Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sintoni wrote: Mon Jul 31, 2023 22:52
Oli J*mbo itu murmer ada 0W20 cuma 55 rebong...
Link cari sendiri ya.
mungkin oli2 murah tsb tanpa kandungan additive ya, ibaratnya nasi goreng thok, ga pake telur, acar apalagi udang, dan cumi, tapi tetep itu adalah nasi goreng 100%
sintoni wrote: Mon Jul 31, 2023 22:52
Oli J*mbo itu murmer ada 0W20 cuma 55 rebong...
Link cari sendiri ya.
mungkin oli2 murah tsb tanpa kandungan additive ya, ibaratnya nasi goreng thok, ga pake telur, acar apalagi udang, dan cumi, tapi tetep itu adalah nasi goreng 100%
Gak mungkin om , base oil sebagus apapun gak ada yang langsung ready to use sebagai product pelumas mesin modern, karena butuh detergent dan antiwear jg. Mungkin Lebih kyk nasinya doang tapi gak digoreng om, walaupun nasi bagus pun tetep gak jadi nasi goreng.
Justru biasa oli-oli murah budgetnya lebih untuk gimana caranya bahan nasi busuk kalo di goreng tetep acceptable (kasih bumbu, kasih micin, biar ketutup).
sintoni wrote: Mon Jul 31, 2023 22:52
Oli J*mbo itu murmer ada 0W20 cuma 55 rebong...
Link cari sendiri ya.
mungkin oli2 murah tsb tanpa kandungan additive ya, ibaratnya nasi goreng thok, ga pake telur, acar apalagi udang, dan cumi, tapi tetep itu adalah nasi goreng 100%
Gak mungkin om , base oil sebagus apapun gak ada yang langsung ready to use sebagai product pelumas mesin modern, karena butuh detergent dan antiwear jg. Mungkin Lebih kyk nasinya doang tapi gak digoreng om, walaupun nasi bagus pun tetep gak jadi nasi goreng.
Justru biasa oli-oli murah budgetnya lebih untuk gimana caranya bahan nasi busuk kalo di goreng tetep acceptable (kasih bumbu, kasih micin, biar ketutup).
ya logika aja klo berpikir sbg pedagang.
harga bahan baku pada naik,
tp harga jual ke publik ttp gak naik2...?
seberapa lama bisa nahan...?
ya kualitasnya aja didowngrade lah dikit
buat cuci mesin aja sih masih ok.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sintoni wrote: Mon Jul 31, 2023 22:52
Oli J*mbo itu murmer ada 0W20 cuma 55 rebong...
Link cari sendiri ya.
mungkin oli2 murah tsb tanpa kandungan additive ya, ibaratnya nasi goreng thok, ga pake telur, acar apalagi udang, dan cumi, tapi tetep itu adalah nasi goreng 100%
Gak mungkin om , base oil sebagus apapun gak ada yang langsung ready to use sebagai product pelumas mesin modern, karena butuh detergent dan antiwear jg. Mungkin Lebih kyk nasinya doang tapi gak digoreng om, walaupun nasi bagus pun tetep gak jadi nasi goreng.
Justru biasa oli-oli murah budgetnya lebih untuk gimana caranya bahan nasi busuk kalo di goreng tetep acceptable (kasih bumbu, kasih micin, biar ketutup).
okay om, very good insight
Suryaputra wrote: Tue Aug 01, 2023 2:12Fastron Eco Green 0w20
3,5 liter
Menarik bangett harganya
Buat cuci mesin gas 1000 km lah
buat temen2 taksol yang tiap 1-2 bulan sekali ganti oli cocok juga kyknya mbah, regardless KM driven
Suryaputra wrote: Tue Aug 01, 2023 3:28
ya logika aja klo berpikir sbg pedagang.
harga bahan baku pada naik,
tp harga jual ke publik ttp gak naik2...?
seberapa lama bisa nahan...?
ya kualitasnya aja didowngrade lah dikit
buat cuci mesin aja sih masih ok.
kata temen yang jualan oli...
cara maennya mah biasa keluarin varian mahal trs tiba-tiba keluar versi murahnya. yg mahal udah jarang atau gak keluar sama sekali.
misal FK massimo skrg susah cari dimana2 adanya FK elite. aditifnya yang diubah pake yg lebih murah
minusnya, kualiti turun. tapi plusnya kuantiti nya justru dy bisa produksi banyak = harga makin murah. availability juga makin banyak.
semua gitu dari part otomotif ampe bahan bangunan jg sama aja maennya
iya karena sales volume sudah mencapai skala ekonomi yg sesuai harapan
jd biaya produksi turun <-- teori bisnis ideal ya gini
tapi itu kan klo skala ekonomisnya tercapai, klo nggak... ya main varian beda yg lbh murah dong ya.
Yah ntu dia,
makanya knp oli macam amsoil, dkk makin mahal, krn dia jaga kualitasnya ttp konsisten or even better untuk surpass sertifikasi yg makin baru
PTT jg gtu, mainnya... kayak lu bilang mbah.
yg seri non-eco makin mahal dan tetap dijual, tapi seri econya laris, krn lbh murah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Aug 01, 2023 3:28
ya logika aja klo berpikir sbg pedagang.
harga bahan baku pada naik,
tp harga jual ke publik ttp gak naik2...?
seberapa lama bisa nahan...?
ya kualitasnya aja didowngrade lah dikit
buat cuci mesin aja sih masih ok.
kata temen yang jualan oli...
cara maennya mah biasa keluarin varian mahal trs tiba-tiba keluar versi murahnya. yg mahal udah jarang atau gak keluar sama sekali.
misal FK massimo skrg susah cari dimana2 adanya FK elite. aditifnya yang diubah pake yg lebih murah
minusnya, kualiti turun. tapi plusnya kuantiti nya justru dy bisa produksi banyak = harga makin murah. availability juga makin banyak.
semua gitu dari part otomotif ampe bahan bangunan jg sama aja maennya
Bener, begitulah kenyataannya. Kadang soalnya serbasalah jg kalo kompetitor kita nurunin harga (dengan nurunin kualitas) mau gak mau harus ikutan punya produk yang kompetitif buat ngelawan. Marketnya lebih encourage produsen untuk nurunin kualitas biar paspasan aja tapi murah, daripada jauh mengexceed spesifikasi yang ditentukan tapi mahal.
Bisa diliat, merek² high end yang misalnya kaya Q8, produk kyk d1 fe 0w20 dan d1 5w30 sebenernya awalnya dibuat untuk mengcover dexos 1 gen 2, tapi ternyata tanpa perubahan formulasi sudah melebihi speknya dexos 1 gen 3 jadi langsung bisa upgrade approval. Beda dengan merek² yang launching product baru lagi. Tapi balik lagi harganya gak bisa murah
Suryaputra wrote: Tue Aug 01, 2023 3:56
Yah ntu dia,
makanya knp oli macam amsoil, dkk makin mahal, krn dia jaga kualitasnya ttp konsisten or even better untuk surpass sertifikasi yg makin baru
PTT jg gtu, mainnya... kayak lu bilang mbah.
yg seri non-eco makin mahal dan tetap dijual, tapi seri econya laris, krn lbh murah
yg serem kalo anak2 baru maen mobil gak ngerti oli2 murah gak didesain buat longdrain. hajar pake ampe 10k. klo generasi babe babenya atau minimal orang ngerti mobil, ganti oli 6 bulan sekali atawa 5 rebu aja udah ganti dan mereka lebih mending beli oli 70 rebu perliter tapi short drain daripada beli 150 rebu long drain
pdhl gw itung itung ekonomis beli yg 150 rebu long drain setidaknya ampe akhir lifetime kualitasnya lbh konsisten yg 70 rebu perliter dipake 3 rebu 4 rebu aja udah gak enak.
0W20 aja dulu rasanya oli mahal bgt jarang yang pake paling mobil2 mahal, skrg buset dah 0W20 murmer2 banyak amet. ptt eco lah, mobil super 0w20 aja 90 rebu perliter.
sahabatq8 wrote: Tue Aug 01, 2023 6:10
Bener, begitulah kenyataannya. Kadang soalnya serbasalah jg kalo kompetitor kita nurunin harga (dengan nurunin kualitas) mau gak mau harus ikutan punya produk yang kompetitif buat ngelawan. Marketnya lebih encourage produsen untuk nurunin kualitas biar paspasan aja tapi murah, daripada jauh mengexceed spesifikasi yang ditentukan tapi mahal.
Bisa diliat, merek² high end yang misalnya kaya Q8, produk kyk d1 fe 0w20 dan d1 5w30 sebenernya awalnya dibuat untuk mengcover dexos 1 gen 2, tapi ternyata tanpa perubahan formulasi sudah melebihi speknya dexos 1 gen 3 jadi langsung bisa upgrade approval. Beda dengan merek² yang launching product baru lagi. Tapi balik lagi harganya gak bisa murah
yg lucu temen gw yang ngomong itu, gak nyetok Q8 FE D1 gen 2 . keknya percuma jg marketnya gak gede dy cuma jual 5W30 FE D1 yg biasa.
waktu gw tanya kok ga nyetok katanya jarang bgt itu mahal lagi
Suryaputra wrote: Tue Aug 01, 2023 3:56
Yah ntu dia,
makanya knp oli macam amsoil, dkk makin mahal, krn dia jaga kualitasnya ttp konsisten or even better untuk surpass sertifikasi yg makin baru
PTT jg gtu, mainnya... kayak lu bilang mbah.
yg seri non-eco makin mahal dan tetap dijual, tapi seri econya laris, krn lbh murah
yg serem kalo anak2 baru maen mobil gak ngerti oli2 murah gak didesain buat longdrain. hajar pake ampe 10k. klo generasi babe babenya atau minimal orang ngerti mobil, ganti oli 6 bulan sekali atawa 5 rebu aja udah ganti dan mereka lebih mending beli oli 70 rebu perliter tapi short drain daripada beli 150 rebu long drain
pdhl gw itung itung ekonomis beli yg 150 rebu long drain setidaknya ampe akhir lifetime kualitasnya lbh konsisten yg 70 rebu perliter dipake 3 rebu 4 rebu aja udah gak enak.
0W20 aja dulu rasanya oli mahal bgt jarang yang pake paling mobil2 mahal, skrg buset dah 0W20 murmer2 banyak amet. ptt eco lah, mobil super 0w20 aja 90 rebu perliter.
sahabatq8 wrote: Tue Aug 01, 2023 6:10
Bener, begitulah kenyataannya. Kadang soalnya serbasalah jg kalo kompetitor kita nurunin harga (dengan nurunin kualitas) mau gak mau harus ikutan punya produk yang kompetitif buat ngelawan. Marketnya lebih encourage produsen untuk nurunin kualitas biar paspasan aja tapi murah, daripada jauh mengexceed spesifikasi yang ditentukan tapi mahal.
Bisa diliat, merek² high end yang misalnya kaya Q8, produk kyk d1 fe 0w20 dan d1 5w30 sebenernya awalnya dibuat untuk mengcover dexos 1 gen 2, tapi ternyata tanpa perubahan formulasi sudah melebihi speknya dexos 1 gen 3 jadi langsung bisa upgrade approval. Beda dengan merek² yang launching product baru lagi. Tapi balik lagi harganya gak bisa murah
yg lucu temen gw yang ngomong itu, gak nyetok Q8 FE D1 gen 2 . keknya percuma jg marketnya gak gede dy cuma jual 5W30 FE D1 yg biasa.
waktu gw tanya kok ga nyetok katanya jarang bgt itu mahal lagi
Bener bgt tuh om, orang tua biasa ganti oli 5rb/6 bulan jadi paling gak oli biasa pun masih ok. Kadang soalnya misalnya pake oli long drain 5rb udah item jadi oli murah ganti 2x lebih nyaman aja mereka, padahal kalo oli murah baru (yang kalo dipake 3000-4000 udah kasar) daya lumasnya sama oli high end udah dipake 5rb masih bagusan oli bagus .
Oli item kan juga sebenernya sebabnya beda beda, bisa jadi karena oli tersebut mulai gosong (mengencer/mengental dan mulai gak layak pakai) atau memang detergentnya bekerja membersihkan mesin. Saya inget banget waktu kunjungan ke bandung, wisewordsnya bosnya sunda motor. Dia bilang "kalo cuci baju nodanya rontok dan airnya jadi keruh itu berarti detergentnya bagus. Kalo bajunya tetep kotor dan airnya tetep bening... "
Btw katanya 0w20 padahal kalo kualitasnya sebanding (gak mengorbankan daya lumas, ketahanan oli. ,dsb) itu bahan bakunya bisa hampir 2x lipat 5w40. Terutama buat bikin oli seencer itu dan tetep bisa longdrain itu gak bisa mengandalkan additive package aja, base oil juga harus bagus or else awal awal ok tapi sebentar olinya udah KO. Gw ngeliat pricelist 0w16nya Q8 udah pucet
Temen om dulu nyetok yang G/D1 kali ya? Udah discontinue sekarang jadi D1 5w30 (dexos 1 gen 2 lalu jadi dexos 1 gen 3). Sayang sih jadi ada lubang di segmen bawah.
sahabatq8 wrote: Tue Aug 01, 2023 7:50
Bener bgt tuh om, orang tua biasa ganti oli 5rb/6 bulan jadi paling gak oli biasa pun masih ok. Kadang soalnya misalnya pake oli long drain 5rb udah item jadi oli murah ganti 2x lebih nyaman aja mereka, padahal kalo oli murah baru (yang kalo dipake 3000-4000 udah kasar) daya lumasnya sama oli high end udah dipake 5rb masih bagusan oli bagus .
Oli item kan juga sebenernya sebabnya beda beda, bisa jadi karena oli tersebut mulai gosong (mengencer/mengental dan mulai gak layak pakai) atau memang detergentnya bekerja membersihkan mesin. Saya inget banget waktu kunjungan ke bandung, wisewordsnya bosnya sunda motor. Dia bilang "kalo cuci baju nodanya rontok dan airnya jadi keruh itu berarti detergentnya bagus. Kalo bajunya tetep kotor dan airnya tetep bening... "
Btw katanya 0w20 padahal kalo kualitasnya sebanding (gak mengorbankan daya lumas, ketahanan oli. ,dsb) itu bahan bakunya bisa hampir 2x lipat 5w40. Terutama buat bikin oli seencer itu dan tetep bisa longdrain itu gak bisa mengandalkan additive package aja, base oil juga harus bagus or else awal awal ok tapi sebentar olinya udah KO. Gw ngeliat pricelist 0w16nya Q8 udah pucet
Temen om dulu nyetok yang G/D1 kali ya? Udah discontinue sekarang jadi D1 5w30 (dexos 1 gen 2 lalu jadi dexos 1 gen 3). Sayang sih jadi ada lubang di segmen bawah.
wakakak klo item banyak gram gramnya dan levelnya turun banyak itu baru bahaya biasa pd takut kalo udah nyoklat padahal mah gapapa tandanya olinya kerja bagus
itu dy om agak serem kalo pake 0W20 generik yg harganya under cepeceng perliter. ya labelnya si udah API SN+ malah ada yg API SP klo pake 5rb buang aman tp longdrain gak yakin....
iya om dy dulu nyetok G/D1 harganya inget masih dikasi 600 rebu dpt 4 liter. setara ma honda epro turbo saat itu tp dy juga gak seberapa nyetok sih oli2 yg banyak FK elite ma mobil super/delvac deh soalnya bengkel banyakan ngerjain diesel cumi cumi . AMS aja gak punya
sahabatq8 wrote: Tue Aug 01, 2023 7:50
Btw katanya 0w20 padahal kalo kualitasnya sebanding (gak mengorbankan daya lumas, ketahanan oli. ,dsb) itu bahan bakunya bisa hampir 2x lipat 5w40. Terutama buat bikin oli seencer itu dan tetep bisa longdrain itu gak bisa mengandalkan additive package aja, base oil juga harus bagus or else awal awal ok tapi sebentar olinya udah KO.
+1 to this. Makanya ini nanti pas q8 pas 10rb km mau saya tes. Mau saya bandingkan dengan yg harga 90rb yg pernah saya pake
sintoni wrote: Mon Jul 31, 2023 22:52
Oli J*mbo itu murmer ada 0W20 cuma 55 rebong...
Link cari sendiri ya.
mungkin oli2 murah tsb tanpa kandungan additive ya, ibaratnya nasi goreng thok, ga pake telur, acar apalagi udang, dan cumi, tapi tetep itu adalah nasi goreng 100%
Merk yg terkenal dgn produk minyak rem, oli nya bisa murah karena fokus jualannya partai besar oli drum2 an oli retail kemasan mungkin cuma utk memperluas pasar...sering pakai nih produk utk minyak rem dan oli power steering kualitas lumayan harganya termasuk yg paling murah.
Ijin om.... bertanya di luar topik. Mau buat referensi.
Wajar tdk sie om, kalau mutasi dan balik nama motor dr plat F bogor ke plat B depok.... habis 4.2 juta dengan rincian seperti ini om
Pjk 410.000
Mutasi 2.700.000 walau depok bpkb masuk polda Metro.
Bpkb 500.000
Cekfsik 100.000
Jasa 300.000
Total 4.010.000