Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
darrelund wrote: Tue Jul 18, 2023 13:43
power lebih kecil belum tentu secara engineering inferior um
itu cuma urusan tuningan aja, dan toyota emg lumayan konservatif soal itu
yg inferior tu klo mesin kecil tapi borosnya kayak cc gede
Tapi urusan raize turbo emang benernya engine ny nothing special sih. Malah canggihan 1.2liternya.
Masih MPI belum GDI (ekobus udah GDI). Tweak nya ga seserius gimana L15B1 ke L15B7. Mesin 1KR dikasih turbo kecil (literally). Basically mesinnya jg tidak kuat di boost besar.
Liat aja punya om mobi akhirnya dari 120an hp harus detune ke 112hp deh gegara reliability issue.
In any sense ecoboost emang didesain lbh mateng.
Tp bandingin raize sama fiesta ekobus ga apple to apple jg sih mbah. Fiesta harusnya masuk segment njez, yasir yg emang lebih tinggi dari raize. Raize sebenernya kan upclass lcgc aja.
kendibocor wrote: Wed Jul 19, 2023 2:51
Tp bandingin raize sama fiesta ekobus ga apple to apple jg sih mbah. Fiesta harusnya masuk segment njez, yasir yg emang lebih tinggi dari raize. Raize sebenernya kan upclass lcgc aja.
Yoi, 1KR gimana gimana turbonya cm semacem afterthought buat nambah angkatan doang makanya gak dikasih teknologi aneh aneh
ChZ wrote: Wed Jul 19, 2023 1:22
Tapi urusan raize turbo emang benernya engine ny nothing special sih. Malah canggihan 1.2liternya.
Masih MPI belum GDI (ekobus udah GDI). Tweak nya ga seserius gimana L15B1 ke L15B7. Mesin 1KR dikasih turbo kecil (literally). Basically mesinnya jg tidak kuat di boost besar.
Liat aja punya om mobi akhirnya dari 120an hp harus detune ke 112hp deh gegara reliability issue.
In any sense ecoboost emang didesain lbh mateng.
setuju um
tapi, kyknya klo soal KR vs ekobus lebih ke perbedaan engineering choice aja
dan memang ekobus itu didesain utk turbo, makanya kelihatan lebi mateng krn partsnya jg harus lebi badak, aplg utk mesin highly charged kayak gitu
klo KR kan spt nya lebi fokus ke murah & ekonomis, makanya kg sebadak ekobus 1.0 punya. kasarnya kyk turbo kit OEM
toh yg pake ekobus mobilnya harga 2x lipat yg pake KR kan
hackers11 wrote: Wed Jul 19, 2023 5:08
Bukan fanboys tapi ya emang punya mobilnya aja dan sering gangguin orang jualan/yg pamer ttg mods yg dia pakai.
Didastek banyak dgn aman di 140-150 hp.
Dgn racechip aman tanpa check engine(kata yg make) di 110- 120 hp.
Ada improve vs NA diturboin sih.
Kekurangan dastek ya ada potong2 kabel, ga semua nyaman.
Makanya mungkin banyak yg kecewa Agya Ayla GR ga jadi pake mesin ini. Udah mobil ringan(safety tanda tanya) plus mesin tuneable.
itu dipakein dastek naeknya sebanyak itu cvt nya aman kah? tapi mantep sih kalo mobil 1 ton bisa dapet 150 hp, harga dibawah 300 jt. bawa yang tanpa piggyback aja uda berasa enteng di tol
hackers11 wrote: Wed Jul 19, 2023 5:08
Bukan fanboys tapi ya emang punya mobilnya aja dan sering gangguin orang jualan/yg pamer ttg mods yg dia pakai.
Didastek banyak dgn aman di 140-150 hp.
Dgn racechip aman tanpa check engine(kata yg make) di 110- 120 hp.
Ada improve vs NA diturboin sih.
Kekurangan dastek ya ada potong2 kabel, ga semua nyaman.
Makanya mungkin banyak yg kecewa Agya Ayla GR ga jadi pake mesin ini. Udah mobil ringan(safety tanda tanya) plus mesin tuneable.
itu dipakein dastek naeknya sebanyak itu cvt nya aman kah? tapi mantep sih kalo mobil 1 ton bisa dapet 150 hp, harga dibawah 300 jt. bawa yang tanpa piggyback aja uda berasa enteng di tol
Katanya sih aman. Dan dipake istrinya daily yg pake dastek. Mungkin kurvanya diatur pas rpm rendah torsinya manageable ama cvt, who knows.
Yeah, kalo remapnya mulai umum dan terjangkau menarik mungkin nanti. Bukan GDI tapi dapat hp lumayan. Best of both worlds
hackers11 wrote: Thu Jul 20, 2023 1:57
Katanya sih aman. Dan dipake istrinya daily yg pake dastek. Mungkin kurvanya diatur pas rpm rendah torsinya manageable ama cvt, who knows.
Yeah, kalo remapnya mulai umum dan terjangkau menarik mungkin nanti. Bukan GDI tapi dapat hp lumayan. Best of both worlds
hrs diakui over engineeringnya toyota berasa di sini sih mesin sederhana MPI doank bisa dapet 140-150hp. itulah bedanya toyota dan woleng sama-sama MPI turbo padahal.
tp toyota emang terkenal gak suka engine nya dikilik2 makanya sempet innova fortuner 2GD di lock ECUnya ampe butuh hardware lagi makanya ongkos remap 2GD mahal jaman 2018-2019 cape kali mobil murah cuan gak seberapa claim warranty terus
kelas GR yaris aja gak suka dikilik2 dia dikasih exhaust TRD kok malah turun tenaganya
raize 1KR aja gak bisa dikilik via remap hrs RCP ma dastek. ecu nya dilock kayak NR engine jg gak bisa dikilik.
hackers11 wrote: Thu Jul 20, 2023 1:57
Katanya sih aman. Dan dipake istrinya daily yg pake dastek. Mungkin kurvanya diatur pas rpm rendah torsinya manageable ama cvt, who knows.
Yeah, kalo remapnya mulai umum dan terjangkau menarik mungkin nanti. Bukan GDI tapi dapat hp lumayan. Best of both worlds
hrs diakui over engineeringnya toyota berasa di sini sih mesin sederhana MPI doank bisa dapet 140-150hp. itulah bedanya toyota dan woleng sama-sama MPI turbo padahal.
tp toyota emang terkenal gak suka engine nya dikilik2 makanya sempet innova fortuner 2GD di lock ECUnya ampe butuh hardware lagi makanya ongkos remap 2GD mahal jaman 2018-2019 cape kali mobil murah cuan gak seberapa claim warranty terus
kelas GR yaris aja gak suka dikilik2 dia dikasih exhaust TRD kok malah turun tenaganya
raize 1KR aja gak bisa dikilik via remap hrs RCP ma dastek. ecu nya dilock kayak NR engine jg gak bisa dikilik.
Nah itu, sayang bener blom remap-able.
Dan Masi mengurut dada part performanya pelan amat. Bahkan wrv lebih cepat keluar macem2(salam satu platform yg efektif sih)
Sebagai ex user Fiesta & Fiesta lovers, menarik nih buat di komen
Engine Ecoboost sebenernya reliable kok, selama kita perawatan rutin, oktan sesuai & perhatiin cooling sistem nya jangan sampe coolant kurang atau rembes di waterpump. Temen se komunitas ada yg remap sampe 150++ HP juga kuat2 aja, yg kalah malah transmisinya.
menang nya raize kan dia kuat nenggak Pertalite, mungkin cons nya dia "cuma" 97 HP.
dan development nya juga ke arah econobox car, kalo Ecoboost kan ada pertimbangan "fun to drive" & comfort juga, yg katanya flywheel di desain sedemikian rupa supaya mengurangi vibrasi mesin.
yaa tapi kalo skrg ane sebagai bapack2 sekrup korporat yg waktunya super sempit, emg peace of mind 1KR-VET sih wkwkwkw sedih juga ini engine kaga masup ke Agya GR
zonepublic wrote: Mon Jul 17, 2023 17:09
Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
Itu kann pilihan atara Performa Vs Longevity.
Ada yg lebih extrem yaitu Isuzu Panther, 2500 cc turbo diesel tapi cuma 87 HP paling tinggi
semua demi alasan keawetan, dengan mengorbankan unsur Fun to Drive, karena rata rata yang makai adalah Apek apek atau encek encek pemilik toko, yg berhitung banget operating cost. dan lupa bahwa dia sudah kaya dan layak menikmati kesuksesannya...tapi tetap milih yang Panther..
begitu juga dengan Raize...kalau dibuat 88 PS nanti kurang terasa josss...
kalau ditune heavy 120 HP nanti malah cepet rontok ..
yo wess kayak ini aja..
jalan tengah..
FR6 wrote: Thu Jul 20, 2023 5:39
Sebagai ex user Fiesta & Fiesta lovers, menarik nih buat di komen
Engine Ecoboost sebenernya reliable kok, selama kita perawatan rutin, oktan sesuai & perhatiin cooling sistem nya jangan sampe coolant kurang atau rembes di waterpump. Temen se komunitas ada yg remap sampe 150++ HP juga kuat2 aja, yg kalah malah transmisinya.
menang nya raize kan dia kuat nenggak Pertalite, mungkin cons nya dia "cuma" 97 HP.
dan development nya juga ke arah econobox car, kalo Ecoboost kan ada pertimbangan "fun to drive" & comfort juga, yg katanya flywheel di desain sedemikian rupa supaya mengurangi vibrasi mesin.
yaa tapi kalo skrg ane sebagai bapack2 sekrup korporat yg waktunya super sempit, emg peace of mind 1KR-VET sih wkwkwkw sedih juga ini engine kaga masup ke Agya GR
peer banget yah mobil eropa sama waterpump. tp operating temp mesin eropa rata-rata lebih tinggi jd bikin cooling system kerja ekstra. ga heran sih pada rontok waterpumpnya. kena cuaca sini jahanam ama macet-macetan sih kerjanya gila tuh.
hampir semua mobil eropa dimari penyakitnya waterpump. apalagi yg 3-4 silinder. biasa efek desain mesinnya compact, ruang mesinnya jg compact buang panasnya gak tau kemana ya ud makin ekstra dah kerjanya.
FR6 wrote: Thu Jul 20, 2023 5:39
Sebagai ex user Fiesta & Fiesta lovers, menarik nih buat di komen
Engine Ecoboost sebenernya reliable kok, selama kita perawatan rutin, oktan sesuai & perhatiin cooling sistem nya jangan sampe coolant kurang atau rembes di waterpump. Temen se komunitas ada yg remap sampe 150++ HP juga kuat2 aja, yg kalah malah transmisinya.
menang nya raize kan dia kuat nenggak Pertalite, mungkin cons nya dia "cuma" 97 HP.
dan development nya juga ke arah econobox car, kalo Ecoboost kan ada pertimbangan "fun to drive" & comfort juga, yg katanya flywheel di desain sedemikian rupa supaya mengurangi vibrasi mesin.
yaa tapi kalo skrg ane sebagai bapack2 sekrup korporat yg waktunya super sempit, emg peace of mind 1KR-VET sih wkwkwkw sedih juga ini engine kaga masup ke Agya GR
peer banget yah mobil eropa sama waterpump. tp operating temp mesin eropa rata-rata lebih tinggi jd bikin cooling system kerja ekstra. ga heran sih pada rontok waterpumpnya. kena cuaca sini jahanam ama macet-macetan sih kerjanya gila tuh.
hampir semua mobil eropa dimari penyakitnya waterpump. apalagi yg 3-4 silinder. biasa efek desain mesinnya compact, ruang mesinnya jg compact buang panasnya gak tau kemana ya ud makin ekstra dah kerjanya.
IMO, yg jahanam dsini tuh lbh ke kondisi traffic nya yg klo macet bisa smpe gk bergerak sama skali. blm lg kondisi pas macet, biasanya dipepet kendaraan lain dri kiri kanan depan blkg yg mana semua jga ngeluarin panas mesin .
faktor cuaca mngkin ngefek jga, tapi berhubung di eropa jga ada musim panas (berhubung dsana 4 musim), apa suhu musim panasnya jga sepanas kyk di negara tropis?
lexnic wrote: Thu Jul 20, 2023 7:18
IMO, yg jahanam dsini tuh lbh ke kondisi traffic nya yg klo macet bisa smpe gk bergerak sama skali. blm lg kondisi pas macet, biasanya dipepet kendaraan lain dri kiri kanan depan blkg yg mana semua jga ngeluarin panas mesin .
faktor cuaca mngkin ngefek jga, tapi berhubung di eropa jga ada musim panas (berhubung dsana 4 musim), apa suhu musim panasnya jga sepanas kyk di negara tropis?
keknya summer di eropa gak sampe kayak sini om. org dulu mobil2 eropa keluaran awal jg pada mampus radiatornya. sampe ada spek khusus buat negara tropis.
ya keknya ngaruh lokasinya northern continent lebih dingin. kek mereka jg operating temp tinggi soalnya udara dingin kan. makanya viscosity grade mobil eropa suka lebih luas rentangnya kan drpd mobil jepang/asia. jepang pake 0W-20 atau 5W-30, eropa biasa minta 0W-30. atau 5W-40.
ud gitu higher temp di sono kepake soalnya harus siap digeber di autobahn germany dan jalan di toll loadnya lbh rendah daripada macet jahanam di jakarta
FR6 wrote: Thu Jul 20, 2023 5:39
Sebagai ex user Fiesta & Fiesta lovers, menarik nih buat di komen
Engine Ecoboost sebenernya reliable kok, selama kita perawatan rutin, oktan sesuai & perhatiin cooling sistem nya jangan sampe coolant kurang atau rembes di waterpump. Temen se komunitas ada yg remap sampe 150++ HP juga kuat2 aja, yg kalah malah transmisinya.
menang nya raize kan dia kuat nenggak Pertalite, mungkin cons nya dia "cuma" 97 HP.
dan development nya juga ke arah econobox car, kalo Ecoboost kan ada pertimbangan "fun to drive" & comfort juga, yg katanya flywheel di desain sedemikian rupa supaya mengurangi vibrasi mesin.
yaa tapi kalo skrg ane sebagai bapack2 sekrup korporat yg waktunya super sempit, emg peace of mind 1KR-VET sih wkwkwkw sedih juga ini engine kaga masup ke Agya GR
peer banget yah mobil eropa sama waterpump. tp operating temp mesin eropa rata-rata lebih tinggi jd bikin cooling system kerja ekstra. ga heran sih pada rontok waterpumpnya. kena cuaca sini jahanam ama macet-macetan sih kerjanya gila tuh.
hampir semua mobil eropa dimari penyakitnya waterpump. apalagi yg 3-4 silinder. biasa efek desain mesinnya compact, ruang mesinnya jg compact buang panasnya gak tau kemana ya ud makin ekstra dah kerjanya.
mobil2 eropa ane yg dulu dan sekarang jrg sih yg kena waterpump, yg modern2 banyakan kena oil cooler zzz.
cm kalo yg ga biasa pake mobil amerika atau eropa liat temprature mesin fluktuatif pasti panik sendiri. di eropa sendiri kalo lg summer ya puanasj uga
ngeliat raize bisa 140-150 hp sebenernye menarik bgt sih buat wara wiri jakarta jalan2 kecil, tinggal upgrade suspension dan rem.
FR6 wrote: Thu Jul 20, 2023 5:39
Sebagai ex user Fiesta & Fiesta lovers, menarik nih buat di komen
Engine Ecoboost sebenernya reliable kok, selama kita perawatan rutin, oktan sesuai & perhatiin cooling sistem nya jangan sampe coolant kurang atau rembes di waterpump. Temen se komunitas ada yg remap sampe 150++ HP juga kuat2 aja, yg kalah malah transmisinya.
menang nya raize kan dia kuat nenggak Pertalite, mungkin cons nya dia "cuma" 97 HP.
dan development nya juga ke arah econobox car, kalo Ecoboost kan ada pertimbangan "fun to drive" & comfort juga, yg katanya flywheel di desain sedemikian rupa supaya mengurangi vibrasi mesin.
yaa tapi kalo skrg ane sebagai bapack2 sekrup korporat yg waktunya super sempit, emg peace of mind 1KR-VET sih wkwkwkw sedih juga ini engine kaga masup ke Agya GR
Ecoboost dibangun utk dikawinkan dng sasis Ford yg udah kesohor fun to drive nya di jalanan. Bayangkan sasis ok dikasih mesin belet pasti dikomplain, meski di Eropa sana ada kok pilihan Ecoboost 1.0 dng power 99 hp, 123 hp ini, dan bisa diperes sampe 140 hp.
Raize/Rocky dibangun utk city car, ngikut paham Kei Car yg mesin kecil turbo tapi ngejar iritnya bukan ngejar performa. Sasis nya juga cuma sebatas apa juga, dikasih turbo 123 hp nga ada guna ga ada fun fun nya kecuali cuma buat balapan di TransBahn
Nambahin komparasi sama EcoBoost 1L.
IMO ane mikirnya itu ajang show off Ford juga sih. Small engine dgn big HP. Korbankan reliability dikit tp dapat gelar engine of the year mungkin trade off yg mereka accept.
Ane bandingin Ama mobil sebelum sekarang, seltos. 1.4 turbo gdi. Canggih dr spek iya dong. Tapi karena jualannya di India dan Indonesia 140hp aja (Dyno elika sih 145 ya)
Dikulik elika dgn remap doang(bukan dastek) dan tune Ron 95 dapat 170hp.
KIA ga ada mobil yg top of the line dgn teknologi mesin mirip di sana pas launch seltos jadi ga ada alasan detune banyak2.
Mungkin safety margin manufaktur Korea dan Jepang lebih besar vs Ford?
farizfsa wrote: Thu Jul 20, 2023 7:34
mobil2 eropa ane yg dulu dan sekarang jrg sih yg kena waterpump, yg modern2 banyakan kena oil cooler zzz.
cm kalo yg ga biasa pake mobil amerika atau eropa liat temprature mesin fluktuatif pasti panik sendiri. di eropa sendiri kalo lg summer ya puanasj uga
ngeliat raize bisa 140-150 hp sebenernye menarik bgt sih buat wara wiri jakarta jalan2 kecil, tinggal upgrade suspension dan rem.
wkakakak iya sih, kalo liat yg tua tua pasti kaget tuh jarum temp nya bisa naik turun beda ma mobil jepang relatif stabil jarum tempnya.
hackers11 wrote: Thu Jul 20, 2023 7:37
Nambahin komparasi sama EcoBoost 1L.
IMO ane mikirnya itu ajang show off Ford juga sih. Small engine dgn big HP. Korbankan reliability dikit tp dapat gelar engine of the year mungkin trade off yg mereka accept.
Ane bandingin Ama mobil sebelum sekarang, seltos. 1.4 turbo gdi. Canggih dr spek iya dong. Tapi karena jualannya di India dan Indonesia 140hp aja (Dyno elika sih 145 ya)
Dikulik elika dgn remap doang(bukan dastek) dan tune Ron 95 dapat 170hp.
KIA ga ada mobil yg top of the line dgn teknologi mesin mirip di sana pas launch seltos jadi ga ada alasan detune banyak2.
Mungkin safety margin manufaktur Korea dan Jepang lebih besar vs Ford?
europe/bule engineer itu macem space race sih kalo bikin mobil om. penting spek dewa dulu reliability belakangan. sementara jepangan emang isinya orang2 OCD dan overthinking. jd ya mesin 300hp mungkin output dibuat cuma separonya
contoh itu L15B turbo family aja, klo gak gegara CVT sih 300hp juga masup pdhl factory spec 170ps modal ganti conrod sementara VW golf TSI aja keknya gak bisa dihajar segitu. ud gak karuan itu head gasketnya ancur.
china masukin fitur dulu, baru nyadar eh anjir duitnya abis gak bisa develop engine ma powertrain jd ya udah cari supplier paling murah dipasang kaga fine tuning kelar
farizfsa wrote: Thu Jul 20, 2023 7:34
mobil2 eropa ane yg dulu dan sekarang jrg sih yg kena waterpump, yg modern2 banyakan kena oil cooler zzz.
cm kalo yg ga biasa pake mobil amerika atau eropa liat temprature mesin fluktuatif pasti panik sendiri. di eropa sendiri kalo lg summer ya puanasj uga
ngeliat raize bisa 140-150 hp sebenernye menarik bgt sih buat wara wiri jakarta jalan2 kecil, tinggal upgrade suspension dan rem.
wkakakak iya sih, kalo liat yg tua tua pasti kaget tuh jarum temp nya bisa naik turun beda ma mobil jepang relatif stabil jarum tempnya.
hackers11 wrote: Thu Jul 20, 2023 7:37
Nambahin komparasi sama EcoBoost 1L.
IMO ane mikirnya itu ajang show off Ford juga sih. Small engine dgn big HP. Korbankan reliability dikit tp dapat gelar engine of the year mungkin trade off yg mereka accept.
Ane bandingin Ama mobil sebelum sekarang, seltos. 1.4 turbo gdi. Canggih dr spek iya dong. Tapi karena jualannya di India dan Indonesia 140hp aja (Dyno elika sih 145 ya)
Dikulik elika dgn remap doang(bukan dastek) dan tune Ron 95 dapat 170hp.
KIA ga ada mobil yg top of the line dgn teknologi mesin mirip di sana pas launch seltos jadi ga ada alasan detune banyak2.
Mungkin safety margin manufaktur Korea dan Jepang lebih besar vs Ford?
europe/bule engineer itu macem space race sih kalo bikin mobil om. penting spek dewa dulu reliability belakangan. sementara jepangan emang isinya orang2 OCD dan overthinking. jd ya mesin 300hp mungkin output dibuat cuma separonya
contoh itu L15B turbo family aja, klo gak gegara CVT sih 300hp juga masup pdhl factory spec 170ps modal ganti conrod sementara VW golf TSI aja keknya gak bisa dihajar segitu. ud gak karuan itu head gasketnya ancur.
china masukin fitur dulu, baru nyadar eh anjir duitnya abis gak bisa develop engine ma powertrain jd ya udah cari supplier paling murah dipasang kaga fine tuning kelar
Nah, ini berarti memverifikasi asumsi saya.
Fiesta ini developed by ford Europe kan ya kalo liat wiki.
Ze German pulak yg develop LOL
Screenshot_20230720_155139_Chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
lexnic wrote: Thu Jul 20, 2023 7:18
faktor cuaca mngkin ngefek jga, tapi berhubung di eropa jga ada musim panas (berhubung dsana 4 musim), apa suhu musim panasnya jga sepanas kyk di negara tropis?
negara 4 musim itu panas nya kering um, jadi ya terik doang
di tropis mah ud panas, lembab pula. gimana tu plastik & karet mau awet klo spec ga sesuai
ChZ wrote: Thu Jul 20, 2023 7:42
europe/bule engineer itu macem space race sih kalo bikin mobil om. penting spek dewa dulu reliability belakangan. sementara jepangan emang isinya orang2 OCD dan overthinking. jd ya mesin 300hp mungkin output dibuat cuma separonya
contoh itu L15B turbo family aja, klo gak gegara CVT sih 300hp juga masup pdhl factory spec 170ps modal ganti conrod sementara VW golf TSI aja keknya gak bisa dihajar segitu. ud gak karuan itu head gasketnya ancur.
china masukin fitur dulu, baru nyadar eh anjir duitnya abis gak bisa develop engine ma powertrain jd ya udah cari supplier paling murah dipasang kaga fine tuning kelar
bener um
itu GD" aja baru disuru ganti stang & piston klo diatas 400hp, padahal bawaan cuma 150hp
keknya japs lebih overbuilt, karena memang benua asia rata" humid & macet kali ya? dan spt toyota honda harus mikirin aplg ASEAN yg kadang bensin jelek, lembab ga karuan, macet ber jam" etc etc
belom mikirin region EMEA,dan asia timur segala yg panas bisa 50c & debu dimana mana
di eropa kan macetnya kg seberapa, tiap hari geber autobahn 160-180 jg bisa