
Pengalaman sebelumnya pake bmw e39 528i, pakai selama 7 tahun lebih. Jadi udah tau lah plus minus pelihara seekor bmw.
Dari dulu emang sudah suka banget sama bmw. Yang timeless itu bmw e46 dan f10. Dulu sebelumnya ngincer e46 325i, tapi akhirnya kepincut sama e39 karena fitur2 nya yg lbh lengkap dan pastinya lebih nyaman dan harganya lebih murah

Nah ini juga pengennya ke f10 528i yang masih 6 cylinders, tp unitnya dikit, dan yang jual harganya masih 300an. Budget untuk refreshnya pasti kurang. Jadi akhirnya skip dulu
Trus iseng2 liat e90 325i lci dan 530i lci. Sempet mau ambil 325i lci tapi ga jadi karena kondisinya ternyata kurang bagus. Akhirnya deal ke 530i lci dengan nego harga yang alot, dan aga tinggi. Tapi karena sudah cocok sama barangnya, ya akhirnya deal

Setelah ambil bawa ke bengkel, ganti thermostat, ganti oli tune up biasa, sama shock kap mesin. Masih ada pr di water valve heater ac, shock depan ada rembes, dan packing mesin ada rembes juga. Tp overall mesin matic semua bagus.
Mesin nya N52N b30 3000cc 6 cylinders. Spec tenaga ada yang bilang 272ps, kaya mesin N53 karena jeroan mesin ada beda sama N52 biasa. Tapi lihat di faktur tenaga 190kW, yang berarti sama dengan N52 biasa.
Matic 6speed dengan joystick. Lebih kuat dan jarang masalah mechatronic katanya, semoga aja beneran aman
Impresi driving effortless banget. Suara mesin 6 cylinders nya halus, dan pas di bejek enak banget.
Pertama bawa sempet kaget, ini setirnya enteng banget beda sama e39. Dan karena ini sudah pake active steering jadi belok sampe mentok ga sampe 1 putaran setirnya, buat saya awalnya bikin kagok, tapi lama kelamaan enak banget bikin mobil jd lincah, ga serasa nyetir mobil gede. Dipake dalam kota enak banget.
Untuk bantingannya sendiri jauh lebih keras dari e39, tapi untuk handling kerasa lebih direct dari e39. Bener2 ga kerasa bawa mobil besar
Untuk kabin e60 ini jauh lebih luas feelingnya dari e39, karena sudah lama di e39, saya jujur lebih suka feel kabin di e39. E60 center console lebih lebar, but looks really nice. Jarak kursi ke doortrim juga lebih jauh, ditambah jok yang lebih lebar. Kalo untuk senderan tangan kerasa aga jauh.
Yang aga kurang suka posisi duduk dia agak tinggi, tidak seperti e39 yang kaki bisa lurus dan kerasa sporty nya. Trus jok di e60 lebih besar, cuma di badan saya lebih enak e39 karena dia memeluk badannya lebih pas.
Untuk bobot setirnya enteng banget. Dulu saya biasa bawa e39, bawa pajero setirnya pajero kerasa enteng. Sekarang bawa e60, setirnya pajero kerasa lebih berat. Kalo pas di high speed juga masi kerasa enteng untuk saya. Untuk setirnya sendiri dapet model sport palang 3, ukuran enak cuma untuk bahan lapisan setirnya yg aga aneh kalo pake kulit tapi kaya bukan kulit, agak kasar teksturnya dan ga empuk
Fiturnya yg lci ini sudah keyless entry, engine start stop ga perlu colok kunci lg,headlamp auto, wiper auto, electric seat kanan kiri, memory seat, auto dimming mirror. Auto dimming mirrornya ini yg aga menggangu kalo pas nyetir malem, karena spion kanan kiri jg ikut dimming, dan bener2 gelap kalo pas nyala
Untuk looksnya sendiri masi standart semua. Velg untuk 530i lci dapet yg 18 inch 2 tone polish, dan lebar belang. Lampu depan belakang lci udah cakep banget standartnya. Keliatan kalem, ini mobil harus dilihat langsung baru keliatan keren. Kalo dari foto sih emang kurang cakep. Sampe sekarang saya masi belom bisa mencerna bagian belakangnya
