Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Mon Dec 19, 2022 3:22
economy engine jerman dari dulu kayaknya ga pernah beres ya mbah zaman BMW terakhir yang terkenal badak itu M43 di 318i E36/E46 awal. abis itu N42-N46-B38 makin banyak part plastic, makin rewel wkwkwkkwkw.
yah si merkedes aja sampe hrs pake mesin nissan HR-series buat A-class
kayaknya 4-silinder jerman awet malah tuh golep TSI yang twincharger aja awet tuh. yg ga awet flywheel sama mecha nya wkwkwkwkwkw
Lha bukannya B38 itu sama dengan B48 dipotong satu silinder ditambahin balancer kruk as ya ?... Koq jadi aneh kalo B48 di F30 - G20 anteng2 aja ndak bocor turbochargernya tapi B38 bocor turbonya. Itu turbonya sama aja kan ya mestinya, maksudnya twin turbo-nya sama part number-nya cuma beda di manifold-nya aja kan ?, atau memang beda sama sekali mulai dari manifold sampai twin-turbo-nya...
Masalahnya jadi ngeri2 sedap ni, karena kan B48 dengan B38 satu desain, lha kalo yang B38 bocor jangan2 suatu saat B48 di F30 LCI ama G20 bocor juga alias jadi booom waktu aja
Pertanyaan susah om, coba aja om baca2 di bimmerpost tuh review orang2 yg uda pada naek bootmod om. Engine 2000cc turbo biem cuman hasilin 180an hp itu sebenernya underpower sih. Potensinya bisa jauh lebih dari itu. Asal naek stage 2nya bener dengan harwdare pendukung yg proper jg, harusnya aman2 aja sih (finger-crossed).
Yang pasti sehh klo udh stage 2. Oil change interval ny musti diperhatiin banget. Jgn sampe telat kelamaan atau lewat odo kebanyakan… kasian nanti mesinnya… apalagi yg engine N20 ntar cepet ngambek timing chain dy
Spark plugs sama koil jg cepet mokad ya kalo naek bootmod3. Maintenance jg jadinya lumayan lebih banyak keluar duit sih. Tp harusnya asal dimaintain dengan benar, bisa awet2 aja ya. Kalo di N20 uda brisik tuh timing chain ya buru ganti, drpd jebol brekele semua
Oh iya bbm penting banget tuh, tergantung di setting di RON 95 apa 98. Tp mau aman sih minumim RON 98 aja lah.
Iya jadinya ambil standard nih 2016 white Lci. Mau modif velg dan ban dimensi yg bagus pas nya size brapa ya yg tanpa perlu ganti per / coilover untuk R18/R19?
ChZ wrote: Mon Dec 19, 2022 3:22
economy engine jerman dari dulu kayaknya ga pernah beres ya mbah zaman BMW terakhir yang terkenal badak itu M43 di 318i E36/E46 awal. abis itu N42-N46-B38 makin banyak part plastic, makin rewel wkwkwkkwkw.
yah si merkedes aja sampe hrs pake mesin nissan HR-series buat A-class
kayaknya 4-silinder jerman awet malah tuh golep TSI yang twincharger aja awet tuh. yg ga awet flywheel sama mecha nya wkwkwkwkwkw
Lha bukannya B38 itu sama dengan B48 dipotong satu silinder ditambahin balancer kruk as ya ?... Koq jadi aneh kalo B48 di F30 - G20 anteng2 aja ndak bocor turbochargernya tapi B38 bocor turbonya. Itu turbonya sama aja kan ya mestinya, maksudnya twin turbo-nya sama part number-nya cuma beda di manifold-nya aja kan ?, atau memang beda sama sekali mulai dari manifold sampai twin-turbo-nya...
Masalahnya jadi ngeri2 sedap ni, karena kan B48 dengan B38 satu desain, lha kalo yang B38 bocor jangan2 suatu saat B48 di F30 LCI ama G20 bocor juga alias jadi booom waktu aja
Kalo ga salah sih gitu, tp cek2 di negara luar kayanya banyakan kena di b38.
Yang pasti sehh klo udh stage 2. Oil change interval ny musti diperhatiin banget. Jgn sampe telat kelamaan atau lewat odo kebanyakan… kasian nanti mesinnya… apalagi yg engine N20 ntar cepet ngambek timing chain dy
Spark plugs sama koil jg cepet mokad ya kalo naek bootmod3. Maintenance jg jadinya lumayan lebih banyak keluar duit sih. Tp harusnya asal dimaintain dengan benar, bisa awet2 aja ya. Kalo di N20 uda brisik tuh timing chain ya buru ganti, drpd jebol brekele semua
Oh iya bbm penting banget tuh, tergantung di setting di RON 95 apa 98. Tp mau aman sih minumim RON 98 aja lah.
Iya jadinya ambil standard nih 2016 white Lci. Mau modif velg dan ban dimensi yg bagus pas nya size brapa ya yg tanpa perlu ganti per / coilover untuk R18/R19?
IMO kalo gamau dipendekin better R18, naek R19 tanpa lowering kit cingkrang, agak kurang sedap dipandang.
ChZ wrote: Mon Dec 19, 2022 3:22
economy engine jerman dari dulu kayaknya ga pernah beres ya mbah zaman BMW terakhir yang terkenal badak itu M43 di 318i E36/E46 awal. abis itu N42-N46-B38 makin banyak part plastic, makin rewel wkwkwkkwkw.
yah si merkedes aja sampe hrs pake mesin nissan HR-series buat A-class
kayaknya 4-silinder jerman awet malah tuh golep TSI yang twincharger aja awet tuh. yg ga awet flywheel sama mecha nya wkwkwkwkwkw
Lha bukannya B38 itu sama dengan B48 dipotong satu silinder ditambahin balancer kruk as ya ?... Koq jadi aneh kalo B48 di F30 - G20 anteng2 aja ndak bocor turbochargernya tapi B38 bocor turbonya. Itu turbonya sama aja kan ya mestinya, maksudnya twin turbo-nya sama part number-nya cuma beda di manifold-nya aja kan ?, atau memang beda sama sekali mulai dari manifold sampai twin-turbo-nya...
Masalahnya jadi ngeri2 sedap ni, karena kan B48 dengan B38 satu desain, lha kalo yang B38 bocor jangan2 suatu saat B48 di F30 LCI ama G20 bocor juga alias jadi booom waktu aja
Kayaknya ga sesimpel itu jg deh om CMIIW. Yg pasti sih harus dicari tau akar permasalahannya apa baru bisa kira2 preventive maintenance apa yg harus dilakukan. Tp diluaran B48/B58 uda banyak yg ratusan rb miles aman2 aja sih.
KielConstantine wrote: Sun Dec 18, 2022 20:37
Kalo gitu ceritanya. Bakal banyak banget X1 3-cylinders calon2 turbo jebol & ngebul ini mah..
economy engine jerman dari dulu kayaknya ga pernah beres ya mbah zaman BMW terakhir yang terkenal badak itu M43 di 318i E36/E46 awal. abis itu N42-N46-B38 makin banyak part plastic, makin rewel wkwkwkkwkw.
yah si merkedes aja sampe hrs pake mesin nissan HR-series buat A-class
kayaknya 4-silinder jerman awet malah tuh golep TSI yang twincharger aja awet tuh. yg ga awet flywheel sama mecha nya wkwkwkwkwkw
Emang bagusnya bmw tuh inline-6 . Udah paling bener…
Kalo kata car riviuw bule2 “Engine inline-6 & bmw udah kaya bread & butter. Paling klop”
V8 twin turbo bmw aja yg N63B44 banyak banget problem di awal2 kan yg kluaran taon 2009.. Pas mulai ada TU1 TU2 baru deh mulai reliable & efficient
Tapi gebrakannya mereka semenjak B48 & B58 sih…. Semua karena toyota pasang tuh 2 engine di supra… coba kagak.. mana pernah tobat nih pabrikan bangsa arya
Kalo VAG group sih malah 4 cylinders turbonya punya reputasi bagus2…. Dari EA113 ; EA888 ; skarang EA888 evo II ya … sadis
farizfsa wrote: Mon Dec 19, 2022 8:51
hahaha padahal si b38 dulu dapet engine awards banyak juga, tenaga nya padahal biasa aja reliablity juga lucu nih wkwkwk
wkwkwkwk ane koq makin gak percaya sama tuh award wards best enjin sih, kayaknya yang masuk engine problematik semua in the long run.
jgn2 sama kayak JD powers lagi menanginnya lotere gantian.
Bibieight wrote: Mon Dec 19, 2022 9:36
Lha bukannya B38 itu sama dengan B48 dipotong satu silinder ditambahin balancer kruk as ya ?... Koq jadi aneh kalo B48 di F30 - G20 anteng2 aja ndak bocor turbochargernya tapi B38 bocor turbonya. Itu turbonya sama aja kan ya mestinya, maksudnya twin turbo-nya sama part number-nya cuma beda di manifold-nya aja kan ?, atau memang beda sama sekali mulai dari manifold sampai twin-turbo-nya...
Masalahnya jadi ngeri2 sedap ni, karena kan B48 dengan B38 satu desain, lha kalo yang B38 bocor jangan2 suatu saat B48 di F30 LCI ama G20 bocor juga alias jadi booom waktu aja
tipikal jerman enjiniring mbah.
dia tuh suka punya ide brilian tapi kadang lupa ngencengin satu sekrup dan bodo amat konsumen ga bakal liat ini ntar rewel tinggal di benerin aja lah
klo japan enjineering sampe setiap nut n bolt diperhatiin sebelum roll out dari production line, jerman enjiniiring konsumen jadi kelinci percobaan
KielConstantine wrote: Mon Dec 19, 2022 12:43
Emang bagusnya bmw tuh inline-6 . Udah paling bener…
Kalo kata car riviuw bule2 “Engine inline-6 & bmw udah kaya bread & butter. Paling klop”
V8 twin turbo bmw aja yg N63B44 banyak banget problem di awal2 kan yg kluaran taon 2009.. Pas mulai ada TU1 TU2 baru deh mulai reliable & efficient
Tapi gebrakannya mereka semenjak B48 & B58 sih…. Semua karena toyota pasang tuh 2 engine di supra… coba kagak.. mana pernah tobat nih pabrikan bangsa arya
Kalo VAG group sih malah 4 cylinders turbonya punya reputasi bagus2…. Dari EA113 ; EA888 ; skarang EA888 evo II ya … sadis
wih N63 enjin mesin yang literally killing itself design nya kaco abis itu N63. iya tu aneh sendiri inline six BMW, dari dl ngga pernah ada masalah terkenal bulletproofnya. giliran yang i3, i4, V8, ampe V10 nya M5 jg hobi masalah mulu
VAG asal ngga di boost gila-gilaan sih itu enjin bisa last long wkwkwkwk. klo di boost gila bye bye head gasket.
kendibocor wrote: Wed Dec 01, 2021 13:33
F30 B48 apa bisa minum pertamax biasa? Atau harus pertamax turbo atau v power?
Hadir user F30 B48 dari baru om
Dari 2017 sampai sekarang F30 saya kerjaannya minum pertamax sampai sekarang KM 50rb tidak ada masalah kok om. Kalau dari saya sendiri sih tapi cari pertamaxnya yang di SPBU pertamina COCO supaya lebih bersih aja bensinnya. Yang penting kalau mau dibejek dikit dimasukin manual, enggak dibiarin gaspol di RPM 1-2k dan engga sering lewat RPM 4k om.
kendibocor wrote: Wed Dec 01, 2021 13:33
F30 B48 apa bisa minum pertamax biasa? Atau harus pertamax turbo atau v power?
Hadir user F30 B48 dari baru om
Dari 2017 sampai sekarang F30 saya kerjaannya minum pertamax sampai sekarang KM 50rb tidak ada masalah kok om. Kalau dari saya sendiri sih tapi cari pertamaxnya yang di SPBU pertamina COCO supaya lebih bersih aja bensinnya. Yang penting kalau mau dibejek dikit dimasukin manual, enggak dibiarin gaspol di RPM 1-2k dan engga sering lewat RPM 4k om.
kendibocor wrote: Wed Dec 01, 2021 13:33
F30 B48 apa bisa minum pertamax biasa? Atau harus pertamax turbo atau v power?
Hadir user F30 B48 dari baru om
Dari 2017 sampai sekarang F30 saya kerjaannya minum pertamax sampai sekarang KM 50rb tidak ada masalah kok om. Kalau dari saya sendiri sih tapi cari pertamaxnya yang di SPBU pertamina COCO supaya lebih bersih aja bensinnya. Yang penting kalau mau dibejek dikit dimasukin manual, enggak dibiarin gaspol di RPM 1-2k dan engga sering lewat RPM 4k om.
Gara2 denger2 B48 kompresinya lebih tinggi dari N20 akhirnya ane pake RON 98 si kerang aja dah biar aman. Toh ngisi full tank sama pertamax biasa paling beda 100rb. Biar performa maksimal jg lah karena rekomendasinya jg dimanual book jg RON 95
KielConstantine wrote: Mon Dec 19, 2022 12:43
V8 twin turbo bmw aja yg N63B44 banyak banget problem di awal2 kan yg kluaran taon 2009.. Pas mulai ada TU1 TU2 baru deh mulai reliable & efficient
N63 early emg edan problemnya
itu di amrik aja ada yg ampe ganti full enjin 2-3kali (ofc warranty)
KielConstantine wrote: Mon Dec 19, 2022 12:43
V8 twin turbo bmw aja yg N63B44 banyak banget problem di awal2 kan yg kluaran taon 2009.. Pas mulai ada TU1 TU2 baru deh mulai reliable & efficient
N63 early emg edan problemnya
itu di amrik aja ada yg ampe ganti full enjin 2-3kali (ofc warranty)
demen makan oli lg
up to 1 quart/1200km
mesti bawa spare 1 quart di bagasi
Emang bawaannya makan oli om? Macem mesin rotary aja konsumsi olinya
Kemaren lg nyariin mbl buat sodara eh ada A250 2013 lg dijual jg. Posisi uda remap katanya uda dpt 280an hp, torsi 400an. Karena cuma muter2 ga jauh akhirnya ga bisa sempet sampe narik. Impresinya sama 320 kok masi enakan 320 ya rpm bawahnya. Si A250 ini rpm bawah ga ngisi, begitu naek di 2000-3000 rpm baru turbo spooling tenaga keluar. Kalo si F30 kayaknya dari 1000 lebih dikit aja turbonya uda maen jd rpm bawah jg ngisi. Emang berarti twin power turbonya biem bukan sekedar gimmick doang ya.
kendibocor wrote: Wed Dec 01, 2021 13:33
F30 B48 apa bisa minum pertamax biasa? Atau harus pertamax turbo atau v power?
Hadir user F30 B48 dari baru om
Dari 2017 sampai sekarang F30 saya kerjaannya minum pertamax sampai sekarang KM 50rb tidak ada masalah kok om. Kalau dari saya sendiri sih tapi cari pertamaxnya yang di SPBU pertamina COCO supaya lebih bersih aja bensinnya. Yang penting kalau mau dibejek dikit dimasukin manual, enggak dibiarin gaspol di RPM 1-2k dan engga sering lewat RPM 4k om.
Avg pake pertamax dapet berapa om?
kalo kaki disekolahin mah mesin modern BMW irit pol pol an om, dalkot avg 20-25 bisa dapet 1:11-12an, kalo rute tol dalkot yang lancar tanpa rem mendadak bisa sampe 1:17-19an. rekor sih dari bandung downhill ke cikampek bisa 1:21. semuanya itu pake mode comfort ya om, kalo eco loyo banget gabisa nyalip hehehehe
kendibocor wrote: Tue Feb 07, 2023 5:23
Kemaren lg nyariin mbl buat sodara eh ada A250 2013 lg dijual jg. Posisi uda remap katanya uda dpt 280an hp, torsi 400an. Karena cuma muter2 ga jauh akhirnya ga bisa sempet sampe narik. Impresinya sama 320 kok masi enakan 320 ya rpm bawahnya. Si A250 ini rpm bawah ga ngisi, begitu naek di 2000-3000 rpm baru turbo spooling tenaga keluar. Kalo si F30 kayaknya dari 1000 lebih dikit aja turbonya uda maen jd rpm bawah jg ngisi. Emang berarti twin power turbonya biem bukan sekedar gimmick doang ya.
Emang begitu, rpm rendah mesin a200 a250 kagok plus transmisi kaya blm nge engage. Makanya ane jual wakakaka