Flox2011 wrote: Thu Apr 27, 2023 9:25
Misi om di thread mari, jdnya ane mau konfirmasi ulang.
L10 matic harusnya ganti oli ATF kan ya?
Soalnya kemarin sama bengkel mereka tap keluarnya oli CVT jdnya mereka ganti CVT tanpa pakai ngomong2. Memang pas jalan jalan-nya seperti matic motor (rpm kena tahan di 2000rpm sampai 70 kpj) berhubung jalan sempit jdnya gk pernah jalan lebih dari 85 kpj dan gk kerasa ada ganti gear. Di dashboard jg cuma ketulis D, bukan yg ketulis D1 atau D2.
Sebagai referensi, Tuas matic versi yg ada ketulis 1 2 D N R P
Kl Livina selama ditulis di STNK nya itu nomor rangka L10 dan di belakang pintu bagasi tertulis AUTOMATIC maka dia AT Konvensional.
Kl di nomor rangka ada tulisan L11 dan di pintu belakang Xtronic CVT maka itu dia CVT.
Kl Om ragu, silakan ke Beres bawa STNK nya nanti beli Oli Transmisi.
Sama beres dikasi oli Transmisi sesuai kok apakah AT atau yg CVT.
Kl Om mau liat shifting gear nya itu ngga muncul di dashboard.
Di dashboard hanya memberikan info
D = artinya speed bisa sampai gigi 3 (koreksi kl saya salah ya buat suhu2 Livina)
1 = speed ditahan di Gigi 1
2 = speed ditahan maksimal sampai gigi 2
N = Netral
P = Parking
R + reverse alias gigi mundur
Untuk naik ke gigi 4 dan seterusnya si Om saat speed sdh min 60 kpj itu tombol OD di tuas tranmisi di On khan jadi dia bisa naik kegigi tinggi sampai gigi 5.
Demikian om yg saya tahu, kl ada salah mungkin suhu2 Livina bisa mengkoreksi.
Dan jangan lupa Buku Manual nya dibaca kl Om agak bingung
ini ada referensi bagus Om u mempermudah merawat lipindut
Lengkapnya bisa dicek di sini
https://sahabatguruotomotif.blogspot.co ... ivina.html