Toyota langsung ambil seribu langkah...
tiba-tiba kebanjiran line-up hybrid...

mungkin setelah ngeliat merk lain jualan hybrid dimari kurang kenceng ama kurang niat, akhirnya Toyota ambil inisiatif...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?ChZ wrote: Tue May 16, 2023 2:09Oh iya sistem genset yah. Kl gensetnya jarang idup bagus deh. Itu kicks batre dikit2 nyala. Kl luar kota banyakan nyalanya jd malah boros dan ngebunuh batrenya sendiriariswp wrote: Mon May 15, 2023 15:08 DNGA harga TNGA![]()
Untung HRV masi platform global![]()
Udah bolak balik nyetir all new avanza sama raize DNGA rasanya selalu ada yg kurang![]()
Untuk serial hybrid serupa prinsip nissan kicks epower, tapi motor elektrik di kicks jauh lebih powerful ya baik power dan torque
Tapi sebaliknya, mesin 2NR sbg genset di yaris cross "emerging market" ini lebih gede ketimbang HR12 di kicks
Apa secara teori artinya performa bakal lebih kenceng di kicks tapi mesin genset lebih jarang hidup di yaris cross?![]()
![]()
keknya kalo sering dipake luar kota, bakal cepet degradasi itu batre kl coolingnya ga benerariswp wrote: Tue May 16, 2023 3:05
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik
Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
pernah denger selentingan siy Rush/Terios next gen nya bakal FWD dan hybrid om, gmn? masuk akal skrg?timbermaniac123 wrote: Tue May 16, 2023 4:33 Segmen 400jt udah ada yaris cross (2row) & zenix G (3 row)
di 500 jt ada corcross (2row) & zenix trim atas (3 row)
Yang kurang segmen hybrid di harga 300an ni. Semoga raize space ada hybridnya main di segmen 300an dah.
dan ngebikin ultra fast charging di segala tempat itu sangat tidak realistis. wakakkakaaJoehard30 wrote: Tue May 16, 2023 4:34 Di US, warranty battery mobil hybrid 8yr/100,000miles, kalau beneran mereka berani kasih warranty segini, berarti untuk pemakaian normal di Indo, baru rusak belasan tahun sih
Untuk infra indo, saya lebih percaya hybrid daripada full ev, lagian carbon footprint EV lebih buruk daripada hybrid, kalo masa pakainya ga sampai 100kmiles seingat saya. Belum mikir yang punya ev harus rebutan ngecharge 1 jam-an untuk pake fast charging, di negara maju aja masih rebutan, apalagi di kita nanti kalo EV udah kebanyakan. Hybrid masih sweet spot sementara ini, teruma untuk Indo
You're way of thinking = Toyota's way of thinkingJoehard30 wrote: Tue May 16, 2023 4:34 Di US, warranty battery mobil hybrid 8yr/100,000miles, kalau beneran mereka berani kasih warranty segini, berarti untuk pemakaian normal di Indo, baru rusak belasan tahun sih
Untuk infra indo, saya lebih percaya hybrid daripada full ev, lagian carbon footprint EV lebih buruk daripada hybrid, kalo masa pakainya ga sampai 100kmiles seingat saya. Belum mikir yang punya ev harus rebutan ngecharge 1 jam-an untuk pake fast charging, di negara maju aja masih rebutan, apalagi di kita nanti kalo EV udah kebanyakan. Hybrid masih sweet spot sementara ini, teruma untuk Indo
Sepertinya bakal serupa dengan hybrid Toyota di negara lain di kelas 1500cc, bakal combined power dengan CVT. Ini resep Toyota yang terbukti handal, dimulai dari Prius sekian tahun yang lalu.peterming77 wrote: Tue May 16, 2023 1:13Iya masih simpang siur, ada yg bilang serial, lah tapi kok ada combined power? Curiganya hybrid model Honda/Wuling, mesin bensin nya hanya konek ke roda di gear tinggi buat cruising.AbdulHakim wrote: Tue May 16, 2023 0:54Saya pikir siy gitu, paralel hybrid, soalnya pake mesin 1500cc, kalo sekedar buat genset ala Kicks, itu pake aja mesin 1000cc nya Ayla (mentok2 yg engine 1200cc nya) toh cuma buat nge-charge baterenya aja, ga bantu muter ban.nyotsaeba wrote: Tue May 16, 2023 0:48 Ini hybrid nya pararel kan ya? Ada tenaga ice + tenaga listrik dan kombinasi nya total 110hp. Juga ada mode ev only.
Kalau serial hybrid macam kicks, mestinya spek nya ga ada kombinasi total power nya.
Tapi tunggu informasi resmi dari ATPM seperti apa, karena info saat ini masih simpang siur (paralel/serial).
Kalo bener harga max 460jt buat hybrid, ini langsung lawan harga Zenix G hybrid, dengan fitur Zenix Q. Ya meski mesin sama akomodasi dah beda, tapi lumayan untuk ngrebut pasar yg ga butuh 7 seater dan 2000cc. Zenix kena kanibal juga gpp, toh Toyota kantong kanan kantong kiri.mobilover wrote: Tue May 16, 2023 8:10 Utk pricing mobil ini oke kok. Yg mesin sama persis dgn avanza veloz, pricingnya jg dekat di angka 300 jutaan. Sama dgn rivalnya HRV tipe S jg harga segituan.
Kalau utk hybrid yah wajar harganya jadi 400 jutaan, apalagi yg tipe hybrid bakal lebih lengkap fiturnya dibanding rivalnya. Powerback door kick sensor, tss dengan adaptive cruise, electric seat, panoramic sunroof, dll.
Overall nice product from TAM. Dominasi HRV akan goyang ini. Creta bakal kehajar paling berat. Feeling saya pasar akan lari ke honda hrv dan toyota yaris cross , hyundai bakal kebagian sisa-sisanya aja
Memang paling cocok secara infrastruktur dan gaya pemakaian org Indo ini HEV aja, krn toh mobil setelah kredit lunas entah 4-5 tahun pasti banyak2 dijual juga, sebelum batre hybrid nya ada apa2. Yg penting mobil irit dan bisa diajak jalan jauh tanpa ribet. Kalo BEV itu modal di depannya masih kegedean krn selisih harga bisa 1x lipat, mau diajak mudik mesti rencana dulu di depan cari charging dimana, belum kalo antri charging nya juga.Joehard30 wrote: Tue May 16, 2023 4:34 Di US, warranty battery mobil hybrid 8yr/100,000miles, kalau beneran mereka berani kasih warranty segini, berarti untuk pemakaian normal di Indo, baru rusak belasan tahun sih
Untuk infra indo, saya lebih percaya hybrid daripada full ev, lagian carbon footprint EV lebih buruk daripada hybrid, kalo masa pakainya ga sampai 100kmiles seingat saya. Belum mikir yang punya ev harus rebutan ngecharge 1 jam-an untuk pake fast charging, di negara maju aja masih rebutan, apalagi di kita nanti kalo EV udah kebanyakan. Hybrid masih sweet spot sementara ini, teruma untuk Indo
dijual ke luar pulau Jawa lah, di sumatra sini yg om bilang Juke itu makin sering kelihatan (contoh)peterming77 wrote: Tue May 16, 2023 8:56Kalo bener harga max 460jt buat hybrid, ini langsung lawan harga Zenix G hybrid, dengan fitur Zenix Q. Ya meski mesin sama akomodasi dah beda, tapi lumayan untuk ngrebut pasar yg ga butuh 7 seater dan 2000cc. Zenix kena kanibal juga gpp, toh Toyota kantong kanan kantong kiri.mobilover wrote: Tue May 16, 2023 8:10 Utk pricing mobil ini oke kok. Yg mesin sama persis dgn avanza veloz, pricingnya jg dekat di angka 300 jutaan. Sama dgn rivalnya HRV tipe S jg harga segituan.
Kalau utk hybrid yah wajar harganya jadi 400 jutaan, apalagi yg tipe hybrid bakal lebih lengkap fiturnya dibanding rivalnya. Powerback door kick sensor, tss dengan adaptive cruise, electric seat, panoramic sunroof, dll.
Overall nice product from TAM. Dominasi HRV akan goyang ini. Creta bakal kehajar paling berat. Feeling saya pasar akan lari ke honda hrv dan toyota yaris cross , hyundai bakal kebagian sisa-sisanya aja
Yang jelas habis ini kalo beneran HRV eHEV mau lahir bakalan dipatok harga berapa? Setara atau diatas RS? Lah lawannya sama2 hybrid (mungkin) max 460jt, setara RS berarti udah lebih mahal 40jt.
Creta?
Grand Vitawhat?
Memang paling cocok secara infrastruktur dan gaya pemakaian org Indo ini HEV aja, krn toh mobil setelah kredit lunas entah 4-5 tahun pasti banyak2 dijual juga, sebelum batre hybrid nya ada apa2. Yg penting mobil irit dan bisa diajak jalan jauh tanpa ribet. Kalo BEV itu modal di depannya masih kegedean krn selisih harga bisa 1x lipat, mau diajak mudik mesti rencana dulu di depan cari charging dimana, belum kalo antri charging nya juga.Joehard30 wrote: Tue May 16, 2023 4:34 Di US, warranty battery mobil hybrid 8yr/100,000miles, kalau beneran mereka berani kasih warranty segini, berarti untuk pemakaian normal di Indo, baru rusak belasan tahun sih
Untuk infra indo, saya lebih percaya hybrid daripada full ev, lagian carbon footprint EV lebih buruk daripada hybrid, kalo masa pakainya ga sampai 100kmiles seingat saya. Belum mikir yang punya ev harus rebutan ngecharge 1 jam-an untuk pake fast charging, di negara maju aja masih rebutan, apalagi di kita nanti kalo EV udah kebanyakan. Hybrid masih sweet spot sementara ini, teruma untuk Indo
Yang jadi pertanyaan, sekian tahun mobil banyak di jual ke pasar bekas ya yg lama2 itu larinya kemana ya? Kalo diluar kan ada scrap kendaraan. Contoh: dulu Nissan Juke sliweran dimana2, skrg udah jarang lihat, lari kemana itu barang? Mana mungkin numpuk di garasi, org sini kan hobi jual beli mobil![]()
Gpp lebih mahal. Kan Honda lebih premium kata merekapeterming77 wrote: Tue May 16, 2023 8:56
Yang jelas habis ini kalo beneran HRV eHEV mau lahir bakalan dipatok harga berapa? Setara atau diatas RS? Lah lawannya sama2 hybrid (mungkin) max 460jt, setara RS berarti udah lebih mahal 40jt.
udah pernah di address kok umSuryaputra wrote: Mon May 15, 2023 7:28 User awam yg mayoritas, gak akan tau apa itu DNGA-B atau TNGA-B
Hanya super user kalangan otomotif yg paham![]()
![]()
Jadi kata Direksi TAM.. "who cares?? yg penting HPP aman"
klo ada pertanyaan, tinggal hire influencer otomotif ternama untuk "meluruskan"![]()
toyota selalu pakai paralel, makanya masih ada CVT nya
darrelund wrote: Tue May 16, 2023 10:21udah pernah di address kok umSuryaputra wrote: Mon May 15, 2023 7:28 User awam yg mayoritas, gak akan tau apa itu DNGA-B atau TNGA-B
Hanya super user kalangan otomotif yg paham![]()
![]()
Jadi kata Direksi TAM.. "who cares?? yg penting HPP aman"
klo ada pertanyaan, tinggal hire influencer otomotif ternama untuk "meluruskan"![]()
kata PR nya TNGA/DNGA sama aja
gitu dehhhh![]()
Amin, gitu ajadarrelund wrote: Tue May 16, 2023 10:21udah pernah di address kok umSuryaputra wrote: Mon May 15, 2023 7:28 User awam yg mayoritas, gak akan tau apa itu DNGA-B atau TNGA-B
Hanya super user kalangan otomotif yg paham![]()
![]()
Jadi kata Direksi TAM.. "who cares?? yg penting HPP aman"
klo ada pertanyaan, tinggal hire influencer otomotif ternama untuk "meluruskan"![]()
kata PR nya TNGA/DNGA sama aja
gitu dehhhh![]()
Gampang kalo mau punya yg TNGA.Suryaputra wrote: Tue May 16, 2023 10:47darrelund wrote: Tue May 16, 2023 10:21udah pernah di address kok umSuryaputra wrote: Mon May 15, 2023 7:28 User awam yg mayoritas, gak akan tau apa itu DNGA-B atau TNGA-B
Hanya super user kalangan otomotif yg paham![]()
![]()
Jadi kata Direksi TAM.. "who cares?? yg penting HPP aman"
klo ada pertanyaan, tinggal hire influencer otomotif ternama untuk "meluruskan"![]()
kata PR nya TNGA/DNGA sama aja
gitu dehhhh![]()
![]()
nih oe nemuKielConstantine wrote: Tue May 16, 2023 11:25Gampang kalo mau punya yg TNGA.Suryaputra wrote: Tue May 16, 2023 10:47darrelund wrote: Tue May 16, 2023 10:21
udah pernah di address kok um
kata PR nya TNGA/DNGA sama aja
gitu dehhhh![]()
![]()
Coba berburu CH-R hybrid seken aja.
Siapa tau lebih murah drpd ini yaris crotttt DNG-hatsut![]()