Dimulai dengan mobilnya dulu, Toyota Corolla Hatch. Pas saya mulai pakai ODO di 90780km. Mesin yg dipakai M20A-FKS, selama perjalanan sih tenaga sangat lebih dr cukup ya. Mau takeover, pas kickdown juga sigap bener untuk mobil cvt (eh cvt kan ya ni mobil? Kadang bisa agak meraung dikit tp sigapnya kek mobil 6at).
Fitur sensing ada Line Assist, Collision, Road Sign Assistant (mayan munculin berapa max speed pas lewatin suatu wilayah), dan Adaptive Cruise Control.
Untuk jalanan sepi dan panjang gini, line assist + adaptive cruise control menurut saya sangat membantu. Kadang meleng dikit liat kok ada pemandangan bagus atau hamparan sapi/domba, jd diingetin ama mobilnya lg.
Akomodasi ya pas2 saja, kalau dijual di indo, nasibnya keknya bakal ngenes karena kurang luas. Bagasi hanya muat 2 koper medium, sisanya saya kudu tidurin kursi belakang buat 2 hand carry luggage. Sempet coba duduk di kursi belakang, rasa2nya seperti naik mazda 2 sky gedean sikit.
Road noise kurang oke, di dalam mobil kudu agak teriak2 dikit kalau ngmg ama bini. Mungkin dipengaruhi bannya juga. Ban yg dipake Goodyear Optilife 2 buat belakang sama Dunlop T1 buat depan. Keduanya di ban tertulis "Made in Indonesia"

Curiga ban-nya ini kelas yg penting umur panjang, bikin grip rada2 gimana gitu. Kalau dah belok2 banget terasa keteteran pantat ni mobil.
Wheel chain saya juga sudah ada d mobil, karena rute saya banyak melewati celah gunung.
Day 1: Christchurch - Geraldine - Lake Tekapo
Kurang lebih perjalanan hampir 300 km, di 100 km terakhir perjalanan sudah mulai full salju. Day 2: Hooker Valley - Wanaka
Trip sekitar 250an KM, harusnya di hari ini akan trekking dan liat glacier di sekitar hooker valley/mr aoraki. Tp cuaca kurang mendukung, akhirnya lanjut ke kota selanjutnya dulu. Day 3: Wanaka - Hooker Valley + Mt. Aoraki - Queenstown
Back track kembali ke hooker valley, di perjalanan ada peternakan salmon, akhirnya coba mampir. Dan bener2 fresh sekali rasanya (ya mgkn laper juga ya). Sempat mampir area yg hari sebelumnya ga salju, jd bersalju (Lindis Pass). Selesai trekking, langsung hajar ke queenstown, tadinya mau lewatin Cardrona Pass, tp hari sudah gelap.
Day 4: Queenstown - Arrowtown - Glenorchy - Dunedin
Pagi2 dr queenstown sudah langsung berangkat muter2 sekeliling kota + glenorchy + Arrowtown. Disini jalanan cukup seru karena kelok2. Pas sudah siang hari langsung hajar ke Dunedin dimana perjalanan makan waktu sekitar 3-4 jam.
Day 5: Dunedin - Larnach Castle - Oamaru - Christchurch
Di hari terakhir saya hanya muter2 sekeliling kota dan langsung tancap balik ke Christchurch. Perjalanan makan waktu sekitar 5 jam.
Beberapa point highlight:
(1) Bensin mobil diminta unleaded 91. Harga sekitara 2.5-2.9 NZD per liter (2) Sempat mampir toko auto suppliers, buset auto laper mata. Tergiur brake pad bendix ultra premium buat masdut 2, tp kok harganya jauh lebih mahal, tp wujudnya kok mirip GCT. --- to be continued