koreksi dikit Um@Chz
Astra sejak 1999 udh bukan milik +62 lage imbas krismon 98 dan yg nubie dengar pendirina Um@William tekenal bukan sebagai orang yg dekat dengan circle Kong Harto
Dengerna sejak 2000 udah jadi milik BUMN +65 dan pastina jadi salah 1 angsa bertelur emas bagi ekonomi +65 lha wong bayangkan sendiri volume mobil terjual di +62 vs mobil terjual di +65![]()
Kalo Indomob memang masih milik orang lama walo jg terguncang krismon 98 jg tapi bisa balik ke sang pendiri![]()
Masih ada beberapa bisnis besar +62 terutama private company yg kebal saat Orba berkuasa walo ga masuk circle Kong Harto.
Memang berkale kale mo diintervensi tapi tetap ga mempan sampe Orba runtuh![]()
![]()
![]()
malah beberapana saat ini yg paling menonjol di richest +62 karena zaman informasi ga bisa dibendung lagi.
Jack ma tu byk dosa dan udah lama diincar oleh presidenna dan saat yg tepat akhirna datang jg saat pidato mengkritikna wkwkwkw![]()
Pamor langsung ancur apalage mayoritas saham Alibaba ternyata juga bukan milik Jack Ma yg brarti uangna jg keluar dari Tiongkok dan opa jin Ping tentu tanpa ragu menyikatna![]()
![]()
Tp tetep kenyataannya punya mobil di indo hulu hilir yg kuasai tetep astra![]()
Wakak jack ma kasusnya kek jusuf hamka donk wajahnya dipasang jd corporate image pdhl pemilik saham mayoritas aja bukan![]()

Nah seperti itu Um seblom si Jack Ma muncul di atas panggung, di +62 sesudah Orba runtuh ada istilah new money. OKB yg yg dapet limpahan duit kebanyakanna old money masa Orba berkuasa dan langsung wajahna sering masuk berita

Padahal hanya topeng biar old money ga terlalu mencolok pastina wkwkwk

Agreed Astra udah enak kuasai dari hulu ke hilir di +62



ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Sudah standart SNI (Sudah Nanya Istri), dan sertifikasi ISO (Istri sudah OK) = AMANbedil wrote: Fri Aug 04, 2023 4:35 saya beli wuling airev lebih karena ukurannya yang mini .. gampang parkir , enak dipake untuk sekitar serpong .. jadi alasan orang beli mobil itu beda2 tidak bisa disamaratakan .. dan yang paling penting itu yang pilih istri.... kalo untuk baterai sih garansi 8th .. untuk mobilnya sih so far tidak ada masalah .. sering terabas genangan air , hujan dll no problem .. justru yang masalah bengkelnya .. servis rutin .. mobil normal , setelah servis setir malah miring .. di suruh SA .. spooring di tempat lain .. bengkelnya ga punya mesin spooring .. yah saya ga mau tau .. suruh mereka yang beresin akhirnya beres jg .. sy jg ada punya hybrid .. kenapa pilih hybrid bukan yang turbo .. lagi2 istri yang milih .. hehehe ..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter
Bener punya Jardine, tapi kalo otomotipnya hidup mati ikut principal, 4W ya TMC, 2W ya HMC, model, strategi development produk ikut mereka semua. Jadi inget komen oom NR yg bilang TMC mau minggat, kayaknya bakal kejadian tu. Toyota asli yg dibuat disini kan tinggal Fortie sama Jinix (itu aja enjin dr Prindapan/Tokyo), sisanya Daihatsu semua kan ?, yg terbaru si Yasir Cross rasa Rocky kan ? TMMIN dah rakit Veloz, skrg tambah Yasir.ChZ wrote: Fri Aug 04, 2023 5:07 Ic... Iya om klo astra punya jardine group.
Tp tetep kenyataannya punya mobil di indo hulu hilir yg kuasai tetep astra![]()
Wakak jack ma kasusnya kek jusuf hamka donk wajahnya dipasang jd corporate image pdhl pemilik saham mayoritas aja bukan![]()
Nah sekarang si Toyota rasa Daihatsu mau dilawanin merek RRC, per sekarang si RRC masih ndak bisa bikin ICE bener, lha kalo EV kan malah mereka rajanya, teknologi batere sama drivetrain dah kepegang mereka...
Kalo ada yg dah gede pas 70 akhir - 80 awal, truk yg beredar itu : Thames pesek, Mercedes pesek, Toyota Buaya, yg persamaannya : semua makan bensin. Pas ujug2 sekonyong2 tiba2 mendadak solar disubsidi kan dlm 2 taun ilang, ganti Fuso








