Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Kasus pertama super air jet pesawat 21 maret 2022
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Kasus kedua batik air 20 April 2022
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Mana maskeran pula, kebayang pengapnya 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Kalo ga salah dua brand ini induknya sama2 si singa terbang ya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
klo org luar bilangnya klo barang/servis jelek vote with your money
cmn klo money sulit gmn
cmn klo money sulit gmn


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
panas & bengep seh itu, aplg terbang tinggi lebi deket matahari
cuma koq boleh terbang ya?
cuma koq boleh terbang ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
IMHO ya
Kemungkinan masalah di Air Conditioning & Pressurization, masalahnya muncul setelah pesawatnya lepas landas dan sudah mencapai 30rb kaki.. jd bukan dari ground bermasalahnya
Dilakuin emergency descend ke 10.000 itu emg udh prosedur dr airbus, dan emg ga disebutin hrs land as soon as posible..
TAPI pilot harusnya punya diskresi kalo mau divert ke airport terdekat, cm kita ga tau pertimbangan apa yg dipilih pilotnya sehingga tetep dilanjut ke tujuan..
bisa jadi kalo divert pesawatnya blm memenuhi MLW (maximum landing weight) karena bawa fuel banyak, sehingga hrs muter2 dulu yang mungkin kalo dihitung waktunya ga jauh beda dibanding continue to destination
So, hanya pilotnya yg tau

Sebetulnya ini kondisi normal, itu engine nya emg lg di idupin pake air stater unit (kompresor bertekanan tinggi untuk memutar turbine pesawat sblm dimasukin fuel) emg ada suara bisingnya, kadang jg suka keluar asap tp ini normal
Berarti itu start engine nya ga pake APU (auxiliary power unit), tapi pake ASU (Air Starter Unit)/GTC (Gas Turbine Compressor) makanya ada suara bising
Suara menggonggong (di akhir video) itu juga normal, itu suara hidrolik PTU (Power Transfer Unit) yg ada di airbus a320, biasanya bunyi pas lg start engine juga.. ini suara normal buat a320
Lain cerita kalo boeing 737, ga akan ada suara menggonggong krn 737 ga pake PTU
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Ga bisa bayangin 2 jam dlm pesawat tanpa ac. Kadang nunggu takeoff lama trus ac blm dingin aja uda ga betah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Nah yg kasus kedua ganti pesawat omadiputra4 wrote: Sat Apr 29, 2023 14:56IMHO ya
Kemungkinan masalah di Air Conditioning & Pressurization, masalahnya muncul setelah pesawatnya lepas landas dan sudah mencapai 30rb kaki.. jd bukan dari ground bermasalahnya
Dilakuin emergency descend ke 10.000 itu emg udh prosedur dr airbus, dan emg ga disebutin hrs land as soon as posible..
TAPI pilot harusnya punya diskresi kalo mau divert ke airport terdekat, cm kita ga tau pertimbangan apa yg dipilih pilotnya sehingga tetep dilanjut ke tujuan..
bisa jadi kalo divert pesawatnya blm memenuhi MLW (maximum landing weight) karena bawa fuel banyak, sehingga hrs muter2 dulu yang mungkin kalo dihitung waktunya ga jauh beda dibanding continue to destination
So, hanya pilotnya yg tau![]()
Sebetulnya ini kondisi normal, itu engine nya emg lg di idupin pake air stater unit (kompresor bertekanan tinggi untuk memutar turbine pesawat sblm dimasukin fuel) emg ada suara bisingnya, kadang jg suka keluar asap tp ini normal
Berarti itu start engine nya ga pake APU (auxiliary power unit), tapi pake ASU (Air Starter Unit)/GTC (Gas Turbine Compressor) makanya ada suara bising
Suara menggonggong (di akhir video) itu juga normal, itu suara hidrolik PTU (Power Transfer Unit) yg ada di airbus a320, biasanya bunyi pas lg start engine juga.. ini suara normal buat a320
Lain cerita kalo boeing 737, ga akan ada suara menggonggong krn 737 ga pake PTU
Awalnya ngotot terbang tetapi penumpang ga mau akhirnya ganti pesawat
Sebenarnya ada kasus ketiga
Pas mau lepas landas AC mati juga
Cuma berhubung lanjut terbang dan ga ada berita lanjutan berarti pas udah terbang acnya nyala
Sekarang concernnya suhu sangat panas
Yg dikhawatirkan sekarang bukan covid
Melainkan heat stroke
Kasus pertama dehidrasi keringatan 2 jam ga dikasih kompensasi air minum aja udah aneh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Kasus ketiga sebetulnya memang ada beberapa perusahaan yg SOPnya AC/PACKS dihidupkan setelah lepas landas dan ON pada ketinggian tertentu (umumnya 1.500 kaki setelah airborne)Salvanost wrote: Sat Apr 29, 2023 17:41
Nah yg kasus kedua ganti pesawat om
Awalnya ngotot terbang tetapi penumpang ga mau akhirnya ganti pesawat
Sebenarnya ada kasus ketiga
Pas mau lepas landas AC mati juga
Cuma berhubung lanjut terbang dan ga ada berita lanjutan berarti pas udah terbang acnya nyala
Sekarang concernnya suhu sangat panas
Yg dikhawatirkan sekarang bukan covid
Melainkan heat stroke
Kasus pertama dehidrasi keringatan 2 jam ga dikasih kompensasi air minum aja udah aneh.
Jd ketika msh di ground & sebelum take off AC tidak disupply oleh APU bleed
Pada saat boarding mungkin msh bisa dingin krn ada GPU/external power
Tujuannya untuk efisiensi bahan bakar, jd sebetulnya ini normal juga om
Emg sih karena kasus super air jet ini penumpang jd lebih gampang panik
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
ahh senang sekali dengan technical explanation nya om, jadi inget forum indof*yer saat masih ramai-ramainya dulu.adiputra4 wrote: Sat Apr 29, 2023 18:43
Kasus ketiga sebetulnya memang ada beberapa perusahaan yg SOPnya AC/PACKS dihidupkan setelah lepas landas dan ON pada ketinggian tertentu (umumnya 1.500 kaki setelah airborne)
Jd ketika msh di ground & sebelum take off AC tidak disupply oleh APU bleed
Pada saat boarding mungkin msh bisa dingin krn ada GPU/external power
Tujuannya untuk efisiensi bahan bakar, jd sebetulnya ini normal juga om
Emg sih karena kasus super air jet ini penumpang jd lebih gampang panik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Pas naek pesawat bumn juga pernah kepanasan kalo lagi antri terbang
Tapi kalo dah diatas yah jadi dingin lagi sampe kaya fogging gitu tapi lama2 ilang biasa lagi
Daripada parno takut kenapa2 yang paling bener hindarin aja terbang pake grup ono kalo ga kepepet
Tapi kalo dah diatas yah jadi dingin lagi sampe kaya fogging gitu tapi lama2 ilang biasa lagi
Daripada parno takut kenapa2 yang paling bener hindarin aja terbang pake grup ono kalo ga kepepet
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Naik citilink, mungkin airbus seri lama. Mesin sangat bising. Suara hidrolik juga berisik sepeeti gergaji.
AC kokpit apa beda sendiri? Kalau pilot kepanasan apa nggak resiko? Saya nyetir kalau AC mati, langsung gak konsen.
AC kokpit apa beda sendiri? Kalau pilot kepanasan apa nggak resiko? Saya nyetir kalau AC mati, langsung gak konsen.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Kalo ada budget sebaiknya jangan naek low cost carrier. Jaman dulu (taon 2012 masih kuliah kere hore duit jajan dikasih bokap) gw pernah naek airasia tujuan denpasar liburan sama temen2 kampus (anak kampus pasti cari apa2 yg murah kan wkwkwk). Nahh tu AC panass tp dipaksa terbang. Sampe ngurah rai sihh . Untung pas flight balik pulang ke jkt, normal smua.
Kg lama brapa taon setelah nya denger berita air asia nyebur ke laut yg flight dari juanda ke sg wkwkk kampret. Mana di berita tv di shoot smua tuh muka china2 surabaya pada nangis nangis anggota kluarganya pada meninggoy. Sejak hari itu gw kg pernah flight lg naek pesawat. Tiap mau trip ya roadtrip bawa mobil aj ke Bali ud sampe 3x kali soalnya berasa lebih aman walaupun memang capek.
Sampe kmaren di 2021 baru berani terbang lg. Setelah hampir 10 tahun kg injekin kaki di dalem pesawat
————
Ada cerita lagi share pengalaman
Awal april kmaren gw sama bini flight naek SQ balik dari bangkok transit di changi airport (singapore). Trus pas mau balik dari Changi ke CGK (jadwal depart at 21:55 wktu sg) . Pesawatnya (boeing seri brapa lupa) ada troubleshoot AC didalem kabin kg mau nyala dinginnya. Posisi smua penumpang ud didalem kabin. Dan pesawat ud posisi di taxi lepas dari jembatan penghubung
Akhirnya di coba2 tetep kg bisa sampe 1 jam. Pilot langsung announces change pesawat. Flight boarding lg jam 12 malem. Yaudah kita smua di taxi ulang masuk ke gate. Pindah pesawat process boarding lg sgala macem. Kg ada yg complain seh penumpang2 nya paling pada ngantuk aj ud malem. Malah ada tu engko2 bilang ke temennya “bagus lah ganti pesawat kena delay sbntr, drpd dipaksa terbang. Malah gw ngeri”
Akhirnya kita flight jem 00:30 pagi waktu singapore . Sampe soekarno hatta sekitar jem 1 pagi WIB (mundur 1 jam time zonenya). Ambil koper, masuk imigrasi beres smua. Pas sampe rumah baru sempet check email. Mereka (pihak SQ) kirim permohonan maaf. Hahaaa

Jadwal flight pas pesawat kena trouble shoot AC panas, itu di monitor tulisannya ud 10:53 PM (22:53) . Krn ud hampir 1 jam didalam kabin semenjak boarding

Akhirnya pesawat di docking ulang ke boarding gates, mau proses turunin penumpang, pindah pesawat

Email permohonan maaf dari pihak SQ sekaligus jadwal flight ulang terbaru
Kg lama brapa taon setelah nya denger berita air asia nyebur ke laut yg flight dari juanda ke sg wkwkk kampret. Mana di berita tv di shoot smua tuh muka china2 surabaya pada nangis nangis anggota kluarganya pada meninggoy. Sejak hari itu gw kg pernah flight lg naek pesawat. Tiap mau trip ya roadtrip bawa mobil aj ke Bali ud sampe 3x kali soalnya berasa lebih aman walaupun memang capek.
Sampe kmaren di 2021 baru berani terbang lg. Setelah hampir 10 tahun kg injekin kaki di dalem pesawat

————
Ada cerita lagi share pengalaman
Awal april kmaren gw sama bini flight naek SQ balik dari bangkok transit di changi airport (singapore). Trus pas mau balik dari Changi ke CGK (jadwal depart at 21:55 wktu sg) . Pesawatnya (boeing seri brapa lupa) ada troubleshoot AC didalem kabin kg mau nyala dinginnya. Posisi smua penumpang ud didalem kabin. Dan pesawat ud posisi di taxi lepas dari jembatan penghubung
Akhirnya di coba2 tetep kg bisa sampe 1 jam. Pilot langsung announces change pesawat. Flight boarding lg jam 12 malem. Yaudah kita smua di taxi ulang masuk ke gate. Pindah pesawat process boarding lg sgala macem. Kg ada yg complain seh penumpang2 nya paling pada ngantuk aj ud malem. Malah ada tu engko2 bilang ke temennya “bagus lah ganti pesawat kena delay sbntr, drpd dipaksa terbang. Malah gw ngeri”

Akhirnya kita flight jem 00:30 pagi waktu singapore . Sampe soekarno hatta sekitar jem 1 pagi WIB (mundur 1 jam time zonenya). Ambil koper, masuk imigrasi beres smua. Pas sampe rumah baru sempet check email. Mereka (pihak SQ) kirim permohonan maaf. Hahaaa

Jadwal flight pas pesawat kena trouble shoot AC panas, itu di monitor tulisannya ud 10:53 PM (22:53) . Krn ud hampir 1 jam didalam kabin semenjak boarding

Akhirnya pesawat di docking ulang ke boarding gates, mau proses turunin penumpang, pindah pesawat

Email permohonan maaf dari pihak SQ sekaligus jadwal flight ulang terbaru
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Ya wajar dan gak heran, SOP nya kaya gtu jd salah satu faktor masuk maskapai top 3 best duniaKielConstantine wrote: Sun Apr 30, 2023 4:59 Kalo ada budget sebaiknya jangan naek low cost carrier. Jaman dulu (taon 2012 masih kuliah kere hore duit jajan dikasih bokap) gw pernah naek airasia tujuan denpasar liburan sama temen2 kampus (anak kampus pasti cari apa2 yg murah kan wkwkwk). Nahh tu AC panass tp dipaksa terbang. Sampe ngurah rai sihh . Untung pas flight balik pulang ke jkt, normal smua.
Kg lama brapa taon setelah nya denger berita air asia nyebur ke laut yg flight dari juanda ke sg wkwkk kampret. Mana di berita tv di shoot smua tuh muka china2 surabaya pada nangis nangis anggota kluarganya pada meninggoy. Sejak hari itu gw kg pernah flight lg naek pesawat. Tiap mau trip ya roadtrip bawa mobil aj ke Bali ud sampe 3x kali soalnya berasa lebih aman walaupun memang capek.
Sampe kmaren di 2021 baru berani terbang lg. Setelah hampir 10 tahun kg injekin kaki di dalem pesawat![]()
————
Ada cerita lagi share pengalaman
Awal april kmaren gw sama bini flight naek SQ balik dari bangkok transit di changi airport (singapore). Trus pas mau balik dari Changi ke CGK (jadwal depart at 21:55 wktu sg) . Pesawatnya (boeing seri brapa lupa) ada troubleshoot AC didalem kabin kg mau nyala dinginnya. Posisi smua penumpang ud didalem kabin. Dan pesawat ud posisi di taxi lepas dari jembatan penghubung
Akhirnya di coba2 tetep kg bisa sampe 1 jam. Pilot langsung announces change pesawat. Flight boarding lg jam 12 malem. Yaudah kita smua di taxi ulang masuk ke gate. Pindah pesawat process boarding lg sgala macem. Kg ada yg complain seh penumpang2 nya paling pada ngantuk aj ud malem. Malah ada tu engko2 bilang ke temennya “bagus lah ganti pesawat kena delay sbntr, drpd dipaksa terbang. Malah gw ngeri”
Akhirnya kita flight jem 00:30 pagi waktu singapore . Sampe soekarno hatta sekitar jem 1 pagi WIB (mundur 1 jam time zonenya). Ambil koper, masuk imigrasi beres smua. Pas sampe rumah baru sempet check email. Mereka (pihak SQ) kirim permohonan maaf. Hahaaa
-cut-


https://www.cnbc.com/2022/11/10/best-ai ... nking.html
Segala sesuatu hal yg customer centric = need more
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
rasanya AC pesawat benar-benar diminimalkan. Mungkin di setel di suhu 28 derajat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
ini pesawat batik kok aneh yah, kemaren lagi taxiing sebelum take off dari changi pesawatnya malah muter2 dulu kayak mobil lagi cari parkir di mall.
delay yah udah pasti, dan AC nya cuma keluar angin doang, ampe anak2 balita pada nangis.
setelah mengudara, baru deh terasa dingin.
kemudian nyampe jkt, AC nya langsung mati lagi, cuma angin doang yang keluar.
kaga ada duit atau gimana ini perusahaannya ? ngirit sih bukan gitu caranya.
delay yah udah pasti, dan AC nya cuma keluar angin doang, ampe anak2 balita pada nangis.
setelah mengudara, baru deh terasa dingin.
kemudian nyampe jkt, AC nya langsung mati lagi, cuma angin doang yang keluar.
kaga ada duit atau gimana ini perusahaannya ? ngirit sih bukan gitu caranya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ac pesawat rusak tetapi tetap ngotot lanjut terbang?
Benar sekali, berarti sudah lama Batik seperti itu. Kalau take off siang hari dan cuaca sedang ekstrim pasti jadi masalah besar.