vulvy8858 wrote: Fri Apr 14, 2023 3:51
ga kerasa juga zenix 2 minggu ini uda jalan 910an km..
reborn uda 1000 km lebih wakakakakakakak
gimana review nya Zenix saat dipakai perang melawan reborn yang uda teruji wakwkakwka.
1. Konsumsi BBM
Zenix Hybrid buat rute kombinasi dalkot – tol, secara konsumsi BBM, sudah diisi full 31 liter x 2, pengisian pertama menggunakan BP95, pengisian kedua menggunakan BP92. konsumsi BBM ON MID berkisar 1:14.8 – 1:15.3, dan full to full sekitar 1:14.6 – 14.7, ga jauh beda simpangannya antara MID dengan F2F.. Cost BBM yang dikeluarkan 520rb BP95 dan 360rb BP92. 880rb IDR buat 910 km, jadi 967 IDR / km.
Reborn buat rute harian yang sama, sementara naik 1.020 km, pengisian 350rb solar 6800, 150rb BP95, dan 500rb DEX. Jadi kurang lebih 94 liter. 1020 / 94 = 1:10.85. On MID berkisar 1:11.2 – 1:12.1, ga jauh jauh dari situ. 1 juta buat 1020 km, 980 IDR / km.
Jadi ada penghematan sekitar 35% dari Reborn buat konsumsi BBM.
Kalo dari uang yang dikeluarkan, cheat solar 6800 sangaaaatttt membantu, kalo full DEX di Reborn compare to full oktan 95 di Zenix, Reborn akan kalah jauh di jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian BBM. Bisa selisih 40% untuk biaya operasional BBM per km nya.
Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, isi BBM sebelumnya full DEX atau apapun yang bukan solar 6800. kemarin isi solar 6800 iseng2 coba aja.
2. Tenaga
Yang kemarin ada notes Zenix akan agak berat saat diisi full load, iya.
Torsi Zenix di Eco Mode terasa agak kurang waktu bagasi diisi full load dan penumpang diatas 5 orang. Mesti geser ke Normal Mode baru rada enakan. Tapi masih belom seenak Reborn. Mesti gas agak dalam dahulu.
Di Reborn, diisi muatan yang sama dengan Eco Mode, torsi tetap ada diatas 1500 rpm meski naiknya ga cepet tapi pasti jalan dan ga perlu terlalu dibejek bejek. Pas geser normal mode, Reborn digas dikit langsung laju. Selama dapet momentum, torsi diesel ini menurut saya lebih enak dari bensin + mesin listrik.
Hal ini berkebalikan 180 derajat saat dikendarai sendiri atau maximal 2 orang di depan.
Saya akui teknologi mesin dan drivetrain sangat berperan disini.
Tenaga Zenix lebih dari cukup buat menendang bokong ente dari 0 ke 100 kpj di sekitar 9 detik, dan tetap pushy sampe 140-145 kpj. Reborn butuh 11-12 detik buat mencapai 100 kpj, dan tidak seringan Zenix untuk mencapai 140-145 kpj, namun perlahan tapi pasti bisa mencapai 140 kpj.
Top speed belum tahu, tapi sepanjang 7 tahun pake reborn, habis angka di speedometer sudah beberapa kali.
Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek.
3. Handling
Yang kemarin ada bilang rancang bangun Zenix secara platform sudah bagus, iya saya setuju.
Zenix tidak menyeramkan saat ditekuk di tikungan, tetap stabil saat zigzag di kecepatan tinggi, mengerem mendadak di jarak braking yang mepet, dan nose dipping nya tidak separah Reborn.
Yang kurang dari Zenix compare to Reborn hanya feeling setir diatas 100 kpj.
Reborn dengan Hydraulic PS dan sasis tangga nya terasa lebih antep saat cruising santai di kecepatan tinggi, selama ga ngerem dan ga pindah jalur, Reborn lebih terasa antap dan gak ampang kayak Zenix. Zenix secara body lebih anteng dan gak limbung, tidak bergoyang dan pas direm juga enak. Tapi setirnya terasa ampang / terlalu ringan.
Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, ban juga tetap Enasave.
Zenix dapet Champiro Luxe.
4. Kenyamanan sebagai pengemudi
Dari sisi posisi duduk, Zenix lebih tinggi dan commanding, tapi Reborn lebih relax dan santai.
Dari sisi kelincahan di rute dalam kota dan nurut2nya feedback setir dan rem, Zenix jauh lebih baik dari Reborn meski ukuran bodynya lebih besar. Namun saat cruising santai di tol, Reborn terasa lebih rileks dan anteng.
Buat mengemudi Zenix selama berjam jam di kemacetan JaBoDeTaBek, selama 2 minggu ini saya cukup enjoy, karena mobil lebih mudah dikendalikan dan lebih berasa lincah dari Reborn saat macet parah, Cuma kalo dapet rute jauh yang banyakan cruising di tol, saya lebih suka pake Reborn karena lebih santai.
5. Kenyamanan sebagai penumpang Row 2
Karena Zenix yang kami gunakan adalah versi Hybrid, kaki jadi ga bisa masuk ke bawah jok pengemudi dan jok penumpang depan. Jadi ada sesuatu yang missing gt ya wakakakak, tapi secara space row kedua, Zenix jauh lebih baik dari Reborn.
Ayunan suspensi Zenix yang lebih teratur dan lebih tidak limbung juga jadi plus point. Biasanya saya rada mabuk darat saat ngetik di laptop waktu pake Reborn di row kedua, saat pakai Zenix, sudah jauh lebih nyaman karena tidak terlalu goyang goyang. Waktu lewat jalan bergelombang, duduk di row 2 Zenix jauh lebih enak juga karena kita ga berasa macam diayun ayun hahahahaha,
Cuma memang Zenix berasa lebih keras dari Reborn.
6. Hal-hal lain.
Note buat pengguna baru Zenix,
Saat menggunakan Eco Mode, compressor AC sedikit mengurangi kemampuannya, jadi kalo ente lagi macet macetan di siang hari bolong dan AC nya mulai berasa kurang mampu mendinginkan kabin, hal pertama yang biasanya Anda lakukan pasti mengecilkan suhu dan menambah putaran blower fan, Cuma kalo hal ini masi kurang membantu, ubah drive mode ke Normal. AC nya mulai berasa dingin.
Kalo di Reborn mah dia lgsg nge joss dingin nya wakakakakak.
Sama pengurangan fitur2 cabin amenities di row 1 Zenix emang cukup mengganggu, utamanya vanity mirror sama glasses holder . . .
But well okay sementara ini Zenix cukup membantu mengurangi operational cost kami.
kita lihat saja beberapa kilometer ke depannya.