Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
biznatch wrote: Fri Jun 16, 2023 2:49
Menarik ya bahasan tentang perumahannya, kebetulan ada pengalaman yang bisa saya share.
Saya kerja di Kuningan jaksel dan kemaren sempat liat2 di BSD tapi batal karena aksesnya ribet ke kuningan. Akhirnya ngambil di Grand Wisata bekasi (tambun). perumahan cluster punya sinarmas juga meskipun jauh kurang terkenal di banding BSD. harga rumahnya relatif lebih rendah dari BSD tapi emang perkembangan lingkungannya masih jauh dibanding BSD. di sini cuma ada ruko2 sama mall yang tahun depan jadi.
Tapi dari segi akses, di sini enak banget. Gerbang tol di dalam komplek, jadi waktu tempuh rumah-tol japek-tol dalam kota-kuningan cuma 45 menit kondisi normal. minusnya di tol Japek banyak transformer. Opsi lain, kalo LRT udah operasional, dari rumah ke statsiun jati mulya 6km bisa pake motor, lalu tinggal duduk sampe kuningan. wkwkwk
Kalo concern IPL yang mahal di dalam cluster, saya cuma bayar 380rb. dan setau saya pengelolaan cluster perlahan-lahan pasti akan diserahkan developer kepada warga (RT/RW). beberapa cluster di sini pengelolaannya udah warga dan IPL juga lebih murah.
grand wisata juga uda mahal untuk ukuran rumah barbie haha
Kalau mau yang gede, murah n bagus ya di suvarna sutra om
10-15 tahun lalu kita ngerasa GS dan BSD itu jauhh banget, tapi skrg rasanya deket sama jakbar / jaksel semenjak aksesnya gampang
mungkin 10-15 tahun lagi suvarna sutera jadi berasa deket om, apalagi mau ada tol jorr2 dan jorr3 kan ya? cuman ya pasti berat di ongkos aja, dan harus punya mobil
saya kerja di Karawang, tinggal di Bogor
sempet 1 tahun pas pandemi kemaren, saya bawa mobil ..
PP 100 km, via tol MBZ - Cawang - Jagorawi
lama perjalanan sekitar 1 jam 50 menit - 2 jam ..
tapi 2023 abis agak mereda saya naik bus kantor lagi,
dari Ps. Rebo - Karawang ..
dari Bogor saya naik motor, jalan 4.45 .. sampai 5.35 di titik jemputan ..
lanjut lagi 5.45 sampai kantor jam 7.00 .. selama jalan itu saya tidur haha
pulangnya lebih lama 30 - 45 menit karena lewat tol japek bawah ..
start 17.10 ~ sampai rumah sekitar 19.50 ..
tapi kantor pindah Kelapa Gading sih akhir tahun ini
biznatch wrote: Fri Jun 16, 2023 2:49
Menarik ya bahasan tentang perumahannya, kebetulan ada pengalaman yang bisa saya share.
Saya kerja di Kuningan jaksel dan kemaren sempat liat2 di BSD tapi batal karena aksesnya ribet ke kuningan. Akhirnya ngambil di Grand Wisata bekasi (tambun). perumahan cluster punya sinarmas juga meskipun jauh kurang terkenal di banding BSD. harga rumahnya relatif lebih rendah dari BSD tapi emang perkembangan lingkungannya masih jauh dibanding BSD. di sini cuma ada ruko2 sama mall yang tahun depan jadi.
Tapi dari segi akses, di sini enak banget. Gerbang tol di dalam komplek, jadi waktu tempuh rumah-tol japek-tol dalam kota-kuningan cuma 45 menit kondisi normal. minusnya di tol Japek banyak transformer. Opsi lain, kalo LRT udah operasional, dari rumah ke statsiun jati mulya 6km bisa pake motor, lalu tinggal duduk sampe kuningan. wkwkwk
Kalo concern IPL yang mahal di dalam cluster, saya cuma bayar 380rb. dan setau saya pengelolaan cluster perlahan-lahan pasti akan diserahkan developer kepada warga (RT/RW). beberapa cluster di sini pengelolaannya udah warga dan IPL juga lebih murah.
grand wisata juga uda mahal untuk ukuran rumah barbie haha
Kalau mau yang gede, murah n bagus ya di suvarna sutra om
Suvarna ga murah jg om kayaknya. 1-2 tahunan lalu sempet nanya2 disana dengan LT/LB mirip2 misalkan di BSD/GS 1,5an di suvarna uda 1-1,1an jg kalo ga salah om. Menurut ane termasuk mahal sih bwat kompleks masih on development dan fasumnya segala blm gitu banyak. Risk bwat dia gagal berkembang masih ada dibandingkan kompleks yg uda established macam alsut or bsd. CMIIW
Ikut nimbrung bahasan menarik seputar perumahan dan akses transum
Sekarang kebagian tinggal di daerah perbatasan jakarta timur/bekasi (Depan rumah betul betul batas jaktim/bekasi) dan kantor di pangjay/mangga dua, sesekali iseng naik transum ke kantor tapi saya perhatiin masalahnya dari rumah ke terminal busway terdekat (Pinang ranti) naik gograb minimal 20k, belum busway mesti nyambung lagi 1x turun halte dan makan waktu lumayan.
Beberapa kali coba iseng naik transum ke kantor jalan jam 05.40 sampe kantor jam 07.40 kadang mepet 08.00, sedangkan bawa motor kalo lagi bangun cepet jalan jam 06.00 sampe kantor jam 07.10, kalo telat jalan jam 06.30 sampai kantor paling jam 08.00. Pernah coba bawa mobil juga mirip mirip lah waktu tempuh sekitar 1 jam / 1 jam 30 menitan utk jarak tempuh kurleb 25km (jaman covid menggila malah bisa 40 menitan ).
Tapi walaupun transum modern minim (busway/feeder) dan ngga lewat langsung depan kompleks, setidaknya ketolong angkot trayek kp rambutan uj aspal lah, makanya lumayan betah tinggal disini krn macet masih taraf masuk akal kalo motoran, cuma bayar iuran RT/RW 100an, jalan kompleks lebar dan yang terpenting tergolong aman
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
Selain mobil dan tempat tinggal, kalo makan keluar jaman sekarang jg berasa boros bener hahaha. Terakhir ntn bioskop n beli popcorn kayaknya 5-6 tahunan lalu harga masi 30-40rb, itu aja uda berasa mahal. Eh kemaren iseng2 pgn beli popcorn lg
kaget tuh yg caramel harganya udah 75rb. Mau batal malu jg terlanjur nanya, akhir tetep beli jg
kalau saya pilih ngekos om kebetulan dapet 100 meter dari kantor dan pas sisa 1 kamarnya.. tiap hari jalan kaki
Soalnya masih bujang
Tadinya pas masih pp naik motor bisa 3 jam an, abis waktu di jalan belum temennya kontainer dan hampir tiap beberapa hari pasti ada kecelakaan motor vs truk di jl yg saya lewatin (rute cikupa-bitung-tangerang kota-ciputat)
kawan sekantor yg udah berkeluarga juga pilih ngekos, pulang tiap jumat ke rumahnya, senin subuh atau minggu malam berangkat lagi
grand wisata juga uda mahal untuk ukuran rumah barbie haha
Kalau mau yang gede, murah n bagus ya di suvarna sutra om
Suvarna ga murah jg om kayaknya. 1-2 tahunan lalu sempet nanya2 disana dengan LT/LB mirip2 misalkan di BSD/GS 1,5an di suvarna uda 1-1,1an jg kalo ga salah om. Menurut ane termasuk mahal sih bwat kompleks masih on development dan fasumnya segala blm gitu banyak. Risk bwat dia gagal berkembang masih ada dibandingkan kompleks yg uda established macam alsut or bsd. CMIIW
Maksudnya murah itungan per meter tanah dan bangunannya om, dulu saya liat yang harga 1.4m dapet tanah 138m bangunan 120m, mereka jualnya tanah rata2 gede2, sedangkan kalo cari di jakarta pinggiran harga segitu paling dapet luas cuma setengahnya doang.
Iya sebenrnya kalo jeli emang dengan fasum yg belum rapih terlihat mahal, tp mereka itu tim salesnya jago2 jualan janji dengan cerita2 pengalaman di alsut haha
kepo2601 wrote: Fri Jun 16, 2023 10:06
Ikut nimbrung bahasan menarik seputar perumahan dan akses transum
Sekarang kebagian tinggal di daerah perbatasan jakarta timur/bekasi (Depan rumah betul betul batas jaktim/bekasi) dan kantor di pangjay/mangga dua, sesekali iseng naik transum ke kantor tapi saya perhatiin masalahnya dari rumah ke terminal busway terdekat (Pinang ranti) naik gograb minimal 20k, belum busway mesti nyambung lagi 1x turun halte dan makan waktu lumayan.
Beberapa kali coba iseng naik transum ke kantor jalan jam 05.40 sampe kantor jam 07.40 kadang mepet 08.00, sedangkan bawa motor kalo lagi bangun cepet jalan jam 06.00 sampe kantor jam 07.10, kalo telat jalan jam 06.30 sampai kantor paling jam 08.00. Pernah coba bawa mobil juga mirip mirip lah waktu tempuh sekitar 1 jam / 1 jam 30 menitan utk jarak tempuh kurleb 25km (jaman covid menggila malah bisa 40 menitan ).
Tapi walaupun transum modern minim (busway/feeder) dan ngga lewat langsung depan kompleks, setidaknya ketolong angkot trayek kp rambutan uj aspal lah, makanya lumayan betah tinggal disini krn macet masih taraf masuk akal kalo motoran, cuma bayar iuran RT/RW 100an, jalan kompleks lebar dan yang terpenting tergolong aman
maaf OOT
Ini tinggal di deket kali molek kah? daerah pondok gede
Btw, saya pribadi masih belum pilih transum. Jika masih bisa ditempuh nyaman dengan motoran, saya pilih motoran
Range nyaman motoran itu menurut saya durasi perjalanan maksimal 1 jam an lah kurang lebih
Makanya di Jakarta, kalo pindah kantor, lokasi kantor baru juga jadi pertimbangan
Males banget kalo misalnya rumah di Pondokgede, ngantor di PIK
kepo2601 wrote: Fri Jun 16, 2023 10:06
Ikut nimbrung bahasan menarik seputar perumahan dan akses transum
Sekarang kebagian tinggal di daerah perbatasan jakarta timur/bekasi (Depan rumah betul betul batas jaktim/bekasi) dan kantor di pangjay/mangga dua, sesekali iseng naik transum ke kantor tapi saya perhatiin masalahnya dari rumah ke terminal busway terdekat (Pinang ranti) naik gograb minimal 20k, belum busway mesti nyambung lagi 1x turun halte dan makan waktu lumayan.
Beberapa kali coba iseng naik transum ke kantor jalan jam 05.40 sampe kantor jam 07.40 kadang mepet 08.00, sedangkan bawa motor kalo lagi bangun cepet jalan jam 06.00 sampe kantor jam 07.10, kalo telat jalan jam 06.30 sampai kantor paling jam 08.00. Pernah coba bawa mobil juga mirip mirip lah waktu tempuh sekitar 1 jam / 1 jam 30 menitan utk jarak tempuh kurleb 25km (jaman covid menggila malah bisa 40 menitan ).
Tapi walaupun transum modern minim (busway/feeder) dan ngga lewat langsung depan kompleks, setidaknya ketolong angkot trayek kp rambutan uj aspal lah, makanya lumayan betah tinggal disini krn macet masih taraf masuk akal kalo motoran, cuma bayar iuran RT/RW 100an, jalan kompleks lebar dan yang terpenting tergolong aman
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
kepo2601 wrote: Fri Jun 16, 2023 10:06
Ikut nimbrung bahasan menarik seputar perumahan dan akses transum
Sekarang kebagian tinggal di daerah perbatasan jakarta timur/bekasi (Depan rumah betul betul batas jaktim/bekasi) dan kantor di pangjay/mangga dua, sesekali iseng naik transum ke kantor tapi saya perhatiin masalahnya dari rumah ke terminal busway terdekat (Pinang ranti) naik gograb minimal 20k, belum busway mesti nyambung lagi 1x turun halte dan makan waktu lumayan.
Beberapa kali coba iseng naik transum ke kantor jalan jam 05.40 sampe kantor jam 07.40 kadang mepet 08.00, sedangkan bawa motor kalo lagi bangun cepet jalan jam 06.00 sampe kantor jam 07.10, kalo telat jalan jam 06.30 sampai kantor paling jam 08.00. Pernah coba bawa mobil juga mirip mirip lah waktu tempuh sekitar 1 jam / 1 jam 30 menitan utk jarak tempuh kurleb 25km (jaman covid menggila malah bisa 40 menitan ).
Tapi walaupun transum modern minim (busway/feeder) dan ngga lewat langsung depan kompleks, setidaknya ketolong angkot trayek kp rambutan uj aspal lah, makanya lumayan betah tinggal disini krn macet masih taraf masuk akal kalo motoran, cuma bayar iuran RT/RW 100an, jalan kompleks lebar dan yang terpenting tergolong aman
maaf OOT
Ini tinggal di deket kali molek kah? daerah pondok gede
Btw, saya pribadi masih belum pilih transum. Jika masih bisa ditempuh nyaman dengan motoran, saya pilih motoran
Range nyaman motoran itu menurut saya durasi perjalanan maksimal 1 jam an lah kurang lebih
Makanya di Jakarta, kalo pindah kantor, lokasi kantor baru juga jadi pertimbangan
Males banget kalo misalnya rumah di Pondokgede, ngantor di PIK
Betul om, kali molek ya kalo sebutan warlok, kalo ikut gps kali sunter hahaha
Bagian yang dibold saya setuju banget, sebelumnya ada tawaran kerja di PIK cuma karena ngerasa jauh dari pondok gede jadi skip dulu
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
kepo2601 wrote: Fri Jun 16, 2023 10:06
Ikut nimbrung bahasan menarik seputar perumahan dan akses transum
Sekarang kebagian tinggal di daerah perbatasan jakarta timur/bekasi (Depan rumah betul betul batas jaktim/bekasi) dan kantor di pangjay/mangga dua, sesekali iseng naik transum ke kantor tapi saya perhatiin masalahnya dari rumah ke terminal busway terdekat (Pinang ranti) naik gograb minimal 20k, belum busway mesti nyambung lagi 1x turun halte dan makan waktu lumayan.
Beberapa kali coba iseng naik transum ke kantor jalan jam 05.40 sampe kantor jam 07.40 kadang mepet 08.00, sedangkan bawa motor kalo lagi bangun cepet jalan jam 06.00 sampe kantor jam 07.10, kalo telat jalan jam 06.30 sampai kantor paling jam 08.00. Pernah coba bawa mobil juga mirip mirip lah waktu tempuh sekitar 1 jam / 1 jam 30 menitan utk jarak tempuh kurleb 25km (jaman covid menggila malah bisa 40 menitan ).
Tapi walaupun transum modern minim (busway/feeder) dan ngga lewat langsung depan kompleks, setidaknya ketolong angkot trayek kp rambutan uj aspal lah, makanya lumayan betah tinggal disini krn macet masih taraf masuk akal kalo motoran, cuma bayar iuran RT/RW 100an, jalan kompleks lebar dan yang terpenting tergolong aman
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
Betul om, ngga bisa dipukul rata kalo kerjanya mobile disuruh naik transum
Saya aja kerjanya cuma dikantor tok males naik transum soalnya naik transum pp bisa nambah 2 jam sendiri dibanding motoran, mana kalo jam berangkat/pulang pas barengan semua kantor mendadak jadi sarden di busway. Makanya kalaupun naik transum ke kantor mau ngga mau jalan lebih pagi, pulang lebih malem supaya ngga kena dobel macet & jadi sarden
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
Akan membantu kalau integrasi mass transport nya serta armada transportasinya diperbanyak. Kalau masih ga nyaman juga orang akan segan pindah ke mass transport. Pe er abadi gubernur DKI jakarta sih ini
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
Uda lama ga pulang kampung, kemarin nganter adek karena pas dia dpt kerjaan disana. Terakhir pulang kampung udah 3 tahunan lalu sblm covid. Uda lupa jg bagaimana rasanya tinggal di kota kecil. Janjian ama temen sekolah mau pergi, ga sampe 10 mnt kemudian dia dtg jemput saya. Lupa kalo ini bukan di jkt kalo yg janjian bisa 1-2 jam kemudian baru ketemu. Jadi berpikir ulang kalo tinggal di daerah itu jauh lebih proper daripada di kota gede. Quality of lifenya jauh lebih baik asal bisa berdamai sama diri sendiri, ga banyak kemauan. Asal bisa hidup proper aja ga susah2 banget.
Kalo dibandingin ma jkt, hidup di jkt itu bener2 ga layak sebenernya. Di jalanan bisa 2-4 jam bahkan lebih kalo yg pp dari kota satelit. Pergi pagi, plg malam, stress di kantor, stress di jalan, plg rumah energi habis bwat ngurus diri sendiri sama keluarga. Sayangnya emang uda terlanjur jd kondisi kronisnya seperti ini. Jakarta tetep jd magnet ekonomi kalo orng mau nyari duit.
Sebenernya emang IKN baru itu cepat atau lambat harus jalan sih, uda terlalu sumpek disini. Masalahnya apakah nanti IKN baru akan sesuai hatapan? Brp banyak negara2 lain yg bikin IKN baru tp sampe sekarang masih jd seperti kota mati.
Jakarta uda terlalu sumpek dan uda ga bisa banyak berubah lah mau diapain juga.
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
coba liat nanti IKN
IKN< kalau jadi, akan beda nasip sama Jakarta..
Jakarta dibangun sbg kota pelabuhan dagang,,,lalu jadi IBukota.
kalau IKN maka itu sejak awal sdh didesain sebagai IKN.
minimal lebar/luas jalan sudah beda,
gak ada lagi gang senggol yg bikin kumuh.
dulu, zaman OJK masih di Budi Kemuliaan, samping gedung Indosat, rasanya agak gimana gitu kalau FSA negara lain datang....mereka harus masuk gang dan banyak jualan warung makan di pinggirnya..
semoga di tempat IKN semua sudah proper.
kendibocor wrote: Mon Jun 19, 2023 9:49
Uda lama ga pulang kampung, kemarin nganter adek karena pas dia dpt kerjaan disana. Terakhir pulang kampung udah 3 tahunan lalu sblm covid. Uda lupa jg bagaimana rasanya tinggal di kota kecil. Janjian ama temen sekolah mau pergi, ga sampe 10 mnt kemudian dia dtg jemput saya. Lupa kalo ini bukan di jkt kalo yg janjian bisa 1-2 jam kemudian baru ketemu. Jadi berpikir ulang kalo tinggal di daerah itu jauh lebih proper daripada di kota gede. Quality of lifenya jauh lebih baik asal bisa berdamai sama diri sendiri, ga banyak kemauan. Asal bisa hidup proper aja ga susah2 banget.
Kalo dibandingin ma jkt, hidup di jkt itu bener2 ga layak sebenernya. Di jalanan bisa 2-4 jam bahkan lebih kalo yg pp dari kota satelit. Pergi pagi, plg malam, stress di kantor, stress di jalan, plg rumah energi habis bwat ngurus diri sendiri sama keluarga. Sayangnya emang uda terlanjur jd kondisi kronisnya seperti ini. Jakarta tetep jd magnet ekonomi kalo orng mau nyari duit.
Sebenernya emang IKN baru itu cepat atau lambat harus jalan sih, uda terlalu sumpek disini. Masalahnya apakah nanti IKN baru akan sesuai hatapan? Brp banyak negara2 lain yg bikin IKN baru tp sampe sekarang masih jd seperti kota mati.
Jakarta uda terlalu sumpek dan uda ga bisa banyak berubah lah mau diapain juga.
Gw tinggal di smg yang ngaruh itu istirahatnya sih beda banget. Krn berangkat apa apa ga harus standby sejam sebelumnya wkwkwkwkw.
Misal biasanya gw sampe kantor jam 9, jam 8.40 jalan dari rumah jg keburu msh keburu ngegym ama nyantai2 dulu cewe gw orang BSD dulu bingung nonton bioskop jam 18.30, 18.00 gw baru jalan
Asal kerja masih di kota possible pulang msh terang. Yg rumah kendal/demak jg paling lama sejam di jalan. Ya klo demak kadang musim proyek musti sabar, proyek abadi pantura titiknya disono mulu. Kendal apalagi kaliwungu sih skrg ada tollnya. Paling peak hours sore aja macet truk gede agak rawan buat yang naik motor.
Salah 1 culture shock waktu di surabaya jg sih. Apa apa musti persiapan sejam sebelum. Kmrn di BSD lebih culture shock lagi, ini tangsel doang segede ini kemana mana pantes abis waktu di jalan selama ini ke BSD cuma ke ICE nonton giias gaberasa jauhnya.
fansdiesel wrote: Mon Jun 19, 2023 6:54
gak semua profesi bisa disamaratakan untuk naik transum sih tergantung kebutuhan juga
kalau orangnya mobile banget sehari bisa 4-5 tempat.... entah itu ngegym , ngopi , meeting , nongkrong dll naik transum malah melelahkan apalagi kalo banyak berdiri dan nungguin pick up doank blom lagi bawaan yang banyak
ya ini problem utama overpopulated city. mau d bikin busway atau subway sebanyak apapun ga akan muat.
aturan sebenernya kalo di dunia ideal itu superblock yang mana kantor rumah sekolah dll dekat. tp itu dunia ideal. krn pada akhirnya kalo padat spt jakarta ya nggak muat juga. semisal tempat gym kalo udah terlalu padat di blocknya kan pasti orang pindah juga.
nanti masalah turunannya ya kayak sekarang : macet, banjir, polusi udara...
solusinya ya sbenernya klasik ... birth control dan migrasi populasi. tp balik lg kalau pusat ekonomi ujungnya jakarta jakarta juga ya gimana nggak makin banyak yang mau pindah ke jakarta... wkwkwkwk.
Uda lama ga pulang kampung, kemarin nganter adek karena pas dia dpt kerjaan disana. Terakhir pulang kampung udah 3 tahunan lalu sblm covid. Uda lupa jg bagaimana rasanya tinggal di kota kecil. Janjian ama temen sekolah mau pergi, ga sampe 10 mnt kemudian dia dtg jemput saya. Lupa kalo ini bukan di jkt kalo yg janjian bisa 1-2 jam kemudian baru ketemu. Jadi berpikir ulang kalo tinggal di daerah itu jauh lebih proper daripada di kota gede. Quality of lifenya jauh lebih baik asal bisa berdamai sama diri sendiri, ga banyak kemauan. Asal bisa hidup proper aja ga susah2 banget.
Kalo dibandingin ma jkt, hidup di jkt itu bener2 ga layak sebenernya. Di jalanan bisa 2-4 jam bahkan lebih kalo yg pp dari kota satelit. Pergi pagi, plg malam, stress di kantor, stress di jalan, plg rumah energi habis bwat ngurus diri sendiri sama keluarga. Sayangnya emang uda terlanjur jd kondisi kronisnya seperti ini. Jakarta tetep jd magnet ekonomi kalo orng mau nyari duit.
Sebenernya emang IKN baru itu cepat atau lambat harus jalan sih, uda terlalu sumpek disini. Masalahnya apakah nanti IKN baru akan sesuai hatapan? Brp banyak negara2 lain yg bikin IKN baru tp sampe sekarang masih jd seperti kota mati.
Jakarta uda terlalu sumpek dan uda ga bisa banyak berubah lah mau diapain juga.
uda gitu banyak yang 2-4 jam di jalan gaji umr , tiap bulan malah minus pula
ginting wrote: Thu Jun 15, 2023 6:44
ada kawan kantor yg tinggal di swarna sutera.
dia brangkat jam 5.15 dari rumah.
karena katanya kalau jam 6 aja brangkat, itu udah banyak saingan dan macet dimana mana.
kantor saya di plaza senayan, jl asia afrika.
gak jauh sih secara kilometer, tp sainganya sama truk dari / ke Merak
saya dari Perum Bukit Nusa Indah Ciputat, masuk toll Pondok Aren Bintaro, ke kantor itu lk 45 mnt sampai 1 jam 30 menit. tergantung jam brp kita start.
tapi masih acceptable menurut saya dgn jarak 25 km kalau via toll.
kalau tanpa toll bisa via jalan Ciputat Raya, atau bisa lewat Mabad tembus ke Rempoa, Deplu, Pdk Indah , Senayan dgn jarak 20 km.
Wah dekat nih sama Om Ginting, saya di Pamulang dekat exit tol...Kantor di Pondok Pinang, kerasa bedanya berangkat jam 5:45 sama jam 6 lewat Pondok Cabe - Cirendeu, apalagi semenjak ada LabSchool sama AlFath, bisa 45-52 menit dengan jarak 9,8km saja rumah-kantor, mana anak yg gede masuk sekolah 6:45 di Pondok Indah...
Kalau skrg lagi musim libur anak sekolah gini padahal normal banget cuma 27 menitan aja
Jauh lebih mending masuk GT Pamulang kalau agak telat bangun dan berangkatnya udah jam 6 dari rumah, keluar exit Pondok Pinang cuma 25 menitan walau jarak muter jauh jadi 25km...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
fansdiesel wrote: Tue Jun 20, 2023 0:51
uda gitu banyak yang 2-4 jam di jalan gaji umr , tiap bulan malah minus pula
klo di amerika ada the american dream, di +62 kayaknya ada yang namanya indonesian dream : tinggal di ibukota. gimana2 patokan suksesnya di indo adalah udah berhasil kerja di ibukota. mau yang kelas kuli sekalipun.
apalagi kerja di perusahaan star ap impian gen Z banget. gaji emang gede tapi siap siap di phk kapan bae angel investor kabur ya udah beresin barang dulu kali2 besok di PHK
cash flow minus gakpapa paylater to the rescue nggak cuma budak korporat tapi juga budak paylater. kerja buat bayarin paylater gali lobang tutup lobang
Saya berharap kantor kementrian dan lembaga di jakarta bikin kantor di sekitar bintaro, alam sutera, serpong. Kalau rapat tinggal pakai zoom aja.
Sudah ada tol jadi terasa ke bandara.
ilhami wrote: Tue Jun 20, 2023 9:23
Saya berharap kantor kementrian dan lembaga di jakarta bikin kantor di sekitar bintaro, alam sutera, serpong. Kalau rapat tinggal pakai zoom aja.
Sudah ada tol jadi terasa ke bandara.
mnurut saya, malah sbenernya skalian aja dibikin full work from anywhere ato klo perlu ngantor cukup seminggu sekali ato sebulan sekali aja. di jaman serba digital kyk skrg, udh gk relevan lg utk kerja di kantor. itung2 buat perbaiki operasional sehari2 organisasi tsb, skaligus kesempatan utk singkirin pegawai2 yg gk kompeten.
yg bener2 perlu kerja on site ya kerja on site. sisanya mnding work from anywhere aja, lmyn kan gk buang2 waktu & ongkos utk perjalanan dri rumah ke kantor
ginting wrote: Thu Jun 15, 2023 6:44
ada kawan kantor yg tinggal di swarna sutera.
dia brangkat jam 5.15 dari rumah.
karena katanya kalau jam 6 aja brangkat, itu udah banyak saingan dan macet dimana mana.
kantor saya di plaza senayan, jl asia afrika.
gak jauh sih secara kilometer, tp sainganya sama truk dari / ke Merak
saya dari Perum Bukit Nusa Indah Ciputat, masuk toll Pondok Aren Bintaro, ke kantor itu lk 45 mnt sampai 1 jam 30 menit. tergantung jam brp kita start.
tapi masih acceptable menurut saya dgn jarak 25 km kalau via toll.
kalau tanpa toll bisa via jalan Ciputat Raya, atau bisa lewat Mabad tembus ke Rempoa, Deplu, Pdk Indah , Senayan dgn jarak 20 km.
Wah dekat nih sama Om Ginting, saya di Pamulang dekat exit tol...Kantor di Pondok Pinang, kerasa bedanya berangkat jam 5:45 sama jam 6 lewat Pondok Cabe - Cirendeu, apalagi semenjak ada LabSchool sama AlFath, bisa 45-52 menit dengan jarak 9,8km saja rumah-kantor, mana anak yg gede masuk sekolah 6:45 di Pondok Indah...
Kalau skrg lagi musim libur anak sekolah gini padahal normal banget cuma 27 menitan aja
Jauh lebih mending masuk GT Pamulang kalau agak telat bangun dan berangkatnya udah jam 6 dari rumah, keluar exit Pondok Pinang cuma 25 menitan walau jarak muter jauh jadi 25km...
oo oom brarti di Gaplek ya?
nanti kalau toll udah nyambung, mending masuk toll ke arah Cinere, lalu belok kiri ke arah Toll Antasari..lalu ke Pdk Pinang...
memang either way jalannya jadi melengkung sih...