Daihatsu taruna
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Zafira
Daihatsu taruna
Lagi nyari lsuv under 70 jutaan, adakah pemakai daihatsu taruna disini plu minus nya. Mungkin bisa sharing. Terima kasih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 946
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Daihatsu taruna
Kayanya taruna efi rasa berkendaranya sama kaya xenia xi deh seingat saya bukan lsuv sih,tp mpv medium ,yg lebih ga enak dari itu ya daihatsu espass
Tapi kalo bujet segitu saya pilih kijang kapsul yg sekelas dengan taruna ya tipe lx tp naikan lbh enak kijang
Tapi kalo bujet segitu saya pilih kijang kapsul yg sekelas dengan taruna ya tipe lx tp naikan lbh enak kijang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Daihatsu taruna
Jaman masih baru2nya dulu bokap punya yg tipe csx, ane masih SD tuh. Yg teringat ya mobilnya bbrp kali mogok gegara overheat. Ga tau sekarang ya, kan setelah itu ada banyak tipe2 nya termasuk ada yg efi jg. Tapi aneh jg mobil ini sekarang bener2 jarang liat di jalanan, entah pada kemana, padahal yg seangkatan walau ga sekelasnya masih cukup sering keliatan di jalan kayak escudo (1.6, 2.0, 2.5), crv gen1 n gen2, blazer, bahkan tavera
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Daihatsu taruna
Taruna cukup robust yah, dl jaman bokap beli baru dari 2002 tipe FGX yg warna biru..
Keluhan paling limbung dan gardan dengung, sisanya asal sesuai jadwal perawatan aman...
Sampai di alh tangan di 2018 masih greng tuh mobil
Keluhan paling limbung dan gardan dengung, sisanya asal sesuai jadwal perawatan aman...
Sampai di alh tangan di 2018 masih greng tuh mobil
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Daihatsu taruna
Bokap punya yg FGX limited edition yg biru dari awal beli sampe sekarang masih dipake.
Gila ini mobil kuat banget sampe sekarang perawatannya cuma standar2 aja ganti oli, aki, ban, dsb.
Muat banyak dan lega banget. Real 7-seater. Lebih cocok disebut Med MPV kali ya daripada LSUV.
Mesin masih bandel dan gak terlalu boros deh seingat saya (versi manual).
Kaki2 masih enak2 aja tanpa bunyi2. AC dari dulu sampe sekarang dingin banget padahal belum pernah diservis sekalipun.
Masalah paling berat setahu saya cuma kadang2 overheat, biasanya kalo pas perjalanan jauh & lama + jalan nanjak + muatan penuh.
Satu lagi, aki cepet tekor. Tapi kelihatannya ada faktor karena bokap nambahin ini itu (ganti head unit & speaker dll).
Velg ntah kenapa bocel2 sendiri padahal gak pernah kena lecet/gesek apapun.
Sama bokap gak dijual2 padahal udh banyak yg nawar... katanya nyesek denger penawaran harganya hahaha.
Gila ini mobil kuat banget sampe sekarang perawatannya cuma standar2 aja ganti oli, aki, ban, dsb.
Muat banyak dan lega banget. Real 7-seater. Lebih cocok disebut Med MPV kali ya daripada LSUV.
Mesin masih bandel dan gak terlalu boros deh seingat saya (versi manual).
Kaki2 masih enak2 aja tanpa bunyi2. AC dari dulu sampe sekarang dingin banget padahal belum pernah diservis sekalipun.
Masalah paling berat setahu saya cuma kadang2 overheat, biasanya kalo pas perjalanan jauh & lama + jalan nanjak + muatan penuh.
Satu lagi, aki cepet tekor. Tapi kelihatannya ada faktor karena bokap nambahin ini itu (ganti head unit & speaker dll).
Velg ntah kenapa bocel2 sendiri padahal gak pernah kena lecet/gesek apapun.
Sama bokap gak dijual2 padahal udh banyak yg nawar... katanya nyesek denger penawaran harganya hahaha.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Daihatsu taruna
kalo gak masalah dengan bensin bisa lirik terrano 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Daihatsu taruna
Pernah pake 2 thn an. Yg FL EFI, trondol abizzz, velg dop, no power window, adanya power hand, boro2 ada dobel blower.
Bensin jg rewel, pake premium (blom ada pertalit) nglitik gila2an kyk mesin ketik.
Kl pake pertamax tarikan agak ok.
Bensin jg rewel, pake premium (blom ada pertalit) nglitik gila2an kyk mesin ketik.
Kl pake pertamax tarikan agak ok.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1377
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Daihatsu taruna
Dl pernah ada di rumah, beli edisi awal bgt yg taon 99
CSX yg msh karbu, pake sampe 250rb-an km msh ngga ada penyakit aneh2
Cm filter bensin aja yg mampet terus, entah bensinnya yg ga bagus ato filternya yg ngaco
Sm kadang suka mogok krn wiper cowl covernya retak / getas, dan posisi distributor persis di bawah cover itu jd suka "banjir" kl ujan, tp tinggal ditambel aja kl emg retak
CSX yg msh karbu, pake sampe 250rb-an km msh ngga ada penyakit aneh2
Cm filter bensin aja yg mampet terus, entah bensinnya yg ga bagus ato filternya yg ngaco
Sm kadang suka mogok krn wiper cowl covernya retak / getas, dan posisi distributor persis di bawah cover itu jd suka "banjir" kl ujan, tp tinggal ditambel aja kl emg retak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Daihatsu taruna
Taruna ada chassis pendek: CL, CX, CXS, CSR
ada yang chassis panjang: FL, FX, FGX, FGZ (FGX + wood panel)
CSR itu spesial karena mesinnya 1600cc + injeksi -> terkencangnya taruna
Saran ambil yang FGX tahun diatas 2002
Karena ->
1. Dia chasis panjang, lebih nyaman ketimbang avanza-xenia
2. Sudah ada retract elekctric mirror
3. Sudah double blower AC
4. Sudah injeksi
5. Sudah lampu crytal
Modif dikit aja, visco fannya ganti pakai elektrik kepunyaan Terios
lalu pasangin spion fendernya rush
Sedikit ralat utk beberapa postingan diatas
1. Taruna termasuk low SUV. Dia penerusnya daihatsu feroza, predessornya Rush-Terios. Peleknya aja baut 5 R15 khas SUV jaman itu.
2. Fun fact, diluaran sana Taruna nama lainnya Terios
3. Untuk Espass, diantara minibus hidung pendek (Kayak APV, carry, zebra lama, grandmaxluxio) dia paling nyaman posisi duduk nyetirnya. Gak setegak yang lainnya.
ada yang chassis panjang: FL, FX, FGX, FGZ (FGX + wood panel)
CSR itu spesial karena mesinnya 1600cc + injeksi -> terkencangnya taruna
Saran ambil yang FGX tahun diatas 2002
Karena ->
1. Dia chasis panjang, lebih nyaman ketimbang avanza-xenia
2. Sudah ada retract elekctric mirror
3. Sudah double blower AC
4. Sudah injeksi
5. Sudah lampu crytal
Modif dikit aja, visco fannya ganti pakai elektrik kepunyaan Terios
lalu pasangin spion fendernya rush
Sedikit ralat utk beberapa postingan diatas
1. Taruna termasuk low SUV. Dia penerusnya daihatsu feroza, predessornya Rush-Terios. Peleknya aja baut 5 R15 khas SUV jaman itu.
2. Fun fact, diluaran sana Taruna nama lainnya Terios
3. Untuk Espass, diantara minibus hidung pendek (Kayak APV, carry, zebra lama, grandmaxluxio) dia paling nyaman posisi duduk nyetirnya. Gak setegak yang lainnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Daihatsu taruna
Thank you tambahan info & koreksinya om.quyquy wrote: Tue May 09, 2023 6:24 Taruna ada chassis pendek: CL, CX, CXS, CSR
ada yang chassis panjang: FL, FX, FGX, FGZ (FGX + wood panel)
CSR itu spesial karena mesinnya 1600cc + injeksi -> terkencangnya taruna
Saran ambil yang FGX tahun diatas 2002
Karena ->
1. Dia chasis panjang, lebih nyaman ketimbang avanza-xenia
2. Sudah ada retract elekctric mirror
3. Sudah double blower AC
4. Sudah injeksi
5. Sudah lampu crytal
Modif dikit aja, visco fannya ganti pakai elektrik kepunyaan Terios
lalu pasangin spion fendernya rush
Sedikit ralat utk beberapa postingan diatas
1. Taruna termasuk low SUV. Dia penerusnya daihatsu feroza, predessornya Rush-Terios. Peleknya aja baut 5 R15 khas SUV jaman itu.
2. Fun fact, diluaran sana Taruna nama lainnya Terios
3. Untuk Espass, diantara minibus hidung pendek (Kayak APV, carry, zebra lama, grandmaxluxio) dia paling nyaman posisi duduk nyetirnya. Gak setegak yang lainnya.
Kemarin pas lebaran kebetulan pulang kampung dan sempet cobain naik mobil ini lagi, duduk sendiri di baris paling belakang.
Masih nyaman banget row ke-3 nya. Cukup lah buat sy yg 165cm. AC juga dinginnya masih kerasa.
Bantingan gak empuk banget yg mentul2, tapi gak keras menyakitkan juga.
Kalo impresi pas nyetir sih seingat saya: body enak, meski panjang tapi gak terlalu lebar.
Terus rasanya kayak ini mobil ringan banget, gak kayak bawa Captiva yg berat tapi stabil.
Cuma buat dalam kota agak capek juga karena koplingnya menurut sy agak dalam dan berat (manual).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Daihatsu taruna
Kopling berat ada keumgkinan sudah mulai habis plat kopling nya.RCMN wrote: Tue May 09, 2023 7:50
Thank you tambahan info & koreksinya om.
Kemarin pas lebaran kebetulan pulang kampung dan sempet cobain naik mobil ini lagi, duduk sendiri di baris paling belakang.
Masih nyaman banget row ke-3 nya. Cukup lah buat sy yg 165cm. AC juga dinginnya masih kerasa.
Bantingan gak empuk banget yg mentul2, tapi gak keras menyakitkan juga.
Kalo impresi pas nyetir sih seingat saya: body enak, meski panjang tapi gak terlalu lebar.
Terus rasanya kayak ini mobil ringan banget, gak kayak bawa Captiva yg berat tapi stabil.
Cuma buat dalam kota agak capek juga karena koplingnya menurut sy agak dalam dan berat (manual).
Kalo sudah ganti dengan yang baru tapi kok masih terasa berat, ada kok Om alat peringannya. Banyak dijual di toko ijo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Daihatsu taruna
Bokap dulu pernah nyaris ambil taruna FGX yang biru, tapi batal akhirnya ambil LGX Diesel
Setahu saya sih trim tertinggi Taruna itu Taruna FGZ 1.6 injeksi
Kata bapak sih nyetirnya masi enakan nyetir kijang meskipun taruna udah monokok, berasa lebih limbung
Saat itu saya masi SMA kelas 1 di balikpapan, kesana kemari masi naik suzuki ternoda, tapi jaman mbah gus dur segitu yah dikuasai kuartet kijang, panther, taruna, dan kuda
Klo hatchback dikuasai peugeot 206, dcab dikuasai ford ranger
Setahu saya sih trim tertinggi Taruna itu Taruna FGZ 1.6 injeksi
Kata bapak sih nyetirnya masi enakan nyetir kijang meskipun taruna udah monokok, berasa lebih limbung
Saat itu saya masi SMA kelas 1 di balikpapan, kesana kemari masi naik suzuki ternoda, tapi jaman mbah gus dur segitu yah dikuasai kuartet kijang, panther, taruna, dan kuda
Klo hatchback dikuasai peugeot 206, dcab dikuasai ford ranger
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Daihatsu taruna
yang paling memorable dari taruna selain bantingan aneh, suara gardan unik banget, jadi suara mekanikal dari mesin kedengeran eh ini dari belakang juga ada.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Daihatsu taruna
Kalau suara gardan, sepertinya jadi signature Daihatsu.
Dari jaman Hijet 1000 sampai Xenia.
Entah mengapa dari pabrikan tdk ada yg terganggu dengan suaranya.
Dari jaman Hijet 1000 sampai Xenia.
Entah mengapa dari pabrikan tdk ada yg terganggu dengan suaranya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Daihatsu taruna
Pernah pake taruna CX mgkn 2 tahunan, udah agak lupa sih impresinya kek gimana, soalnya taon 2003-2005 gt pakenya, tp sepertinya emang ngk ada yg aneh2, cukup empuk kalo buat sy, sering ai hajar poldur sampe loncat2 ai nya
, setir enteng, ac yah dingin, cukup robust sih mnrt ai, cuman bener jg spt yg disebutin di atas, ini mobil kok skrg udah kayak dedemit dijalan, ampir ngk pernah liat lagi, entah udah pada geser ke daerah atau emang udah pada dijualin ke junkyard.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Sep 12, 2023 10:09
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Taruna EFI
Re: Daihatsu taruna
Bokap pake Taruna FGZ efi 1.6 (2002) sampe almarhum 2017, total 180rb km, sold buat byr rmh sakit.
Akhirnya 2018 ane beli yg Oxxy FX 2005 buat sendiri.
Kelebihannya:
Akhirnya 2018 ane beli yg Oxxy FX 2005 buat sendiri.
Kelebihannya:
- Work & family car, rutin mudik jkt-malang, mogok 1x doang (aki krg air/lupa isi)
- Bandel sangat, gak pernah overheat (rajin kuras radiator)
- Jajannya murah meriah serasa mobil sejuta umat, meski unit jarang terlihat
(cek post ini utk biaya2nya: viewtopic.php?p=1278309#p1278309) - Part ori jepangnya (kode 000) awet parah!
- Kaki-kaki kokoh brutal bin nyaman, diisi 5 dewasa berasa alpart, klo sendirian jd katana
- Teknologi simpel, minim sensor, minim drama elektrikal
- Jago tanjakan, ga takut genangan/jln berlubang
- Stabil, terutama yg seri F bebas limbung krn bodi panjang
- Minum oktan 88/90 gak ngelitik (set delco turun dikit)
- BBM lukot/dalkot standar 9-11 km/ltr
- Audio bawaan mantab, dpn-blkng pioneer 6.5 inch
- Masih pake konde (tergantung selera)
- Lumayan badak: diserempet lcgc emak2 ampe bemper doi lepas, sini lecet doang dikompon ilang
- Fitur interior basic abis, mewahan transmover wkwkw
- Dengunan mesin & gardan berisik masuk kabin di rpm tertentu
- Masuk gigi 1, 2, R kadang agak susah, dari jaman taft katanya gitu
- Di tol kita orang taat aturan: gigi 5 rpm 3500 pas 100kpj
- Penyakit umum motuba: bushing2, kancing2, part2 yg plastik udah pada aus
- Yg non-oxxy waspada timing belt putus, klo oxxy bentuk kepala piston udh ngikutin posisi klep
- Termostat jgn dilepas, visco jgn dipaten, ini mobil sensi ama suhu, kedinginan salah, kepanasan apalagi
- Rajin2 cek & bersihin PCV valve, klo nutup/mampet jd boros, tekanan di ruang klep tinggi, panas, ujung2nya bikin sil/gasket pd bocor
- Klo PCV dol/mbuka terus jg bahaya ngotorin intake & ngerusak sensor maf, idle up, dan vakum2 laennya
- Pernah dikira mobil dosen sm security kampus (is this good/bad?)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Daihatsu taruna
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi