sherryandkez wrote: Wed Mar 01, 2023 4:05
Prolog
1195556.jpg
Sebenernya saya udah negative thinking sama merek ini. Karena dulu QQ sama Tiggo lama kualitasnya bener-bener sampah. Masih inget Tiggo lama itu harganya 140jt tapi body segede CR-V. Tapi kualitasnya kayak mobil di bawah 100jt (jaman itu 100jt dapet city car). Ditambah lagi Wuling yang gak pernah impress saya sepenuhnya, paling Air EV aja yang menurut saya cukup.
Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.
Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan?
Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt
Exterior
1195333.jpg
Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30.
1195559.jpg
Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet.
1195557.jpg
Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan.
1195558.jpg
Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel.
1195563.jpg
Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.
Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an.
Exterior : 9/10
Interior
1195560.jpg
Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.
Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.
Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.
Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.
AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin.
1195562.jpg
Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu.

So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya.
1195561.jpg
Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.
Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.
Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud.
Interior : 9/10
Driving
1195564.jpg
Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..
Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).
Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.
NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.
Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.
Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92)

. Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.
Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.
Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter

.
Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka

. Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.
Trus kurangnya apa?
Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.
Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.
Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.
Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.
Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.
Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?
Verdict
Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.
Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?
Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.
This is really the best chinese car in Indonesia.
Thank you!