Velg aftermarket di hybrid/ EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Velg aftermarket di hybrid/ EV
Pagi Om,
Untuk pemakai mobil hybrid/ EV disini ada yg udah ganti velg? Ada efek kah ke charging baterai ketika pengereman dan konsumsi bbm (hybrid)?
Nuhun,
Untuk pemakai mobil hybrid/ EV disini ada yg udah ganti velg? Ada efek kah ke charging baterai ketika pengereman dan konsumsi bbm (hybrid)?
Nuhun,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Pertanyaan yg sama Mbah. Cuman kalo lihat youtube FE bisa tuh order spesial ke HSR Wheel. Ga tau budgetnya berapa... Wkwkw
E300 W212
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
belum om dan kelihatannya ga bakal ganti, soalnya model velg CorCross cocok sama selera sayaSanasini wrote: Sat Jul 29, 2023 23:43 Pagi Om,
Untuk pemakai mobil hybrid/ EV disini ada yg udah ganti velg? Ada efek kah ke charging baterai ketika pengereman dan konsumsi bbm (hybrid)?
Nuhun,

mengenai efek ke charging battery, mungkin perlu study lebih lanjut termasuk pengalaman dari user yang mau mencoba dan berbagi pengalaman

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
order spek yg kita mau dari design2 yg ada?kurniakerten wrote: Sat Jul 29, 2023 23:56 Pertanyaan yg sama Mbah. Cuman kalo lihat youtube FE bisa tuh order spesial ke HSR Wheel. Ga tau budgetnya berapa... Wkwkw
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
iya sih, benernya velg bawaan cocok2 aj.. cuman yaaa namanya mw dandan2 sikitAbdulHakim wrote: Sun Jul 30, 2023 1:17belum om dan kelihatannya ga bakal ganti, soalnya model velg CorCross cocok sama selera sayaSanasini wrote: Sat Jul 29, 2023 23:43 Pagi Om,
Untuk pemakai mobil hybrid/ EV disini ada yg udah ganti velg? Ada efek kah ke charging baterai ketika pengereman dan konsumsi bbm (hybrid)?
Nuhun,
mengenai efek ke charging battery, mungkin perlu study lebih lanjut termasuk pengalaman dari user yang mau mencoba dan berbagi pengalaman![]()

klo liat IG permaisuri, ada tuh bbrp corcross yg ganti OZ. manakali ada usernya disini.
saya pun klo ganti rencana pakai ring yg sama, 17, cuma mgkn cari yg lbh ringan
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Skrg velg2 murah jg ringan ga terlalu ngebeban ke drivetrain.
Ganti aja om
bbrp kali liat corcross ganti velg keren. Apalagi dibuat ceper dikit
Iya bener om pake ukuran std aja dulu sayang itu primacy4
Ganti aja om


Iya bener om pake ukuran std aja dulu sayang itu primacy4

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 768
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
CorCross ring 18 Gan, bukan 17. Kayaknya ada yg pernah posting habis ganti velg lebih ringan malah regenerative braking kurang ya jadi lebih boros, ga tau sih krn kebetulan juga belum pengin dandan, bawaan masih ok sejauh ini.Sanasini wrote: Sun Jul 30, 2023 1:43iya sih, benernya velg bawaan cocok2 aj.. cuman yaaa namanya mw dandan2 sikitAbdulHakim wrote: Sun Jul 30, 2023 1:17belum om dan kelihatannya ga bakal ganti, soalnya model velg CorCross cocok sama selera sayaSanasini wrote: Sat Jul 29, 2023 23:43 Pagi Om,
Untuk pemakai mobil hybrid/ EV disini ada yg udah ganti velg? Ada efek kah ke charging baterai ketika pengereman dan konsumsi bbm (hybrid)?
Nuhun,
mengenai efek ke charging battery, mungkin perlu study lebih lanjut termasuk pengalaman dari user yang mau mencoba dan berbagi pengalaman![]()
![]()
klo liat IG permaisuri, ada tuh bbrp corcross yg ganti OZ. manakali ada usernya disini.
saya pun klo ganti rencana pakai ring yg sama, 17, cuma mgkn cari yg lbh ringan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
artikel bagus ngebahas pengaruh berat velg untuk mobil https://www.linkedin.com/pulse/impact-w ... =share_viapeterming77 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:05CorCross ring 18 Gan, bukan 17. Kayaknya ada yg pernah posting habis ganti velg lebih ringan malah regenerative braking kurang ya jadi lebih boros, ga tau sih krn kebetulan juga belum pengin dandan, bawaan masih ok sejauh ini.Sanasini wrote: Sun Jul 30, 2023 1:43iya sih, benernya velg bawaan cocok2 aj.. cuman yaaa namanya mw dandan2 sikitAbdulHakim wrote: Sun Jul 30, 2023 1:17
belum om dan kelihatannya ga bakal ganti, soalnya model velg CorCross cocok sama selera saya
mengenai efek ke charging battery, mungkin perlu study lebih lanjut termasuk pengalaman dari user yang mau mencoba dan berbagi pengalaman![]()
![]()
klo liat IG permaisuri, ada tuh bbrp corcross yg ganti OZ. manakali ada usernya disini.
saya pun klo ganti rencana pakai ring yg sama, 17, cuma mgkn cari yg lbh ringan
kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
iya om, sebelum ganti, mw cari feedback dulu sama user disini ttg pertanyaan ane yg di awal post hehehehChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 2:46 Skrg velg2 murah jg ringan ga terlalu ngebeban ke drivetrain.
Ganti aja ombbrp kali liat corcross ganti velg keren. Apalagi dibuat ceper dikit
![]()
Iya bener om pake ukuran std aja dulu sayang itu primacy4![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
saya utk corolla altis om, 17" bawaannya.. nyinggung corcross krn mesin hybridnya sama dan liat di IG, udah ada yg gantipeterming77 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:05CorCross ring 18 Gan, bukan 17. Kayaknya ada yg pernah posting habis ganti velg lebih ringan malah regenerative braking kurang ya jadi lebih boros, ga tau sih krn kebetulan juga belum pengin dandan, bawaan masih ok sejauh ini.Sanasini wrote: Sun Jul 30, 2023 1:43iya sih, benernya velg bawaan cocok2 aj.. cuman yaaa namanya mw dandan2 sikitAbdulHakim wrote: Sun Jul 30, 2023 1:17
belum om dan kelihatannya ga bakal ganti, soalnya model velg CorCross cocok sama selera saya
mengenai efek ke charging battery, mungkin perlu study lebih lanjut termasuk pengalaman dari user yang mau mencoba dan berbagi pengalaman![]()
![]()
klo liat IG permaisuri, ada tuh bbrp corcross yg ganti OZ. manakali ada usernya disini.
saya pun klo ganti rencana pakai ring yg sama, 17, cuma mgkn cari yg lbh ringan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
engga ngejar performa om, kebut2an cuma berani di gran turismo aj hahaha.. lbh ke kosmetik aj, cuma prefer engga degrade fuel economy yg skrgctopher7 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:45artikel bagus ngebahas pengaruh berat velg untuk mobil https://www.linkedin.com/pulse/impact-w ... =share_viapeterming77 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:05CorCross ring 18 Gan, bukan 17. Kayaknya ada yg pernah posting habis ganti velg lebih ringan malah regenerative braking kurang ya jadi lebih boros, ga tau sih krn kebetulan juga belum pengin dandan, bawaan masih ok sejauh ini.Sanasini wrote: Sun Jul 30, 2023 1:43
iya sih, benernya velg bawaan cocok2 aj.. cuman yaaa namanya mw dandan2 sikit![]()
klo liat IG permaisuri, ada tuh bbrp corcross yg ganti OZ. manakali ada usernya disini.
saya pun klo ganti rencana pakai ring yg sama, 17, cuma mgkn cari yg lbh ringan
kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3055
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Dr pengamatan om sherryandkez yg doyan hybrid juga, beliau pernah pake velg lebih ringan di hybrid lexusnya, dr 12kg jd 6kg. Efeknya, charging batre nya jg lebih payah. Regenerative braking payah, mungkin velg keringanan, jd less friction, charging power jg jd lemah.
Jd velg ringan pun kayanya ga bagus buat mobil ev/hybrid.
Kalo mau naik ukuran mungkin bisa cari yang ujungnya berat velg sama ya dgn berat velg standard
Jd velg ringan pun kayanya ga bagus buat mobil ev/hybrid.
Kalo mau naik ukuran mungkin bisa cari yang ujungnya berat velg sama ya dgn berat velg standard
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Nah iya om makanya ane blg sehh skrg percuma beli velg puluhan puluhan jut kalo cm mau looks atau speknya susahctopher7 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:45 kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk

Kecuali type yang modifnya aliran saklek harus japan ori dan orijinel dan duitnya banyak....

Replika gampang pecah ud gak jaman skrg jgn2 yg rep ama ori pabriknya sama lagi

biasa pelek kompetisi emang cari yang ringan dan bawaan pabriknya ud lebih balans dan presisi jd ga perlu balancing.
Yg gw ketawa prnh ada yutuber anti velg replika blg pake oem style mobil lain katanya jelek2 ori, lah loe diketawain balik ma pabriknya org pada made in indo semua jgn2 rep yg dibilang jelek sepabrik lagi

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12542
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Nah iyaChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 5:59Nah iya om makanya ane blg sehh skrg percuma beli velg puluhan puluhan jut kalo cm mau looks atau speknya susahctopher7 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:45 kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk![]()
Kecuali type yang modifnya aliran saklek harus japan ori dan orijinel dan duitnya banyak....![]()
Replika gampang pecah ud gak jaman skrg jgn2 yg rep ama ori pabriknya sama lagi cuma beda machining process![]()
biasa pelek kompetisi emang cari yang ringan dan bawaan pabriknya ud lebih balans dan presisi jd ga perlu balancing.
itu pelk2 bawaan mobil apa gak skrg ya pada made in indo semua![]()
Krn linear momentum of physics nya berkurang
Makin berat velg = makin besar momentum = gelinding lbh jauh juga
Sederhananya gini..
p = m . v
________________________
p = momentum (kg m/s)
m = massa (kg)
v = kecepatan (m/s)
Intinya..
Daily car sama racing car beda..
Daily car ngincer efisiensi, dmn kombinasi push and gelinding seimbang.
Gelinding manfaatin momentum untuk optimize engine brake, sehingga FC optimal.
Resing car, bnyk gas poll nya, butuh yg ringan, dan klo ngerem mepet mau masuk tikungan, jadi juga butuh momentum yg ringan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3055
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Tp finishing velg mahal dan ori sih emang top, apa lagi velg2 forged yg harganya udah ratusan jt barunya. Brush, diamond cut atau high polishnya ga akan di dapetin di velg 10 jtan.ChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 5:59Nah iya om makanya ane blg sehh skrg percuma beli velg puluhan puluhan jut kalo cm mau looks atau speknya susahctopher7 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:45 kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk![]()
Kecuali type yang modifnya aliran saklek harus japan ori dan orijinel dan duitnya banyak....![]()
Replika gampang pecah ud gak jaman skrg jgn2 yg rep ama ori pabriknya sama lagi![]()
biasa pelek kompetisi emang cari yang ringan dan bawaan pabriknya ud lebih balans dan presisi jd ga perlu balancing.
Yg gw ketawa prnh ada yutuber anti velg replika blg pake oem style mobil lain katanya jelek2 ori, lah loe diketawain balik ma pabriknya org pada made in indo semua jgn2 rep yg dibilang jelek sepabrik lagi![]()
Velg mahal dr brand mahal beneran juga biasanya made to order, sesuai spec mobil, bukan mobil sesuain spec velg. Hre di bmw f10 ane plug n play, sampe baut bawaam pabrik, ga ada gesrot, fitment mantep. Vellano di jaguar saya dl juga demkian, plug n play ga ada itu spacer2an, beli baut pendek panjang lg. Cm ya harga barunya dpt lcgc paling murah emang kl dulu.
Pecah ga pecah banyak faktor, terlebih tekanan angin ban.
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Idem om finishingnya emg bikin ngiler tuh pelk2 puluhan jutfarizfsa wrote: Sun Jul 30, 2023 6:31 Tp finishing velg mahal dan ori sih emang top, apa lagi velg2 forged yg harganya udah ratusan jt barunya. Brush, diamond cut atau high polishnya ga akan di dapetin di velg 10 jtan.
Velg mahal dr brand mahal beneran juga biasanya made to order, sesuai spec mobil, bukan mobil sesuain spec velg. Hre di bmw f10 ane plug n play, sampe baut bawaam pabrik, ga ada gesrot, fitment mantep. Vellano di jaguar saya dl juga demkian, plug n play ga ada itu spacer2an, beli baut pendek panjang lg. Cm ya harga barunya dpt lcgc paling murah emang kl dulu.
Pecah ga pecah banyak faktor, terlebih tekanan angin ban.


Wakakak pelk yg masspro selalu punya masalah di CB nya krn mau fit ke banyak mobil, jd musti pasang center ring.

Itu dia om mengingat pelk bawaan mobil aja bs pecah


Keknya velg ini macem tas atau sepatu mahal, mahal di detailsnya. Klo safety sih udah no issue.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
noted om.. dari baca2 disini, udah condong utk as is aja dgn velg oem nya. tujuan yg cm kosmetik tapi retain FC yg skrg engga dapet. trims feedbacknyafarizfsa wrote: Sun Jul 30, 2023 4:34 Dr pengamatan om sherryandkez yg doyan hybrid juga, beliau pernah pake velg lebih ringan di hybrid lexusnya, dr 12kg jd 6kg. Efeknya, charging batre nya jg lebih payah. Regenerative braking payah, mungkin velg keringanan, jd less friction, charging power jg jd lemah.
Jd velg ringan pun kayanya ga bagus buat mobil ev/hybrid.
Kalo mau naik ukuran mungkin bisa cari yang ujungnya berat velg sama ya dgn berat velg standard
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2558
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
bener umfarizfsa wrote: Sun Jul 30, 2023 4:34 Dr pengamatan om sherryandkez yg doyan hybrid juga, beliau pernah pake velg lebih ringan di hybrid lexusnya, dr 12kg jd 6kg. Efeknya, charging batre nya jg lebih payah. Regenerative braking payah, mungkin velg keringanan, jd less friction, charging power jg jd lemah.
Jd velg ringan pun kayanya ga bagus buat mobil ev/hybrid.
Kalo mau naik ukuran mungkin bisa cari yang ujungnya berat velg sama ya dgn berat velg standard
berat mah ga gitu efek besar cenderung negatif krn ev/hybrid andelin regen
soal efisiensi velg di ev/hybrid yg lebih ngaruh ya desain velg (aero/tdk), lebar ban & jenis ban yg dipake
makanya kan skrg ada ban HP/UHP yg kusus EV ngebut, spt pilot sport EV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2558
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
bentuk spoke nya jg beda umfarizfsa wrote: Sun Jul 30, 2023 6:31Tp finishing velg mahal dan ori sih emang top, apa lagi velg2 forged yg harganya udah ratusan jt barunya. Brush, diamond cut atau high polishnya ga akan di dapetin di velg 10 jtan.ChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 5:59Nah iya om makanya ane blg sehh skrg percuma beli velg puluhan puluhan jut kalo cm mau looks atau speknya susahctopher7 wrote: Sun Jul 30, 2023 3:45 kesimpulannya kalo mau beli velg buat ngejer performanya untuk daily use rada percuma, karena total energy consumption difference nya ga beda significant (ga sampe sepersen) itu anggepan velgnya turun dari 12 kg ke 6 kg. meanwhile kalo beneran racing baru ngaruh sih harusnya soalnya beda 1 milisecond aja bisa nentuin menang kalah
kalo mau beli karna looksnya bagus dan banyak duitnya ya bebas aja ya wkwkwk![]()
Kecuali type yang modifnya aliran saklek harus japan ori dan orijinel dan duitnya banyak....![]()
Replika gampang pecah ud gak jaman skrg jgn2 yg rep ama ori pabriknya sama lagi![]()
biasa pelek kompetisi emang cari yang ringan dan bawaan pabriknya ud lebih balans dan presisi jd ga perlu balancing.
Yg gw ketawa prnh ada yutuber anti velg replika blg pake oem style mobil lain katanya jelek2 ori, lah loe diketawain balik ma pabriknya org pada made in indo semua jgn2 rep yg dibilang jelek sepabrik lagi![]()
Velg mahal dr brand mahal beneran juga biasanya made to order, sesuai spec mobil, bukan mobil sesuain spec velg. Hre di bmw f10 ane plug n play, sampe baut bawaam pabrik, ga ada gesrot, fitment mantep. Vellano di jaguar saya dl juga demkian, plug n play ga ada itu spacer2an, beli baut pendek panjang lg. Cm ya harga barunya dpt lcgc paling murah emang kl dulu.
Pecah ga pecah banyak faktor, terlebih tekanan angin ban.
somehow velg" ori ini bentuknya cakep dibanding yg rep. wong yg rep aja nyetak yg aseli kan

bener" definisi ada barang ada rupa

liat velg yg desain ori under 5jt/pcs aja banyak yg ga karuan bentuknya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2558
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
nahChZ wrote: Sun Jul 30, 2023 5:59
Yg gw ketawa prnh ada yutuber anti velg replika blg pake oem style mobil lain katanya jelek2 ori, lah loe diketawain balik ma pabriknya org pada made in indo semua jgn2 rep yg dibilang jelek sepabrik lagi![]()
sebenernya mau demen rep/ori preference pribadi
cuma yg pasti, pelg jaman skrg setidaknya ud di tes JWL utk kualitas & durabilitynya
aplg yg dibuat di pabrik macam pako, secara dia org jg supply OEM ke merk" gede dimari kan

jadi ud ga valid lah dibilang gampang pecah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3055
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Betul, kayanya untuk ev dan hybrid perlu juga ban yang low rolling resistance supaya irit, cm cari ban low resis yg handling nya bagus juga ya mahal wkwkdarrelund wrote: Sun Jul 30, 2023 9:48bener umfarizfsa wrote: Sun Jul 30, 2023 4:34 Dr pengamatan om sherryandkez yg doyan hybrid juga, beliau pernah pake velg lebih ringan di hybrid lexusnya, dr 12kg jd 6kg. Efeknya, charging batre nya jg lebih payah. Regenerative braking payah, mungkin velg keringanan, jd less friction, charging power jg jd lemah.
Jd velg ringan pun kayanya ga bagus buat mobil ev/hybrid.
Kalo mau naik ukuran mungkin bisa cari yang ujungnya berat velg sama ya dgn berat velg standard
berat mah ga gitu efek besar cenderung negatif krn ev/hybrid andelin regen
soal efisiensi velg di ev/hybrid yg lebih ngaruh ya desain velg (aero/tdk), lebar ban & jenis ban yg dipake
makanya kan skrg ada ban HP/UHP yg kusus EV ngebut, spt pilot sport EV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Ban2 low rolling resistance tu kaya ban ecopia dkk yah?
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Macem bentuk spoke, konon katanya emang itu didaftarin hak paten om. Makanya kalo rep pasti beda beda.darrelund wrote: Sun Jul 30, 2023 10:00 bentuk spoke nya jg beda um
somehow velg" ori ini bentuknya cakep dibanding yg rep. wong yg rep aja nyetak yg aseli kan![]()
bener" definisi ada barang ada rupa![]()
liat velg yg desain ori under 5jt/pcs aja banyak yg ga karuan bentuknya![]()
Liat TW37 aja bentuk spokenya ga bisa kliatan bagus

Makanya gw demen pake rep rep an cari yang gak terlalu populer buat dijiplak

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Velg aftermarket di hybrid/ EV
Logika nya klo produk berkaitan sama safety dan terbukti not safe pasti heboh dunia persilatan. Minim ada standar baja cor nya sekuat apa.darrelund wrote: Sun Jul 30, 2023 10:02
nah
sebenernya mau demen rep/ori preference pribadi
cuma yg pasti, pelg jaman skrg setidaknya ud di tes JWL utk kualitas & durabilitynya
aplg yg dibuat di pabrik macam pako, secara dia org jg supply OEM ke merk" gede dimari kan![]()
jadi ud ga valid lah dibilang gampang pecah![]()
Klo gak percaya SNI label lain pan ada masa ngasal velg rep dikasi logo JWL apa ga dituntut ma lembaganya

Nyatanya rep rep banyak jg dipake motorsport.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7