ExorT wrote: Mon Jul 17, 2023 2:36
Di mode S, tapi begitu mau masuk tikungan nanjak, langsung drop banyak putaran mesinnya. Berasa di D ketika keluar tikungan.
Maaf ini uneg2 di thread civic
nggak apa om. ini kan salam satu mesin dan tranny. waktu sy sblm ambil FE aja, sy banyak tny2 chz harapannya ya dia udh pake mesin dan tranny ini udh brp taun kali ya. siapa tau ada celah cacat ato apa nya dia tau. saling sharing aja om
ChZ wrote: Mon Jul 17, 2023 2:40
banyak yg bilang FE emang lebih empuk settingan dari FC/FK, mungkin ngaruh. tapi setup ban mungkin ngaruh juga. lebar tapak bawaan itu 215mm yang mana kurus banget buat badan se jumbo civic FE. tebal 50% dan sidewall lembek lagi. trus ground clearance FE juga tinggi kan 170mm vs FK paling 155mm.
dulu pernah pakai ban falken ze914 (kelas comfort touring) 225/45/18 dgn kondisi remap udah cukup enak. tp begitu ganti downpipe dan retune. selip di 4000-5000 rpm. ya udah skrg upgrade ke dz102 225/45/18 no issue. napaknya jg beda kalo nikung berasa bgt falken nya lembek banget. dz102 manteb bgt ditekuk dan gak geal-geol dulu falken rasanya masih geal-geol pantatnya. skrg lari 190 aja masih manteb.
keknya setup civic FC/FK/FE itu paling optimal pake 18inch krn di luar juga ada OEM 18inch. org2 lain modif malah pake lebar tapak 235/40/18 atau 245/40/18. ga mau mahal pake champiro sx2/potenza re003 aja. jaminan napak krn ban semislick. klo males ganti2 velg dan suspensi mungkin ganti ke ukuran 235/45/17 champ sx2 ada tuh.
rada berisik sih mungkin kl di civic wakakkaka. di e39 skrg pake semislick ga gitu berasa berisiknya.
btw fuelcons mungkin masih inrayen om cm dapet segitu apa sering nge genset? ane ga perna di bawah 1:10 soalnya sih. before after remap sama aja. di CRV malah after remap di atas 1:10 terus sblmnya masih beberapa x dapet 1:9.
kalo ngmg setelan suspensi, ini sih no complain om. bantingan nyaman pol. dibawa cruising pun jadi rasanya anteng banget. kalo pindah jalur juga kerasa banget nggak goyang lebay dan sasis nya rigid. yg masalah kan emang sbnrnya kalo dibawa drive mode sport. begitu turbo nya masuk, lsg kerasa banget setirnya narik kesana kemari. tambah lagi, ini speed naik nya cepet banget. nah mungkin bener ya, masalah lebar tapak ban.
option untuk ganti velg, sbnrnya ada incer OEM accord turbo. r18, dan katanya kan ada teknologi noise reductionnya. gk tau deh bisa masuk apa nggak di FE. siapa tau, dengan pake velg ini, ditambah lebarin tapak, jadi bisa imbangin suara ban nya di dlm kabin. btw ya, kalo pake velg bawaan, trus tapak nya di lebarin, nanti keliatannya agak melar keluar2 gak sih itu ban?
yeap, smoga aja fuelcons membaik deh. kalo ngegenset sih nggak ya. krn mobil bnr2 harian dipake istri aja utk anter jemput skolah. emang, jarak rumah ke skolah cuma 7km, di dalem area PIK. jadi bolak balik ya 14km lah ya. cuma ya, macetnya pik kan emang gitu dah. pasrah aja sih ini. cuma kaget aja, sama2 1.5cc satu merk Honda, antara HRV dan civic, bisa beda nya sgini banyak yak. padahal logikanya kalo mesin low rpm dan idle, harusnya kan konsumsinya sama2 sekelas 1.5cc aja. kalo ngomong turbo spool ya emang, mungkin beda.