benzz89 wrote: Thu May 06, 2021 4:35
Ganti oli CVT nya terakhir kapan tuh om? Takutnya sdh 5 taon tp KM "baru" 40 rebu jd dianggap blom waktunya ganti.
Sompret jg analisanya sampai ganti laher segala (salah analisa) kan beres setau ane ada stethoscope utk cari bunyi2an.
Kantor dulu ada avanza matic, ada bunyi semacam dengung di transmisinya, di cek pake stethoscope msh kurang meyakinkan, akhirnya "pinjam" matic mobil sejenis yg lg service disana lalu di tes lg, hingga akhirnya diputuskan maticnya memang ada masalah.
Acara pinjam meminjam ini yg bikin ane kaget jg sih, tp memang ganti matic seglondongan bukan perkara murah, masalahnya mobil msh dalam garansi jd klaim garansi, selesai perkara.
nah ini, emang ngikut km. niatannya sih pas 50K ganti oli matic, tapi whoops too late
rakyatwkwkland wrote: Thu May 06, 2021 5:17
Wow, baru 44k km tapi udah jajan 39 mio... Mau mencoba nyaingin DSG dry nya VW dan DCT nya mpord nih ye... Dikit lagi dapet badge "sheer repairing pleasure" tuh
Itu bisa sampe begitu emang oom gak rutin ganti oli CVT kah, atau ada salah pakai oli, atau driving style nya yg gradakan kah?
itu dia, ini mobil ortu + supir yang make selama ini jadi ya saya ngga ngikut2in amat. yah sy pikir namanaya toyota gitu loh ga usah dimanja mahahhaha. minimal follow beres pasti oke lah (tapi sepertinya salah ya)
ini mobil biasa dipakai sm ortu yang udah lumayan senior (70 tahun) so pastinya ngga ngebut2 sama sekali (seharusnya) at least selama disupirin sm supir nya ortu sih malah gue anggep kayak siput hauhahaha. toh ada alphard 1 lagi tahun 2010 dengan odo 100K++ masih aman2 aja so far.
ini bunyinya sangat tiba2, seminggus sebelumnya gue sempet nyupirin sebentar naik mobil itu dan masih gak ada suara dan getaran seama sekali. Pas rusak jadi ada suara aneh, lalu engine auto start stop nya jd berasa gitu nyala mati nya.
ChZ wrote: Thu May 06, 2021 8:38
terus ternyata ganti oli matic aja solusinya....
rawatan beres ? nah justru itu beres mahh kadang odo msh rendah gak ganti oli CVT... pdhl di buku manualnya ada xx tahun / xxxx kilometer. ya contoh aja HRV adik ane 5 thn 40k jg gak pernah ganti oli CVT padahal ya "rawatan beres"...
gini gmn aing mau percaya ama "rawatan beres"

hal sesimpel oli kl gak jalan tetep perlu diganti aj gak paham...
bingung jg kadang kenapa beres tuh diagnosanya suka menjurus ke catasthropic failure begitu dicek ke bengkel luar abisnya cuma ratusan rebu simpel bgt... bikin orang takut piara mobil aneh-aneh.
Apakah SOP beres itu "rip the customer off if problem occurs" atau "diagnose with the worst catasthropic failure possible".... Entahlah
oli matic udah sempat di kuras juga di beres dan tidak menyelesaikan masalah. engine mounting juga sempet diganti sooooo udah deh transmisi
itu 39 juta bengkel diluar beres lho (tapi referensi dari beres tersebut), ternyata disana juga banyak terdampar mobil matic (terutama CVT!!) yang bernasib buruk hahaha
KielConstantine wrote: Thu May 06, 2021 12:11
Makanya ane sangat menghindari mobil with CVT transmision. Even sekelas Toyota/Honda yg punya reputasi reliability bagus secara umum.
Yaaa ini masih mysteri sih wkwkwk.. ada jg yg cvt-nya awet sampe ratusan rebu kilometer no problemz. Coba klarifikasi dulu dari om tesna. Trakhir ganti oli cvt kapan, driving style gimana. Baru kita bs tarik kesimpulan..
Kalo mau alphard keknya ane bakal cari yg 3.5 V6 skalian. Dy maticnya model torque converter biasa . Aisin 6-speed uhuyy
sebelum ganti vellfire 2015 ini emang pakai alphard yg 3.5 tapi tahun 2008 or so. emang gila sih itu tenaganya jauh banget. tapi ya mobil harian ortu yang udah agak berumur dan mostly disupirin ya udah deh gantinya yg 2500cc saja
soal driving style, ya mostly yg make supir, dan bawa orang tua dan seharusnya kalem2 aja bawanya. ortu juga ada alphard 2010 dan CVT nya masih aman banget ga ada masalah walau odo udah 100K++
oli CVT dari beli belum pernah ganti... mungkin ini kesalahan fatal nya
Dan klo dari tebak2an gue sih transmisi mulai ngga bener setelah dipakai ortu perjalanan jakarta-sumedang-jakarta. mungkin along the way overheat transmisinya kali ya... ntah lah gue ngga tinggal serumah sama ortu jadi ngga tau pasti the exact moment bunyi itu muncul. Tau2 ortu nelpon dan minta di cekin mobil nya kenapa ada bunyi2 gitu. Tapi ya seminggu sebelum nya ya ortu sempet ke sumedang itu.
anyway, klo ditambahin ATF cooler apakah akan lebih awet untuk kedepannya? perlukah buat alphard/vellfire? Atau