Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
setelah seminggu pakai.. iya berasa di throttle responsenya jauh membaik di banding busi lama.. di toel dikit jalan sekarang.. yg lama alias busi standard pabrikan di toel ngeden dulu baru gerak wakaka
wicaksono99 wrote: Fri Dec 09, 2022 14:35
Btw tumben jadi banyak yg pakai denso twin tip.. Wkwkwkwk
Karena ada official store-nya di toko ijo mungkin ya?
Sementara NGK iridium banyak dijual dengan harga too good to be true Screenshot_20221225_184711.jpg
Njirr, sepersepuluh harganya sama NGK iridum laser yg box honda
Denso yang dijual denso indo resmi disini soalnya mentok seri twin tip iridium aja, jadi ya pda ambil itu
Sebenernya padanan langsung yg sekelas buat produk high end NGK laser iridium dari denso itu seri denso S series
Sama2 0.7mm dan karenanya masuk kategori "long life iridium" ketimbang I seriesnya yang 0.3mm
Ada sih di tokped yg jual SKJ20DR, asli denso tp engga ambil dari denso indo, harganya 270rb per pcs (setara harga NGK IZFR6K)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
wicaksono99 wrote: Fri Dec 09, 2022 14:35
Btw tumben jadi banyak yg pakai denso twin tip.. Wkwkwkwk
Karena ada official store-nya di toko ijo mungkin ya?
Sementara NGK iridium banyak dijual dengan harga too good to be true Screenshot_20221225_184711.jpg
Njirr, sepersepuluh harganya sama NGK iridum laser yg box honda
Denso yang dijual denso indo resmi disini soalnya mentok seri twin tip iridium aja, jadi ya pda ambil itu
Sebenernya padanan langsung yg sekelas buat produk high end NGK laser iridium dari denso itu seri denso S series
Sama2 0.7mm dan karenanya masuk kategori "long life iridium" ketimbang I seriesnya yang 0.3mm
Ada sih di tokped yg jual SKJ20DR, asli denso tp engga ambil dari denso indo, harganya 270rb per pcs (setara harga NGK IZFR6K)
wah menarik thanks infonya om.. ane coba cari dulu dah.. so far ganti iri TT itu konsumsi bbm berasa dari 17kmpl(busi pabrikan) jd 19.6kmpl
Review busi nikel twin tip denso setelah digunakan 10.000km pakai bahan bakar metana / CNG.
Gak ada kerak karbon yg nempel, masih bersih aja tu busi.
IMG_20221230_124242.jpg
IMG_20221230_124253.jpg
Iseng ngintip ruang bakar lewat lubang busi.. Lah jadi lebih bersih, kerak karbon yg sebelumnya rontok kayanya.. Padahal semenjak 16rb km sampai 83rb km pakai bensin ron 89 & 90 gak pernah digurah itu ruang bakar, paling pake fuel complete cleaner aja yg murmer tiap 10rb km. Pakai metana mulai 83rb km dan sekarang sudah 93rb km tu mobil new ertiga
IMG_20221230_102440.jpg
IMG_20221230_102427.jpg
IMG_20221230_102414.jpg
IMG_20221230_102226.jpg
Sekarang jadi lebih hemat dah pengeluarannya.. Udah gak pusing pakai cairan pembersih lagi, skrng keraknya rontok sendiri mungkin karna panasnya pembakaran metana.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wicaksono99 wrote: Fri Dec 30, 2022 5:53
Review busi nikel twin tip denso setelah digunakan 10.000km pakai bahan bakar metana / CNG.
Gak ada kerak karbon yg nempel, masih bersih aja tu busi.
IMG_20221230_124242.jpg
IMG_20221230_124253.jpg
Iseng ngintip ruang bakar lewat lubang busi.. Lah jadi lebih bersih, kerak karbon yg sebelumnya rontok kayanya.. Padahal semenjak 16rb km sampai 83rb km pakai bensin ron 89 & 90 gak pernah digurah itu ruang bakar, paling pake fuel complete cleaner aja yg murmer tiap 10rb km. Pakai metana mulai 83rb km dan sekarang sudah 93rb km tu mobil new ertiga
IMG_20221230_102440.jpg
IMG_20221230_102427.jpg
IMG_20221230_102414.jpg
IMG_20221230_102226.jpg
Sekarang jadi lebih hemat dah pengeluarannya.. Udah gak pusing pakai cairan pembersih lagi, skrng keraknya rontok sendiri mungkin karna panasnya pembakaran metana.
alternatif Zero-E
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99 wrote: Fri Dec 30, 2022 5:53
Review busi nikel twin tip denso setelah digunakan 10.000km pakai bahan bakar metana / CNG.
Gak ada kerak karbon yg nempel, masih bersih aja tu busi.
IMG_20221230_124242.jpg
IMG_20221230_124253.jpg
Iseng ngintip ruang bakar lewat lubang busi.. Lah jadi lebih bersih, kerak karbon yg sebelumnya rontok kayanya.. Padahal semenjak 16rb km sampai 83rb km pakai bensin ron 89 & 90 gak pernah digurah itu ruang bakar, paling pake fuel complete cleaner aja yg murmer tiap 10rb km. Pakai metana mulai 83rb km dan sekarang sudah 93rb km tu mobil new ertiga
IMG_20221230_102440.jpg
IMG_20221230_102427.jpg
IMG_20221230_102414.jpg
IMG_20221230_102226.jpg
Sekarang jadi lebih hemat dah pengeluarannya.. Udah gak pusing pakai cairan pembersih lagi, skrng keraknya rontok sendiri mungkin karna panasnya pembakaran metana.
alternatif Zero-E
Iya zero - E alias zero electrified
Emisi tetap ada tapi hanya sebesar 30% nilai emisi bensin. Cuma Nox biasanya lebih tinggi daripada pakai bensin.. Tapi liat di jurnal penelitian masih lebih tinggi nox bensin ron 98 dibanding metana di mobil kompresi 9.5:1
wicaksono99 wrote: Fri Dec 30, 2022 5:53
Review busi nikel twin tip denso setelah digunakan 10.000km pakai bahan bakar metana / CNG.
Gak ada kerak karbon yg nempel, masih bersih aja tu busi.
IMG_20221230_124242.jpg
IMG_20221230_124253.jpg
Iseng ngintip ruang bakar lewat lubang busi.. Lah jadi lebih bersih, kerak karbon yg sebelumnya rontok kayanya.. Padahal semenjak 16rb km sampai 83rb km pakai bensin ron 89 & 90 gak pernah digurah itu ruang bakar, paling pake fuel complete cleaner aja yg murmer tiap 10rb km. Pakai metana mulai 83rb km dan sekarang sudah 93rb km tu mobil new ertiga
IMG_20221230_102440.jpg
IMG_20221230_102427.jpg
IMG_20221230_102414.jpg
IMG_20221230_102226.jpg
Sekarang jadi lebih hemat dah pengeluarannya.. Udah gak pusing pakai cairan pembersih lagi, skrng keraknya rontok sendiri mungkin karna panasnya pembakaran metana.
alternatif Zero-E
Iya zero - E alias zero electrified
Emisi tetap ada tapi hanya sebesar 30% nilai emisi bensin. Cuma Nox biasanya lebih tinggi daripada pakai bensin.. Tapi liat di jurnal penelitian masih lebih tinggi nox bensin ron 98 dibanding metana di mobil kompresi 9.5:1
Electrified
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Baru ganti busi lipindut l11
Di km 94.700
Kaget hasilnya tumpul kaya pentul korek
Selama ini konsumsi bensin 1:16 luar kota dan pikiran masih kuat sampe 125rb km ga ada getaran hebat atau pincang, sempet masih lari di 140km/jam
Businya lzkar6ap-11 diganti ke denso ixeh20tt
Screenshot_20230212_132356.jpg
Screenshot_20230212_132414.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
trebla88 wrote: Sun Feb 12, 2023 6:28
Baru ganti busi lipindut l11
Di km 94.700
Kaget hasilnya tumpul kaya pentul korek
Selama ini konsumsi bensin 1:16 luar kota dan pikiran masih kuat sampe 125rb km ga ada getaran hebat atau pincang, sempet masih lari di 140km/jam
Businya lzkar6ap-11 diganti ke denso ixeh20tt
Screenshot_20230212_132356.jpg
Screenshot_20230212_132414.jpg
sebenernya pembakaran bagus yah tu om, merah bata
Fouling (residu carbon) minim, tapi itu elektroda kayak mau leleh, apa karena emang karakter mesin HR15DE CVTC yg panas ya? Atau karena usia, ini busi nickel biasa khan ya tapi baru ganti di 96ribuan odonya
ixeh20tt berarti denso iridium twin tip ya om?
harusnya bisa sih ini lebih awet dan bagus
saya juga pake denso iridium twin tip, buat gantiin laser iridium NGK yg harganya mahal banget, si denso iridium twintip harga tidak semahal NGK tadi tapi rasanya dipake gak kalah enak, idle alus, starting cepet, tarikan bawah relatif padat, no knocking, lari sampe 190an juga masi sanggup
Cuma entah usia pakai bisa sampe berapa ya
Semoga awet ajah
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
sebenernya pembakaran bagus yah tu om, merah bata
Fouling (residu carbon) minim, tapi itu elektroda kayak mau leleh, apa karena emang karakter mesin HR15DE CVTC yg panas ya? Atau karena usia, ini busi nickel biasa khan ya tapi baru ganti di 96ribuan odonya
ixeh20tt berarti denso iridium twin tip ya om?
harusnya bisa sih ini lebih awet dan bagus
saya juga pake denso iridium twin tip, buat gantiin laser iridium NGK yg harganya mahal banget, si denso iridium twintip harga tidak semahal NGK tadi tapi rasanya dipake gak kalah enak, idle alus, starting cepet, tarikan bawah relatif padat, no knocking, lari sampe 190an juga masi sanggup
Cuma entah usia pakai bisa sampe berapa ya
Semoga awet ajah
Ya om
Jalan masi ga pincang ama masi mayan irit 1:16
Efek dikasi bensin mayan ron 98 kayanya
Harusnya itu ngk lzkar6ap platinum tahan 40-50rb km ya cmiiw
Ini beli 2nd ga ada history ganti busi sampe 94rb
Uda sampai tumpul gitu efek enjin resing supee hot kayanya
Tapi seinget saya lipindut l11 uda dikasi iridium busi standarnya dan pengecekan di 100rb km
Ternyata oem nya lzkar6ap ini ya,hebat jg ga jebol sampai 90rb km
Ini beli di official store denso twintip ixeh20tt 135rb
Harusnya tahan ampe 100rb km ya
Moga² nambah irit ama tenaga abis ganti si twintip ini,krn busi bawaan yg uda ancur gitu aja masih mayan yah performanya
sebenernya pembakaran bagus yah tu om, merah bata
Fouling (residu carbon) minim, tapi itu elektroda kayak mau leleh, apa karena emang karakter mesin HR15DE CVTC yg panas ya? Atau karena usia, ini busi nickel biasa khan ya tapi baru ganti di 96ribuan odonya
ixeh20tt berarti denso iridium twin tip ya om?
harusnya bisa sih ini lebih awet dan bagus
saya juga pake denso iridium twin tip, buat gantiin laser iridium NGK yg harganya mahal banget, si denso iridium twintip harga tidak semahal NGK tadi tapi rasanya dipake gak kalah enak, idle alus, starting cepet, tarikan bawah relatif padat, no knocking, lari sampe 190an juga masi sanggup
Cuma entah usia pakai bisa sampe berapa ya
Semoga awet ajah
Ya om
Jalan masi ga pincang ama masi mayan irit 1:16
Efek dikasi bensin mayan ron 98 kayanya
Harusnya itu ngk lzkar6ap platinum tahan 40-50rb km ya cmiiw
Ini beli 2nd ga ada history ganti busi sampe 94rb
Uda sampai tumpul gitu efek enjin resing supee hot kayanya
Tapi seinget saya lipindut l11 uda dikasi iridium busi standarnya dan pengecekan di 100rb km
Ternyata oem nya lzkar6ap ini ya,hebat jg ga jebol sampai 90rb km
Ini beli di official store denso twintip ixeh20tt 135rb
Harusnya tahan ampe 100rb km ya
Moga² nambah irit ama tenaga abis ganti si twintip ini,krn busi bawaan yg uda ancur gitu aja masih mayan yah performanya
Abisnganti busi nissan march dari denso sc16hr11 ex yaris ke ixeh20tt
Pemakaian dari nov 2022 ganti di mbah marmut uda jalan 15k km
Kondisi busi kiri silinder 1 kering ulirnya.silinder lain aga basah ulirnya
Pembakaran kering lean
Minggu lalu saya habis ganti busi, garage queen sih.
dari busi bawaan BeRes merk Denso gw ganti ke NGK Iridium LFR5AIX-11 (busi bawaan Nissan X-Trail, Murano, Serena).
busi yang sepadan harusnya kan LFR6AIX tuh, tapi gw abis liat2 postingan lama pada ngasih saran supaya turunin 1 level heat-step supaya bisa dingin.
dan yes, efeknya lumayan sih, idle pagi 1TR gw nggak manteng di angka 2000RPM lagi tapi di 1500RPM aja.
gw cuma heran mekanik langganan gw bilang kalau busi Denso yg gw ganti tuh udah keliatan terkikis padahal mobil gw tergolong garage queen.
apakah memang busi konvensional (copper based) memang pendek banget yak umurnya ???
Semoga yang ini umurnya bisa panjang deh, gw aliran BBM 92 + nyetir gaya bapack2.
bbrp Bulan lalu baru ganti Busi buat Camry 2AZ
menurut buku panduannya sih antara 2 ini :
- Denso SK20R11
- NGK IFR6A-11
Ngeliat SK20R11 banyak KW-nya akhirnya memutuskan buat beli yg NGK
Sayang sekali IFR6A-11 sudah diskontinyu dan gantinya itu IFR6T-11
Akhirnya udah beli 800rb dan setelah beli malah baru liat2 specsnya (jangan ditiru )
Ternyata center electrode size 1.0mm, padahal versi lamanya (IFR6A-11) 0.7mm
Yah dipasang gak ada masalah sih, cuman performanya gak 'wah' seperti yg electrode lebih kecil
Tau gitu beli IK20TT aja, lebih murah + lebih bagus
Selamat pagi om suhu..izin bertanya ahon haerpi 1.5 ane bntr lg masuk 70rb KM rencana mau ganti busi karena dah jalan 30rb KM dr ganti terakhir, ada saran busi yg paling sip selain bawaan standar?
Ini erpih 1.5 sohc ya, bukan yg baru keluar kan?
Paling sip harganya pakai busi freed di beres udah 900 rb 4 biji. NGK laser iridium IZFR6K-11 di toko ijo bisa dicek di honda internusa, dia official store.
Atau denso iridium IK20TT 600rb 4 biji sama2 di toko ijo official storenya denso.
Krigger wrote: Thu Jul 06, 2023 0:15
Selamat pagi om suhu..izin bertanya ahon haerpi 1.5 ane bntr lg masuk 70rb KM rencana mau ganti busi karena dah jalan 30rb KM dr ganti terakhir, ada saran busi yg paling sip selain bawaan standar?
Badip wrote: Thu Jul 06, 2023 10:47
Ini erpih 1.5 sohc ya, bukan yg baru keluar kan?
Paling sip harganya pakai busi freed di beres udah 900 rb 4 biji. NGK laser iridium IZFR6K-11 di toko ijo bisa dicek di honda internusa, dia official store.
Atau denso iridium IK20TT 600rb 4 biji sama2 di toko ijo official storenya denso.
Krigger wrote: Thu Jul 06, 2023 0:15
Selamat pagi om suhu..izin bertanya ahon haerpi 1.5 ane bntr lg masuk 70rb KM rencana mau ganti busi karena dah jalan 30rb KM dr ganti terakhir, ada saran busi yg paling sip selain bawaan standar?