DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Kalau penjelasan dari toyota sih, bilangnya sama saja Om
https://otodriver.com/berita/2022/toyot ... oycjacgaja
Tapi kalau sama, kenapa DNGA yang dikeluarkan? Kok gak pakai TNGA saja?
Balik ke pre-DNGA dengan DNGA, perbedaan yang paling kelihatan di struktur tulangannya. DNGA sudah mengakomodir desain utk mobil bensin, hybrid, bahkan katanya EV. Model nya juga modular, bisa digedein dikecilin, jadi memudahkan dalam manufakturingnya.
Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-7.jpg
Rasa2nya TNGA untuk segmen yg sama (misal sama2 B), struktur tulangannya juga akan sama. Secara mereka 1 company, agak aneh jg bikin beda2 gitu konstruksinya. Terus dimana bedanya? Baru dugaan sih, tapi perkiraan saya kemungkinan dibedakan dijumlah high tensile steel nya.
Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-9.jpg
Gambar di atas ditunjukkan plat mana2 saja yang pakai high tensile spek apa saja.
Kemungkinan (karena saya bukan engineer nya ya, Just for discussion) TNGA pakai spek high tensile lebih banyak di strukturnya. Satu2nya yg bikin lebih mahal salah satunya mungkin itu. Spek baja lebih tinggi --> lebih ringan --> tapi lebih kuat/rigid. Dari sisi handling/center of gravity dan vibrasi mgkn itu juga membuat TNGA lebih baik. Berapa persen bedanya, spek baja nya apa saja, hanya toyota yg tahu rahasia dapurnya.
Kembali ke DNGA, salah satu blessing in disguise yang saya lihat di Yarcross ini adalah 1) Engine-nya 2) TKDN-nya yang sampai 80% (Zenix hanya 65%)
1. Engine 2NR-VE memang membosankan, terkenal sebagai engine sapujagad di Daitoyo. Tapi di satu sisi keunggulannya sdh combat proven, terutama soal pemakaian pertalite siapa yang ragu? Dibanding M15-FKS yang recommended pertamax, dual injector, hidih. Belum lagi sparepartnya bejibun, jangan khawatir gak kebagian sparepart.
2. TKDN 80% masih ada pengaruh ke pajak tdk ya? kalau iya, bisa utk menekan harga jual jadi bisa dijejali fitur2 yg gak biasanya lengkap di toyota.
TKDN 80% ini faktor terbesarnya adalah di engine. 2NR-VE sdh full dirakit disini, tinggal batrenya saja yg import. Dibanding M20-FKS zenix yang full import.
Soal TNGA dan DNGA kembali ke perspektif aktual berkendara sehari-hari. Mobil 5 penumpang yang bisa menikmati platform TNGA/DNGA cuma 1 orang : driver. Penumpang yang lain saya yakin akan menikmati layarnya yg besar, panoramic di atas, joknya yang tebal, sandarannya empuk semua, dan ada lampu kelap kelip bisa ganti warna di doortrim. Kalau limbung atau terasa glodak2? Yang 4 lainnya tinggal bilang : "Pir, pelan2 pir... ini yang di belakang orang, bukan beras".
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.