Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sekilas ga beda jauh ama versi conceptnya, seperti halnya XM concept dengan Xpander
Tanpa menonton video tersebut, coba saya terka spec dan estimasi harganya ya
5 seated
Kubikasi 1500cc Normally Asphirated
Penggerak Roda depan
Transmisi CVT
Suspensi belakang Torsion Beam
Harga berkisar antara 405 - 480 juta rupiah (3 trim GLS, Exceed dan Ultimate)
Setelah kegagalan Mitsubishi OS karena displacement 2.0L memang segmen LSUV 5 seater 1.5L harus segera diterjuni oleh PT. MMKYSI secara itu segmen yang lagi hot sekali di Indo DM bahkan ada 2 pendatang baru: Hyundai Creta dan Wuling Alvez.
Mitsubishi XFC Concept mass pro pasti bisa menjadi line up volume maker baru bagi PT. MMKYSI yang sudah lama hanya bertumpu pada Xpander dan ANPS.
Sementara segmen LMPV/LSUV 7 seater sudah mulai meredup secara pasca pandemi semakin terlihat jelas trend penurunan salesnya apalagi ANPS pasca pembatasan biosolar. Sehingga Mitsubishi XFC Concept mass production harus segera mengaspal dan menggempur segmen LSUV 5 seater 1.5L tahun ini juga. No doubt secara bentuk platform XFC Concept memang sudah tahap difreezed dan sudah uji jalan di Indo dan Vietnam yang tinggal selangkah lagi sudah bisa masuk tahap manufacturing di Plant Mitsucars
Untuk di Indo DM sudah pasti CKD di Cikarang Plant dan sharing line up mesin Mitsubishi 4A91 + transmisi CVT dengan Xpander/Cross juga. Konon juga bakal ada varian HEV juga nantinya yang mungkin bersamaan dengan AN Xpander HEV tahun 2024.
ga sabar liat (yg versi produksi) pesaing baru hrv, creta, yarcross, seltos, vitara ini
makin rame kompetisi, semoga makin sadar harga itu pabrikan2 jepang
KielConstantine wrote: Thu Oct 20, 2022 0:02
Resep econobox ala third world market
Ujung2nya modelan gini:
Front engine
Front wheel drive
1,500 CC 4 cyl n/a
CVT
Depan mcpherson strut
Blakang torsion beam
Rem depan cakram
Rem blakang tromol / disc
Velg pake R16 / R17 biar keren
Airbag 2/4/6
Fitur banyakin, tambahin aksesoris2 bodykit, radar cruis control. HU integrated carplay. Electronic park brake, lampu2an LED.. Trakhir sunroof / panoramic
Open price start at IDR 350jt++ , fitur makin banyak harga makin naek
ya wajar lah target awal narik pasar dulu .., apa lagi di indo kritis soal harga dan fitur2, belum lagi bersaing sama merk2 penguasa brand image market, kalo gak cuma liwat doang peminatnya ..
gw harap sih model aslinya lebih menarik dari prototype nya , sayangnya mesin fix sama sama xpander yah emang sih cost cut..
KielConstantine wrote: Thu Oct 20, 2022 0:02
Resep econobox ala third world market
Ujung2nya modelan gini:
Front engine
Front wheel drive
1,500 CC 4 cyl n/a
CVT
Depan mcpherson strut
Blakang torsion beam
Rem depan cakram
Rem blakang tromol / disc
Velg pake R16 / R17 biar keren
Airbag 2/4/6
Fitur banyakin, tambahin aksesoris2 bodykit, radar cruis control. HU integrated carplay. Electronic park brake, lampu2an LED.. Trakhir sunroof / panoramic
Open price start at IDR 350jt++ , fitur makin banyak harga makin naek
ya wajar lah target awal narik pasar dulu .., apa lagi di indo kritis soal harga dan fitur2, belum lagi bersaing sama merk2 penguasa brand image market, kalo gak cuma liwat doang peminatnya ..
gw harap sih model aslinya lebih menarik dari prototype nya , sayangnya mesin fix sama sama xpander yah emang sih cost cut..
Couldn't agree more Um@Takumi
Walo memang lebih terkenal sebagai penguasa market kendaraan komersial di +62
Tapi sejak 1990an mobil Triple diamonds sudah punya image di +62 dan ga perlu minder bersaing dgn brand Jepun T ato H
Yg nubie bold itu juga yg ane sayangkan karena mesin 1.5 Esblender lemot untuk body gambotna
IMO better dengan mesin 1.8 ga perlu byk fitur2
Berdasar pengalaman nubie waktu meminang Nissan GL taon 2007 sempat ragu milih antara 1.5 dan 1.8
Akhirna mantep ambil yg 1.8 dan terbukti ga pernah nyesel denganna wkwkwk
Last edited by pcx on Thu Jun 08, 2023 13:55, edited 1 time in total.
pcx wrote: Thu Jun 08, 2023 13:41
Couldn't agree more Um@Takumi
Sejak 1990an Triple diamonds sudah punya image di +62 dan ga perlu minder bersaing dgn brand Jepun T ato H
Yg nubie bold itu juga yg ane sayangkan karena mesin 1.5 Esblender lemot untuk body gambotna
IMO better dengan mesin 1.8 ga perlu byk fitur2
Berdasar pengalaman nubie waktu meminang Nissan GL taon 2007 sempat ragu milih antara 1.5 dan 1.8
Akhirna mantep ambil yg 1.8 dan terbukti ga pernah nyesel denganna wkwkwk
saya salah satu pemakai triple diamon yang puas pake, puas pake karena gak punya pilihan chasis ladder frame trebaik emang pajero, cuma saya kecewa berat sama ni merek ternyata durabilitynya gak sehebat yang di gembar gemborin partsnya banyak yang kualitasnya kayak parts KW ditambah saya baru ngintip2x colling systemnya ya elah itu pajero intercoller mini banget fortuner aja yang tenaganya lebih kecil aja 2x lipetnya dia belom radiatornya masa sama ge8 tebelnya tebelan ge8 ampir 2x pula tebelnya si jazz ngintip lagi exced punya bokap makin miris sama kek dakar cuma lebih kecil lagi
gila bangeet costdownya sampe segitunya mana yang di costdown barang2x yang crusial semua lagi hasilnya ud turun mesin 2x km baru 90rb 2012
saya masih tahan pake ni barang karena bisa update aja banyak parts aftermarketnya dari thailand
pcx wrote: Thu Jun 08, 2023 13:41
Couldn't agree more Um@Takumi
Sejak 1990an Triple diamonds sudah punya image di +62 dan ga perlu minder bersaing dgn brand Jepun T ato H
Yg nubie bold itu juga yg ane sayangkan karena mesin 1.5 Esblender lemot untuk body gambotna
IMO better dengan mesin 1.8 ga perlu byk fitur2
Berdasar pengalaman nubie waktu meminang Nissan GL taon 2007 sempat ragu milih antara 1.5 dan 1.8
Akhirna mantep ambil yg 1.8 dan terbukti ga pernah nyesel denganna wkwkwk
saya salah satu pemakai triple diamon yang puas pake, puas pake karena gak punya pilihan chasis ladder frame trebaik emang pajero, cuma saya kecewa berat sama ni merek ternyata durabilitynya gak sehebat yang di gembar gemborin partsnya banyak yang kualitasnya kayak parts KW ditambah saya baru ngintip2x colling systemnya ya elah itu pajero intercoller mini banget fortuner aja yang tenaganya lebih kecil aja 2x lipetnya dia belom radiatornya masa sama ge8 tebelnya tebelan ge8 ampir 2x pula tebelnya si jazz ngintip lagi exced punya bokap makin miris sama kek dakar cuma lebih kecil lagi
gila bangeet costdownya sampe segitunya mana yang di costdown barang2x yang crusial semua lagi hasilnya ud turun mesin 2x km baru 90rb 2012
saya masih tahan pake ni barang karena bisa update aja banyak parts aftermarketnya dari thailand
Thanks Um@boku for sharing pengalamana
Memang pasti jauh dari sempurna dan banyak kompromi yg harus dilakukan juga
pcx wrote: Thu Jun 08, 2023 14:03
Thanks Um@boku for sharing pengalamana
Memang pasti jauh dari sempurna dan banyak kompromi yg harus dilakukan juga
ya hati2x aja um itu mirage saya lagi curgia akinya 60 ampere mobil sekecil itu ud 2x aki soak gak sampe setaon jgn2x akinya disuruh pake aki gede tapi alternatornya alakadarnya kek colling system pajero saya
kalo ud kek gini mau di upgrade siapa yang jual parts power upnya
ud gitu ntah buat apa itu butuh aki sampe 60 ampere wong jazz aja cuma 40 ampere
pcx wrote: Thu Jun 08, 2023 14:03
Thanks Um@boku for sharing pengalamana
Memang pasti jauh dari sempurna dan banyak kompromi yg harus dilakukan juga
ya hati2x aja um itu mirage saya lagi curgia akinya 60 ampere mobil sekecil itu ud 2x aki soak gak sampe setaon jgn2x akinya disuruh pake aki gede tapi alternatornya alakadarnya kek colling system pajero saya
kalo ud kek gini mau di upgrade siapa yang jual parts power upnya
ud gitu ntah buat apa itu butuh aki sampe 60 ampere wong jazz aja cuma 40 ampere
Agreed Um
Serba sulit memang
Semua gara2 cut cost, cut cost melulu yg dipikirin pabrikan. Agar bisa bertahan hidup di persaingan yg makin ketat berat dan badai inflasi baru2 ini
Udah rilis ya unit produksinya, gak beda jauh sama versi konsep dan imho malah ada bau desain hyundai cretanya tapi lebih "sopan"
Mesin N/A 1.5L, transmisi CVT dengan mode Mud/Gravel
Urusan spec sheet seh ud ketebak kek yg ane bilang di pejwan
Tapi bentuk exteriornya lumayan oke neh. Agak mirip santafe facelift dikecilin. Proporsi lampu2nya jg bagus; tailights jg keren. Ane lebih doyan ini seh drpd liat bentuk yarcrot DNGA
As expected kemiripan mass pro platform Dynamic Shield selalu 80-90% dari model Conceptnya. Seperti dulu saat XM Concept tahun 2016 dilaunching menjadi Xpander tahun 2017.
Design language Hyundai cars sekarang seperti Dynamic Shield juga apalagi front fascia Hyundai Creta dan Stargazer juga X shape ala Mitsucars jaman now. Tak heran secara Hyundai Motor Corp pernah tergantung banget pada Mitsubishi Motor sehingga platform, mesin, transmisi bahkan seluruh paten design mobil Mitsubishi dipakai oleh Hyundai sejak 1975 dengan awalnya pada Hyundai Pony dan berlanjut terus ke banyak line up mobil mereka sampai tahun 2003 pada saat Mitsubishi Motor Corp melepas 10% saham di Hyundai Motor Corp karena krisis keuangan HQ MMC Japan.
pcx wrote: Thu Jun 08, 2023 12:59
Wah akhirna era Compact SUV tiba di +62 juga
H tegak HRV, H miring Creta, mazda CX3 1.5, KIA Seltos dan paling terbaru Suzuki grand Vitara 1.5 udah meluncur juga
Segera menyusul Triple elips Yaris Cross dan Triple diamonds XFC ini
Terasa terlambat sekali karena segmen ini sejatina udah expired di Eropa. Segmen yg pernah sangat populer dengan Nissan Qashqai taon 2006
Sementara awal 2000an di +62 lebih populer medium SUV monokok 2.0-2.5 dan pertarungan antara CRV dan X-Trail T30 masa itu sangat seru
Tak mau kalah seru juga pertarungan antara 42ner dan pajero Sport di medium SUV diesel
Time and player changed dan pesta akhirna bubar saat harga medium SUV semakin mahal ga terjangkau lage
Gud luck aza deh jangan jual mahal2 apalagi jika enjin cuman 1.5
Era compact SUV di Indo DM sudah terjadi pada awal 1990 an dengan Suzuki Vitara 1.6L 4x4 RWD. Bahkan Suzuki Vitara adalah pelopor compact SUV global sejak tahun 1988 secara pada saat itu mayoritas produsen mobil masih lebih tertarik pada segmen sedan. Daihatsu pesaing berat Suzuki sebagai produsen mobil kecil murah sudah berjaya dengan TAFT sejak 1980 tapi dengan line up mesin diesel sehingga sebenarnya Vitara dan TAFT tidak head to head sama sekali walaupun samw 4x4. Baik.Vitara dan TAFT lumayan sukses dan mempunyai pangsa pasar dan penggemar masing-masing.
Baru head to head pada saat Daihatsu Feroza (4x2) di CKD dan mengaspal pada tahun 1993 secara juga mengusung mesin bensin 1.6L karburator . Tidak menunggu lama PT. ISI segera mendowngrade Suzuki Vitara (4x4) menjadi Escudo (4x2) tahun 1994. Masih tak puas downgrade berlanjut lagi dengan Suzuki Sidekick non audio, power window dan electric mirror tahun 1996. Pertarungan antara mereka juga merupakan pembuka awal era kejayaan Jip Banci di Indo DM yang setelah itu populer disebut sebagai SUV secara global. Padahal pelopornya adalah Suzuki dan Daihatsu yang dianggap brand dengan image mobil murah tidak bergengsi hahahaha
Sementara sejak tahun 1995 juga terjadi pertarungan Big Luxury SUV di Indo DM yang saat itu diwakili oleh Land Cruiser ( Std & VX) , Mitsubishi Pajero 3.5L V6 Rp 170 juta dan yang termahal pada Mercedes 300 GE A/T Rp 300 juta pra krisis 1998.
Untuk LC dan Pajero sudah didowngrade menjadi line up Midsized SUV diesel terpopuler Indo DM saat ini setelah masuk pertengahan dekade 2000 an juga hahaha.
Last edited by Michaelktp on Mon Jul 31, 2023 14:25, edited 2 times in total.