Ganti filter oli itu wajib tiap ganti oli, mbahbangfrietz wrote: Tue Jun 20, 2023 17:10iya betul om honda sukanya oli encerSuryaputra wrote: Mon Jun 19, 2023 13:11Justru honda sukanya oli encer.bangfrietz wrote: Mon Jun 19, 2023 7:42
iya om warna noda hitam sepertinya gara2 oli terbakar karena kalau pas mesin baru turun dealer saya pegang bersih semua, yg di beat 2014 lebih lengket, yg di jazz gk5 lengket dikit, di beat 2022 gak ada noda / lengket2 sama sekali , pernah juga coba bandingin tes colek mobil avanza saudara tahun 2005 lengketnya lebih parah terus agak berminyak tapi belom tanya apakah olinya susut di dipstik karena lupa , yang bikin herannya kok bisa ya om jazz saya kayak gitu padahal kmnya baru 40 ribuan olinya fully synthetic ganti tiap 5000 km masih kurang apa lagi coba ? saya curiganya apa iya gara2 olinya terlalu encer buntut w30, sering surabaya malang tiap minggu dipantengin rpm tinggi 1 jam an full tol di rpm 3000-4000 an olinya ga mampu melindungi , mungkin kalau sering tol harus pakai buntut w40 / w50 biar tahan suhu tinggi?
W30 atau W30 no issue dan wear protectionnya sama aja kurang lebih (dr data test lab).
1. Itu warna hitamnya di knalpot klo dicolek?
Lengket, atau hitam spt arang / carbon?
2. Btw tiap ganti oli ganti filter oli?
ohh gitu ya berarti bukan masalah kekentalan oli ya om
1. kayaknya lebih mengarah ke arang / carbon om tapi yang pasti dipegang kalo di jazz jari jadi hitam + keset, kalo di beat 2014 lebih pekat lagi hitamnya + lebih keset lagi kayak seakan2 kadar nodanya lebih pekat lagi gitu, beda banget kalau pas tangan lagi bersih kita gesek2 antara jari telunjuk dan ibu jari kan licin ya om, kalau avanza saudara itu hitam berminyak kayak tetesan oli yang dibiarkan berhari-hari di lantai
2. saya tiap 10 ribu ganti filternya, jadi 2 kali ganti oli baru ganti filter oli , semua saya beli di SnD
kenapa kok saya curiga di kekentalan oli ? soalnya dulu pas avanza itu masih 120 ribu an km saya coba colek knalpotnya bersihh sih kayak beat 2022 saya om, padahal pakai oli pertamina prima xp 20w 50 dari baru, nah sekarang avanza dia udah 140 ribu an km tapi avanza itu barusan kehabisan air radiator di tengah jalan karna bocor dan karna ownernya gatau dipakai terus sampai indikator suhu di speedo hampir mentok baru dia berhenti, saya lupa berasap apa ga, lalu di isi air aqua langsung beli di indomaret dan dibuat jalan lagi , besoknya radiator masih bocor ehh dibuat gaspol sama anaknya bocor lagi akhirnya baru di benerin bawa ke bengkel radiator pinggir jalan
oya satu lagi dia juga punya jazz ge8 2010 juga diisi prima xp 20w 50 sampai sekarang km 80 ribuan saya coba colek di knalpotnya bersih 100% , padahal dia orangnya jarang buanget cuci mobil , gapernah masukin mobilnya ke tempat cucian, gapernah mau salonin mobil, mobil aja cuman di siram gosok pakai kain pel, ga dikeringin, velg sama atapnya gapernah di cuci karna bagi dia susah, mobil jamuran semua tebell, jadi saya rasa knalpotnya juga gamungkin di bersih2 in sama dia
*note : kondisi semua kendaraan diatas itu dibeli dari baru tangan 1 ya om,

Why?
Itu klo filter mampet krn kotor, dia bypass saringan nya dan oli kotor naik dipompa ke atas.
Harga murah mbah gak seberapa.
Tp mesin gk5 jauh lbh mahal.
Pakai oli w20 atau w30 yg bagusan.
Minimal kelas Total Q9000, Valvoline super syn, PTT eco.
Ganti tiap 5rb km dan ganti filter oli.
Btw klo hitam karbon dan keset itu km proses pembakaran bbm ajah.
Yg bahaya klo karbon hitam dan basah

Kasih bbm yg berkualitas aja, minimal ron 92.
Ron 95 better.
Untuk ngurangin karbon dalam mesin tuang aja aditif Redline CFSC 1 botol untuk 2x isi BBM.