

Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjakThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()
Kalau reliability kyknya emng reborn tak terkalahkan ya om.quyquy wrote: Wed Aug 02, 2023 11:31 Kalo demen diesel, mending yg reborn diesel G matic..
Cocok dipake jangka supeeer panjang.
Tp kalo demen bensin dan bs beli versi hybridnya ya ambil yg hybrid sekalian.
Kalau kyk motor listrik dan komponen listrik lainnya gimana om?
Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti beltThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()
Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()
Soalnya udh sering keluar kota pake berbagai macam honda om, jdi udh pede aja pake fwd, jalanan rusak, naik, turun hajar aja blm pernah kendala yg gimana2.ctopher7 wrote: Wed Aug 02, 2023 12:37 demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjak
cvt fwd monokok hybrid mah memang resep kenyamanan dalem kota. luar kota ga yakin deh kalo ktemu jalanan naik turn dan rada rusak. lagian kalo tol luar kota high speed batrenya ga kepake pasti
zonepublic wrote: Wed Aug 02, 2023 12:56 Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti belt
Kayanya dari dulu umum gitu perawatannya
Iya kalau yg non hybrid peace of mind nya lebih dapet sih om. Seringnya keluar kota juga, kalau lihat review konsumsi bisa 1:14 sih masih oke lah, sekarang pake jazz ge8 juga segitu konsumsi bbmnyat105erd wrote: Wed Aug 02, 2023 13:30 Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.
Kalo pakai mobil 5 tahun ganti yaa yang hybrid hehe...
Kalau boleh tau, domisili dan pemakaian harian di kota besar kayak Jakarta, Surabaya, zsemarang, Bandung yg macet gak Om?Thoecks wrote:Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran
Iya sepertinya yg hybrid ini resale value akan menang ya om karena lebih banyak peminatnya.Bpurna wrote: Wed Aug 02, 2023 14:20 Jelas yg hybrid dong. Harga beda gak banyak (msh sangat fair lah). Tenaga dapet, irit jelas dpt. Apalg mobil dipake rutin itu awet utk batre. Resale value jg kedepan hybrid akan menang rasanya.
Kalau harian ke kantor gk macet sih om, sy seringnya juga bawa motor (kecuali musim hujan) soalnya deket cuma 3km an, dan jalannya lewat gang kecil2 jdi agak ribet bawa mobil.fl4b1e wrote: Wed Aug 02, 2023 14:36 Kalau boleh tau, domisili dan pemakaian harian di kota besar kayak Jakarta, Surabaya, zsemarang, Bandung yg macet gak Om?
mnrt saya sih meski sering keluar kota, tapi kalau hariannya di daerah macet saya akan lebih milih hybrid. Kalau Om setahun diatas 16 rib km aja pemakaiannya, saya sih condong hybrid. kenapa? asumsi mobil hybrid lebih irit 5 kilometer per liter aja, kan untuk 100 ribu kilometer pemakaian, selisihnya bisa idr 46 juta. emang hitungan kasar sih, hanya 100ribu km kalau dibagi 10kpl asumsi konsumsi bbm dalam kota zenix bensin kan hasilnya 10 ribu liter, sementara kalau zenix hybrid 100ribu km dibagi asumsi konsumsi dalam kota zenix hybrid 15kpl, dapat 6,667liter, maka selisihnya 3,333 x 14ribu harga pertamax kan idr 46 juta..
Beda cerita kalau harian di kota yang ga macet, serta pemakaian juga ga kilometer tinggi dan kalau pemakaian harian ga macet, go for gasoline, Om hemat banyak dari selisih harga beli, serta pastinya less worry masalah batere.
Tuk masalah tanjakan, ya bisa liat Moladin sih, tapi mnrt saya, dibanding Veloz cvt tuk nanjak, Zenix jauh lebih ok.
Kalau masalah reborn, hmmm ya bergantung yaa.. reborn mungkin lebih reliable, lebih bisa dioprek, build quality sedikit lebih ok, tapi kalau kenyamanan, pengendaraan, kehematan bbm, serta karena dipiara lama, saya sih milih Zenix, asalkan medan l harian ga yang offroad ngerasa kaki-kaki..
semoga membantu
Sepertinya hybrid kalau kapasitas baterai mulai turun, akan semakin boros ya om, jdi klo hitung2 an gk bisa lngsung bandingin fc waktu mobil msh baru, soalnya makin thn bakal makin boros, tpi gk tau si zenix ini apa bakal banyak kasus spt nissan si om, secara ini toyota yg teknologi hybridnya paling oke.ChZ wrote: Wed Aug 02, 2023 14:55 Kalo jangka panjang lbh untung pake yg bensin omhibrit gw yakin jualnya rewel pembelinya ntar batre kondisi under 90% dipake alesan nawar malas bener
![]()
Apalagi setaun jalan d bawah 20 rebu bocuan om. Barunya jg selisih 30jtane pernah iseng hitung bocuan om bahkan dgn assuming ud ada batre murah 30jt an.
Garansi 8thn diganti paling ada s&k nya banyak. Klo cuma drop kapasitas mah ogah mereka gw dah ngalamin nissan gak mau tuh kapasitas drop d bilang normal batre harga 75jtni mbl umur 2 taun loh drop kapasitas. Klo drop kapasitas fcnya gak bisa bagus skrg 1:18 dalkot doank bisanya.
Sementara kl blm ada yah minim 60jt buat batre sendiri dalkotan pun iritnya gak ngebantulukot hibrit jg gak irit2 bgt om.
Cvt kalo rajin ganti oli metik mah aman![]()
Yang ud pasti performa batre di thn ke-2,3,4 dst ga bakal se prima di awal jd expect ada penurunan di fuel cons om.Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 17:04 Sepertinya hybrid kalau kapasitas baterai mulai turun, akan semakin boros ya om, jdi klo hitung2 an gk bisa lngsung bandingin fc waktu mobil msh baru, soalnya makin thn bakal makin boros, tpi gk tau si zenix ini apa bakal banyak kasus spt nissan si om, secara ini toyota yg teknologi hybridnya paling oke.
Thanks![]()
sebenernya pengen nyaranin trio ladder ajaa, karena tenaga , konsumsi bbm & feelnya lebih enak & lebih worth dibanding zenix (kebetulan saya ex user anf & reborn diesel + sekarang pake AN voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin & ANPS dakar 2018 serta udh pernah td zenix hybrid jg) , entah knp zenix lebih cocok buat mobil dalkot aja, pengalaman di voxy tarikannya kalo buat luar kota agak kurang & bengek, apalagi diisi full load, buat selap selip perlu injek gas dalam dulu, dulu pas pake reborn diesel jauh lebih efortless buat lukot & buat selap selip hehehe + tarikannya jg lebih enak dibanding voxy/zenix menurut saya, makanya buat lukot saya nambah lagi ANPS dakar beli sekenThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()
jelas, dulu saya pake 2 tahunan ngga ada masalah apa apa sampe dijual, cuma servis rutin & ganti oli ajaThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 12:51
Kalau reliability kyknya emng reborn tak terkalahkan ya om.![]()
Tapi entah knp sy kalau bawa reborn kerasa capek bgt (sering pinjem punya sodara), mungkin grgr setirnya berat kalau jalan pelan, trus kalau di tol setir jdi enteng bgt berasa melayang jdi harus ekstra fokus. Gatau apa emng mobilnya ga sehat, ga pernah nyoba yg inreyen soalnya
Kalau zenix katanya setir udh enteng kyk mobil kekinian, pakai elektronik.
yg saya bold, jangan dijadiin patokkan. kebetulan saya pernah pake CRV turbo pres 2019 juga sebelum voxy ini. jangan harap CVT nya zenix ini bisa se responsif honda punya , memang soal durability nggak usah diragukan lg, tp kalo biasa make honda jangan kaget kalo tarikannya jauh dari kata responsif dibanding honda yg notabene sama2 CVT. pengalaman dulu bawa ke puncak & bandung pake crv turbo jauh lebih efortless kalo selap selip kondisi full load, pake voxy di tanjakkan aja sama2 kondisi full load mesti digas dalem dulu baru mau ngisi tarikannya , pengalaman sendiri murni bukan katanya katanya,dan juga jangan berekspektasi kestabilan, driving feel & handlingnya bakal seenak honda walaupun saya akui cukup modern & nyaman heheheThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 13:50Soalnya udh sering keluar kota pake berbagai macam honda om, jdi udh pede aja pake fwd, jalanan rusak, naik, turun hajar aja blm pernah kendala yg gimana2.ctopher7 wrote: Wed Aug 02, 2023 12:37 demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjak
cvt fwd monokok hybrid mah memang resep kenyamanan dalem kota. luar kota ga yakin deh kalo ktemu jalanan naik turn dan rada rusak. lagian kalo tol luar kota high speed batrenya ga kepake pasti
zonepublic wrote: Wed Aug 02, 2023 12:56 Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti belt
Kayanya dari dulu umum gitu perawatannyaIya kalau yg non hybrid peace of mind nya lebih dapet sih om. Seringnya keluar kota juga, kalau lihat review konsumsi bisa 1:14 sih masih oke lah, sekarang pake jazz ge8 juga segitu konsumsi bbmnyat105erd wrote: Wed Aug 02, 2023 13:30 Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.
Kalo pakai mobil 5 tahun ganti yaa yang hybrid hehe...![]()
Zenix di jalan keriting berlubang kecil2 gimana om? Masih oke kah dibanding reborn? Secara dia monokok, mungkin lebih bergemuruh gitu, tpi bisa diakali sih, ganti ban lebih tebal + tekanan ban dikurangi.Pboyz97 wrote: Thu Aug 03, 2023 9:05 sebenernya pengen nyaranin trio ladder ajaa, karena tenaga , konsumsi bbm & feelnya lebih enak & lebih worth dibanding zenix (kebetulan saya ex user anf & reborn diesel + sekarang pake AN voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin & ANPS dakar 2018 serta udh pernah td zenix hybrid jg) , entah knp zenix lebih cocok buat mobil dalkot aja, pengalaman di voxy tarikannya kalo buat luar kota agak kurang & bengek, apalagi diisi full load, buat selap selip perlu injek gas dalam dulu, dulu pas pake reborn diesel jauh lebih efortless buat lukot & buat selap selip hehehe + tarikannya jg lebih enak dibanding voxy/zenix menurut saya, makanya buat lukot saya nambah lagi ANPS dakar beli seken![]()
kalo cuma 2 itu opsinya saya pilih yg bensin. cvt asal perawatannya bener , telaten, rutin + ngga pernah salah or telat ganti oli harusnya awet. kalo hybrid entah knp kalo lukot konsumsi bbmnya ngga jauh beda sm diesel or bensin menurut saya, lebih enak buat lukot hehehe
yg saya bold, jangan dijadiin patokkan. kebetulan saya pernah pake CRV turbo pres 2019 juga sebelum voxy ini. jangan harap CVT nya zenix ini bisa se responsif honda punya , memang soal durability nggak usah diragukan lg, tp kalo biasa make honda jangan kaget kalo tarikannya jauh dari kata responsif dibanding honda yg notabene sama2 CVT. pengalaman dulu bawa ke puncak & bandung pake crv turbo jauh lebih efortless kalo selap selip kondisi full load, pake voxy di tanjakkan aja sama2 kondisi full load mesti digas dalem dulu baru mau ngisi tarikannya , pengalaman sendiri murni bukan katanya katanya,dan juga jangan berekspektasi kestabilan, driving feel & handlingnya bakal seenak honda walaupun saya akui cukup modern & nyaman hehehe
cvt bisa lumayan irit setau saya karena kita lari 100 pun rpm nya masih terjaga di putaran rendah, nggak sampe 3rb rpm + gas dikit udh ganti gigi which is rasio giginya pendek, beda sm ge8 yg emg rasio giginya panjang, kebetulan dulu pernah pake jg![]()
alexand wrote: Thu Aug 03, 2023 11:05 Kalo rata2 perbulan di bawah 2000km saran saya lebih ke zenix gasoline aja. Apalagi ini mobil mau di keep dalam jangka waktu lama, batere itu pasti turun terus kapasitasnya dan di tahun ke 9 kita asumsi udah harus ganti batere mungkin kena 40jt.
Kalo di hitung dari selisih harga beli mobil + batere dalam jangka waktu 10 tahun kepemilikan mobil rasanya lebih baik beli yg tipe gasoline aja
Konsumsi real dalam kota jakarta zenix g hybrid itu sekitar 1:16-17 kpl
Kalo budgetnya nyampe sekalian zenix v gasoline aja biar gak berasa kopongan banget mobilnya
Iya om untuk pemakaian jangka panjang dan km yg gk tinggi2 bgt sptnya lbh oke yg non hybridsapifr22 wrote: Thu Aug 03, 2023 6:09 Kalau rute luar kotaan, dan pemakaian 10-15k km, lebih baik gasoline.
Selisih biaya per tahun hanya beda dikit karena jarak tempuh rendah.
Kecuali kalau mau cari TSS, yang hanya ada di Q hybrid, yang uenak sekali dipakai ngetol jarak jauh....
Nyetir santai, tdk capek karena adaptive cruise control plus bisa nyetir sendiri
kalo kriting ya masih oke lah, walaupun kalo mau aman lukot saya masih lebih prefer gnki or reborn. gnki bensin mah jangan ditanya, apalagi yg maticnyaThoecks wrote: Thu Aug 03, 2023 16:00
Zenix di jalan keriting berlubang kecil2 gimana om? Masih oke kah dibanding reborn? Secara dia monokok, mungkin lebih bergemuruh gitu, tpi bisa diakali sih, ganti ban lebih tebal + tekanan ban dikurangi.
Kalau tarikan agak lemot msh bisa di toleransi om, dulu sering bawa GNKI bensin punya ortu, lemotnya minta ampun sy juga msh sabar2 aja kok![]()
Yg penting penumpang nyaman, sy nyetir jga santai gk capek2 bgt.
Thanks om![]()
Buat pake lebih dari 10thn ambil yg bensin Om, ya mengenai CVT Alphard pun diatas 10thn ada bbrp yg kena, tapi gak sebanyak Nissan. Tiap 2-3 tahun rajin aja ganti oli cvt, d tap aja.Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()
Nanya malah tambah bingung kan om? heheheheThoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi![]()
).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran![]()