[tanya] Ford Lynx

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

[tanya] Ford Lynx

Post by wedewe »

bro sekalian, gw mau beli mobil neh ceritanya (will be my 1st car) dana sekitar 60 jutaan.
pengennya sih puzo 206 apa daya dana tak sampai.
ada tawaran Ford Lynx 97 dari temen harga 55jt, masuk akal gak tuh?
gw coba2 search topik yang bahas lynx ini kok gak nemu.
performa mobil ini gimana? ada yang bisa bantu? gw gak peduli masalah resale value.
ada saran harus ambil mobil apa? rencananya buat harian neh.
thanks before!! really need ur sugestion...
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

LUMAYAN ENAK DIPAKENYA, DAN KYNYA NGGA REWEL DEH, KLO NGGA SALAH YG KAYA GINI ADA 2 TIPE YANG 1600CC AMA 1800CC, SOALNYA ADA TEMEN GW PAKE FORD LYNX TH 97 JUGA DAN KYNYA TUH MOBIL NGGA NYUSAHIN DEH.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Suka mobil Amrik ama Eropa yah?

Suka mobil Jepang gak?

Kalo buat harian dgn budget segitu, bisa cari
Genio atawa Greco....

Ato kalo Europe, bisa juga BMW 318i E36,
kayaknya harganya dah segituan juga....
Image
User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

Post by wedewe »

gw sih ga maniak sama merk, asal enak dipake dan gak nyusahin tuannya.
dan kayaknya BMW, Benz dan Volvo gak masuk kategori yang ga nyusahin. tiga mobil itu keren sih keren dan jelas aku juga kepengen. emang sih harga beli (bekas) masih dapet, cuma sama aja kalo kita punya istri model or artis, seneng sih.... tapiiiiii... u know laah..
gw belom sampe level itu man....
gw cuma pengen mobil yang sedikit "aneh". kalo ternyata Ford ini gak ok, ya pasti lah pilihan ke Honda or Toyota... (gw harus siap2 dapet petuah2 dari bung sithlord neh..hehe)...
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

BMW, Merzy, Volvo emang ngga nyusahin klo punya duit, tp coba klo modal pas2an, bisa2 pake BMW tp ngga pake AC, atawa pake Merzy tp ngga bisa servis, atauuu beli volvo cuman untuk diliatin aja.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Mike wrote:Suka mobil Amrik ama Eropa yah?

Suka mobil Jepang gak?

Kalo buat harian dgn budget segitu, bisa cari
Genio atawa Greco....

Ato kalo Europe, bisa juga BMW 318i E36,
kayaknya harganya dah segituan juga....
Ford Laser Lynx juga Jepang kok boss mike... dia itu rebadge Mazda 323
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

yoi tu~

tapi lynx kok lbh mirip cronos drpd 323 ya?
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by miemie88 »

wedewe wrote:bro sekalian, gw mau beli mobil neh ceritanya (will be my 1st car) dana sekitar 60 jutaan.
pengennya sih puzo 206 apa daya dana tak sampai.
ada tawaran Ford Lynx 97 dari temen harga 55jt, masuk akal gak tuh?
gw coba2 search topik yang bahas lynx ini kok gak nemu.
performa mobil ini gimana? ada yang bisa bantu? gw gak peduli masalah resale value.
ada saran harus ambil mobil apa? rencananya buat harian neh.
thanks before!! really need ur sugestion...
masukan ajah.... ford lynx kategori mobil 250jt (non-premium) merk Amerika
reliability -> krn ngga secanggih eropa pastinya sekuat mobil jepun
safety -> di atas mobil jpn sekelasnya, ada 2airbag std, bodi jauh lebih kokoh dan tebal dibanding jpn
bensin -> 1800cc automatic rata2 1:8, manual lebih irit
performa -> mantap
comfort -> nyaman, jalan jelek tak terasa
handling -> bagi yg taunya handling Honda saja yg bagus, ternyata handling Ford jauh lbh bagus.
parts -> kira2 sama dengan civic lah, namun karena merk kurang populer nyari aftermarketnya rada jarang
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:
wedewe wrote:bro sekalian, gw mau beli mobil neh ceritanya (will be my 1st car) dana sekitar 60 jutaan.
pengennya sih puzo 206 apa daya dana tak sampai.
ada tawaran Ford Lynx 97 dari temen harga 55jt, masuk akal gak tuh?
gw coba2 search topik yang bahas lynx ini kok gak nemu.
performa mobil ini gimana? ada yang bisa bantu? gw gak peduli masalah resale value.
ada saran harus ambil mobil apa? rencananya buat harian neh.
thanks before!! really need ur sugestion...
masukan ajah.... ford lynx kategori mobil 250jt (non-premium) merk Amerika
reliability -> krn ngga secanggih eropa pastinya sekuat mobil jepun
safety -> di atas mobil jpn sekelasnya, ada 2airbag std, bodi jauh lebih kokoh dan tebal dibanding jpn
bensin -> 1800cc automatic rata2 1:8, manual lebih irit
performa -> mantap
comfort -> nyaman, jalan jelek tak terasa

Ford lynx 97 itu cloningnya mazda familia/lantis 97 sama persis....mesinnya pun pake mesin mazda.
handling -> bagi yg taunya handling Honda saja yg bagus, ternyata handling Ford jauh lbh bagus.
parts -> kira2 sama dengan civic lah, namun karena merk kurang populer nyari aftermarketnya rada jarang
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:
wedewe wrote:bro sekalian, gw mau beli mobil neh ceritanya (will be my 1st car) dana sekitar 60 jutaan.
pengennya sih puzo 206 apa daya dana tak sampai.
ada tawaran Ford Lynx 97 dari temen harga 55jt, masuk akal gak tuh?
gw coba2 search topik yang bahas lynx ini kok gak nemu.
performa mobil ini gimana? ada yang bisa bantu? gw gak peduli masalah resale value.
ada saran harus ambil mobil apa? rencananya buat harian neh.
thanks before!! really need ur sugestion...
masukan ajah.... ford lynx kategori mobil 250jt (non-premium) merk Amerika
reliability -> krn ngga secanggih eropa pastinya sekuat mobil jepun
safety -> di atas mobil jpn sekelasnya, ada 2airbag std, bodi jauh lebih kokoh dan tebal dibanding jpn
bensin -> 1800cc automatic rata2 1:8, manual lebih irit
performa -> mantap
comfort -> nyaman, jalan jelek tak terasa
handling -> bagi yg taunya handling Honda saja yg bagus, ternyata handling Ford jauh lbh bagus.
parts -> kira2 sama dengan civic lah, namun karena merk kurang populer nyari aftermarketnya rada jarang
Ford lynx 97 itu cloningnya mazda familia/lantis 97 sama persis....mesinnya pun pake mesin mazda
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by miemie88 »

Risol1 wrote:
miemie88 wrote:
wedewe wrote:bro sekalian, gw mau beli mobil neh ceritanya (will be my 1st car) dana sekitar 60 jutaan.
pengennya sih puzo 206 apa daya dana tak sampai.
ada tawaran Ford Lynx 97 dari temen harga 55jt, masuk akal gak tuh?
gw coba2 search topik yang bahas lynx ini kok gak nemu.
performa mobil ini gimana? ada yang bisa bantu? gw gak peduli masalah resale value.
ada saran harus ambil mobil apa? rencananya buat harian neh.
thanks before!! really need ur sugestion...
masukan ajah.... ford lynx kategori mobil 250jt (non-premium) merk Amerika
reliability -> krn ngga secanggih eropa pastinya sekuat mobil jepun
safety -> di atas mobil jpn sekelasnya, ada 2airbag std, bodi jauh lebih kokoh dan tebal dibanding jpn
bensin -> 1800cc automatic rata2 1:8, manual lebih irit
performa -> mantap
comfort -> nyaman, jalan jelek tak terasa
handling -> bagi yg taunya handling Honda saja yg bagus, ternyata handling Ford jauh lbh bagus.
parts -> kira2 sama dengan civic lah, namun karena merk kurang populer nyari aftermarketnya rada jarang
Ford lynx 97 itu cloningnya mazda familia/lantis 97 sama persis....mesinnya pun pake mesin mazda
tetep aja kita ngga bisa bilang LYNX itu adl MAZDA.

baru2 ini yg menarik perhatian adl bagaimana sih citarasa Mazda3, Ford Focus dan Volvo S40 yang mengambil basis dari Ford Focus?
Ternyata Ford Focus menjanjikan chassis dan suspensi yg mantap handlingnya serta lincah dan grip berlebih.

nah setelah mendapat sentuhan mazda menjadi mazda3 memang ciri2 di atas masih ada, namun sudah berkarakter mazda (bodi ringan mungkin saja dipangkas bobotnya agar larinya kencang seperti kaca lebih tipis pintu lebih tipis atau malah plat bodi dipertipis aja, akselerasi awal yg berlebih mudah terdapat Torque steer, handling terlalu tajam ala mazda, dst)

nah di volvo S40 setelah mendapat sentuhan S40 malah menjadi mobil yg citarasanya lebih ke premium, aman & tenang, kalah sigap dari focus itu sendiri namun bantingan dsb lebih bagus (rasa premium)
akibat dari insinyur volvo men-tune ulang steering dan suspensi, serta chassisnya (agar lebih aman)
namun dibanding volvo S40 sebelumnya yg berbasis chassis mitsubishi magna, yg baru ini masih termasuk lebih lincah terutama di tikungan

nah berhubung mazda yg dibeli ford tepatnya adl mazda adl cloning versi cheapo daripada ford...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:
Risol1 wrote:
miemie88 wrote: masukan ajah.... ford lynx kategori mobil 250jt (non-premium) merk Amerika
reliability -> krn ngga secanggih eropa pastinya sekuat mobil jepun
safety -> di atas mobil jpn sekelasnya, ada 2airbag std, bodi jauh lebih kokoh dan tebal dibanding jpn
bensin -> 1800cc automatic rata2 1:8, manual lebih irit
performa -> mantap
comfort -> nyaman, jalan jelek tak terasa
handling -> bagi yg taunya handling Honda saja yg bagus, ternyata handling Ford jauh lbh bagus.
parts -> kira2 sama dengan civic lah, namun karena merk kurang populer nyari aftermarketnya rada jarang
Ford lynx 97 itu cloningnya mazda familia/lantis 97 sama persis....mesinnya pun pake mesin mazda
tetep aja kita ngga bisa bilang LYNX itu adl MAZDA.

baru2 ini yg menarik perhatian adl bagaimana sih citarasa Mazda3, Ford Focus dan Volvo S40 yang mengambil basis dari Ford Focus?
Ternyata Ford Focus menjanjikan chassis dan suspensi yg mantap handlingnya serta lincah dan grip berlebih.

nah setelah mendapat sentuhan mazda menjadi mazda3 memang ciri2 di atas masih ada, namun sudah berkarakter mazda (bodi ringan mungkin saja dipangkas bobotnya agar larinya kencang seperti kaca lebih tipis pintu lebih tipis atau malah plat bodi dipertipis aja, akselerasi awal yg berlebih mudah terdapat Torque steer, handling terlalu tajam ala mazda, dst)

nah di volvo S40 setelah mendapat sentuhan S40 malah menjadi mobil yg citarasanya lebih ke premium, aman & tenang, kalah sigap dari focus itu sendiri namun bantingan dsb lebih bagus (rasa premium)
akibat dari insinyur volvo men-tune ulang steering dan suspensi, serta chassisnya (agar lebih aman)
namun dibanding volvo S40 sebelumnya yg berbasis chassis mitsubishi magna, yg baru ini masih termasuk lebih lincah terutama di tikungan

nah berhubung mazda yg dibeli ford tepatnya adl mazda adl cloning versi cheapo daripada ford...
bos, pertama2 mazda itu bukan dibeli/diakuisisi sama Ford, in fact Ford cuma punya sekitar 33% dari saham mazda. diluar merek Ford and the gank (mercury dan lincoln), ford juga pemilik penuh merek jaguar, land rover, dan volvo (bertiga tergabung dalam PAG-premier auto group).

mengenai chasis yang dipake ke tiga mobil tsb (focus, mazda3 dan volvo s40), memakai chasis global C1 platform yang sebenernya dibuat oleh volvo. pada saat ditempel ke ford focus versi eropa, Ford cuma setting suspensinya aja, selebihnya sama.
kalo ada yang pernah bawa mazda3/mazda6, berasa sekali handlingnya mantap, di tikungan tajampun, kita yakin pasti bodinya gak akan ngebuang (banyak yg bilang mirip sekali dgn focus versi eropa, tapi gw gak tau karena belon pernah bawa focus versi eropa). kalo soal mazda3 tarikan kenceng atau bodi yang di tipisin, gw gak tau tapi menurut gw bodi focus juga gak tebel2 banget, dan mazda3 pun gak kenceng2 banget, masih enakan honda integra kalo gw bilang.

soal volvo S40 gw juga gw gak tau, mungkin suspensi dibuat lebih empuk sama volvo, tapi pastilah rasanya ampir2 sama dgn kembarannya.
oh iya chasis volvo S40 model lama diambil dari mitsu charisma (lancer) bukan dari mitsu magna (kloningnya diamante)

khususnya soal ford lynx 97 Vs Mazda familia 97, IMHO.....kedua mobil itu sama saja rasanya (paling berbeda sedikit di tuning suspensi) karena ford lynx itu cuma ford jadi2an alias ford yang cuma dijual di asia, australia, dan mungkin south america. bodi aslinya menurut saya punyanya mazda 323 familia, tapi ford yang jiplak modelnya.
dgn mesin yg sama, bentuk bodi yg juga hampir persis (gak spt S40 vs focus vs mazda 3 yang jauh berbeda), juga interior yang sama, pastilah rasanya juga banding2........mungkin ibaratnya seperti Saturn outlook vs GMC acadia vs buick enclave......:D
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by miemie88 »

bos, pertama2 mazda itu bukan dibeli/diakuisisi sama Ford, in fact Ford cuma punya sekitar 33% dari saham mazda. diluar merek Ford and the gank (mercury dan lincoln), ford juga pemilik penuh merek jaguar, land rover, dan volvo (bertiga tergabung dalam PAG-premier auto group).

mengenai chasis yang dipake ke tiga mobil tsb (focus, mazda3 dan volvo s40), memakai chasis global C1 platform yang sebenernya dibuat oleh volvo. pada saat ditempel ke ford focus versi eropa, Ford cuma setting suspensinya aja, selebihnya sama.
kalo ada yang pernah bawa mazda3/mazda6, berasa sekali handlingnya mantap, di tikungan tajampun, kita yakin pasti bodinya gak akan ngebuang (banyak yg bilang mirip sekali dgn focus versi eropa, tapi gw gak tau karena belon pernah bawa focus versi eropa). kalo soal mazda3 tarikan kenceng atau bodi yang di tipisin, gw gak tau tapi menurut gw bodi focus juga gak tebel2 banget, dan mazda3 pun gak kenceng2 banget, masih enakan honda integra kalo gw bilang.

soal volvo S40 gw juga gw gak tau, mungkin suspensi dibuat lebih empuk sama volvo, tapi pastilah rasanya ampir2 sama dgn kembarannya.
oh iya chasis volvo S40 model lama diambil dari mitsu charisma (lancer) bukan dari mitsu magna (kloningnya diamante)

khususnya soal ford lynx 97 Vs Mazda familia 97, IMHO.....kedua mobil itu sama saja rasanya (paling berbeda sedikit di tuning suspensi) karena ford lynx itu cuma ford jadi2an alias ford yang cuma dijual di asia, australia, dan mungkin south america. bodi aslinya menurut saya punyanya mazda 323 familia, tapi ford yang jiplak modelnya.
dgn mesin yg sama, bentuk bodi yg juga hampir persis (gak spt S40 vs focus vs mazda 3 yang jauh berbeda), juga interior yang sama, pastilah rasanya juga banding2........mungkin ibaratnya seperti Saturn outlook vs GMC acadia vs buick enclave......:D
ndak salah nih? yg namanya diakuisisi / dibeli tu ngga mesti 100%saham.
menurut laporan khan diakuisisi untuk menembus pasar Asia. wong dulunya mazda dah bangkrut loh.

apakah bukan Ford yg bikin platformnya? karena menurut web gt. kalo bikin chassis nya dari Ford dapetnya murah, sedang kalau dari Volvo, volvo always make the safest chassis -> MAHAL!
Volvo ngga pernah bikin chassis yg selincah ford krn mmg tidak ada pengalaman.
dalam hal ini saya berani bilang platform masih dan masih Ford yg buat.
seperti Jaguar X-type yg notabene chassis Ford Mondeo yg terkenal sempurna dan lincah, tp di modif habis menurut aturan Jaguar.
di website selalu disebutkan Volvo New S40 - focus based chassis

Integra dan mazda3 adalah 2 kelas yg berbeda. antara sports coupe dan saloon/hatchback.
antara E36 dan Z3 satu platform, tapi beda rasa.
antara E46 dan Z4 satu platform, juga beda rasa.
namun karena masih dibawah merk sama, jadinya tetep ultimate driving machine. kalo milih sih ya pasti dahsyat roadsternya.

ya bener charisma, bkn magna. my mistake.

satu platform belum tentu hasil akhirnya sama, hal ini yg patut digarisbawahi. ciri2 karakter dasar nya masih ada misal kelincahan, handling. tapi selebihnya khan ramuan masing2 merk.

kalo anda bilang S40 ada karakter Lancer ada benernya, tapi kualitasnya beda jauh, steeringnya beda, beda2 mirip & mirip2 beda.
why? karena Volvo heavily modified tu platform, suspensi jg beda, steering beda, dst.
EURO NCAP S40 00 dapet 4bintang, Lancer??? 1bintang kalo ngga salah. nah kalo tabrakan lancer mampus, S40 masih cedera saja.
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

walaupun mazda under Ford, tapi tetep aja Mazda penjualannya lebih heboh daripada Ford... apalagi dengan adanya Mazda 3 ini...
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Post by miemie88 »

heboh gimana? di indonesia? kok rasanya adem ayem aja.

kembali ke topik awal, Ford lynx yg berbagi platform dengan Protege, beda lah citarasanya walau karakternya mirip2.
interior mazda selalu kalah ama ford dlm kualitas, too plasticky.
ride ford selalu lbh empuk dari mazda, meski handling kalo boleh dikatakan sama / on par.

intinya saya memandang untuk daily use, kondisi jalan jelek indo, i lbh prefer ke lynx itu. overall package lebih mature

harga spare parts ya sami mawon lah. mazda khan juga terkenal ngga murah2 amat partsnya, makanya kurang populer.

komentar saya ttg mazda ULTIMATE DRIVING MACHINE from JAPAN! dari dl terkenal kencangnya. mesin terbaik yg pernah dimiliki mazda6 yaitu 2300cc VVT inline4 8000rpm ... bahkan Honda di Accord pun ngga ada yg begituan
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [tanya] Ford Lynx

Post by Risol1 »

miemie88 wrote: ndak salah nih? yg namanya diakuisisi / dibeli tu ngga mesti 100%saham.
menurut laporan khan diakuisisi untuk menembus pasar Asia. wong dulunya mazda dah bangkrut loh.

apakah bukan Ford yg bikin platformnya? karena menurut web gt. kalo bikin chassis nya dari Ford dapetnya murah, sedang kalau dari Volvo, volvo always make the safest chassis -> MAHAL!
Volvo ngga pernah bikin chassis yg selincah ford krn mmg tidak ada pengalaman.
dalam hal ini saya berani bilang platform masih dan masih Ford yg buat.
seperti Jaguar X-type yg notabene chassis Ford Mondeo yg terkenal sempurna dan lincah, tp di modif habis menurut aturan Jaguar.
di website selalu disebutkan Volvo New S40 - focus based chassis

Integra dan mazda3 adalah 2 kelas yg berbeda. antara sports coupe dan saloon/hatchback.
antara E36 dan Z3 satu platform, tapi beda rasa.
antara E46 dan Z4 satu platform, juga beda rasa.
namun karena masih dibawah merk sama, jadinya tetep ultimate driving machine. kalo milih sih ya pasti dahsyat roadsternya.

ya bener charisma, bkn magna. my mistake.

satu platform belum tentu hasil akhirnya sama, hal ini yg patut digarisbawahi. ciri2 karakter dasar nya masih ada misal kelincahan, handling. tapi selebihnya khan ramuan masing2 merk.

kalo anda bilang S40 ada karakter Lancer ada benernya, tapi kualitasnya beda jauh, steeringnya beda, beda2 mirip & mirip2 beda.
why? karena Volvo heavily modified tu platform, suspensi jg beda, steering beda, dst.
EURO NCAP S40 00 dapet 4bintang, Lancer??? 1bintang kalo ngga salah. nah kalo tabrakan lancer mampus, S40 masih cedera saja.
yg namanya diakuisisi ya....artinya kekuasaan dipegang total oleh perush yang acquire perusahaan lain artinya 100% dibeli oleh Ford. dalam hal Mazda, Ford hanya menanamkan saham sebesar 33% (cukup signifikan) di Mazda, dan bener untuk nyelamatin mazda dari kebangkrutan di thn 99 dan bener juga untuk nembusin pasar asia seperti pada contoh ford lynx Vs mazda 323.
lain halnya dengan jaguar, land rover dan volvo yang 100% dimiliki oleh ford.

chasis C1 itu didevelop oleh divisi volvo, tapi ya.... ujung2nya tetep aja Ford, lha wong perush induk (bisa digoogle atau liat di wikipedia kalo penasaran) :D

jaguar pun juga begitu, kalo bro Miemie buka kap mesinnya jaguar s/x type 3.0 V6, itu pake mesin duratec ford termasuk juga tranny nya Ford., mesin yang dipake di Lincoln Ls V6....sama persis tinggal pasang Plok! jaguar mungkin merubah sedikit sehingga X type bisa masuk "standard jaguar" tapi selebihnya hampir sama rasanya dgn ford mondeo.......jaguar itu dibawanya gak seenak imagenya yang spt mbl super mewah. wong tombol2 ac/climate controlnya dan bentuk2 stereo double dinnya persis koq dengan punyanya ford expedition.......
gak tau juga ya dengan volvo S40 apakah sama dengan mitsu lancer soalnya belom pernah bawa. :D

ya secara garis besar kita setuju lah bahwa satu platform bukan berarti sama persis hasilnya, tapi ada persamaan2 mendasar ..... :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Untuk lebih jelasnya ttg platform C1 nya ford focus, mazda3, dan volvo s40, bisa dilihat di bwh ini (under sub title: "DESIGN")
http://en.wikipedia.org/wiki/Mazda_3
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Post by miemie88 »

sayangnya di Jag itu elektroniknya ngga sereliable Ford.
mesin Jag-tuned ya citarasa boleh beda, segalak BMW.

bener kata OM JEREMY CLARKSON, mobil masa depan bakal mirip2 karakter dan citarasanya karena dibuat oleh manufaktur itu2 saja, dan pabrikan itu2 saja.
sebagai contoh SKODA Fabia yg dibawah induk VW, citarasanya mirip Golf, dengan fitur yg lebih sedikit, harga lebih murah dikit, kualitas buatan yg ciamik.

weeew.... aneh yah
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:sayangnya di Jag itu elektroniknya ngga sereliable Ford.
mesin Jag-tuned ya citarasa boleh beda, segalak BMW.

bener kata OM JEREMY CLARKSON, mobil masa depan bakal mirip2 karakter dan citarasanya karena dibuat oleh manufaktur itu2 saja, dan pabrikan itu2 saja.
sebagai contoh SKODA Fabia yg dibawah induk VW, citarasanya mirip Golf, dengan fitur yg lebih sedikit, harga lebih murah dikit, kualitas buatan yg ciamik.

weeew.... aneh yah
yup......betul bro...lama2 semua mobil jadi mirip2. :D
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Mazda 3 di Indo emang ga heboh, soalnya baru masuk Indo 2007 ini. Tapi liat deh diluaran... gimana penjualannya bisa mengangkat nama Mazda kembali, awardnya bejibun dari berbagai macam negara..USA,THai, Israel, Dll. Padahal ini mobil diluncurkan taun 2003 tapi 2007 ini masih aja terima award.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:komentar saya ttg mazda ULTIMATE DRIVING MACHINE from JAPAN! dari dl terkenal kencangnya. mesin terbaik yg pernah dimiliki mazda6 yaitu 2300cc VVT inline4 8000rpm ... bahkan Honda di Accord pun ngga ada yg begituan
well...gak tau jg ya apakah benar mesin mazda yang paling "ultimate driving machine" secara dari thn 99/2000 Honda juga udah punya mesin 2000cc 4 silinder yg bisa produce 243hp dan rpm bisa digenjot sampe 9000rpm.

menurut sy, gak ada lagi lah pabrikan yang bisa disebut paling ultimate, semua tergantung selera pembeli....

sy juga pernah bawa mazda6 dgn mesin segitu, Mmhh....gak terlalu impressive karena memang kita gak bisa mengharap terlalu banyak dari mesin 4 silinder apalagi dalam soal performance .....deruan mesin itu memang enak didengar agak mirip inline 6 nya BMW), tapi larinya???? :?
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Post by miemie88 »

wah saya kira sih kalo mau adu2an award sih banyak tuh yg dapet award tapi di indonesia kalah laris sama avanza-xenia yg tidak ada award apa2 (kecuali best value oleh autobild hahaha)

ngga kalah gengsi peugeot lewat 206, 306, 307nya, BMW seri 3, 5 , 7 , merc c-class, e-class, s-class, ford focus, mondeo dst dst

nah apa itu artinya akan pindah aliran? (kalo acuannya award)
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Post by miemie88 »

Risol1 wrote:
miemie88 wrote:komentar saya ttg mazda ULTIMATE DRIVING MACHINE from JAPAN! dari dl terkenal kencangnya. mesin terbaik yg pernah dimiliki mazda6 yaitu 2300cc VVT inline4 8000rpm ... bahkan Honda di Accord pun ngga ada yg begituan
well...gak tau jg ya apakah benar mesin mazda yang paling "ultimate driving machine" secara dari thn 99/2000 Honda juga udah punya mesin 2000cc 4 silinder yg bisa produce 243hp dan rpm bisa digenjot sampe 9000rpm.

menurut sy, gak ada lagi lah pabrikan yang bisa disebut paling ultimate, semua tergantung selera pembeli....

sy juga pernah bawa mazda6 dgn mesin segitu, Mmhh....gak terlalu impressive karena memang kita gak bisa mengharap terlalu banyak dari mesin 4 silinder apalagi dalam soal performance .....deruan mesin itu memang enak didengar agak mirip inline 6 nya BMW), tapi larinya???? :?
kalo ukurannya DRIVING, saya kira mesin paling gahar sesuai klaimnya masih Bavarian Motorren Werke. buktinya lexus masih belum bisa melampaui keajaiban sentuhan munich. klaim ini 100% masih valid.

Akan tetapi lain ladang lain belalang, kalo ukuran orang indo ya Ultimate driving machine-nya adalah Panther dan Avanza-Xenia, Carry, APV, karena mur-mer alias murah meriah, yg penting disetel kenceng. safety ntar dulu dehhhh...

ukuran mobil stock / standard, gak ada tuh mobil keluaran honda yg performa setinggi mazda. kecuali spesial edisi seperti type R
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Sebenarnya kalau yang ultimate itu ya Honda CIVIC tahun 1986 ... 1500cc bisa dapet 1500HP.
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

miemie88 wrote:
Risol1 wrote:
miemie88 wrote:komentar saya ttg mazda ULTIMATE DRIVING MACHINE from JAPAN! dari dl terkenal kencangnya. mesin terbaik yg pernah dimiliki mazda6 yaitu 2300cc VVT inline4 8000rpm ... bahkan Honda di Accord pun ngga ada yg begituan
well...gak tau jg ya apakah benar mesin mazda yang paling "ultimate driving machine" secara dari thn 99/2000 Honda juga udah punya mesin 2000cc 4 silinder yg bisa produce 243hp dan rpm bisa digenjot sampe 9000rpm.

menurut sy, gak ada lagi lah pabrikan yang bisa disebut paling ultimate, semua tergantung selera pembeli....

sy juga pernah bawa mazda6 dgn mesin segitu, Mmhh....gak terlalu impressive karena memang kita gak bisa mengharap terlalu banyak dari mesin 4 silinder apalagi dalam soal performance .....deruan mesin itu memang enak didengar agak mirip inline 6 nya BMW), tapi larinya???? :?
kalo ukurannya DRIVING, saya kira mesin paling gahar sesuai klaimnya masih Bavarian Motorren Werke. buktinya lexus masih belum bisa melampaui keajaiban sentuhan munich. klaim ini 100% masih valid.

Akan tetapi lain ladang lain belalang, kalo ukuran orang indo ya Ultimate driving machine-nya adalah Panther dan Avanza-Xenia, Carry, APV, karena mur-mer alias murah meriah, yg penting disetel kenceng. safety ntar dulu dehhhh...

ukuran mobil stock / standard, gak ada tuh mobil keluaran honda yg performa setinggi mazda. kecuali spesial edisi seperti type R
100% valid menurut penilaian pribadi anda sendiri.....sah2 aja untuk menilai "BAYERISCHE MOTOREN WERKE" itu paling ultimate drivingnya, tapi gak ada satu awardpun/lembagapun yang berani bilang bahwa BMW itu mobil paling ultimate dlm hal drivingnya. Sy yakin pecinta (fanatik) mercedes, audi, porsche, pasti menganggap merek mobil mereka juga paling "ultimate" dan diskusi hal2 spt ini gak ada satupun yang bisa mengalahkan yang lainnya secara telak.......

sy rasa orang indo pun gak segitu naif nya berani bilang bahwa suzuki apv/toyota kijangnya adalah mobil paling ultimate drivingnya. mereka pun tau banyak sekali mobil2 eropa/jepang kelas atas yang bisa disebut "lebih ultimate" dibanding toyota kijang mereka. jgn lupa, mereka membeli kijang/apv bukan karena menilai bahwa drivingnya paling ultimate, tapi mungkin bergantung banyak faktor yang mungkin utamanya adalah daya beli

Mesin honda F20C bukan mesin hasil tuning seperti yang dicangkokkan kepada mesin integra type "S/R" (K20A2 yang bisa memprod 200hp memang merupakan hasil tuning ulang mesin K20A3 160hp).
Mesin F20C memang mesin standard yang dibuat standard untuk varian S2000. :D