Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Holland made
Harusnya dgn harga segitu base oilnya bagus mbah.
Minimal visco 100C nya stabil dr awal tuang sampai ganti lagi.
Jd feelnya sama.
Cuma krn jarang yg makai, apalagi test labnya blm pernah dicobain, jd mungkin pada ramau nyoba krn faktor harga
Tadi habis nyari-nyari lagi, ternyata di toped ada yang jual 165k dan olinya semi-synthetic.
Tapi penasaran aja kenapa ini oli harganya bisa ajaib sendiri buat oli non full syn, meski secara qualifikasi api sn dexos 1.
gakda masalah
pernah dibahas di part sebelumnya mbah.
untuk negara eropa emg lbh ketat, penamaan Fully sintetis boleh dipakai jika:
- base oilnya (wajib) hampir 100% sintetis
- dan hanya sekian persen sbg additive carrier
klo di asia, sudah boleh disebut fully sintetis jika:
- base oil sintetis nya >95%
jadi tergantung policy negara masing"
bbrp produsen oil, untuk menghindari policy spt itu, ada ditulis bener2 100% sintetis.
cth: Amsoil, Motul..
jadi yg paling penting, klo mau lihat kualitas grade (base) oilnya:
- dari level harga pasaran
- test lab setelah dipakai 7-8rb km
fully nabati ditulis apa mbah ?
knur wrote: Mon Jun 26, 2023 14:08
Iya, pas service 1000km pertama cuma di cek2 aja, ga ada penggantian oli sama bengkel toyotanya. ini tertarik oli LCGC soalnya di astraotoshop/shopndrive cuma 260rban kalo ga salah oli shell helix astra 0W20 LCGC, uda API SN , cuma ragu nya karena tulisan khusus LCGC
oli gratis dari toyota nya 10W-40, makanya pengen nyoba 3 bulan ini pake yg 0W-20
t105erd wrote: Mon Jun 26, 2023 13:57
IMG_20230626_180431.jpg
Akhirnya ngelanjutin lagi pakai oli murmercrot setelah terbukti manjur dipakai sampai 7000km++ dibuktikan dengan hasil test lab member sini juga yg ga kalah sama oli yg harganya 2x lipat . Mudah2an harganya stabil ga naik2 ke puncak gunung kaya merk sebelah, nanti terpaksa kita balik pakai oli dari drum2an lagi.
Just my opinion...
Agak lebih tinggi wear metalnya (above average) ini lihat test labnya yg dishare.
Supposedly di mesin honda jaman kekinian karakternya low wear.
Klo sy pribadi... agak avoid this oil
Kecuali kepepet urgent yah
Yang Al yah? Hipotesis saya sih gara2 sebelum ganti oli sama pemiliknya di flush dulu, tau sendiri kalo cairan flush kan isinya kerosine dan sejenisnya, bisa ngilangin lapisan film oli di mesin jadinya yaa pas pemakaian oli baru jadi kebaca tinggi untuk wear metal Al nya. Sedangkan untuk Fe atau metal yg lebih keras nilainya dibawah kyuet yg om lampirkan tuh, additif nya juga bagus, V100 dan TBN masih oke. Coba kalo penasaran di test aja om sebelum ganti oli pakai kyuet nya pakai engine flush dulu ada perubahan di angka wear metal untuk logam lunak nya ga? Yaa namanya juga hipotesis kan perlu pembuktian hehe...
Jadi yaa menurut saya oke bgt oli ini untuk harganya..
wow...... flush sebegitu efeknya langsung ke aluminium wear nya ya
Pertama kali ganti oli berarti?
Ga masalah kok mau pakai oli itu juga, yang penting filter oli juga diganti, biasanya pemakaian pertama mesin masih menyesuaikan, kalo jaman dulu namanya inreyen. Ga tau deh mesin modern sekarang masih tetep harus inreyen ga.
Iya, pas service 1000km pertama cuma di cek2 aja, ga ada penggantian oli sama bengkel toyotanya. ini tertarik oli LCGC soalnya di astraotoshop/shopndrive cuma 260rban kalo ga salah oli shell helix astra 0W20 LCGC, uda API SN , cuma ragu nya karena tulisan khusus LCGC
oli gratis dari toyota nya 10W-40, makanya pengen nyoba 3 bulan ini pake yg 0W-20
Nanti pas servis di beres minta upgrade aja om olinya ke TMO 0w20
kasus sama nih ama avanzaku, di buku ditulis rekomen 0w-20 atau 5w-30, oli gratis dapatnya 10w-40 (gratis 2 liter karena ontime booking service), akhirnya upgrade ke 5w-30 pas service 10k
Nambah 79rb / liter waktu itu..... diitung tetep 4 liter karena buka 4 botol.
Abis itu pandemi masuk, sampe 6 bulan cuman jalan 1000 km aja, rugi wkwkwkwk. Akhirnya lanjut 10w-40.
Waktu itu tanya tmo 10w-40 harga 100rb, 5w-30 harga 179rb, 0w-20 kalau ga salah inget 200rb / liter. Mayan nambahnya buat oli 4 liter
awal tahun kemaren sudah abis free jasanya. Jadi sekarang cemplungin oli suka2
Wongsuroboyo wrote: Mon Jun 26, 2023 23:46
Mau nanya suhu2 dimari , mobil 1 all in one protection 0w20 , bisa dipakai 10rb km kah ? Prefer mana sama ptt 0W20 ,?Rencana mau coba di mobilio , testimoninya yang sudah pernah coba dong , tq all
Ada Mobil 1 Advanced Fuel Economy 0W-20 di Cakra lagi diskon 180rb per liter.
boleh cek expired datenya kapan mbah?
klo masih 2020 an worth yaa
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 10:36
Engine flush di mesin normal, cm akal2an beres.
klo udh sludge atau varnish tebel ya lain cerita yah
oksidasi itu bisa dr gaya bawa jg.
oksi + sulfat itu dr panas mesin dan RPM yg tinggi.
makin banyak oksigen yg masuk dan dibakar ke dalam ruang mesin, makin tinggi nilainya.
klo di saya... gaya bawa pasti ngegas rada poll,
ngajak olahraga di tol cipuls
dan klo nanjak gunung bukit pakai S
hahahahahahahahahahaha
Ultimate resultnya ada di wear metal dan V100 sebetulnya.
klo cuma push and glide, oli bengkel resmi sih cukup yah.
karena oksigen yg dibakar dan RPM jg gak setinggi seperti gas menuju poll
halo mbah....
langsung jump ke pertanyaan deh, coba cari2 belum nemu....
oli 0w-20 kebanyakan kok dikasih embel2 ECO, beberapa juga ditambahin embel2 LCGC.... ini proteksinya gimana ya mbah ?
mau pakai di avanza 2019, 2NR-VE nih, sebelumnya mentok di 5w-30, mau coba ke rekomendasi buku manual pakai 0w-20
Nah kebanyakan 0w-20 juga udah kemasan 3.5 liter, udah pas tuang semua di 2NR-VE, cuman ada embel2 ECO ini yang agak ragu.
Lagi pesen PTT 0w-20 sih : https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... sac-gf-6a/
ada "eco" nya juga dan ditulis untuk mobil jenis ECO
gaya berkendara buat ini mobil dua macem sih, aku seringnya pulse and glide, luar kota kadang steady gas rpm di 2500-3000 an.
kalau menkeu yang bawa sepertinya lebih kenceng rpm juga kayaknya 3500 an aja itupun juga bukan yang ngebut2 dan bukan full throttle
lebih banyak dalam kota2 aja yang pendek2
Kepikir soal proteksinya oli ECO/LCGC ini terhadap keausan mesin sih. Nurut mbah gimana ?
regards,
singachu
Gpp mbah
Klo mesin stock pabrik bukan remap-an dan penggunaan normal, pakai ajah.. tp <5rb km ganti
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Oh yang dimasukin dari lubang busi gitu yah pas mesin panas terus di sedot lagi? Ada yg bilang kaya gitu ga bagus sih, saya denger dari yg punya bengkel volvo, lebih bagus pakai yg dicampur di bensin kaya redline gitu terus gas pooll... Italian tune up yah namanya kalo ga salah, saya juga belum pernah praktekin tuh hehe...
Iya model gitu tune upnya, dimasukin cairan. Wah kalau kaya gitu gak bagus om ? Boleh dijelasin gak bagusnya gmn ya ?
sepertinya soal big chuck carbon yang keras terjepit di ring dan ngegesek liner, dan potensi bisa menyumbat catalic converter
Spies wrote: Thu Jun 22, 2023 1:30
Masih pro kontra om hahaa, tapi rata2 warga sini kontra sama model gurah kaya gitu
Kalo italian tune up mah, tanpa aditif juga udh bikin sehat om, walau susah praktekinnya harus masuk tol dulu haha
italian tune up ga harus di tol sih, tapi ya tergantung jalan memang, intinya kan rpm tinggi, speed ga usah tinggi2 cukup gigi 1 atau 2.
Sudden akseleration dan sudden deceleration juga, jadi pas udah rpm 6rb kalau mau kurangi kecepatan cukup lepas gas aja ga usah injak rem/kopling dulu.
fannykuncoro wrote: Thu Jun 22, 2023 3:33
Asal ga terlalu sering sptnya aman..
Kalo ga salah katanya kan sisa kerak karbon yg ga seluruhnya kesedot sama vacum itu kan tertinggal di combustion chamber, takutnya jadi kegesek sama piston & liner.. Trus jadi ngotorin oli yg di mesin.. Tapi mungkin klo lebih amannya gurah mesin sebelum ganti oli persis. Jadi hari ini gurah, terus mobil dipake dulu 1 hari, baru ganti oli baru.. Trus next tinggal perawatan pake fuel system/injector cleaner yg langsung dimasukin ke tanki bensin, ada redline, stp, prestone, dsb... Betul ga sih om?
Mungkin liat awalnya seberapa kotor dan obat yang dipakai seberapa aman juga.
Aku soalnya tiap 6 bulan sekali pasti masukin cairan lewat lubang busi
Tapi karena dosis perawatan, cairan yang aku masukkan cuman 20cc per lubang.
Pakai AMB Proclean yang udah aku tes rendam koin aluminium aman, di tangan juga ga kerasa keras.
Sedot juga ga bisa semua keambil, aku biasa pakai duster aja tiup2, yang penting aman jangan sampai hydrolock, berabe kalau hydrolock
Di Aerio ntah udah berapa ribu km aku lakukan, aman. No Catalyc Converter jadi no worries
Di Avanza baru 30rb km aja, dosis perawatan terus, ini belum bisa dipastikan aman enggaknya soalnya mesinnya belum pernah dibuka dan
CC nya yang ntah gimana.
Haiqalesha wrote: Thu Jun 22, 2023 0:11
Tune upnya teh bersihin busi, piston, throttle, klep sama katalitic plus oli ravenol 10-30w 1,5 juta.
Shell helix astra 5w-30
katalitic bersihinnya pakai cara gimana ? Semprot cleaner dari intake dan mesin hidup ?
Atau buka O2 Sensor dan masukin pembersih langsung ke katalitic ?
Tadi habis nyari-nyari lagi, ternyata di toped ada yang jual 165k dan olinya semi-synthetic.
Tapi penasaran aja kenapa ini oli harganya bisa ajaib sendiri buat oli non full syn, meski secara qualifikasi api sn dexos 1.
gakda masalah
pernah dibahas di part sebelumnya mbah.
untuk negara eropa emg lbh ketat, penamaan Fully sintetis boleh dipakai jika:
- base oilnya (wajib) hampir 100% sintetis
- dan hanya sekian persen sbg additive carrier
klo di asia, sudah boleh disebut fully sintetis jika:
- base oil sintetis nya >95%
jadi tergantung policy negara masing"
bbrp produsen oil, untuk menghindari policy spt itu, ada ditulis bener2 100% sintetis.
cth: Amsoil, Motul..
jadi yg paling penting, klo mau lihat kualitas grade (base) oilnya:
- dari level harga pasaran
- test lab setelah dipakai 7-8rb km
fully nabati ditulis apa mbah ?
knur wrote: Mon Jun 26, 2023 14:08
Iya, pas service 1000km pertama cuma di cek2 aja, ga ada penggantian oli sama bengkel toyotanya. ini tertarik oli LCGC soalnya di astraotoshop/shopndrive cuma 260rban kalo ga salah oli shell helix astra 0W20 LCGC, uda API SN , cuma ragu nya karena tulisan khusus LCGC
oli gratis dari toyota nya 10W-40, makanya pengen nyoba 3 bulan ini pake yg 0W-20
Just my opinion...
Agak lebih tinggi wear metalnya (above average) ini lihat test labnya yg dishare.
Supposedly di mesin honda jaman kekinian karakternya low wear.
Klo sy pribadi... agak avoid this oil
Kecuali kepepet urgent yah
Yang Al yah? Hipotesis saya sih gara2 sebelum ganti oli sama pemiliknya di flush dulu, tau sendiri kalo cairan flush kan isinya kerosine dan sejenisnya, bisa ngilangin lapisan film oli di mesin jadinya yaa pas pemakaian oli baru jadi kebaca tinggi untuk wear metal Al nya. Sedangkan untuk Fe atau metal yg lebih keras nilainya dibawah kyuet yg om lampirkan tuh, additif nya juga bagus, V100 dan TBN masih oke. Coba kalo penasaran di test aja om sebelum ganti oli pakai kyuet nya pakai engine flush dulu ada perubahan di angka wear metal untuk logam lunak nya ga? Yaa namanya juga hipotesis kan perlu pembuktian hehe...
Jadi yaa menurut saya oke bgt oli ini untuk harganya..
wow...... flush sebegitu efeknya langsung ke aluminium wear nya ya
Iya, pas service 1000km pertama cuma di cek2 aja, ga ada penggantian oli sama bengkel toyotanya. ini tertarik oli LCGC soalnya di astraotoshop/shopndrive cuma 260rban kalo ga salah oli shell helix astra 0W20 LCGC, uda API SN , cuma ragu nya karena tulisan khusus LCGC
oli gratis dari toyota nya 10W-40, makanya pengen nyoba 3 bulan ini pake yg 0W-20
Nanti pas servis di beres minta upgrade aja om olinya ke TMO 0w20
kasus sama nih ama avanzaku, di buku ditulis rekomen 0w-20 atau 5w-30, oli gratis dapatnya 10w-40 (gratis 2 liter karena ontime booking service), akhirnya upgrade ke 5w-30 pas service 10k
Nambah 79rb / liter waktu itu..... diitung tetep 4 liter karena buka 4 botol.
Abis itu pandemi masuk, sampe 6 bulan cuman jalan 1000 km aja, rugi wkwkwkwk. Akhirnya lanjut 10w-40.
Waktu itu tanya tmo 10w-40 harga 100rb, 5w-30 harga 179rb, 0w-20 kalau ga salah inget 200rb / liter. Mayan nambahnya buat oli 4 liter
awal tahun kemaren sudah abis free jasanya. Jadi sekarang cemplungin oli suka2
wicaksono99 wrote: Tue Jul 04, 2023 1:19
IMG_20230703_143834_368.jpg
Q8 d1 fe 0w-20 olinya masih bersih dan kinclong aja tuh mesin padahal udah running 10100km (odometer mobil 110rb km). Lanjut terus sampe 15rb km
emg gak boong lah klo ono mah buat "longer" drain
asal asli yaa
filter olinya ganti aja master, biar aman.
btw punten.. prnh ukur brp suhu coolant ketika kondisi jalan dan macet?
via obd dan sejenisnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
o berarti tune up biasa ya, ngandalkan pembersihnya semoga masih efektif setelah melewati pembakaran
tapi di alimech pernah demokan bisa sih
Spies wrote: Mon Jul 03, 2023 16:07
Mahal amat ya beres jualan tmo 0w20
Harga segitu sih beli kyu eit 0w20 aja masih dapet kembalian
Kalo mesin 2NR saya kira aman aja pakai oli 0w20 eco, asal tidak lebih dari 6 bulan/5-6rb km.
Volume karternya udah lumayan banyak 3,5 liter
mahal memang
trebla88 wrote: Mon Jul 03, 2023 16:18
2nr di yaris isi aja 3liter 0w20 aman 6-8bln ganti /7500km
merk apa olinya ?
Suryaputra wrote: Tue Jul 04, 2023 2:07
btw punten.. prnh ukur brp suhu coolant ketika kondisi jalan dan macet?
via obd dan sejenisnya
pernah, obd berarti baca dari ECT kan ?
aerio di tol yang lagi ada evakuasi kecelakaan brenti total itu bisa 102*C, kalau normalnya kisaran 90-95*C swing suhunya.
avanza swing suhunya di 85-90*C, kalau macet seingetku ga pernah lebih dari 95*C, ga perhatikan bener sih
wicaksono99 wrote: Tue Jul 04, 2023 1:19
IMG_20230703_143834_368.jpg
Q8 d1 fe 0w-20 olinya masih bersih dan kinclong aja tuh mesin padahal udah running 10100km (odometer mobil 110rb km). Lanjut terus sampe 15rb km
Efek pakai bbm CNG juga ini pastinya um, oli tidak gampang "kotor" karena selalu di suhu optimal pastinya ini
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
o berarti tune up biasa ya, ngandalkan pembersihnya semoga masih efektif setelah melewati pembakaran
tapi di alimech pernah demokan bisa sih
Spies wrote: Mon Jul 03, 2023 16:07
Mahal amat ya beres jualan tmo 0w20
Harga segitu sih beli kyu eit 0w20 aja masih dapet kembalian
Kalo mesin 2NR saya kira aman aja pakai oli 0w20 eco, asal tidak lebih dari 6 bulan/5-6rb km.
Volume karternya udah lumayan banyak 3,5 liter
mahal memang
trebla88 wrote: Mon Jul 03, 2023 16:18
2nr di yaris isi aja 3liter 0w20 aman 6-8bln ganti /7500km
merk apa olinya ?
Suryaputra wrote: Tue Jul 04, 2023 2:07
btw punten.. prnh ukur brp suhu coolant ketika kondisi jalan dan macet?
via obd dan sejenisnya
pernah, obd berarti baca dari ECT kan ?
aerio di tol yang lagi ada evakuasi kecelakaan brenti total itu bisa 102*C, kalau normalnya kisaran 90-95*C swing suhunya.
avanza swing suhunya di 85-90*C, kalau macet seingetku ga pernah lebih dari 95*C, ga perhatikan bener sih
regards,
singachu
Semustinya sih ECO = savings fuel consumption.
Oli eco hthsnya rendah biasanya kalo 5w30 a5/b5 atau C2 dan ini gak cocok di semua mesin.
Kalau disini tapi eco cendrung artinya budget, oli super ekonomis yang bener bener diproduksi cut cost demi semurah mungkin. Hasilnya ya murah sih, tapi jangan pake lebih dari 5rb/6bln kalo gak mau pusing di kemudian hari
singachu wrote: Tue Jul 04, 2023 2:45
1. Berarti label eco disematkan for a reason ya..... eco di harga berarti ? Bukan ditulis eco untuk eco di fuel consumsion ya ?
2. Lha berarti misal ini mesin 2NRVE, pemakaian normal dalkot, mending 5w30 non eco dibanding 0w20 eco ya om ? ditinjau dari segi perlindungan mesin.
3. waduh, kmrn oli total quartz 5w30 kayaknya udah 6 tahun aku cemplungin
4. pernah, obd berarti baca dari ECT kan ?
aerio di tol yang lagi ada evakuasi kecelakaan brenti total itu bisa 102*C, kalau normalnya kisaran 90-95*C swing suhunya.
avanza swing suhunya di 85-90*C, kalau macet seingetku ga pernah lebih dari 95*C, ga perhatikan bener sih
regards,
singachu
1. Saya belum bisa comment soal "Eco2"an itu
yg pasti oli lbh encer = kerja mesin ketika cold start lebih ringan = less FC.
klo dah panas >90 C sih ya mirip2 encer nya.
2. Kudu test lab untuk ngejawab scr valid nya, itupun dgn driving style, bbm, lingkungan dan mobil yg sama.
lbh ok lagi klo scr statistik bbrp kali test lab, spt di bitog.
sy sih pernah test-lab, Q8 5w30 vs 0w20, wear result mirip2, diitung ppm wear per 1000 km nya
3. lewat 5 tahun, amannya OCI diskon 50%, jadi pakai 2500 km / 3 bulan / yah itung2 cuci dalaman mesin
buat makin lama lagi (misal >10 tahun), base oil sama aditif bisa bercerai
4. Hooya, pantes mobil jaman now (even sekelas Civic Type-R) rekomennya w20 rata"
hahahaha.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Tue Jul 04, 2023 2:49
Semustinya sih ECO = savings fuel consumption.
Oli eco hthsnya rendah biasanya kalo 5w30 a5/b5 atau C2 dan ini gak cocok di semua mesin.
Kalau disini tapi eco cendrung artinya budget, oli super ekonomis yang bener bener diproduksi cut cost demi semurah mungkin. Hasilnya ya murah sih, tapi jangan pake lebih dari 5rb/6bln kalo gak mau pusing di kemudian hari
nah itu, apalagi oli diembel2 untuk LCGC, makin pusing maksudnya gmn ini, marketing aja atau ada embel2, tapi ya harga murah sepertinya lebih karena cut cost sih lebih masuk akal. Cuman ya itu seberapa proteksinya itu.
Aku selalu pakai OCI 6 bulan sih, cuman km yang kadang di bawah 5rb kadan di bawah 6rb.
Suryaputra wrote: Tue Jul 04, 2023 3:09
1. Saya belum bisa comment soal "Eco2"an itu
yg pasti oli lbh encer = kerja mesin ketika cold start lebih ringan = less FC.
klo dah panas >90 C sih ya mirip2 encer nya.
2. Kudu test lab untuk ngejawab scr valid nya, itupun dgn driving style, bbm, lingkungan dan mobil yg sama.
lbh ok lagi klo scr statistik bbrp kali test lab, spt di bitog.
sy sih pernah test-lab, Q8 5w30 vs 0w20, wear result mirip2, diitung ppm wear per 1000 km nya
3. lewat 5 tahun, amannya OCI diskon 50%, jadi pakai 2500 km / 3 bulan / yah itung2 cuci dalaman mesin
buat makin lama lagi (misal >10 tahun), base oil sama aditif bisa bercerai
4. Hooya, pantes mobil jaman now (even sekelas Civic Type-R) rekomennya w20 rata"
hahahaha.
Nah 2NRVE ini karena dual vvti dan merekomendasikan 0w20 jadinya aku mikir mungkin butuh oli encer buat masuk ke celah2 kecil di VVTi actuatornya juga. Kuatir kalau pakai 5w30 jangka panjang merusak.
Tapi kalau di perpendek 50% ke 2500km/3bulan kok ya berat di dompet rasanya
lha aerioku udah hampir 240rb km usia 20 tahun lebih pakai 5w30 dengan OCI 6 bulan / 6rb km masih baik-baik saja, masa ini avanza 2019 malah rewel oli
apa mending avanza stik ke 5w30 ya ? cukup encer ga ya buat sirkulasi olinya ?
sahabatq8 wrote: Tue Jul 04, 2023 2:49
Semustinya sih ECO = savings fuel consumption.
Oli eco hthsnya rendah biasanya kalo 5w30 a5/b5 atau C2 dan ini gak cocok di semua mesin.
Kalau disini tapi eco cendrung artinya budget, oli super ekonomis yang bener bener diproduksi cut cost demi semurah mungkin. Hasilnya ya murah sih, tapi jangan pake lebih dari 5rb/6bln kalo gak mau pusing di kemudian hari
nah itu, apalagi oli diembel2 untuk LCGC, makin pusing maksudnya gmn ini, marketing aja atau ada embel2, tapi ya harga murah sepertinya lebih karena cut cost sih lebih masuk akal. Cuman ya itu seberapa proteksinya itu.
Aku selalu pakai OCI 6 bulan sih, cuman km yang kadang di bawah 5rb kadan di bawah 6rb.
Suryaputra wrote: Tue Jul 04, 2023 3:09
1. Saya belum bisa comment soal "Eco2"an itu
yg pasti oli lbh encer = kerja mesin ketika cold start lebih ringan = less FC.
klo dah panas >90 C sih ya mirip2 encer nya.
2. Kudu test lab untuk ngejawab scr valid nya, itupun dgn driving style, bbm, lingkungan dan mobil yg sama.
lbh ok lagi klo scr statistik bbrp kali test lab, spt di bitog.
sy sih pernah test-lab, Q8 5w30 vs 0w20, wear result mirip2, diitung ppm wear per 1000 km nya
3. lewat 5 tahun, amannya OCI diskon 50%, jadi pakai 2500 km / 3 bulan / yah itung2 cuci dalaman mesin
buat makin lama lagi (misal >10 tahun), base oil sama aditif bisa bercerai
4. Hooya, pantes mobil jaman now (even sekelas Civic Type-R) rekomennya w20 rata"
hahahaha.
Nah 2NRVE ini karena dual vvti dan merekomendasikan 0w20 jadinya aku mikir mungkin butuh oli encer buat masuk ke celah2 kecil di VVTi actuatornya juga. Kuatir kalau pakai 5w30 jangka panjang merusak.
Tapi kalau di perpendek 50% ke 2500km/3bulan kok ya berat di dompet rasanya
lha aerioku udah hampir 240rb km usia 20 tahun lebih pakai 5w30 dengan OCI 6 bulan / 6rb km masih baik-baik saja, masa ini avanza 2019 malah rewel oli
apa mending avanza stik ke 5w30 ya ? cukup encer ga ya buat sirkulasi olinya ?
regards,
singachu
Mesin 2NR VE sebenarnya sapu jagat dari 0w20, 5w30 dan10w40
Menurut saya memang optimal di 0w20, namun kondisi jalan macet, udara panas dan jika sering bawa penumpag banyak serta sering jadi genset..justru amannya di 5w30 om, banyak pilihan 5w30 cukup oke koq macem shell ultra 5w30, motul htech 5w30 dll
Pakai max 6 bulan atau max 7500km seharusnya aman.
Btw ga rekomen diisiin 10w40, selain bikin berat, pas cold start pasti ada suara yg seharusnya ga terdengar om, cmiiw
Note: amannya sekarang beli oli di spbu atau toko2 reputasi baik macam SnD, Cakra, Toda..drpd kena oli palsu, lagi marak2nya nih
singachu wrote: Tue Jul 04, 2023 3:31
Nah 2NRVE ini karena dual vvti dan merekomendasikan 0w20 jadinya aku mikir mungkin butuh oli encer buat masuk ke celah2 kecil di VVTi actuatornya juga. Kuatir kalau pakai 5w30 jangka panjang merusak.
Tapi kalau di perpendek 50% ke 2500km/3bulan kok ya berat di dompet rasanya
lha aerioku udah hampir 240rb km usia 20 tahun lebih pakai 5w30 dengan OCI 6 bulan / 6rb km masih baik-baik saja, masa ini avanza 2019 malah rewel oli
apa mending avanza stik ke 5w30 ya ? cukup encer ga ya buat sirkulasi olinya ?
regards,
singachu
w30 w20 ok koq
no issue di mesin tsb
cuma.. w30 manasin nya lbh lama aja, karena kondisi cold start, olinya (dibelai pakai sarung tangan) lbh kentel
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Tue Jul 04, 2023 2:49
Semustinya sih ECO = savings fuel consumption.
Oli eco hthsnya rendah biasanya kalo 5w30 a5/b5 atau C2 dan ini gak cocok di semua mesin.
Kalau disini tapi eco cendrung artinya budget, oli super ekonomis yang bener bener diproduksi cut cost demi semurah mungkin. Hasilnya ya murah sih, tapi jangan pake lebih dari 5rb/6bln kalo gak mau pusing di kemudian hari
nah itu, apalagi oli diembel2 untuk LCGC, makin pusing maksudnya gmn ini, marketing aja atau ada embel2, tapi ya harga murah sepertinya lebih karena cut cost sih lebih masuk akal. Cuman ya itu seberapa proteksinya itu.
Aku selalu pakai OCI 6 bulan sih, cuman km yang kadang di bawah 5rb kadan di bawah 6rb.
Suryaputra wrote: Tue Jul 04, 2023 3:09
1. Saya belum bisa comment soal "Eco2"an itu
yg pasti oli lbh encer = kerja mesin ketika cold start lebih ringan = less FC.
klo dah panas >90 C sih ya mirip2 encer nya.
2. Kudu test lab untuk ngejawab scr valid nya, itupun dgn driving style, bbm, lingkungan dan mobil yg sama.
lbh ok lagi klo scr statistik bbrp kali test lab, spt di bitog.
sy sih pernah test-lab, Q8 5w30 vs 0w20, wear result mirip2, diitung ppm wear per 1000 km nya
3. lewat 5 tahun, amannya OCI diskon 50%, jadi pakai 2500 km / 3 bulan / yah itung2 cuci dalaman mesin
buat makin lama lagi (misal >10 tahun), base oil sama aditif bisa bercerai
4. Hooya, pantes mobil jaman now (even sekelas Civic Type-R) rekomennya w20 rata"
hahahaha.
Nah 2NRVE ini karena dual vvti dan merekomendasikan 0w20 jadinya aku mikir mungkin butuh oli encer buat masuk ke celah2 kecil di VVTi actuatornya juga. Kuatir kalau pakai 5w30 jangka panjang merusak.
Tapi kalau di perpendek 50% ke 2500km/3bulan kok ya berat di dompet rasanya
lha aerioku udah hampir 240rb km usia 20 tahun lebih pakai 5w30 dengan OCI 6 bulan / 6rb km masih baik-baik saja, masa ini avanza 2019 malah rewel oli
apa mending avanza stik ke 5w30 ya ? cukup encer ga ya buat sirkulasi olinya ?
regards,
singachu
Oh iya oli lcgc jg biasanya kemasan galonnya 3.5L bukan 4 liter
Chr1stm1 wrote: Tue Jul 04, 2023 3:44
Mesin 2NR VE sebenarnya sapu jagat dari 0w20, 5w30 dan10w40
Menurut saya memang optimal di 0w20, namun kondisi jalan macet, udara panas dan jika sering bawa penumpag banyak serta sering jadi genset..justru amannya di 5w30 om, banyak pilihan 5w30 cukup oke koq macem shell ultra 5w30, motul htech 5w30 dll
Pakai max 6 bulan atau max 7500km seharusnya aman.
Btw ga rekomen diisiin 10w40, selain bikin berat, pas cold start pasti ada suara yg seharusnya ga terdengar om, cmiiw
Note: amannya sekarang beli oli di spbu atau toko2 reputasi baik macam SnD, Cakra, Toda..drpd kena oli palsu, lagi marak2nya nih
ok, sepertinya aman 5w-30 berarti ya......
iya skrg beli di bli2 yang official store aja, langsung dari ptt nya
sahabatq8 wrote: Tue Jul 04, 2023 4:57
Oh iya oli lcgc jg biasanya kemasan galonnya 3.5L bukan 4 liter