Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
PenyuTurbo wrote:
Untuk hemat BBM ..... Power = Torque x RPM ... Kalau dipindahin ke N ... RPM jadi turun ... BBM nya kan berkurang .... hehehehe itu orang amrik ... yang jalannya notabene lurus-lurus ... datar (naik turun dikit aje). Kalau di kite mana bisa ... banyak naik turun ... pengkolan sana sini ... jalan berjogging (cipularang) ...
hehehe......berapa sih BBM yang bisa dihemat dengan cara spt itu?....malahan agak berbahaya karena mobil jadi "kosong" ........
kalo orang amrik emang pengen hemat BBM, mungkin lebih baik kalo dia orang gak beli mobil SUV yang segede bagong, plus mesin V8 6000cc yang minum bensin 1 galon "cuma" 12 miles
Ya bergantung berapa lama jalan kenceng lurus dengan RPM idle ... RPM idle untuk 1 jam (cc besar) sekitar 1 galon ... dan kalau di "D" ... pada kondisi diatas ... 1 jam habis 2 galon ... berarti hemat 1 galon ....
IMHO, ya tapi jarang banget lah (hampir gak ada) orang yg nyetirnya kaya gitu, lagi kecepatan tinggi, tiba2 shift tuas ke N, lalu mobil dibiarkan jalan sampe pelan, bisa ditabrak dari belakang, wong orang situ jalannya gila2 pada gak perhatiin jarak antar mobil.
kalo memang dipake hanya kalo mao berenti di lampu merah, itu mah paling 2-3 detik penghematan. disono juga jalannya highway semua, paling sehari cuma bisa "hemat" 30 detik lah (dengan asumsi kena 10-15 lampu merah).
berarti segalon bensin bisa dihemat dalam waktu 120 hari (4 bulan)........gak worth lah alias gak signifikan dibanding jeopardize rusaknya transmisi
Risol1 wrote:disono juga jalannya highway semua, paling sehari cuma bisa "hemat" 30 detik lah (dengan asumsi kena 10-15 lampu merah).
berarti segalon bensin bisa dihemat dalam waktu 120 hari (4 bulan)........gak worth lah alias gak signifikan dibanding jeopardize rusaknya transmisi
betul bro, selain highway ada juga freeway dan jalur khusus macam 3 in 1 di kita cuma adanya di tol. saking kencengnya orang2 itu nyetir di highway gue liat beberapa kecelakaan di LA, boilnya rata2 hancur >50%. kayaknya mereka sih cuek bebek dg FC ya, gatel kaki kalo liat jalan mulus kayak gitu, peduli amat sama oil, kalo kurang ya tinggal sedot aja dari timur tengah..gitu aja kok repot :-)
kembali ke soal matic nih, saat ini boil matic yg paling irit apa ya? vios,GL,jazz,picanto?
He he...gak seenaknya lah org nyetir di Amerika...SPEED LIMIT yg ditulis di pinggir di jalan ada artinya disana (alias dikejar polisi kalo kena radar), kalo di Indonesia kan tanda speed limit, stop sign cuman buang2 besi aja hehehe...
johnlegend wrote:kudu dibikin kategori city car ato dll dll bro..
kalo di indo kyknya city car dan mpv agak kabur deh toh kita2 juga sering kekantor pake mpv :-), maklum disamping budget cekak, garasi juga mefet.
yg patut ditunggu nih matic jazz baru dan matic livina, apakah ada sesuatu yg baru baik di transmisinya maupun di FC nya, barangkali ada yg main ke Tokyo/Guangzhou dan mampir untuk test drive ini mobil bisa bagi2 cerita disini.
Om penyu.. nanya donk...
Yaris temen ogud matic...
Kalo tuh mobil agak diajak olahraga alias ditarik.. ada bau gosong masuk ke kabin..
Padahal ditariknya cuma bentar loh.. Paling cuma 20 detik, kalo lagi ada jalan kosong...
Itu bau apa ya? Apa dari maticnya?
r1210g wrote:Om penyu.. nanya donk...
Yaris temen ogud matic...
Kalo tuh mobil agak diajak olahraga alias ditarik.. ada bau gosong masuk ke kabin..
Padahal ditariknya cuma bentar loh.. Paling cuma 20 detik, kalo lagi ada jalan kosong...
Itu bau apa ya? Apa dari maticnya?
r1210g wrote:Om penyu.. nanya donk...
Yaris temen ogud matic...
Kalo tuh mobil agak diajak olahraga alias ditarik.. ada bau gosong masuk ke kabin..
Padahal ditariknya cuma bentar loh.. Paling cuma 20 detik, kalo lagi ada jalan kosong...
Itu bau apa ya? Apa dari maticnya?
r1210g wrote:Om penyu.. nanya donk...
Yaris temen ogud matic...
Kalo tuh mobil agak diajak olahraga alias ditarik.. ada bau gosong masuk ke kabin..
Padahal ditariknya cuma bentar loh.. Paling cuma 20 detik, kalo lagi ada jalan kosong...
Itu bau apa ya? Apa dari maticnya?
Kalau udah keseringan bau ... ya lebih baik diganti ... Setiap kali ada peningkatan operating temperature 10 derajad ... umur ATF berkurang jadi separonya.
Contoh : Jika standard operating temperature ATF pada 100 oC ... umurnya 40,000 km ... maka dengan penambahan suhu sebesar 10 oC menjadi 110 oC ... maka umurnya menjadi 20,000 km. Jika ditambah lagi jadi 120oC ... maka umurnya cuman 10,000 km.
kalo gaksalah di milis GL ada yg nanyain mirip2 bau ginian/gosong, dr NMI bilangnya itu mungkin dr zat pelapis metal yg masih baru (dg catatan mobil msh baru) terus terkena panas. jadi noproblemo, barangkali mirip ya
Last edited by dion on Fri Oct 19, 2007 4:40, edited 1 time in total.
PenyuTurbo wrote:Kalau udah keseringan bau ... ya lebih baik diganti ... Setiap kali ada peningkatan operating temperature 10 derajad ... umur ATF berkurang jadi separonya.
Contoh : Jika standard operating temperature ATF pada 100 oC ... umurnya 40,000 km ... maka dengan penambahan suhu sebesar 10 oC menjadi 110 oC ... maka umurnya menjadi 20,000 km. Jika ditambah lagi jadi 120oC ... maka umurnya cuman 10,000 km.
Di manual gw ditulisnya 100,000 km tuh baru diganti, jd bagusnya gimana nih om Penyu?