[News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4236
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

darrelund wrote: Mon May 22, 2023 14:26
lawyerone wrote: Mon May 22, 2023 13:57
Tapi yang 1500 mpa kayaknya hanya Honda ya. Dan harus diakui honda memang mobil enak2.

Liat sekilas spek Mazda platform skyactiv lama itu hanya 980mpa+. Tapi dari segi kaki2 jauh lebih solid. Dan sepertinya meski bahannya hi ten steel 980mpa chassis nya tebel2, overall lebih rigid.

Tapi nice analogy om, sangat masuk.

Apalagi orang jg masih mikir resale value. Itu sempak pas jual lg depresiasi berapa.
klo mazda macem" om jenisnya, tergantung harga :big_biglaugh:

cx3-m2 : 980mpa

cx5: 1180mpa

mazda 3 baru : 1310mpa

CX60 : https://www.mazda.com/globalassets/en/a ... ll2022.pdf
- a pillar & roof line : 1470mpa
- b pillar upper 1800mpa , lower section 1300mpa
- side sill : 1180mpa

emg mantep tu hrv, karena besi 1500mpa klo lewat jalan bergelombang, bagian tengah mobil tu rasanya solid & rigid

itu pilar B aja jatohnya besi dalam besi :big_biglaugh:

Image
BARU ngeh itu 900mpa di lapis lagi pake 1500mpa pantesan banyak honda kehajar atepnya isinya gak kenapa2x :mky_03:

hrv lama cuma lemahnya tabrak samping rantingnya ancur banget :mky_03:

padhal 1500mpa di lapis 780 mpa ya :big_think:

Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon May 22, 2023 15:04
BARU ngeh itu 900mpa di lapis lagi pake 1500mpa pantesan banyak honda kehajar atepnya isinya gak kenapa2x :mky_03:

hrv lama cuma lemahnya tabrak samping rantingnya ancur banget :mky_03:

padhal 1500mpa di lapis 780 mpa ya :big_think:

Image
kayaknya itu extra reinforce 1500mpa cuma buat stopper supaya kaga ngelipet yg 780mpa nya, dan mungkin ga banyak besinya, makanya di foto kan masih mleyot

kyk stopper di per supaya kaga mentok :big_biglaugh:

tapi itu sidesill utuh tanpa drama :big_biglaugh:

dan di yg baru pun masih sama um, center pillarnya keliatan kurang kuat



sebagai comparison:
Last edited by darrelund on Mon May 22, 2023 15:18, edited 2 times in total.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3433
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Mon May 22, 2023 8:53
ya abisnya gmn um itu atpmnya rada" seh

ngurusin surat aja gacha bener, ada diler yg cepet ada yg lama, inget kasus di cirebon? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

dulu CX3 1.5 padahal sebelum creta & HRV baru turun gunung ud mau takeoff

tapi stok sulit, bisa berbulan" :big_biglaugh:

giliran banyak yg mau stok seret, ya mundur teratur lah :big_biglaugh:

sampe skrg ya practice mereka ttp sama aja, gimana mau laku? :big_biglaugh:

dulu janjinya 1000 unit/ mo, tepu juga tuh :big_biglaugh:

skrg ud pindah ke CBU thai, stok lancar org ud pada lupa

tapi untungnya imej mazda "premium" itu ud kebentuk, jadi nyaris kg pernah dihujat nitijen onlen :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mungkin harus dihujat bersama dulu baru mau berbenah itu ATPM


itu um @kendibocor aja di prank sama salesnya mau beli masda 3 :big_biglaugh:
Mengorek luka lama :ngacir:
Mazdut bukan gara2 imej merk premium mbah, tp gara2 usernya nyaris nihil :upss: skrng mazudut2 baru paling CX5. Tp itu aja jarang liat yg FL. Bahkan sama zenix yg baru launching ane lebih sering liat zenix drpd CX5 FL. Ya gitu lah kalo atpm ga butuh duid :big_grin:

Btw, sampe sekarang gw masi ga rela liat mazda 3 di jalan :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Mon May 22, 2023 15:12 Mengorek luka lama :ngacir:
Mazdut bukan gara2 imej merk premium mbah, tp gara2 usernya nyaris nihil :upss: skrng mazudut2 baru paling CX5. Tp itu aja jarang liat yg FL. Bahkan sama zenix yg baru launching ane lebih sering liat zenix drpd CX5 FL. Ya gitu lah kalo atpm ga butuh duid :big_grin:

Btw, sampe sekarang gw masi ga rela liat mazda 3 di jalan :big_bored:
tapi ada benernya jg um

sales zenix aja dari jan-apr ud 10x lipatnya sales cx5 di rentang yang sama :big_biglaugh:

zenix by data sih yg paling banyak malah V gasoline, yg paling sedikit V hibrid

tapi ya sekalian konteks yaris cross, gap veloz-cocross emang mayan jauh sih

klo ngeliat sales HRV SE 2000-2500 / bulan

harusnya yaris cross hibrid bisa lebih banyak tuh
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2551
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by KielConstantine »

Makin rame aja nih trit seru jg :big_biglaugh:


Barusan berkunjung ke web resmi toyota indo

Ada tulisan kek gini:
All-New Yaris Cross merupakan solusi mobilitas bagi para millenial berjiwa petualang terhadap SUV yang high performance, fuel efficient, dan fun to drive, serta diperkuat oleh kenyamanan dan fungsionalitas terbaik di kelasnya.

Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis.

Source: https://www.toyota.astra.co.id/press-ro ... aris-cross
Bener kan mereka targetin gen milenial. Yg gampang kemakan FOMO, yg penting mobil asal keren, canggih banyak fitur and so on & on.

Yg bikin ngakak itu ada kalimat SUV high peformance & fun to drive .. Coba ntar kita liat ntar bakal se fun to drive n high peformance apa tuh type hibrid GR sport yg harganya 460jt modal engine jd genset campur motor listrik :wkkk:


Btw gw yakin petinggi2 mereka jg mantau ini forum. Untung kita golongan 1-2% doang dari target market mereka. Jd bisa di anggep no effect lah mau bacot berbusa2 disini . Tinggal bayar buzzer or so called influencer beres :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by KSG88 »

Tenaga gabungan mesin dan motor listrik brapa, kalo cuman 115 hp sih biasa aja.

Torsi gabungan? Kalo bisa diatas 200nm baru menarik. Tapi kalau harga uda diatas 400 mah baru pantas kalo torsi gabungan ketemu >220nm
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Mon May 22, 2023 15:53 Makin rame aja nih trit seru jg :big_biglaugh:


Barusan berkunjung ke web resmi toyota indo

Ada tulisan kek gini:
All-New Yaris Cross merupakan solusi mobilitas bagi para millenial berjiwa petualang terhadap SUV yang high performance, fuel efficient, dan fun to drive, serta diperkuat oleh kenyamanan dan fungsionalitas terbaik di kelasnya.

Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis.

Source: https://www.toyota.astra.co.id/press-ro ... aris-cross
Bener kan mereka targetin gen milenial. Yg gampang kemakan FOMO, yg penting mobil asal keren, canggih banyak fitur and so on & on.

Yg bikin ngakak itu ada kalimat SUV high peformance & fun to drive .. Coba ntar kita liat ntar bakal se fun to drive n high peformance apa tuh type hibrid GR sport yg harganya 460jt modal engine jd genset campur motor listrik :wkkk:


Btw gw yakin petinggi2 mereka jg mantau ini forum. Untung kita golongan 1-2% doang dari target market mereka. Jd bisa di anggep no effect lah mau bacot berbusa2 disini . Tinggal bayar buzzer or so called influencer beres :mky_07:
Not even close to 1% kayanya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Vic4773 »

Izin nimbrung.
Barusan baca berita.
Suplai Raize HEV dan Rocky HEV dihentikan sementara, terkait kesalahan data tes tabrak.
Suatu tindakan yang gentle dan patut dicontoh karena kejujuran (bukan kesengajaan manipulasi datanya).

Jadi terpikir, development cost untuk safety apakah mahal sekali? Setidaknya airbag full mungkin sudah lebih murah saat ini.

Jualan safety sepertinya belum jadi poin yang menarik.
Uji tes tabrak juga jarang dijual sales2.

Padahal jelas lebih dibutuhkan, misalnya dibanding atap kaca, lampu LED yg mahal.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

Lagi iseng coba bikin komparasi CorCross vs Zenix vs Yaris Cross (TNG-A) vs Yaris Cross (DNG-A).

Screenshot 2023-05-23 090423.png

Keliatan kalo kapasitas batre CorCross yg paling gede, Zenix yg paling berat tapi diimbangi dng power paling gede juga (kebayang kan kalo Zenix pake mesin CorCross bakalan boyonya gimana), YarCross kapasitas batre paling kecil tapi curb weight harusnya juga paling ringan, ga tau yg DNG-A berapa curb weight nya, mungkin mirip2 lah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

KSG88 wrote: Mon May 22, 2023 18:05 Tenaga gabungan mesin dan motor listrik brapa, kalo cuman 115 hp sih biasa aja.

Torsi gabungan? Kalo bisa diatas 200nm baru menarik. Tapi kalau harga uda diatas 400 mah baru pantas kalo torsi gabungan ketemu >220nm
110 hp boss :big_okay:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by krniawnhdr »

mau tanya, saya user sienta dan ANKI diesel, sama-sama tahun 2016. kalau saya mau bikin feel suspensi sienta jadi berasa mirip ANKI, apa bisa ya? apa saja yang perlu diganti?
karena kaki-kaki sehat sienta saya, yang sudah ganti semua shock, shock support, ban turanza, tetap ngga senyaman suspensinya ANKI meredam waktu lewatin jalanan aspal berlubang...padahal yang ANKI belum sama sekali ada penggantian shock/shock support...

terima kasih.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

krniawnhdr wrote: Tue May 23, 2023 3:16 mau tanya, saya user sienta dan ANKI diesel, sama-sama tahun 2016. kalau saya mau bikin feel suspensi sienta jadi berasa mirip ANKI, apa bisa ya? apa saja yang perlu diganti?
karena kaki-kaki sehat sienta saya, yang sudah ganti semua shock, shock support, ban turanza, tetap ngga senyaman suspensinya ANKI meredam waktu lewatin jalanan aspal berlubang...padahal yang ANKI belum sama sekali ada penggantian shock/shock support...

terima kasih.
klo soal peredaman jalan rusak
chassis monokok pada umumnya gak akan bisa menyamai chassis ladder-frame spt innova

:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by krniawnhdr »

Suryaputra wrote: Tue May 23, 2023 3:19
krniawnhdr wrote: Tue May 23, 2023 3:16 mau tanya, saya user sienta dan ANKI diesel, sama-sama tahun 2016. kalau saya mau bikin feel suspensi sienta jadi berasa mirip ANKI, apa bisa ya? apa saja yang perlu diganti?
karena kaki-kaki sehat sienta saya, yang sudah ganti semua shock, shock support, ban turanza, tetap ngga senyaman suspensinya ANKI meredam waktu lewatin jalanan aspal berlubang...padahal yang ANKI belum sama sekali ada penggantian shock/shock support...

terima kasih.
klo soal peredaman jalan rusak
chassis monokok pada umumnya gak akan bisa menyamai chassis ladder-frame spt innova

:big_peace:
berarti dibantu dari chassisnya juga ya..ngga pure suspensi vs suspensi..
hehehe
oke om suwun :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

krniawnhdr wrote: Tue May 23, 2023 3:23
Suryaputra wrote: Tue May 23, 2023 3:19
krniawnhdr wrote: Tue May 23, 2023 3:16 mau tanya, saya user sienta dan ANKI diesel, sama-sama tahun 2016. kalau saya mau bikin feel suspensi sienta jadi berasa mirip ANKI, apa bisa ya? apa saja yang perlu diganti?
karena kaki-kaki sehat sienta saya, yang sudah ganti semua shock, shock support, ban turanza, tetap ngga senyaman suspensinya ANKI meredam waktu lewatin jalanan aspal berlubang...padahal yang ANKI belum sama sekali ada penggantian shock/shock support...

terima kasih.
klo soal peredaman jalan rusak
chassis monokok pada umumnya gak akan bisa menyamai chassis ladder-frame spt innova

:big_peace:
berarti dibantu dari chassisnya juga ya..ngga pure suspensi vs suspensi..
hehehe
oke om suwun :big_peace:
yess

karena dr bbrp mini mpv mainstream brand yg saya coba,
justru mnrt saya, Sienta ini one of the best di kelas nya.

Makin ok Sienta, ketika jalan dah di speed 100 - 140 kph
lbh tenang rasanya.

Sasis global gak bohong lah :big_weee:

klo <100 kph ya 11 12 sama xpander FL CVT
Last edited by Suryaputra on Tue May 23, 2023 3:38, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by XMTdeluxe »

Vic4773 wrote: Tue May 23, 2023 2:09 Izin nimbrung.
Barusan baca berita.
Suplai Raize HEV dan Rocky HEV dihentikan sementara, terkait kesalahan data tes tabrak.
Suatu tindakan yang gentle dan patut dicontoh karena kejujuran (bukan kesengajaan manipulasi datanya).

Jadi terpikir, development cost untuk safety apakah mahal sekali? Setidaknya airbag full mungkin sudah lebih murah saat ini.

Jualan safety sepertinya belum jadi poin yang menarik.
Uji tes tabrak juga jarang dijual sales2.

Padahal jelas lebih dibutuhkan, misalnya dibanding atap kaca, lampu LED yg mahal.
Bukan mengecilkan fungsi airbag atau fitur2 safety, tetapi banyak kasus mobil yang safety ratingnya bintang 5 bahkan mgkn bintang 7, nggak pengaruh disini. CRV --> tewas 1 mobil, pajero 6 airbag --> fatality 2 orang, alphard ---> separo penumpang tewas. Malah ada wuling almaz yg ditabrak kereta api penumpangnya selamat semua.

Ada ABS EBD, Rem nggak senin kemis, mobil dibawa kenceng nggak lari2, udah lumayan lah...
Last edited by XMTdeluxe on Tue May 23, 2023 4:55, edited 1 time in total.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by krniawnhdr »

Suryaputra wrote: Tue May 23, 2023 3:28
krniawnhdr wrote: Tue May 23, 2023 3:23
Suryaputra wrote: Tue May 23, 2023 3:19

klo soal peredaman jalan rusak
chassis monokok pada umumnya gak akan bisa menyamai chassis ladder-frame spt innova

:big_peace:
berarti dibantu dari chassisnya juga ya..ngga pure suspensi vs suspensi..
hehehe
oke om suwun :big_peace:
yess

karena dr bbrp mini mpv mainstream brand yg saya coba,
justru mnrt saya, Sienta ini one of the best di kelas nya.

Makin ok Sienta, ketika jalan dah di speed 100 - 140 kph
lbh tenang rasanya.

klo <100 kph ya 11 12 sama xpander FL CVT
nahh pas banget om, weekend depan saya mau pasang peredam khusus di liner fender...
soalnya keluhannya cuma itu aja.

tips lebih enak: pakai shell super. cruising 100kpj cuma di 1500 rpm.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »



Sasis aluminium spaceframe (diadopt dr sasis pesawat terbang)
makanya segitu harganya :upss: :upss:
Last edited by Suryaputra on Tue May 23, 2023 3:43, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon May 22, 2023 11:20 kata um rifat pas ditimbang itu xpander 50/50 atau nyaris segitu dah balancenya

tapi mendingan sasis bagus um, interior & kaki" mah partsnya bisa dimodip

sasis klo ud badut kaga bisa dibenerin :big_biglaugh:

makanya modelan zenix nitijen onlen pada protes kok minim soft touch, printilan ilang

padahal mah printilan tinggal ke atrium senen atau kemana kek

interior tinggal lapis

selesai sudah urusan :big_biglaugh:
yoi, sasis kan ga bisa tuh ke abang2 tukang las minta ditambah weld spotnya wkwkwkwkw. welding pabrik kekuatannya pasti beda.

biasa paling keliatan tuh mobil2 ondah emang kl slalom / moose test selalu keliatan stabil bodinya kaki kakinya yang maen mau seempuk apa jg gak lari-lari. mazda cx-3 dites moose aja masih loose kl dihajar agak kenceng.

pdhl di real world bawa masda cx3 itu mantep bener banding ondah HRV wkwkwkkww.
FR6 wrote: Mon May 22, 2023 12:51
Xpander tinggal ganti shock belakang yg lebih meredam plus sway bar di torsion beam belakang, curiga ane sih torsion beam nya gak kaku itu :big_childish:

Ngggg harusnya sih ngga Um, mobil ane pernah bongkar bemper depan, collision bar nya gede bgt, sasis buat nopang engine jg gede, beda ama Mz2 Demio. Ane pernah dongkrak jg Grand Livina L11 punya ortu, berat depannya Um..
dulu ane inget, marketing nya gencar body kuat, baja boron kaya disini:
https://www.ford.com.ph/engineering/boron-steel/
Belum lagi doortrim kalo di buka, ada plastik solid buat peredam, ada peredam kain nya juga.. so far mobil yg paling impress saya sih wkwk :big_love:
iya itu macem sasis bagus dikasih suspensi avanza wkwkwkwkw soalnya kl kekencengan hajar poldur ngayun2 jg itu xpander kek avanza.

kl ford fiesta mah sasisnya emg dewa sih. keknya emang reli butuh base chassis yang ok ya jumping2 gitu kena hajar sana sini kecepatan tinggi sasis gak ok bisa kelipet lipet wakakkakaa.
lexnic wrote: Mon May 22, 2023 13:59
numpang nimbrung. dri pandangan nubie, saya setuju klo sasisnya xpander salah satu yg terbaik di lmpv (saya pake kembarannya skrg hehehe). dlm kondisi standar, apalagi dgn ban bawaan yg msh pake dunlop enasave itu, saya msh berani buat tekuk2 di tikungan. tahun depan rencana mau ganti ban pake primacy 4, hrusnya bisa jauh lbh enak dri si enasave bawaan.

cuma emg sayang bagian depan udh mulai bunyi gluduk2 klo lewat jalan jelek, unit saya gejalanya mulai berasa di tahun ketiga pemakaian.
emang enasave ban asem sih itu ngancurin ride quality banget. nyoba 2 mobil nissan kicks ma xpander kayak naek grobak 2-2nya gegara itu ban. kmrn servis mau cek kaki kaki tp pas lebaran piket yg masuk dikit... ya udah males nanya2 ama SA nya lsg cabut :big_bored:
lawyerone wrote: Mon May 22, 2023 14:01
Kayaknya AP4 pake sasis dan gardan Evo X deh (gatau namanya apa yang di bawah itu sasis bagian bawah). Katanya plug and play.

BTW oh ya om? Yg bikin ga enak berarti hanya kaki2 aja ya? Soalny itu mobil berasa banget Budgetnya kalo udah jalan kenceng dikit. Mental mentul ga enak, limbung dan... AH GITU DEH.

Sekilas masih enakan BRV. Apa brv hanya menang di sektor kaki2 saja makanya overall driving dynamics ya lebih enak?
katanya si titik titik bautnya sama. keknya mungkin semacam hybrid chassis kali floor belakang pake evo X wkwkwkwkw.

BRV si kaki kaki sama sasisnya sama-sama keras. wkwkwk makanya itu mobil di jalan mulus enak bgt meliuk2 padahal mobilnya panjang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Vic4773 wrote: Tue May 23, 2023 2:09 Izin nimbrung.
Barusan baca berita.
Suplai Raize HEV dan Rocky HEV dihentikan sementara, terkait kesalahan data tes tabrak.
Suatu tindakan yang gentle dan patut dicontoh karena kejujuran (bukan kesengajaan manipulasi datanya).

Jadi terpikir, development cost untuk safety apakah mahal sekali? Setidaknya airbag full mungkin sudah lebih murah saat ini.

Jualan safety sepertinya belum jadi poin yang menarik.
Uji tes tabrak juga jarang dijual sales2.

Padahal jelas lebih dibutuhkan, misalnya dibanding atap kaca, lampu LED yg mahal.
utk group otomotif besar spt toyota group atau VW group, kayaknya skandal gini bakal banyak. sejarah ud membuktikan.

terlalu banyak jajaran dan birokrasi. terlalu banyak sub-brand. perusahaan perintahnya cut cost tapi gimanapun marketnya sangat gendut. orang di dalam perush terlalu banyak.

itu TMC kena lawsuit soal safety bukan yang pertama kali kok um :big_biglaugh:

since si TMC punya malu keknya ga bakal gimana2 di publik kek VW dieselgate sih wakakkakak. kecuali ada yang mau bikin documentary netflixnya macem ghosn ama Dieselgate VW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by FR6 »

b0ku wrote: Mon May 22, 2023 13:03
ya sama om saya kan dulu pake chevrolet optra itu mobil di tabrak panther pickup panthernya mimisan sampe mau overheat :wkkk:

mobil saya bemper belakang lecet2x pas di buka tuh bemper isinya besi segede pembatas jalan tol :wkkk:

depan juga dikasih lagi bemper tebel bahanya kek karet campur plastik keras gitu jd double2x :mky_03:

bawa di tol enak banget lari 180kmh 170kmh gak berasa bisa nyalip sana sini, cuma pernah sekali saya tengil sama civic ES temen saya dia lincah banget dit raffic gak bisa ngejar saya :big_bored:

baru deh ganti CRV gen2 mulai berasa om CRV enak banget jalanan makin bengkok makin seru bawanya kalo optra justru gak bisa kek gitu ditambah setirnya CRV lebih presisi :big_bored:

sempet balik coba optra temen lsg gak enak om ilang felling enak syaa bawa optra dulu ud keapus sama saya bawa crv itu sedan VS suv loh berasanya bisa enakan CRV gitu di tikungan :big_bored:

kalo di inget2x ya gitu optra besinya berat sama civic es bedanya 250kg om :big_biglaugh:

pantesan kalo manuver ngejar civic empot2xan civic itu enteng tapi rigid optra itu berat tapi gak kuat strukturnya nah resep gini masih di pake di mobil2x GM bahkan saya liatin mitsubishi juga chasisnya fellnya kek gini dulu berasa banget di outlander itu mobil berat kagak lincah wong sama freed aja enakan freed nikungnya :mky_03:

menurut syaa mereka cheating tebelin besinya biar BQ keliatan bagus interior jok kulit kasih bahan bagus jok kulit mitsu jaman outlander ops tuh kuat loh gak gampang rusak :big_biglaugh: saya aja ngerasain sendiri sampe mau masang ke ge8 saya, tapi urusan rigid sama kekuatan besinya mereka cost down :mky_03:

tapi hanldingnya parah tapi ntah kenapa kalo urusan ladder frame chasisnya paling enak ya pajero sport mungkin designya agak langsing di banding merek laen :mky_03:
wkwk Chevy akhirnya KO juga tuh, rumus kaya gitu bikin cost gede tapi harga harus mepet rival dari Jepang..
yg seneng sih orang2 macem saya Um, yg nyari sekenan mobil non mainstream, harga nya anjlok :big_peace:
KielConstantine wrote: Mon May 22, 2023 15:53 Makin rame aja nih trit seru jg :big_biglaugh:


Barusan berkunjung ke web resmi toyota indo

Ada tulisan kek gini:
All-New Yaris Cross merupakan solusi mobilitas bagi para millenial berjiwa petualang terhadap SUV yang high performance, fuel efficient, dan fun to drive, serta diperkuat oleh kenyamanan dan fungsionalitas terbaik di kelasnya.

Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis.

Source: https://www.toyota.astra.co.id/press-ro ... aris-cross
Bener kan mereka targetin gen milenial. Yg gampang kemakan FOMO, yg penting mobil asal keren, canggih banyak fitur and so on & on.

Yg bikin ngakak itu ada kalimat SUV high peformance & fun to drive .. Coba ntar kita liat ntar bakal se fun to drive n high peformance apa tuh type hibrid GR sport yg harganya 460jt modal engine jd genset campur motor listrik :wkkk:


Btw gw yakin petinggi2 mereka jg mantau ini forum. Untung kita golongan 1-2% doang dari target market mereka. Jd bisa di anggep no effect lah mau bacot berbusa2 disini . Tinggal bayar buzzer or so called influencer beres :mky_07:
duh Um, kemaren Agya aja dibilang high performance engine, padahal 1.2 liter doang wkwkw udh terlanjur ngarep 1000 cc turbo & pasti bela2in SPK, eh gak taunya 1200 cc..
Emang sih 0-100 nya kenceng, tapi tolong lah Toyota, itu jangan di anggap high performance :big_biglaugh:

ChZ wrote: Tue May 23, 2023 3:42
iya itu macem sasis bagus dikasih suspensi avanza wkwkwkwkw soalnya kl kekencengan hajar poldur ngayun2 jg itu xpander kek avanza.

kl ford fiesta mah sasisnya emg dewa sih. keknya emang reli butuh base chassis yang ok ya jumping2 gitu kena hajar sana sini kecepatan tinggi sasis gak ok bisa kelipet lipet wakakkakaa.
Mungkin kalo torsion beam nya diganti multilink OS, nyamannya bakalan nyaingin CRV RM kali ya, secara ukuran aja udah mirip :big_peace:
oh sama satu lagi sih, ukuran ban ngaruh bgt ke jalanan berlubang..
nubi pake truk berkabin sama truk berbody MPV, lebih enak truk berkabin kalo jalanan keriting wkwkw

makanya truk berkabin laris yak di Indo, jalanan banyak keriting macem provinsi sebrang banten itu wkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

FR6 wrote: Tue May 23, 2023 4:45
Mungkin kalo torsion beam nya diganti multilink OS, nyamannya bakalan nyaingin CRV RM kali ya, secara ukuran aja udah mirip :big_peace:
oh sama satu lagi sih, ukuran ban ngaruh bgt ke jalanan berlubang..
nubi pake truk berkabin sama truk berbody MPV, lebih enak truk berkabin kalo jalanan keriting wkwkw

makanya truk berkabin laris yak di Indo, jalanan banyak keriting macem provinsi sebrang banten itu wkwkw
nah iya sbenernya ntu platform bisa tuh dijadiin med suv. wkwkwkkwkw. ane sebelahin xpander sama CRV di rumah aja kaget kok gede bener yak.

betul om kadang ban kecil itu kaga ngeredam malah jatohnya mental mentul. unsprung weightnya terlalu ringan. ibaratnya kena lobang itu ban gede fortuner geli doang krn kena tengahnya, kalo pake ban kecil kena semua. ga heran emang yg gampang pecah ban eko eko ukuran kecil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by lexnic »

FR6 wrote: Tue May 23, 2023 4:45
duh Um, kemaren Agya aja dibilang high performance engine, padahal 1.2 liter doang wkwkw udh terlanjur ngarep 1000 cc turbo & pasti bela2in SPK, eh gak taunya 1200 cc..
Emang sih 0-100 nya kenceng, tapi tolong lah Toyota, itu jangan di anggap high performance :big_biglaugh:
ah biasa lah, itungannya masuk strategi marketing. dilebih2in dikit padahal klo dicek kenyataannya jga blm tentu sesuai ahahaha.

IMO utk case nya agya, klo gk dikasih embel2 "high performance" nnti para "ricer" gk mau beli produknya dong. :mky_01:

ChZ wrote: Tue May 23, 2023 7:42
FR6 wrote: Tue May 23, 2023 4:45
Mungkin kalo torsion beam nya diganti multilink OS, nyamannya bakalan nyaingin CRV RM kali ya, secara ukuran aja udah mirip :big_peace:
oh sama satu lagi sih, ukuran ban ngaruh bgt ke jalanan berlubang..
nubi pake truk berkabin sama truk berbody MPV, lebih enak truk berkabin kalo jalanan keriting wkwkw

makanya truk berkabin laris yak di Indo, jalanan banyak keriting macem provinsi sebrang banten itu wkwkw
nah iya sbenernya ntu platform bisa tuh dijadiin med suv. wkwkwkkwkw. ane sebelahin xpander sama CRV di rumah aja kaget kok gede bener yak.

betul om kadang ban kecil itu kaga ngeredam malah jatohnya mental mentul. unsprung weightnya terlalu ringan. ibaratnya kena lobang itu ban gede fortuner geli doang krn kena tengahnya, kalo pake ban kecil kena semua. ga heran emang yg gampang pecah ban eko eko ukuran kecil.
klo diperhatiin, kyknya mitsubishi emg suka "overkill" utk urusan bginian. kyk OS dulu, ukurannya nanggung sbenernya. mau lawan HRV kegedean tapi klo lawan CRV kekecilan. entah sngaja supaya jdi nilai plus di konsumennya ato emg bagian dri strategi jualannya yg nyasar 2 kelas tsb (cmiiw).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Venturtle »

Trit yaris cross lebih rame dari trit zenix ya :big_think:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by rajapb »

kunaskun wrote: Sun May 21, 2023 10:52
KielConstantine wrote: Sun May 21, 2023 7:56 Sadly answer is yes om :big_blushing:


Kalo mau jadi orang hypocrite yah…

Ane bakal kasih usul masukan positif vibes sgala macem buat nebus ini yarcrot buat calon2 consumen yg nanya bikin thread di forum “punya budget segini mau beli ini (yarcrot) vs itu (kompetitor)” .
Dengan segala kelebihan fitur; tampang keren; easy to maintain khas toyota & resale value you named it lah .
Yang balik lg smua diatas kesukaan market khas asean third world

Tapi misal buat ane pake sendiri, kalo punya budget yg sama. Kg bakal pilih ini benda :mrgreen:

Kaya kejadian yg dulu2, pas mobcin menggempur. You name it vvuling si kelelawar. Banyak yg nyaranin beli itu. Valuenya dapet, fitur komplit plitplit harga murah. Tapi yg kasih saran belinya avanza :wkkk:
netijen mendang mending detected :big_biglaugh: :ungg:

semua pada ngeledekin, ga taunya Yaris Cross GR Indonesia Edition itu dapet handling retune juga kaya Agya GR, pas dipake pada kasih review positif... :big_smoking: pas ngolong pada kicep liat ada anti sway bar, sokbreker, per, brake kit ada logo GR, ban pakenya hi performance :big_smoking:

kalopun kejadian tetep aja si, DNGA... :big_biglaugh: mendin si ini si itu.. padahal yang kaya gitu naeknya tetep papanja 2005 :big_think:
nah ini, netizen apalagi para gen z di grup hujat pada jelek2in agya gr baru karena overprice fitur kurang lah. Tapi saya rasa harga agya masih justified, karena set up suspensi itu gak cuma perkara ganti suspensi dan voila mobilnya jadi enak, gak seperti itu. Tetep pasti ada tuningan khusus dari pabrikan biar set up nya proper. Kalo beli yg versi LCGC + beli coilover sendiri saya yakin tetep gak bakal seperfect setup dari pabrikan. Apalagi steering racknya juga beda kan.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by mr_mytplx »

Venturtle wrote: Tue May 23, 2023 9:39 Trit yaris cross lebih rame dari trit zenix ya :big_think:
Kl zenix mah langsung beli aja ke dealer ga usah pake tanya2 ama diskusi di forum. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kl sasis dnga 350-450j itu baru perlu didiskusikan. Yg nt setelah diskusi panjang lebar ujung2nya blm tentu beli. :big_weee: