Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau diliat masih layak pakai aja ya om 4 jenis oli itu.
Cuma emang CTX hebat sih TBN + viskonya masih tahan.
Tapi ya paling beda dikit2 aja antara 4 jenis itu.
Menurut saya sih masih layak diteruskan semua. Yang kurang bagus itu kondisi mesinnya. Metal wear Fe terpantau selalu cukup tinggi, mungkin faktor 80 ribu kilometer pertama kurang terawat.
Saya disarankan oleh seseorang untuk coba flushing lalu monitor lagi elemen metal wear Fe pada next UOA setelah flushing.
Kalau diliat masih layak pakai aja ya om 4 jenis oli itu.
Cuma emang CTX hebat sih TBN + viskonya masih tahan.
Tapi ya paling beda dikit2 aja antara 4 jenis itu.
Menurut saya sih masih layak diteruskan semua. Yang kurang bagus itu kondisi mesinnya. Metal wear Fe terpantau selalu cukup tinggi, mungkin faktor 80 ribu kilometer pertama kurang terawat.
Saya disarankan oleh seseorang untuk coba flushing lalu monitor lagi elemen metal wear Fe pada next UOA setelah flushing.
Mungkin faktor remap jg mempengaruhi wear result tsb.
Cuma itu masih normal koq, melihat kondisi remap dan km tinggi.
Yg agak warning itu, udh pk keraton, tp wear iron nya di atas 50 ppm per 8rb km (udh borderline area)
Klo Al tinggi, rada tanda tanya di ring seher nya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kalau diliat masih layak pakai aja ya om 4 jenis oli itu.
Cuma emang CTX hebat sih TBN + viskonya masih tahan.
Tapi ya paling beda dikit2 aja antara 4 jenis itu.
Menurut saya sih masih layak diteruskan semua. Yang kurang bagus itu kondisi mesinnya. Metal wear Fe terpantau selalu cukup tinggi, mungkin faktor 80 ribu kilometer pertama kurang terawat.
Saya disarankan oleh seseorang untuk coba flushing lalu monitor lagi elemen metal wear Fe pada next UOA setelah flushing.
Mungkin faktor remap jg mempengaruhi wear result tsb.
Cuma itu masih normal koq, melihat kondisi remap dan km tinggi.
Yg agak warning itu, udh pk keraton, tp wear iron nya di atas 50 ppm per 8rb km (udh borderline area)
Klo Al tinggi, rada tanda tanya di ring seher nya.
Baru remap berbarengan ganti CTX REV HD. 2 result paling kanan belum remap (PTT paling kanan & Q8).
Menurut saya sih masih layak diteruskan semua. Yang kurang bagus itu kondisi mesinnya. Metal wear Fe terpantau selalu cukup tinggi, mungkin faktor 80 ribu kilometer pertama kurang terawat.
Saya disarankan oleh seseorang untuk coba flushing lalu monitor lagi elemen metal wear Fe pada next UOA setelah flushing.
Mungkin faktor remap jg mempengaruhi wear result tsb.
Cuma itu masih normal koq, melihat kondisi remap dan km tinggi.
Yg agak warning itu, udh pk keraton, tp wear iron nya di atas 50 ppm per 8rb km (udh borderline area)
Klo Al tinggi, rada tanda tanya di ring seher nya.
Baru remap berbarengan ganti CTX REV HD. 2 result paling kanan belum remap (PTT paling kanan & Q8).
Kalo dilihat, wear result q8 kandungan iron nya malah paling tinggi ya
saturday wrote: Thu Jul 20, 2023 16:29
Menurut saya sih masih layak diteruskan semua. Yang kurang bagus itu kondisi mesinnya. Metal wear Fe terpantau selalu cukup tinggi, mungkin faktor 80 ribu kilometer pertama kurang terawat.
Saya disarankan oleh seseorang untuk coba flushing lalu monitor lagi elemen metal wear Fe pada next UOA setelah flushing.
Emang odo sudah berapa?
Pake filter oli aspira aman2 aja ya om, padahal OCI 8-9rb kilo.
Suryaputra wrote: Thu Jul 20, 2023 21:42
Mungkin faktor remap jg mempengaruhi wear result tsb.
Cuma itu masih normal koq, melihat kondisi remap dan km tinggi.
Yg agak warning itu, udh pk keraton, tp wear iron nya di atas 50 ppm per 8rb km (udh borderline area)
Klo Al tinggi, rada tanda tanya di ring seher nya.
Baru remap berbarengan ganti CTX REV HD. 2 result paling kanan belum remap (PTT paling kanan & Q8).
Kalo dilihat, wear result q8 kandungan iron nya malah paling tinggi ya
Itu kenapa kira2 mbah?
Padahal mesin standar
Kalau diliat per kmnya sebenernya masih termasuk wajar, bisa jadi dari beberapa faktor yang diluar kontrol (karena ini kan mobil harian bukan khusus untuk penelitian). Yang penting ke 4 oli tersebut masih cocok dengan spec yang berarti oli masih berfungsi dengan baik.
Pake filter oli aspira aman2 aja ya om, padahal OCI 8-9rb kilo.
Odo 13x.[cencored]
Sejauh ini filter oli Aspira aman digunakan untuk OCI 9 ribu kilometer. Kalau dilihat-lihat, saya menempuh jarak tersebut dalam waktu kurang dari 1 tahun. Mungkin meski kilometernya tempuhnya tinggi, interval penggunaannya cukup singkat.
saturday wrote: Fri Jul 21, 2023 0:32
Baru remap berbarengan ganti CTX REV HD. 2 result paling kanan belum remap (PTT paling kanan & Q8).
Kalo dilihat, wear result q8 kandungan iron nya malah paling tinggi ya
Itu kenapa kira2 mbah?
Padahal mesin standar
Kalau diliat per kmnya sebenernya masih termasuk wajar, bisa jadi dari beberapa faktor yang diluar kontrol (karena ini kan mobil harian bukan khusus untuk penelitian). Yang penting ke 4 oli tersebut masih cocok dengan spec yang berarti oli masih berfungsi dengan baik.
Iya sih banyak faktor kalo mobil penggunaan harian
Pake filter oli aspira aman2 aja ya om, padahal OCI 8-9rb kilo.
Odo 13x.[cencored]
Sejauh ini filter oli Aspira aman digunakan untuk OCI 9 ribu kilometer. Kalau dilihat-lihat, saya menempuh jarak tersebut dalam waktu kurang dari 1 tahun. Mungkin meski kilometernya tempuhnya tinggi, interval penggunaannya cukup singkat.
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Spies wrote: Fri Jul 21, 2023 2:53
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Saya no comment. Hanya memberikan hasil tes aja. Nanti keduanya akan saya tes ulang. Coba kita lihat apakah kebetulan saja atau tidak. Tidak ada maksud untuk membaguskan/menjelekkan brand tertentu ya
Spies wrote: Fri Jul 21, 2023 2:53
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Saya no comment. Hanya memberikan hasil tes aja. Nanti keduanya akan saya tes ulang. Coba kita lihat apakah kebetulan saja atau tidak. Tidak ada maksud untuk membaguskan/menjelekkan brand tertentu ya
Kalo UOA gini at least kita tau dengan pasti dari oli oli tersebut gak ada yang oli jelek
Teorinya kalo oli sama sama sangat bagus, Menurut ane tutup mata aja pilih salah satu, Misalnya beda 1-2% cincai la
Tetep jangan lupa, 1 hasil bagus gak bisa di generalize seluruh lineup produk di brand tersebut bagus. Tapi Kalo Q8 ok lah dari yang saya pernah liat belum ada yang jelek, kecuali saat dicampur sama customer dengan additive tambahan malah jadi kacau. Ini konsistent dengan prinsip mereka yang pada intinya gak mau bikin produk dimana ingredientsnya di sunat sana sini.
Spies wrote: Fri Jul 21, 2023 2:53
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Saya no comment. Hanya memberikan hasil tes aja. Nanti keduanya akan saya tes ulang. Coba kita lihat apakah kebetulan saja atau tidak. Tidak ada maksud untuk membaguskan/menjelekkan brand tertentu ya
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Kalo dilihat dari hasil lab nya rasanya beda tipis aja ya, yg terakhir PTT udah d remap kan, andaikata harga mirip2 bisalah kita bilang lebih superior CTX, berhubung harga CTX 40-50% lebih mahal dari PTT, maka balik lagi ke sudut pandang owner sendiri, apakah worth it mengeluarkan uang lebih buat hasil seperti itu.
Ini pendapat pribadi aja, sisa duit beliin oli PS huehuehe
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Kalo dilihat dari hasil lab nya rasanya beda tipis aja ya, yg terakhir PTT udah d remap kan, andaikata harga mirip2 bisalah kita bilang lebih superior CTX, berhubung harga CTX 40-50% lebih mahal dari PTT, maka balik lagi ke sudut pandang owner sendiri, apakah worth it mengeluarkan uang lebih buat hasil seperti itu.
Ini pendapat pribadi aja, sisa duit beliin oli PS huehuehe
Hehe bisa jadi kita yang membaca hasil angkanya yang ribet sendiri padahal angka kayak begitu sebenernya geli-geli aja metal wearnya di mesin.
Kemungkinan lain, penggunaan saya belum terlalu ekstrim dimana oli yang lebih ekonomis masih menyanggupi untuk proteksi; oli yang high-end belum menunjukkan benefit maksimalnya.
Honda CR-V TP pre-facelift
Odo 45,8rb an KM
Oli Total Quartz 9000 visco 0W-20 beli di Lubricants & Co 430rb
Filter ori Honda beli di beres 45rb-an
Previous: Valvo SuperSyn 0W-20 + Mannol ester pemakaian 5700 km-an kondisi macet-macetan dan Genset.
IMG_20230722_093328.jpg
IMG_20230722_091633.jpg
IMG_20230722_095014.jpg
Kesan butt-meter: Getaran mesin halus, smooth, recommended
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
AbdulHakim wrote: Sat Jul 22, 2023 3:13
Honda CR-V TP pre-facelift
Odo 45,8rb an KM
Oli Total Quartz 9000 visco 0W-20 beli di Lubricants & Co 430rb
Filter ori Honda beli di beres 45rb-an
Previous: Valvo SuperSyn 0W-20 + Mannol ester pemakaian 5700 km-an kondisi macet-macetan dan Genset.
IMG_20230722_093328.jpgIMG_20230722_091633.jpg
IMG_20230722_095014.jpg
Kesan butt-meter: Getaran mesin halus, smooth, recommended
Wah ini worth di kelasnya.
Tnyt cocok ya buat mesin force induction
Sy jg prnh nyoba 4 thn lalu varian API SN
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim wrote: Sat Jul 22, 2023 3:13
Honda CR-V TP pre-facelift
Odo 45,8rb an KM
Oli Total Quartz 9000 visco 0W-20 beli di Lubricants & Co 430rb
Filter ori Honda beli di beres 45rb-an
Previous: Valvo SuperSyn 0W-20 + Mannol ester pemakaian 5700 km-an kondisi macet-macetan dan Genset.
IMG_20230722_093328.jpgIMG_20230722_091633.jpg
IMG_20230722_095014.jpg
Kesan butt-meter: Getaran mesin halus, smooth, recommended
Wah ini worth di kelasnya.
Tnyt cocok ya buat mesin force induction
Sy jg prnh nyoba 4 thn lalu varian API SN
Udah API SP - GF 6A jadi insyaAllah cocok buat mesin berturbo, mbah Surya.
AbdulHakim wrote: Sat Jul 22, 2023 3:13
Honda CR-V TP pre-facelift
Odo 45,8rb an KM
Oli Total Quartz 9000 visco 0W-20 beli di Lubricants & Co 430rb
Filter ori Honda beli di beres 45rb-an
Previous: Valvo SuperSyn 0W-20 + Mannol ester pemakaian 5700 km-an kondisi macet-macetan dan Genset.
IMG_20230722_093328.jpgIMG_20230722_091633.jpg
IMG_20230722_095014.jpg
Kesan butt-meter: Getaran mesin halus, smooth, recommended
Wah ini worth di kelasnya.
Tnyt cocok ya buat mesin force induction
Sy jg prnh nyoba 4 thn lalu varian API SN
Udah API SP - GF 6A jadi insyaAllah cocok buat mesin berturbo, mbah Surya.
iya yg penting jgn dicampur sama aditif ester / dll lagi (self-experience)
modyar formulanya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Berarti CTX emang beneran superior ya.. Dengan kondisi mesin udah remap dan jarak tempuh beda 500an km, tapi wear metal bisa jauh lebih rendah dari oli sebelumnya
Kalo dilihat dari hasil lab nya rasanya beda tipis aja ya, yg terakhir PTT udah d remap kan, andaikata harga mirip2 bisalah kita bilang lebih superior CTX, berhubung harga CTX 40-50% lebih mahal dari PTT, maka balik lagi ke sudut pandang owner sendiri, apakah worth it mengeluarkan uang lebih buat hasil seperti itu.
Ini pendapat pribadi aja, sisa duit beliin oli PS huehuehe
Hehehe angka2 ini kan om yg selalu bikin seru obrolan warga sini
AbdulHakim wrote: Sat Jul 22, 2023 3:13
Honda CR-V TP pre-facelift
Odo 45,8rb an KM
Oli Total Quartz 9000 visco 0W-20 beli di Lubricants & Co 430rb
Filter ori Honda beli di beres 45rb-an
Previous: Valvo SuperSyn 0W-20 + Mannol ester pemakaian 5700 km-an kondisi macet-macetan dan Genset.
IMG_20230722_093328.jpgIMG_20230722_091633.jpg
IMG_20230722_095014.jpg
Kesan butt-meter: Getaran mesin halus, smooth, recommended
wah ini bisa jadi alternatif buat besok ganti oli, masuk kriteria under 100rb/liter buat yang 5w30, setelah oli andalan GM Tech udah diskontinyu ganti jadi ACDelco dexos1 gen3 harganya dah 115rb
Mau ganti oli enak dan buat long drain interval >5000km OCI buat motor matic kondisi motor dipake harian start stop kadang luar kota 300km klo weekend
Pilih mana diantara
1 Amsoil signature series
2 ctx prime gt (ini betul ester oil kan ya?)
3 mobil 1 extended performance
4 q8 formula special d1FE
Buat sae 0w-20 semua
Atau ada pilihan lebih baik?
t105erd wrote: Sat Jul 22, 2023 12:12
wah ini bisa jadi alternatif buat besok ganti oli, masuk kriteria under 100rb/liter buat yang 5w30, setelah oli andalan GM Tech udah diskontinyu ganti jadi ACDelco dexos1 gen3 harganya dah 115rb
zonepublic wrote: Sat Jul 22, 2023 15:18
Mau ganti oli enak dan buat long drain interval >5000km OCI buat motor matic kondisi motor dipake harian start stop kadang luar kota 300km klo weekend
Pilih mana diantara
1 Amsoil signature series
2 ctx prime gt (ini betul ester oil kan ya?)
3 mobil 1 extended performance
4 q8 formula special d1FE
Buat sae 0w-20 semua
Atau ada pilihan lebih baik?
Motor matic itu gak bs panjang ganti olinya.
Karena olinya dikocok lgs di dalam mesin, tanpa filter oli dan sirkulasinya beda dgn mesin mobil.
Klopun ada spec long drain, amsoil seri keraton jaso MA aja itu gantolnya 2x OCI normal, which is kisaran 4rb km.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri