Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
josomba wrote: Mon Jul 17, 2023 0:42
Just sharing, busi juga diperhatikeun ujung2nya kalau dah mbulet walaupun kilometer masih ga tinggi2 amat (bahkan ga sampe setengah dr klaim pabrikan-nya) juga dah bisa consider buat ganti. Pas dah kek gini, gejala yg saya alami (1) mesin kek agak tersendat2 abis distarter (no CE nyala) dan (2) paling berasanya fuel economy ngedrop. Setelah 8 bulan ngalamin gini, baru ganti
20230111_072923.jpg
Kiri busi lama (bosch), kanan baru (denso twin tip).
Konsumsi bbm sebelum ganti
20220508_180657.jpg
Konsumsi bbm setelah ganti baru, avg speed lebih rendah tapi malah lebih irit. Rute yg sama aja seputaran tangerang, tangsel, ke jakarta.
20230717_064845.jpg
buang duit itu mbah
masi bsa dipake koq, ngana tinggal bawa aj ke padepokan mbah ono
suru ybs getok kpala busi nya pake batu biar celah nya agak rapet sikit
beres dehh , biasa kita orang di asemreges musatek kaya gt koq
Klo di beres 22 Nm / 2,2 kgf.m
Dan lihat setelan kunci tohnici beres jg segitu 2,x kgf.m
Emg harus kenceng, gak bakal doll segitu, karena derat panjang buat force segitu yg aman
Emg panjang kuncinya brp?
Klo makin panjang terasa enteng, jd force nya ke tengah pas.
Ok deh om, nanti saya kencengin lagi, soalnya kemaren pasangnya di rumah saudara yg punya kunci torsi nya.. Sebenernya kondisi skr ini ga ada tanda2 brebet atau apa sih.. Udah dicoba tarik2an pake mode manual sampe rpm 5000 di tol juga aman.. Tapi ya baiknya dikencengin lagi ya..
Iya ikut s.o.c nya ngk dan/atau beres ajah
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
Ok deh om, nanti saya kencengin lagi, soalnya kemaren pasangnya di rumah saudara yg punya kunci torsi nya.. Sebenernya kondisi skr ini ga ada tanda2 brebet atau apa sih.. Udah dicoba tarik2an pake mode manual sampe rpm 5000 di tol juga aman.. Tapi ya baiknya dikencengin lagi ya..
Iya ikut s.o.c nya ngk dan/atau beres ajah
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
Klo di beres
Itu sampai kisaran 22 nm beneran mbah (2,2 kgf.m)
Yah sama spt nambah power 0,4 kg pakai besi panjang 1 meter
Fine tuning istilahnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking
trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking
trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
Itu kira" 70 kgf.m
700 nm plus ngek ngek
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking
trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om...
cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.
Repiew busi denso nikel twin tip running 11rb km pakai bahan bakar gas CNG.
Warnanya sempurna sekali dan kinclong (padahal gak dibersihin).
IMG_20230728_122203.jpg
Ujung elektroda juga ga terkikis warna merah bata
IMG_20230728_122049.jpg
Sudah tidak ada lagi namanya corona stain pada busi, karena karet boot koilnya saya kasih dielectric grease permatex beli repack 4gram (buat 4tahun juga ga habis ini), dikasih tipis2 aja dibagian boot yg nyentuh keramik busi (jangan sampai kena per coilnya ntar gak ngalir itu arus listriknya). Makanya kinclong itu keramik businya. Ngelepas businya aja udah kaya perawan, rapet bener sampe bunyi plok lepasnya
IMG_20230728_122117.jpg
IMG_20230728_122126.jpg
Greasenya ada di tempat balsem kiri busi tuh
IMG_20230728_122156.jpg
Tidak lupa busi dikencangkan pakai kunci torsi sebesar 18Nm
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ada yang bisa kasih info ga umur busi itu berapa km biasanya? untuk busi jenis biasa, platinum dan iridium, dan apakah yg model denso twintip itu lebih lama umurnya? thx.
t105erd wrote: Tue Aug 01, 2023 5:41
ada yang bisa kasih info ga umur busi itu berapa km biasanya? untuk busi jenis biasa, platinum dan iridium, dan apakah yg model denso twintip itu lebih lama umurnya? thx.
Biasa cooper 25-30rb
Platinum 40rb-50rb
Iridium 100rb
Pemakaian 24 bulan, 8600 km aja (iya itu gak salah ketik, rute dalkot 95% anjem anak + pasar doang, pertalite, oli Ams.SS 5w-30.
Busi di atas adalah NGK BKR5E-11 dipakai di SX4 lawas (keluaran 2012), mulai Agustus 2021-Agustus 2023 ini. Bukman minta BKR6E-11 tapi ane iseng pake BKR5E-11 yg rada “panas” dikit krn pemakaian mobil hampir selalu di rpm rendah (kurang dari 3000). Tujuan dipasangin busi yg lebih panas krn katanya fitur self-cleaning itu terjadi pada kondisi busi panas (rpm tinggi). Karena pemakaian selalu di rpm rendah, maka ane pikir pake heat range yg lebih panas aja
Apa businya masih layak pakai ato emang udah perlu ganti? Apa bisa tetep di heat type 5 ato harus balik sesuai bukman ke heat type 6?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
qushay20019 wrote: Mon Aug 14, 2023 11:28
Mohon info kondisi busi ini dong:
1BAC0B5C-61F2-42F6-9529-96ACDC15055C.jpeg
FAF4A83E-A24A-46D8-94D3-1EB9BABA92B6.jpeg
Pemakaian 24 bulan, 8600 km aja (iya itu gak salah ketik, rute dalkot 95% anjem anak + pasar doang, pertalite, oli Ams.SS 5w-30.
Busi di atas adalah NGK BKR5E-11 dipakai di SX4 lawas (keluaran 2012), mulai Agustus 2021-Agustus 2023 ini. Bukman minta BKR6E-11 tapi ane iseng pake BKR5E-11 yg rada “panas” dikit krn pemakaian mobil hampir selalu di rpm rendah (kurang dari 3000). Tujuan dipasangin busi yg lebih panas krn katanya fitur self-cleaning itu terjadi pada kondisi busi panas (rpm tinggi). Karena pemakaian selalu di rpm rendah, maka ane pikir pake heat range yg lebih panas aja
Apa businya masih layak pakai ato emang udah perlu ganti? Apa bisa tetep di heat type 5 ato harus balik sesuai bukman ke heat type 6?
udah hrs ganti mbah. dpt hampir 9k busi std udah lumayan dgn kondisi extended low rpm.
next jangan pake std lagi. upgrade ke bkr5egp (G power) atau kl ada dana xtra ke bkr5eix-11. pastikan orikintil. kl kata sy stay di heat range 5 krn itu aja msh carb fouling. apalagi di 6.
trus yg penting bersihin lubang busi di cyl head nya, make sure mating surface yg kena ring gasket busi bersih total jd ga ada combustion gas yg bocor evidenced by ulir busi lama ngana agak basah/kotor. jangan lupa torqued to 25Nm regardless what fsm say. ngk mintanya 25Nm. tp pastikan mating surface dan drat di cyl head clean n at room temp when torquing.
just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.
just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.