Prolog
1225517.jpg
setelah Starlet kejual karena hampir gak pernah saya pake, slot kosong di garasi bikin saya pengen nyikat mobil lagi buat daily. kriterianya gak muluk-muluk, matic, sehat, dan jual laginya bisa untung

target pertama adalah C180 W203. saya dapet mobil ini murah, tangan pertama, dan full service record bengkel resmi dengan low odo. seems legit kan? setelah diliat, ternyata kondisinya kacau, ac gak nyala, dan error semua.. ini apa pas servis di beres mercy gak dikasih tau ya
target kedua vios 2007. ini mobil sama, tangan pertama juga, tapi yang jual bakul mobil rumahan. gak demen saya sama omongannya, skip

target ketiga kijang kapsul 1997. mobilnya bagus banget, mungkin salah satu kisul matic terbagus yang pernah saya liat. gak jadinya karena saya liat ini mobil udah repaint full body. rapi sih dan saya bukan tipe orang yang harus ori, cuman masalahnya si bapak yang punya bilang catnya full ori. saya sebenernya ngira si bapak ini bukan maksud bohong karena si bapak udah tua banget, bisa jadi dia lupa pernah ngecat dan buktinya saya tanya manual book masih ada apa ngga dia jawab ngga ada, padahal di glove box lengkap

ya jadi kesimpulannya dia mmg lupa aja, tp saya gak sreg.
pas males nyari2, ada temen ngabarin nemu Every bagus di gresik. dari dulu saya kepingin sih, tapi gak kesampean. dia bilang mobil bener2 no pr, paling visual aja karena mobil pakean bukan koleksian. tawar2 sama owner, akhirnya hari itu juga dibawa temen ke yogya jalan darat dan diservis mesin serta acnya sebelum naik towing ke bandung.
setelah sampe bandung, ada beberapa pr penting gak penting yang sepertinya sama dia gak keliatan. satu, alarmnya error, jadi hazard suka kedip2 sendiri pas jalan/parkir. dua, head unitnya jelek banget cungkwo punya dan suaranya sember. solved dengan ganti head unit original Suzuki Premium Sound System double din. tiga, catnya banyak yang pudar. semuanya udah solved jadi nanti yang beli dari saya tinggal gaspol.
1225523.jpg
oya, mobil ini juga udah di general checkup di Suzuki NJS Bandung, dan semuanya aman

no pr sama sekali untuk van kelahiran 2004 ini. biayanya cuma 80rb lagi. anehnya ini mobil meskipun CBU Japan (saya yakin 100% karena build qualitynya bagus, no rattle untuk mbl 19 tahun), vin nya MHxxxx
Car : Eva - 2004 Suzuki Every 1.3 A/T (Every Plus DA32W)
Mileage : 227rb km on going
Price : mau dijual PM ajah kalo ada yang mau
Exterior
1225515.jpg
Beneran gak ada kata yang menggambarkan mobil ini selain KOTAK. granmax dan carry tuh kayaknya masih ada lekukan dikit, ini bener2 kotak. kalo spoilernya dicopot mobil ini bener2 full kotak. di depan ada moncong kecil semi bonnet yang fungsinya cuma untuk cairan2 dan dongkrak. kap nya lucu, kalo dinaikin ke posisi teratas kita gak perlu ganjel karena tegak sendiri. lampu depan bentuknya juga agak kotak, grilnya kotak, dan bumpernya juga. untungnya fog lampnya masih bulat
yang unik di bagian depannya, foglamp depannya IPF

sama seperti karko dulu. jelas karena mobil ini JDM spec.
pindah ke sampingnya... yang gak kalah rata

bener2 lurus aja gitu gak ada body moulding kayak granmax misal. ada sih fender moulding kecil yang kalo ilang harganya wadaw. di samping ini gak ada keunikan apa-apa, paling velgnya aja yang unik karena JDM spec gak ada velg ini. velgnya mirip punya esteem ya.
1225516.jpg
di belakang, alhamdulillahnya masih ada spoiler dan wiper jadi gak flat2 amat. mobil ini bahkan gak ada emblem suzukinya, cuma sticker Suzuki Every di kanan belakang. plusnya sticker gini, gampang nandain pernah repaint/gak nya. buka bagasi udah ada handlenya tapi tetep ada lubang kuncinya.
uniknya lagi mobil ini, semua lampu beda suppliernya. lampu depan Koito, foglamp IPF, stoplamp Denso.
Interior
1225520.jpg
masuk ke dalam, baru keliatan quirk nya mobil ini. buka pintu agak berat, gak ringan kayak Avanza di tahun yang sama. doortrim materialnya lumayan bagus dan ada insert kain yang agak tebal dan mewah. dashboardnya bentuknya biasa aja, tapi materialnya kokoh dan gak letoy. ada laci yang harusnya jadi tempat passenger airbag. glove box nya kecil haha.
di kanan dashboard itu banyak banget tombol. dari tombol washer, wiper, fan ac belakang, sampe aktifin ac nya. yah seenggaknya mobil jadi keliatan fullspec

speedometer simpel ala 2000-an, mentok di 160kph. odometer digital which is good, jaman itu kijang aja masih analog.
1225521.jpg
ac nya jangan dibandingin sama mobil lokal, fullspec nih. ada heater, pengatur arah ke kaki, defogger belakang, sampe triple blower ke baris ketiga. triple blowernya juga gak main-main dinginnya, dingin banget. ngaturnya pun gak digeser-geser tapi pakai tuas rotary jadi lebih mewah. audionya sekarang pakai head unit Suzuki Premium Sound System, padahal speakernya cuma 2

suara sih ya gak bisa diharapkan, tapi at least bunyi dan tampilannya mewah. di bawahnya ada 2 cupholder model tarik.
1225519.jpg
joknya bisa dibilang cukup ergonomis, bahkan untuk yang tinggi sekalipun. bahan kainnya juga bagus gak tipis/kasar. nah sebenernya daya tarik utama si Every ini ada di atapnya. ya, ada sunroof guede banget! ada kali 1.5x nya mobil biasanya. dia bisa ditilt dan dislide, dan shadenya tebel jadi gak usah takut panas kalo parkir outdoor. di atap selain itu ada tempat kacamata juga.
1225518.jpg
masuk ke baris kedua (yang tentunya gak power sliding door), spacenya cukup luas untuk mobil sekecil ini. joknya model captain seat tanpa armrest, bisa dislide cukup jauh dan juga direcline sampe tiduran. posisi duduknya juga enak, kalo badannya pendek paha gak gantung. oya di belakang ini kacanya masih power window dan bisa sampe bawah, kalah staria baru
baris ketiga masih cukup decent untuk diduduki dan gak berasa "kasta terendah" banget. kesan leganya gara2 captain seat dan atap tinggi+sunroof. tapi kalo di baris ketiga, hati-hati mentok evap ac bagi yang berbadan tinggi. di baris ketiga juga ada laci di kanan kiri dan ada lubang heater di kaki, in case heater depan gak sampai ngehangatin yang belakang

good job Suzuki!
1225522.jpg
bagasi ya biasa aja, namanya juga mobil kecil 7 seat. tapi kalo jok dilipet jadi gede banget spacenya. lucunya ada helai karpet tambahan buat nutup kait jok ke lantai

berguna kalo ada yang mau tidur di bagasi.
Driving
1225514.jpg
Ini sih gak terlalu ditunggu ya

apa enaknya sih nyetir van..
masuk dalem, stater mesin, pindah ke D, jalan.. rasanya sih normal2 aja ya. gak berasa bawa van komersial. tarikan awalnya sih lumayan oke, gak lemot. maticnya lumayan pinter untuk ukuran tahun segitu. mulai dibejek baru kerasa lemotnya.. dan memang lemot. 0-100 sih gak lemot-lemot amat kemungkinan di 15 detik, tapi setelah itu ya ngeng ngeng doang gak ada larinya

konon sih 150kpj masih bisa, tapi saya sih gak berani ya, emang enaknya buat nyelap nyelip dalam kota aja ini mobil
feeling setirnya sih agak unik ya, dibilang berat engga, dibilang enteng banget juga engga.. kayaknya ini supaya mobil gak gampang manuver extreme trus kebalik

power steeringnya udah EPS dan sepertinya speed sensing, makin kenceng jadi berat. tapi soal handling ya apa mau dikata. buat nyelip2 dalam kota sih enak ya, tapi kalo selap selip di tol jangan deh. stabil sih gak melayang (JDM gitu loh), tapi tetep aja body tingginya bikin takut. bannya juga kecil cuma 14".
soal kenyamanan? waduh ini mah mobil barang

tapi surprisingly mobil ini lumayan nyaman. saya gak bilang senyaman Camry saya, tapi at least mobil ini bisa bikin temen2 saya yang nebeng tidur pulas. suspensinya keras, tapi gak sampai ajrut-ajrutan kayak avanza gen 1 atau gedubrakan kayak sirion lama. dibilang lembut juga gak bisa, kalo nubruk lobang ya langsung jeder. oya soal nyaman, mobil ini kalo disetir lumayan nyaman karena mesinnya gak panas di pantat. bener2 adem aja, insulasinya bagus. suara mesin sih masuk banget ya hahha, tapi suara dari luar gak begitu masuk untuk ukuran mobil barang.
irit bensin?
ya gak pernah ngukur sih.. tapi sejauh ini jarum bensin susah turun

100rb pertalite udah bisa keliling bandung dan sekitarnya. maybe sekitar 10km/l dalam kota.
Overall, mobil ini cocok banget buat pemakaian dalam kota. bawa barang bisa, bawa penumpang bisa, mejeng di carmeet pun pasti banyak ngelirik

belum lagi kalo punya anak kecil bisa leluasa main dan pasti seneng naik mobil yang ada sunroof segede gaban.
sayang mobil ini mau saya lepas karena mau cari mainan baru, maklum orangnya bosenan

sebelumnya Starlet lumayan lah tahan 2 bulan di saya.
Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.