Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Escaflowne wrote: Fri Sep 09, 2022 14:12
Malam om om semuanya,
Update mengenai kaki kaki jazz, terakhir ganti bushing arm, walopun terlihat masih bagus, akhirnya saya tetap ganti juga, krn mnrt bengkel, penyakit ini sering terjadi di hrv dan jazz.
Lalu mengenai kipas radiator nyangkut stlh perjalanan pendek, sebelumnya cuma dibersihkan dengan di amplas, tetapi kipas tetap nyangkut dengan hasil scan kode P, ects malfunction, akhirnya direkomendasikan ganti switch ect dan sudah saya ganti hari ini, hasil pengetesan sudah normal kembali kipasnya.
Terima kasih atas sharingnya om om semuanya. [emoji120]
Thread ini silahkan jika ingin di closed Om Moderator.
malam om
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
Escaflowne wrote: Fri Sep 09, 2022 14:12
Malam om om semuanya,
Update mengenai kaki kaki jazz, terakhir ganti bushing arm, walopun terlihat masih bagus, akhirnya saya tetap ganti juga, krn mnrt bengkel, penyakit ini sering terjadi di hrv dan jazz.
Lalu mengenai kipas radiator nyangkut stlh perjalanan pendek, sebelumnya cuma dibersihkan dengan di amplas, tetapi kipas tetap nyangkut dengan hasil scan kode P, ects malfunction, akhirnya direkomendasikan ganti switch ect dan sudah saya ganti hari ini, hasil pengetesan sudah normal kembali kipasnya.
Terima kasih atas sharingnya om om semuanya. [emoji120]
Thread ini silahkan jika ingin di closed Om Moderator.
malam om
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
makanya P1659 hubungannya sm ga mau digas.
video imam: meskipun ini GD3 tp prinsip ttp sama
Nuhun mbahh.
Btw itu sensor ECTS, even dlm kondisi malfungsi, klo error, berarti kan masuk mode default/limp/ whatever, bagus jg didesain untuk tetep nyala.
Jd lbh baik kipas on terus, drpd logic nya diset off, bisa bahaya dan overheat, simple things, tp dipikirin sm org nippon
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Escaflowne wrote: Fri Sep 09, 2022 14:12
Malam om om semuanya,
Update mengenai kaki kaki jazz, terakhir ganti bushing arm, walopun terlihat masih bagus, akhirnya saya tetap ganti juga, krn mnrt bengkel, penyakit ini sering terjadi di hrv dan jazz.
Lalu mengenai kipas radiator nyangkut stlh perjalanan pendek, sebelumnya cuma dibersihkan dengan di amplas, tetapi kipas tetap nyangkut dengan hasil scan kode P, ects malfunction, akhirnya direkomendasikan ganti switch ect dan sudah saya ganti hari ini, hasil pengetesan sudah normal kembali kipasnya.
Terima kasih atas sharingnya om om semuanya. [emoji120]
Thread ini silahkan jika ingin di closed Om Moderator.
malam om
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
makanya P1659 hubungannya sm ga mau digas.
video imam: meskipun ini GD3 tp prinsip ttp sama
Siap om, terima kasih infonya. Sempat salah kaprah dikira sama krn bengkel terakhir juga hasil scan etcs tp rekomendasi ganti ect.
Update per hari ini, ternyata kipas nyangkut lagi dan kali ini saya ganti thermostat krn selang bawah dipegang dingin, sedangkan selang atas hangat. Asumsi sirkulasi mampat.
Coba tes di jagorawi ke puncak, kipas normal, cuma ruang mesin sedikit lebih panas mnrt saya, entah ini perasaan saya aja atau memang normal.
Escaflowne wrote: Fri Sep 09, 2022 14:12
Malam om om semuanya,
Update mengenai kaki kaki jazz, terakhir ganti bushing arm, walopun terlihat masih bagus, akhirnya saya tetap ganti juga, krn mnrt bengkel, penyakit ini sering terjadi di hrv dan jazz.
Lalu mengenai kipas radiator nyangkut stlh perjalanan pendek, sebelumnya cuma dibersihkan dengan di amplas, tetapi kipas tetap nyangkut dengan hasil scan kode P, ects malfunction, akhirnya direkomendasikan ganti switch ect dan sudah saya ganti hari ini, hasil pengetesan sudah normal kembali kipasnya.
Terima kasih atas sharingnya om om semuanya. [emoji120]
Thread ini silahkan jika ingin di closed Om Moderator.
malam om
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
makanya P1659 hubungannya sm ga mau digas.
video imam: meskipun ini GD3 tp prinsip ttp sama
Siap om, terima kasih infonya. Sempat salah kaprah dikira sama krn bengkel terakhir juga hasil scan etcs tp rekomendasi ganti ect.
Update per hari ini, ternyata kipas nyangkut lagi dan kali ini saya ganti thermostat krn selang bawah dipegang dingin, sedangkan selang atas hangat. Asumsi sirkulasi mampat.
Coba tes di jagorawi ke puncak, kipas normal, cuma ruang mesin sedikit lebih panas mnrt saya, entah ini perasaan saya aja atau memang normal.
wah kl selang bawah dingin berarti betul dugaan om, sirkulasi ga bener. sy malah curiga radiator core nya yg mampet. coba aja lepasin thermostat nya jd tanpa thermostat, kl msh dingin juga berarti radiator mampet. sebab even thermostat dilepas kl namanya suhu kerja normal ya selang bawah paling ngga hangat (bukan dingin).
di video yg sy kasih di atas juga radiatornya mampet tuh, bisa lihat bedanya antara yg mampet vs yg lancar.
kl begitu selama ini fan switch nya ga ada masalah, krn dia memang mendeteksi panas terus krn adanya mampet sirkulasi.
jd ngeri overheat. untung om nya sensitif tuh sama mobilnya alias ga cuek.
sip kl udah ketemu. kebetulan hari ini video imam santoso juga bahas fan switch n dia sampe ke burn 3x beli parts non ori yg kualitasnya abal dan ga menyelesaikan masalah. so kl msh terjadi trouble yg sama jangan skip parts tsb mentang2 udah diganti krn part barunya pun kl non ori msh bisa bikin ngaco.
trus ttg P code yg muncul (kl memang sama dgn yg lalu yakni P1659) itu ga ada hubungannya sm fan. perhatikan description P code itu ETCS bukan ECTS. jd jangan sampe salah pengertian.
ETCS = electronic throttle control system
ECTS = engine coolant temperature sensor
totally different
makanya P1659 hubungannya sm ga mau digas.
video imam: meskipun ini GD3 tp prinsip ttp sama
Siap om, terima kasih infonya. Sempat salah kaprah dikira sama krn bengkel terakhir juga hasil scan etcs tp rekomendasi ganti ect.
Update per hari ini, ternyata kipas nyangkut lagi dan kali ini saya ganti thermostat krn selang bawah dipegang dingin, sedangkan selang atas hangat. Asumsi sirkulasi mampat.
Coba tes di jagorawi ke puncak, kipas normal, cuma ruang mesin sedikit lebih panas mnrt saya, entah ini perasaan saya aja atau memang normal.
wah kl selang bawah dingin berarti betul dugaan om, sirkulasi ga bener. sy malah curiga radiator core nya yg mampet. coba aja lepasin thermostat nya jd tanpa thermostat, kl msh dingin juga berarti radiator mampet. sebab even thermostat dilepas kl namanya suhu kerja normal ya selang bawah paling ngga hangat (bukan dingin).
di video yg sy kasih di atas juga radiatornya mampet tuh, bisa lihat bedanya antara yg mampet vs yg lancar.
kl begitu selama ini fan switch nya ga ada masalah, krn dia memang mendeteksi panas terus krn adanya mampet sirkulasi.
jd ngeri overheat. untung om nya sensitif tuh sama mobilnya alias ga cuek.
Cuaca hari ini adem di bogor, kipas nyala normal, blom tes macet macetan om.
Kalo masi nyangkut lagi, berarti terakhir cek radiator mampat.
Ini mobil jd love and hate banget. Ngangkat karena harga di bawah pasaran krn hubungan dekat, tapi ongkos perbaikan ga brenti2. Mulai dari body penyok2, kaki kaki ganti semua sampai rack steer, masih tadi dengar bunyi gluduk2 di posisi kanan sopir, curiga spt bunyi karet support, padahal sudah ganti ori. Mau benerin lagi tapi uda kurang semangat. Total perbaikan, detailing dan asuransi udah tembus 2 digit. Belum lagi pajak di bulan nov 2022 ini.
Jadi kepikiran mo jual lagi ini gk5, terus lirik bahenol hb 2019 [emoji57]
Tapi model gk5 lebih enak diliat mnrt ane drpd tuh bahenol hb [emoji2957]
Escaflowne wrote: Sat Sep 10, 2022 8:38
Siap om, terima kasih infonya. Sempat salah kaprah dikira sama krn bengkel terakhir juga hasil scan etcs tp rekomendasi ganti ect.
Update per hari ini, ternyata kipas nyangkut lagi dan kali ini saya ganti thermostat krn selang bawah dipegang dingin, sedangkan selang atas hangat. Asumsi sirkulasi mampat.
Coba tes di jagorawi ke puncak, kipas normal, cuma ruang mesin sedikit lebih panas mnrt saya, entah ini perasaan saya aja atau memang normal.
wah kl selang bawah dingin berarti betul dugaan om, sirkulasi ga bener. sy malah curiga radiator core nya yg mampet. coba aja lepasin thermostat nya jd tanpa thermostat, kl msh dingin juga berarti radiator mampet. sebab even thermostat dilepas kl namanya suhu kerja normal ya selang bawah paling ngga hangat (bukan dingin).
di video yg sy kasih di atas juga radiatornya mampet tuh, bisa lihat bedanya antara yg mampet vs yg lancar.
kl begitu selama ini fan switch nya ga ada masalah, krn dia memang mendeteksi panas terus krn adanya mampet sirkulasi.
jd ngeri overheat. untung om nya sensitif tuh sama mobilnya alias ga cuek.
Cuaca hari ini adem di bogor, kipas nyala normal, blom tes macet macetan om.
Kalo masi nyangkut lagi, berarti terakhir cek radiator mampat.
Ini mobil jd love and hate banget. Ngangkat karena harga di bawah pasaran krn hubungan dekat, tapi ongkos perbaikan ga brenti2. Mulai dari body penyok2, kaki kaki ganti semua sampai rack steer, masih tadi dengar bunyi gluduk2 di posisi kanan sopir, curiga spt bunyi karet support, padahal sudah ganti ori. Mau benerin lagi tapi uda kurang semangat. Total perbaikan, detailing dan asuransi udah tembus 2 digit. Belum lagi pajak di bulan nov 2022 ini.
Jadi kepikiran mo jual lagi ini gk5, terus lirik bahenol hb 2019 [emoji57]
Tapi model gk5 lebih enak diliat mnrt ane drpd tuh bahenol hb [emoji2957]
kl radiator beneran mampet berarti pernah diisi air keran bukan coolant. kl uduh begitu jual aja lah, cape lho benerin yg kaya gitu apalagi kl karat udah kemana2 sepanjang jalur air pendingin.
Escaflowne wrote: Sat Sep 10, 2022 8:38
Siap om, terima kasih infonya. Sempat salah kaprah dikira sama krn bengkel terakhir juga hasil scan etcs tp rekomendasi ganti ect.
Update per hari ini, ternyata kipas nyangkut lagi dan kali ini saya ganti thermostat krn selang bawah dipegang dingin, sedangkan selang atas hangat. Asumsi sirkulasi mampat.
Coba tes di jagorawi ke puncak, kipas normal, cuma ruang mesin sedikit lebih panas mnrt saya, entah ini perasaan saya aja atau memang normal.
wah kl selang bawah dingin berarti betul dugaan om, sirkulasi ga bener. sy malah curiga radiator core nya yg mampet. coba aja lepasin thermostat nya jd tanpa thermostat, kl msh dingin juga berarti radiator mampet. sebab even thermostat dilepas kl namanya suhu kerja normal ya selang bawah paling ngga hangat (bukan dingin).
di video yg sy kasih di atas juga radiatornya mampet tuh, bisa lihat bedanya antara yg mampet vs yg lancar.
kl begitu selama ini fan switch nya ga ada masalah, krn dia memang mendeteksi panas terus krn adanya mampet sirkulasi.
jd ngeri overheat. untung om nya sensitif tuh sama mobilnya alias ga cuek.
Cuaca hari ini adem di bogor, kipas nyala normal, blom tes macet macetan om.
Kalo masi nyangkut lagi, berarti terakhir cek radiator mampat.
Ini mobil jd love and hate banget. Ngangkat karena harga di bawah pasaran krn hubungan dekat, tapi ongkos perbaikan ga brenti2. Mulai dari body penyok2, kaki kaki ganti semua sampai rack steer, masih tadi dengar bunyi gluduk2 di posisi kanan sopir, curiga spt bunyi karet support, padahal sudah ganti ori. Mau benerin lagi tapi uda kurang semangat. Total perbaikan, detailing dan asuransi udah tembus 2 digit. Belum lagi pajak di bulan nov 2022 ini.
Jadi kepikiran mo jual lagi ini gk5, terus lirik bahenol hb 2019 [emoji57]
Tapi model gk5 lebih enak diliat mnrt ane drpd tuh bahenol hb [emoji2957]
Gapapa, love hate, ntar ngangenin lama2, GK5 mobil gampang d oprek koq
Mending coba invest beli tools2 deh om, pelan2 coba oprek sendiri, pengiritan jauhhhh, dan lebi love jadi nya ke si mobil
Soal ngoprek, sila maen ke tret hand tools, ntar pelan2 di guide dsana, banyak montir2, mantan direktur atpm, bahkan tuner koq nongkrong d tret tsb
DOHC wrote: Sat Sep 10, 2022 15:20
.....
Soal ngoprek, sila maen ke tret hand tools, ntar pelan2 di guide dsana, banyak montir2, mantan direktur atpm, bahkan tuner koq nongkrong d tret tsb
sape mbah? nyang mane?
ai taunya mantan montir motogp tuh dr tim yahama. siang jaga bengkel yg baru buka di bilangan depok sawangan. malemnya tugas di tamanlawang.
kl radiator beneran mampet berarti pernah diisi air keran bukan coolant. kl uduh begitu jual aja lah, cape lho benerin yg kaya gitu apalagi kl karat udah kemana2 sepanjang jalur air pendingin.
dibantu periksa dong mbah...
cek tutup radiator ada jejak mineral nggak? pasti ada jejaknya kalo diisi air keran.
kalo emang bener kan tinggal ganti :
- radiator
- tabung reservoir
- tutup radiator
- selang radiator atas
- selang radiator bawah
- waterpump
- semua selang² coolant
- thermostat
udah itu dowang kok. ngana bisa kerjainnya kan? kan? kaaannnn?
DOHC wrote: Sat Sep 10, 2022 15:20
.....
Soal ngoprek, sila maen ke tret hand tools, ntar pelan2 di guide dsana, banyak montir2, mantan direktur atpm, bahkan tuner koq nongkrong d tret tsb
sape mbah? nyang mane?
ai taunya mantan montir motogp tuh dr tim yahama. siang jaga bengkel yg baru buka di bilangan depok sawangan. malemnya tugas di tamanlawang.
Lah ngana masi pura2
Itu direktur atpm kan ngana
Montir itu mbah TL, yg denger2 ud kongsie ama mbah blower.. ad jg mbah gentong
tadi dengar bunyi gluduk2 di posisi kanan sopir, curiga spt bunyi karet support, padahal sudah ganti ori.
bisa jadi engine mounting.
mengingat usia sudah 7 tahun tapi odo masih 55rb.
Enjin monting honda itu lumayan awet mbah
Kmungkinan seh kita orang curiga nya di bushing bos arem, kaya penyakit di hrv, karet nya keliwat tipis, jd kl jalan jelek bsa besi bradu besi makanya duk2
kl radiator beneran mampet berarti pernah diisi air keran bukan coolant. kl uduh begitu jual aja lah, cape lho benerin yg kaya gitu apalagi kl karat udah kemana2 sepanjang jalur air pendingin.
dibantu periksa dong mbah...
cek tutup radiator ada jejak mineral nggak? pasti ada jejaknya kalo diisi air keran.
kalo emang bener kan tinggal ganti :
- radiator
- tabung reservoir
- tutup radiator
- selang radiator atas
- selang radiator bawah
- waterpump
- semua selang² coolant
- thermostat
udah itu dowang kok. ngana bisa kerjainnya kan? kan? kaaannnn?
DOHC wrote: Sat Sep 10, 2022 15:20
.....
Soal ngoprek, sila maen ke tret hand tools, ntar pelan2 di guide dsana, banyak montir2, mantan direktur atpm, bahkan tuner koq nongkrong d tret tsb
sape mbah? nyang mane?
ai taunya mantan montir motogp tuh dr tim yahama. siang jaga bengkel yg baru buka di bilangan depok sawangan. malemnya tugas di tamanlawang.
Lah ngana masi pura2
Itu direktur atpm kan ngana
Montir itu mbah TL, yg denger2 ud kongsie ama mbah blower.. ad jg mbah gentong
Tuner yah mbah 69
Itu baru yg ketauan, belom lg sailen rider2
direktur atpm? ogah mbah, namanya jelek mantan2 direkturnya tuh, itu atpm batu makam bukan tambah maju malah tambah melempem.
Escaflowne wrote: Sat Sep 10, 2022 15:09
Cuaca hari ini adem di bogor, kipas nyala normal, blom tes macet macetan om.
Kalo masi nyangkut lagi, berarti terakhir cek radiator mampat.
Ini mobil jd love and hate banget. Ngangkat karena harga di bawah pasaran krn hubungan dekat, tapi ongkos perbaikan ga brenti2. Mulai dari body penyok2, kaki kaki ganti semua sampai rack steer, masih tadi dengar bunyi gluduk2 di posisi kanan sopir, curiga spt bunyi karet support, padahal sudah ganti ori. Mau benerin lagi tapi uda kurang semangat. Total perbaikan, detailing dan asuransi udah tembus 2 digit. Belum lagi pajak di bulan nov 2022 ini.
Jadi kepikiran mo jual lagi ini gk5, terus lirik bahenol hb 2019 [emoji57]
Tapi model gk5 lebih enak diliat mnrt ane drpd tuh bahenol hb [emoji2957]
Udah mbah, sekalian jalan" aja ke Tangsel
Garasi 69
Eh 58
Ngumpul semua di sono suhu"
Toolsnya aja lengkap banget
Dari tools gaya misionaris sampai 96
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Malam om2 semua. Maaf nubie mau tanya seputar radiator. Agak sedikit melenceng dr topik kipas radiator, tp ini masih ada hubungannya dg radiator.
Jazz saya gd3 idsi manual 2005. Pernah overheat. Mgkn krn radiator mampet, jadi besoknya dikorok. Tp setelah itu air di tabung reservoir selalu berkurang. Bahkan sekarang lebih parah lg. Cuma manasin mesin 1 jam (saya manasin sambil dengerin lagu, jd bisa lama, hehe) air berkurang banyak. Kalo diamati 3 jam mesin hidup air pasti habis. Atau kalau dipakai jalan 2 jam air pasti habis.
Thermostat sudah saya ganti, tutup radiator pun sudah. Selang2 kering gak ada rembesan. Ect mgkn masih baik krn setelah mesin panas beberapa saat kipas berputar rutin. Sudah di cek ke bengkel dan katanya ada kebocoran kecil dikompresi.
Anehnya, setiap mesin hidup knalpot menyembur air dan jumlahnya lumayan banyak gak berhenti2. Kalo di awal mesin nyala mungkin normal yah. Tp ini terus menerus. Pertanyaan saya:
1. Apa mgkn air radiator yg keluar kesitu, yg jadi penyebab tabung reservoir selalu berkurang?
2. Dan apa setelah saya ganti gasket silinder headnya (silinder head diratakan juga krn biasanya melengkung, kata bengkelnya) permasalahannya akan selesai? Waterpump blm saya ganti.
3. Perlukah saya ganti ke coolant, krn selama ini pakai air biasa. Kalo memang perlu, saya siapkan bajet utk beli radiator baru saja.
Terimakasih semuanya atas saran dan jawabannya.
anggus wrote: Sat Jun 10, 2023 16:04
Malam om2 semua. Maaf nubie mau tanya seputar radiator. Agak sedikit melenceng dr topik kipas radiator, tp ini masih ada hubungannya dg radiator.
Jazz saya gd3 idsi manual 2005. Pernah overheat. Mgkn krn radiator mampet, jadi besoknya dikorok. Tp setelah itu air di tabung reservoir selalu berkurang. Bahkan sekarang lebih parah lg. Cuma manasin mesin 1 jam (saya manasin sambil dengerin lagu, jd bisa lama, hehe) air berkurang banyak. Kalo diamati 3 jam mesin hidup air pasti habis. Atau kalau dipakai jalan 2 jam air pasti habis.
Thermostat sudah saya ganti, tutup radiator pun sudah. Selang2 kering gak ada rembesan. Ect mgkn masih baik krn setelah mesin panas beberapa saat kipas berputar rutin. Sudah di cek ke bengkel dan katanya ada kebocoran kecil dikompresi.
Anehnya, setiap mesin hidup knalpot menyembur air dan jumlahnya lumayan banyak gak berhenti2. Kalo di awal mesin nyala mungkin normal yah. Tp ini terus menerus. Pertanyaan saya:
1. Apa mgkn air radiator yg keluar kesitu, yg jadi penyebab tabung reservoir selalu berkurang?
2. Dan apa setelah saya ganti gasket silinder headnya (silinder head diratakan juga krn biasanya melengkung, kata bengkelnya) permasalahannya akan selesai? Waterpump blm saya ganti.
3. Perlukah saya ganti ke coolant, krn selama ini pakai air biasa. Kalo memang perlu, saya siapkan bajet utk beli radiator baru saja.
Terimakasih semuanya atas saran dan jawabannya.
nah ini penyebab utama nya.
1. karat / korosif
2. merusak water jacket di blok silinder
3. sehingga, air bocor masuk ke engine block
itulah gunanya coolant -> prevent karat / korosif.
coolant aja perlu diganti dgn interval tertentu.
klo sudah gini, dan Jika Benar terjadi air masuk ke engine block, maka extreme medication nya:
- kudu turun mesin / ganti engine block, ganti water-pump, dsb..
- dan jika perlu dicek ada karat dalam komponen radiator, ganti satu set radiator sampai ke selang reservoir nya
lbh detilnya coba hubungi mbah marmut, suhu permesinan mobil warga SM.
bisa menjelaskan lbh expert.
semoga saya salah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Sat Jun 10, 2023 16:49
nah ini penyebab utama nya.
1. karat / korosif
2. merusak water jacket di blok silinder
3. sehingga, air bocor masuk ke engine block
itulah gunanya coolant -> prevent karat / korosif.
coolant aja perlu diganti dgn interval tertentu.
klo sudah gini, dan Jika Benar terjadi air masuk ke engine block, maka extreme medication nya:
- kudu turun mesin / ganti engine block, ganti water-pump, dsb..
- dan jika perlu dicek ada karat dalam komponen radiator, ganti satu set radiator sampai ke selang reservoir nya
lbh detilnya coba hubungi mbah marmut, suhu permesinan mobil warga SM.
bisa menjelaskan lbh expert.
semoga saya salah.
Oli masih normal om tidak kaya coffemix..
Wadoww kalo ganti blok engine mending ganti mobil dah
Memang sih rencana mau beli radiator baru, sama ganti gasket silinder head dan waterpump. Semoga aja permasalahan berhenti dsitu..
Kalo permasalahannya sudah kelar dan ganti radiator, apa aman kalo lgs ganti ke coolant om?
marmut wrote: Sat Jun 10, 2023 17:22
expert dari hongkong..... jangan nyebar gosip atuh kang. dosa.
been there done that. skr mah cuman bisa ketawa ngakak aja sama pecinta air keran.
mending kiloin aja kalo mobil udah kaya gitu.
Waduhh,, blm ada dana tambahannya om,, benerin dulu dah semampunya
Suryaputra wrote: Sat Jun 10, 2023 16:49
nah ini penyebab utama nya.
1. karat / korosif
2. merusak water jacket di blok silinder
3. sehingga, air bocor masuk ke engine block
itulah gunanya coolant -> prevent karat / korosif.
coolant aja perlu diganti dgn interval tertentu.
klo sudah gini, dan Jika Benar terjadi air masuk ke engine block, maka extreme medication nya:
- kudu turun mesin / ganti engine block, ganti water-pump, dsb..
- dan jika perlu dicek ada karat dalam komponen radiator, ganti satu set radiator sampai ke selang reservoir nya
lbh detilnya coba hubungi mbah marmut, suhu permesinan mobil warga SM.
bisa menjelaskan lbh expert.
semoga saya salah.
Oli masih normal om tidak kaya coffemix..
Wadoww kalo ganti blok engine mending ganti mobil dah
Memang sih rencana mau beli radiator baru, sama ganti gasket silinder head dan waterpump. Semoga aja permasalahan berhenti dsitu..
Kalo permasalahannya sudah kelar dan ganti radiator, apa aman kalo lgs ganti ke coolant om?
marmut wrote: Sat Jun 10, 2023 17:22
expert dari hongkong..... jangan nyebar gosip atuh kang. dosa.
been there done that. skr mah cuman bisa ketawa ngakak aja sama pecinta air keran.
mending kiloin aja kalo mobil udah kaya gitu.
Waduhh,, blm ada dana tambahannya om,, benerin dulu dah semampunya
Ganti coolant ya sesegera mungkin mbah.
Gak usah nunggu radiator baru
Dan klo waterjacket block silinder bocor sih, gak akan selesai mbah.
Dicek aja pas ganti seal gasket sekalian
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
anggus wrote: Sat Jun 10, 2023 16:04
Malam om2 semua. Maaf nubie mau tanya seputar radiator. Agak sedikit melenceng dr topik kipas radiator, tp ini masih ada hubungannya dg radiator.
Jazz saya gd3 idsi manual 2005. Pernah overheat. Mgkn krn radiator mampet, jadi besoknya dikorok. Tp setelah itu air di tabung reservoir selalu berkurang. Bahkan sekarang lebih parah lg. Cuma manasin mesin 1 jam (saya manasin sambil dengerin lagu, jd bisa lama, hehe) air berkurang banyak. Kalo diamati 3 jam mesin hidup air pasti habis. Atau kalau dipakai jalan 2 jam air pasti habis.
Thermostat sudah saya ganti, tutup radiator pun sudah. Selang2 kering gak ada rembesan. Ect mgkn masih baik krn setelah mesin panas beberapa saat kipas berputar rutin. Sudah di cek ke bengkel dan katanya ada kebocoran kecil dikompresi.
Anehnya, setiap mesin hidup knalpot menyembur air dan jumlahnya lumayan banyak gak berhenti2. Kalo di awal mesin nyala mungkin normal yah. Tp ini terus menerus. Pertanyaan saya:
1. Apa mgkn air radiator yg keluar kesitu, yg jadi penyebab tabung reservoir selalu berkurang?
2. Dan apa setelah saya ganti gasket silinder headnya (silinder head diratakan juga krn biasanya melengkung, kata bengkelnya) permasalahannya akan selesai? Waterpump blm saya ganti.
3. Perlukah saya ganti ke coolant, krn selama ini pakai air biasa. Kalo memang perlu, saya siapkan bajet utk beli radiator baru saja.
Terimakasih semuanya atas saran dan jawabannya.
Wah riwayat pernah overheat dan ga pakai coolant, air radiator juga cepet habis, yaa kemungkinan bisa jadi airnta masuk ruang bakar, coba aja di cek pas nyala tutup radiator dibuka, airnya blubuk2 ga? Kalo normal harusnya ga blubuk2, kalaupun blubuk2 nanti menghilang saat udara di sistem pendinginan habis. Bener kata bengkelnya nanti saat turun mesin setengah bakal di cek kerataan head silinder, kalau sudah ga rata yaa harus di resurfacing lagi, mudah2an ga sampai ganti yg macem2. Habis itu jalur air di bersihkan sampai bener ilang tuh bekas korosinya, baru abis itu di isi coolant
Kaleng wrote: Mon Sep 05, 2022 2:48
izin nimbrung soal suhu mesin, kemarin malam iseng coba pantau sambil dipakai mobilnya, suhu selama mobil jalan dan cuaca luar adem habis hujan ada disekitar 81-87, pas berhenti di lampu merah sempat 90, terus begitu jalan turun lagi. Sampai rumah dan dicarport, baru naik ke 95 tertinggi, setelah itu sdh saya matikan.
Kenapa saya coba tes, karena saya baru servis AC, dan saya merasa ketika AC on, sebelumnya kipas kencang suaranya sampai terdengar gemuruh jelas dari luar mobil, skrg jadi senyap, dan AC on 2 kipas nyala tapi putaran bukan yang kencang sekali.
Apakah suhu kerja tersebut normal untuk mesin mobilio? dan kondisi kipas seperti yang saya jabarkan di atas apakah normal?
kebetulan dapat gejala yg sama jg, gimana hu udah dapat jawabannya?
share dong hu
cilentpeader wrote: Tue Aug 01, 2023 3:46
kebetulan dapat gejala yg sama jg, gimana hu udah dapat jawabannya?
share dong hu
Suara gemuruh hilang setelah ganti motor fan baru, mgkn krn sdh sedikit oblak.
Semburan angin sebelum dan sesudah menggunakan motor fan baru juga berbeda, lebih kencang skrg.