Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Tadi deal innova reborn G AT 2018 warna putih di harga 303jt
Udah check fisik unit mobilnya overall oke, cat masih ori pabrik, bawa mekanik otospector check mesin aman, gak pernah nabrak, gak pernah kebanjiran
Yg jadi keluhan kayaknya ini transmisi agak geblek, kayaknya nanti di flush oli transmisinya bisa membaik, untuk masalah putu sudah di recall toyota jadinya aman
Velg 4 roda pakai venturer 2022, ban produksi 2021 harusnya masih aman untuk 3 tahun lagi
Nanti serah terima unit hari jumat
Setelah unit di terima akan saya update foto2nya di sini
Saya ucapkan banyak terima kasih ke rekan2 SM & suhu2 SM atas informasi yg di berikan
Udah check fisik unit mobilnya overall oke, cat masih ori pabrik, bawa mekanik otospector check mesin aman, gak pernah nabrak, gak pernah kebanjiran
Yg jadi keluhan kayaknya ini transmisi agak geblek, kayaknya nanti di flush oli transmisinya bisa membaik, untuk masalah putu sudah di recall toyota jadinya aman
Velg 4 roda pakai venturer 2022, ban produksi 2021 harusnya masih aman untuk 3 tahun lagi
Nanti serah terima unit hari jumat
Setelah unit di terima akan saya update foto2nya di sini
Saya ucapkan banyak terima kasih ke rekan2 SM & suhu2 SM atas informasi yg di berikan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Kalo concern di tenaga sih ganti Innova Diesel dari Xpander sih jauh lebih enak tenaga si Innova ya, atau gak concern ke "gengsi atau prestige" sih go ahead om, masih worth it aja kok....
Apalagi chance si Innova utk terjun bebas harganya sih sangat kecil dikarenakan utk saat ini Innova Reborn adalah Innova Diesel model terakhir, jd utk loyalis mobil diesel sih ini mobil akan jadi opsi yang menarik..
Overall sih masih worthed2 aja utk upgrade, tergantung kebutuhan si om gimana.. Saya kebetulan ex user Innova (tapi Innova model lawas, pre Reborn) dan skrg pake Xpander... Kalo untuk harian sih Xpander gak kalah nyaman kok dari Innova (pemakaian saya banyakan sendiri, paling banyak 3-4 orang ga pernah full load)
Apalagi chance si Innova utk terjun bebas harganya sih sangat kecil dikarenakan utk saat ini Innova Reborn adalah Innova Diesel model terakhir, jd utk loyalis mobil diesel sih ini mobil akan jadi opsi yang menarik..
Overall sih masih worthed2 aja utk upgrade, tergantung kebutuhan si om gimana.. Saya kebetulan ex user Innova (tapi Innova model lawas, pre Reborn) dan skrg pake Xpander... Kalo untuk harian sih Xpander gak kalah nyaman kok dari Innova (pemakaian saya banyakan sendiri, paling banyak 3-4 orang ga pernah full load)
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Congrats om. Oli matic nya ganti ptt om langsung membaik. Bawaan Toyota ws itu kalo udah panas suka bingung dia.alexand wrote:Tadi deal innova reborn G AT 2018 warna putih di harga 303jt
Udah check fisik unit mobilnya overall oke, cat masih ori pabrik, bawa mekanik otospector check mesin aman, gak pernah nabrak, gak pernah kebanjiran
Yg jadi keluhan kayaknya ini transmisi agak geblek, kayaknya nanti di flush oli transmisinya bisa membaik, untuk masalah putu sudah di recall toyota jadinya aman
Velg 4 roda pakai venturer 2022, ban produksi 2021 harusnya masih aman untuk 3 tahun lagi
Nanti serah terima unit hari jumat
Setelah unit di terima akan saya update foto2nya di sini
Saya ucapkan banyak terima kasih ke rekan2 SM & suhu2 SM atas informasi yg di berikan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
saya pake kembarannya mbah (all new livina). IMO mobil ini klo dibawa sndiri cukup enak lah. klo penumpang nambah 1 ato 2 orang msh gk beda jauh sama klo dibawa sndiri. bgtu diisi 4 orang (include driver), nah mulai tuh berasa berat, terutama pas tarikan awal dri diam (dri baru selalu pertamax & oli pake yg bagus). tapi klo udh jalan, asal pinter atur gasnya bisa tetep enak kok. gk tau lg klo itu diisi pertalite tarikannya gmana..ChZ wrote: Wed Mar 15, 2023 2:49 isunya power xpander yah kurang... emang kurang sih. wkwkwkwkw. tapi test drive dulu aja. opini orang di sini kan butt o meternya beda beda.
soalnya dari monokok ke ladder blom tentu cocok. barangkali iya cocok powernya, tapi aspek lain lainnya jadi downgrade kan ga enak juga. ya di bokong ane yg sehari-hari bawa sedan honda / BMW bawa xpander masih ok tolerable lah, bawa innova haduh.
ini mobil dipake gantian tiap minggu sama innova 2KD pnya bokap. abis bawa livina seminggu trus pindah ke innova, injek gasnya berasa effortless ahahaha

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3029
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Wahh. Ane justru salfok sama rumah & garasinya.. Ntuu yg warna hitam keknya RX300 nyempil yee wkwkwkwalid_007 wrote: Tue Mar 14, 2023 12:55
om sekalian nawarin 2021 G diesel AT
full rekord
harga boleh dm
yang pasti naikan klo dr expander ya lebih enak om. tenaga suspensi . noise dll
![]()
Ini mah pake kijang buat incognito mode. Skalian point plusnya dpt resale value bgus sama bisa irit-iritan operational cost

Ada benernya tuh slogan yg sempet om tulis tempo hari yg bikin orang2 di thread itu pada kepanasan wakaka... Minum 5150 bisa makan di hotel; minum pertabo/pertadex makan di wartegwalid_007 wrote: Sun Mar 31, 2013 0:39 ngisi solar 5150 lah
puluhan rb km ngacir aje
isi solar makn di hotel
isi pertabo makan di warteg
![]()

Btw, Plat G itu daerah mana yah ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Ternyata Sultan PekalonganKielConstantine wrote: Wed Mar 15, 2023 16:34Wahh. Ane justru salfok sama rumah & garasinya.. Ntuu yg warna hitam keknya RX300 nyempil yee wkwkwkwalid_007 wrote: Tue Mar 14, 2023 12:55
om sekalian nawarin 2021 G diesel AT
full rekord
harga boleh dm
yang pasti naikan klo dr expander ya lebih enak om. tenaga suspensi . noise dll
![]()
Ini mah pake kijang buat incognito mode. Skalian point plusnya dpt resale value bgus sama bisa irit-iritan operational cost![]()
Ada benernya tuh slogan yg sempet om tulis tempo hari yg bikin orang2 di thread itu pada kepanasan wakaka... Minum 5150 bisa makan di hotel; minum pertabo/pertadex makan di wartegwalid_007 wrote: Sun Mar 31, 2013 0:39 ngisi solar 5150 lah
puluhan rb km ngacir aje
isi solar makn di hotel
isi pertabo makan di warteg
![]()
![]()
Btw, Plat G itu daerah mana yah ?

Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
congrats om buat mobil barunyaalexand wrote: Wed Mar 15, 2023 10:47 Tadi deal innova reborn G AT 2018 warna putih di harga 303jt
Udah check fisik unit mobilnya overall oke, cat masih ori pabrik, bawa mekanik otospector check mesin aman, gak pernah nabrak, gak pernah kebanjiran
Yg jadi keluhan kayaknya ini transmisi agak geblek, kayaknya nanti di flush oli transmisinya bisa membaik, untuk masalah putu sudah di recall toyota jadinya aman
Velg 4 roda pakai venturer 2022, ban produksi 2021 harusnya masih aman untuk 3 tahun lagi
Nanti serah terima unit hari jumat
Setelah unit di terima akan saya update foto2nya di sini
Saya ucapkan banyak terima kasih ke rekan2 SM & suhu2 SM atas informasi yg di berikan
daerah tegal - pekalongan , jawa tengah om heheheKielConstantine wrote: Wed Mar 15, 2023 16:34
Ada benernya tuh slogan yg sempet om tulis tempo hari yg bikin orang2 di thread itu pada kepanasan wakaka... Minum 5150 bisa makan di hotel; minum pertabo/pertadex makan di warteg![]()
Btw, Plat G itu daerah mana yah ?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Selamat om mobil barunya..alexand wrote: Wed Mar 15, 2023 10:47 Tadi deal innova reborn G AT 2018 warna putih di harga 303jt
Udah check fisik unit mobilnya overall oke, cat masih ori pabrik, bawa mekanik otospector check mesin aman, gak pernah nabrak, gak pernah kebanjiran
Yg jadi keluhan kayaknya ini transmisi agak geblek, kayaknya nanti di flush oli transmisinya bisa membaik, untuk masalah putu sudah di recall toyota jadinya aman
Velg 4 roda pakai venturer 2022, ban produksi 2021 harusnya masih aman untuk 3 tahun lagi
Nanti serah terima unit hari jumat
Setelah unit di terima akan saya update foto2nya di sini
Saya ucapkan banyak terima kasih ke rekan2 SM & suhu2 SM atas informasi yg di berikan
Kesannya gimana setelah pindah dari xpander? Jadi ambil yang katanya upgrade ke type V itu ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Beli baru aja om. Kabarnya indent dibuka lagi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Iya om bener kok.. sy bawa 2kd sehari hari, lalu bawa 2gd bapak butuh penyesuaian. Klo gaya nyetirnya sama, sy mual sendiri.ChZ wrote: Wed Mar 15, 2023 2:49 isunya power xpander yah kurang... emang kurang sih. wkwkwkwkw. tapi test drive dulu aja. opini orang di sini kan butt o meternya beda beda.
soalnya dari monokok ke ladder blom tentu cocok. barangkali iya cocok powernya, tapi aspek lain lainnya jadi downgrade kan ga enak juga. ya di bokong ane yg sehari-hari bawa sedan honda / BMW bawa xpander masih ok tolerable lah, bawa innova haduh.
innova biar kaki kaki enak nguliknya banyak, beli balance arm lah, ganti shock/per lah. bahkan ane pernah di bengkel ngobrol sama owner reborn, bilang old innova lebih balance karakternya. bantingan ga seberapa ngayun tapi rasanya lebih pede buat satset. mungkin mixed opinion gini yang bikin pasaran GNKI juga kuat. wkwkwkkwkw.
kalau sering bawa >5 orang emang wajib mobil torsi besar di low rpm macem diesel... hmmm kalau ga anti merek aneh dan memang mau isi dex, beli hyundai santafe CRDi DM (2013-2016) ajah. worth every penny tuh bekasnya. parts santafe DM gen 3 berlimpah koq di kota besar apalagi toko onderdil korea.
Tp yaa itu 2kd ngga refined bgt mesinnya, truk beneran
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Kendalanya di opsi transmisi hanya MT, dan pesanan by order, agak lama datang unitnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
bisa order yg matic jg om skrg
cmn ya sama spot ordernya

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Permisi Suhu2 & Warga SM
Berikut update Foto2 mobilnya













Minus yg terlihat


yg sudah di rapihin :
1. Service Rem 4 roda (kampas rem masih ada setengah kata bengkelnya jadi nanti aja gantinya)
2. Purging pakai liquimoly
3. Flush + Ganti oli PTT dynamic 5w30 + filter oli PTT
4. Flush oli transmisi pakai oli transmisi PTT
5. Flush minyak rek pakai DOT 3 PTT
6. Ganti oli gardan PTT 3 liter
7. Ganti Filter AC
Parts2 lain masih bisa di pakai kata bengkelnya (Galaxy Auto Pluit)
setelah di service mobilnya berasa lebih enak & enteng, tadinya berasa ada jeda transmisi yg bingung & berasa rodanya lebih smooth gelindingnya
udah di remap untuk daily use (bukan cumi2) di sigma speed sama owner sebelumnya
kira2 apa lagi yg perlu di perhatiin ya ???
rencananya nanti mau di poles + coating biar lebih oke warna catnya (cat masih original pabrik)
Perasaan nya abis daily bawa xpander pindah ke mobil ini berasa kenceng banget
tapi kalo ketemu jalan gelombang limbungnya kerasa goyang2 kiri kanan
sama belom kebiasa denger berisiknya mesin diesel (mungkin perlu penyesuaian)
sementara ini masih di isi DEX, kayaknya nanti mau di isi biosolar + racun biar murah
rencananya mobil kijang ini mau di keep 2-3 tahun ntar mungkin mau di ganti zenix
nunggu minor improvement & indent yg gak abis2
saat ini xpandernya masih di keep dulu di pake gantian sama kijangnya karena asuransi + pajaknya masih sampai januari 2024
Berikut update Foto2 mobilnya













Minus yg terlihat


yg sudah di rapihin :
1. Service Rem 4 roda (kampas rem masih ada setengah kata bengkelnya jadi nanti aja gantinya)
2. Purging pakai liquimoly
3. Flush + Ganti oli PTT dynamic 5w30 + filter oli PTT
4. Flush oli transmisi pakai oli transmisi PTT
5. Flush minyak rek pakai DOT 3 PTT
6. Ganti oli gardan PTT 3 liter
7. Ganti Filter AC
Parts2 lain masih bisa di pakai kata bengkelnya (Galaxy Auto Pluit)
setelah di service mobilnya berasa lebih enak & enteng, tadinya berasa ada jeda transmisi yg bingung & berasa rodanya lebih smooth gelindingnya
udah di remap untuk daily use (bukan cumi2) di sigma speed sama owner sebelumnya
kira2 apa lagi yg perlu di perhatiin ya ???
rencananya nanti mau di poles + coating biar lebih oke warna catnya (cat masih original pabrik)
Perasaan nya abis daily bawa xpander pindah ke mobil ini berasa kenceng banget

tapi kalo ketemu jalan gelombang limbungnya kerasa goyang2 kiri kanan
sama belom kebiasa denger berisiknya mesin diesel (mungkin perlu penyesuaian)
sementara ini masih di isi DEX, kayaknya nanti mau di isi biosolar + racun biar murah
rencananya mobil kijang ini mau di keep 2-3 tahun ntar mungkin mau di ganti zenix
nunggu minor improvement & indent yg gak abis2
saat ini xpandernya masih di keep dulu di pake gantian sama kijangnya karena asuransi + pajaknya masih sampai januari 2024
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Congrats om mobil barunya...
Semoga bersahabat...
mungkin bisa dicek seepatunya...
Semoga bersahabat...
mungkin bisa dicek seepatunya...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2623
- Joined: Wed Nov 14, 2012 11:19
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Permisi Gan , sry sblom nya bukan bermaksud utk promo 
Mnrt saya msh Worthed utk beli inova reborn di 2023 , krn permintaan utk unit baru nya aja msh bnyk sekali peminat nya
Hanya ada tipe G bensin , G manual dan At diesel , dan Inden
Kmrn2 sempat ada stok 2 - 5 unit baru tp lgs ludes.
Ini just info aja ya gan , bkn promosi
Mnrt saya msh Worthed utk beli inova reborn di 2023 , krn permintaan utk unit baru nya aja msh bnyk sekali peminat nya
Hanya ada tipe G bensin , G manual dan At diesel , dan Inden
Kmrn2 sempat ada stok 2 - 5 unit baru tp lgs ludes.
Ini just info aja ya gan , bkn promosi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
alexand wrote: Sun Apr 02, 2023 18:27 Permisi Suhu2 & Warga SM
Berikut update Foto2 mobilnya
Minus yg terlihat
yg sudah di rapihin :
1. Service Rem 4 roda (kampas rem masih ada setengah kata bengkelnya jadi nanti aja gantinya)
2. Purging pakai liquimoly
3. Flush + Ganti oli PTT dynamic 5w30 + filter oli PTT
4. Flush oli transmisi pakai oli transmisi PTT
5. Flush minyak rek pakai DOT 3 PTT
6. Ganti oli gardan PTT 3 liter
7. Ganti Filter AC
Parts2 lain masih bisa di pakai kata bengkelnya (Galaxy Auto Pluit)
setelah di service mobilnya berasa lebih enak & enteng, tadinya berasa ada jeda transmisi yg bingung & berasa rodanya lebih smooth gelindingnya
udah di remap untuk daily use (bukan cumi2) di sigma speed sama owner sebelumnya
kira2 apa lagi yg perlu di perhatiin ya ???
rencananya nanti mau di poles + coating biar lebih oke warna catnya (cat masih original pabrik)
Perasaan nya abis daily bawa xpander pindah ke mobil ini berasa kenceng banget![]()
tapi kalo ketemu jalan gelombang limbungnya kerasa goyang2 kiri kanan
sama belom kebiasa denger berisiknya mesin diesel (mungkin perlu penyesuaian)
sementara ini masih di isi DEX, kayaknya nanti mau di isi biosolar + racun biar murah
rencananya mobil kijang ini mau di keep 2-3 tahun ntar mungkin mau di ganti zenix
nunggu minor improvement & indent yg gak abis2
saat ini xpandernya masih di keep dulu di pake gantian sama kijangnya karena asuransi + pajaknya masih sampai januari 2024
Mantab Om, ijin nambahin: kuras jg air radiatornya biar greng dan opr temp tetap stabil
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
congrats om, tambahan saran juga, ganti down pipe + front pipe biar plong, dijamin tarikannya tambah gahar. nah kalo mau lebih tinggal di remap uda cukup banget tuh tenaganya
biaya 10 jtaan semua, tapi berasa bawa innova on steroids haha
biaya 10 jtaan semua, tapi berasa bawa innova on steroids haha
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Apr 17, 2023 17:02
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Innova reborn
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
Pengujian penyimpanan B40 dan B30D10 di lembang Bandung (suhu dingin) dan cirebon (suhu panas) aman2 aja loh berdasarkan hasil uji by LEMIGAS ESDM tahun 2022. Disimpan 3 bulan dalam tangki carbon steel (baja). Jadi klo mobil diesel dipake jarang, katakanlah sebulan baru isi solar lagi masih bisa dibilang aman.Pboyz97 wrote: Tue Mar 14, 2023 2:25kebetulan saya ex user xpander ultimate 2017 & innova reborn g diesel at 2018 . kebetulan yg reborn baru 1 bulan lalu saya jual karena ada kebutuhan yg saya ga bisa sebutkan disini, sedangkan yg xpander sudah saya jual akhir 2020 lalu . kalo dari harga. tergantung wilayah, kalo di jabodetabek. mahal. walaupun worth sm kondisinya. tawar aja sebagai awal pembukaan 290-295, apalagi warnanya putih or hitam beli aja (di harga 300-305 masih oke kok kalo emg km asli , kondisi bagus dan minim pr, tapi warnanya wajib 2 itu ya, putih or hitam hehehe) , warna favorit kok itu. kalo silver ya paling mentok tawar di 295, karena mohon maaf kalah populer dibanding 2 warna itu & kalo di reborn, harga sekennya antara silver dan hitam putih bisa selisih lumayan lohalexand wrote: Mon Mar 13, 2023 19:12 Hallo warga Forum SM & suhu2 SM
mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain
kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?
pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya....![]()
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????
saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???
mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks(pengalaman sendiri bukan katanya katanya) . kalo emg abis cek unit mobilnya bagus dan minim pr. 305 masih oke lah. tapi kalo di luar jabodetabek, murah pake bgt, apalagi kalo km nya asli, 305 juga masih worthed hehehe. kalo modifan. tergantung selera om juga. kalo no 1,4&5 masih oke lah. dan tergantung, om mau pake berapa lama, kalo mau dipake sendiri diatas 2 tahun masih oke lah.
tapi kalo pakenya dibawah itu, mending cari yg standaran aja. minimal poin no 2 & 3. karena kalo emg suatu saat mau dijual lagi, gatau knp buyernya mayoritas lebih milih yg masih original speedonya dan fiturnya dkk menurut pengamatan sotoy saya. tapi kalo om mau pake long term or om ada waktu buat standarinnya lagi, go for it . sebagai gambaran, kebetulan saya juga blm lama jual punya saya sendiri innova g diesel at 2018 warna silver km 62 rb service record toyota dengan poin modifan persis kaya yg om sebutin, tapi yg no 4 & 5 aja , tapi bedanya punya saya velgnya up punya venturer 2018 juga yg pfl hehehe 305 ke pedagang bali. di jabodetabek ditawar rata2 dibawah 300, paling mentok jg 292. sedangkan warna hitam or putih tahun sama tipe sama km sama saya perhatiin masih banyak yg buka di angka 315 keatas
![]()
efektif, asal bengkel yg masangnya bener & telaten. kalo mau tau lebih detil, bisa pm saya hehehe
kalo poin yg saya bold. saya sebagai user yg pernah miara keduanya coba bantu jawab ya. kalo dari saya. depends. pemakaian om seperti apa. kalo om makenya
- mayoritas lukot (1 tahun minimal 3x)
- sering lewat rute tol yg lancar (transjawa, cipali)
- sering lewat jalan jelek, jalan tanjakkan turunan
- gak masalah minum dex terus or rela mobilnya diisi bio (tapi dengan ritual tertentu, saya sendiri dari beli awal 2022, ampe dijual awal bulan lalu selalu pakai bio, kadang2 saja pakai dex, rutin ganti filsol tiap km 10rb, sampe dijual aman2 aja. beli di km 48rb, dijual di km 62rb) .
- sering nyetir sendiri
- suka dengan mobil yg lumayan kenceng, mentingin bgt tarikan kenceng hehehe . kalo dari xpander, tarikan saya berani jamin upgrade jauhhhhhhhh bgttt. kalo di xpander, 4 atnya berasa boyo bgt bawahnya, berat. walaupun tengah atasnya lumayan ngisi. tapi kalo di reborn diesel. tarikannya ngisi di semua putaran, blm lg transmisinya jg upgrade dari 4 at jadi 6 at, lari 170 gampang bgt di mobil ini(walaupun xpander dulu saya pernah betot ampe 180 di tol, tapi rasanya udh berat, sedangkan kalo di reborn saya bawa ampe 180 masih ada nafasnya , cuma saya udh ga berani karena depan saya waktu itu udh mulai rame mobil
)
- sering dipakai baris ke 3 nya or buat bawa barang (sebagai gambaran, reborn saya jarang bgt kepake baris ke 3 nya, mayoritas buat bawa barang sampe akhirnya plafon saya ancur gara2 ketusuk barang untung ga parah, sampe akhirnya bapak saya memutuskan buat menjual mobil tersebut, karena saat ini lebih sering make brio yg lebih practical buat dalkot & kami hanya duduk maksimal ber 5 + buat 7 seater sudah ada crv turbo)
- gak masalah sm fiturnya yg minim, apalagi yg om bakal beli tipe G
worthed ambil rebornnya
tapi kalo om makenya :
- mayoritas dalkot jabodetabek
- mayoritas rute yg dilewatin rute macet or jalan mulus
- jarang kepake baris ke 3 nya
- nyari mobil yg kompak
- worry kalo solarnya bakal dibatesin & agak keberatan kalo kudu diisi dexlite
- nyari fitur
keep xpandernya or ganti dengan lmpv or lsuv or crossover baru yg seharga
kalo masalah limbung. 11 12 ya, kalo lewat poldur or jalan rusak. tapi kalo buat dalkot jabodetabek, apalagi macet2an, lebih enak xpander . reborn diesel itu kelebihannya mayoritas baru berasa kalo kita pake ke lukot, rute tol yg lancar & mulus or jalan rusak, tanjakkan turunan. kalo mayoritas pemakaian oom TS cuma muter2 jabodetabek doang mah, apalagi jalan yg dilewatin mayoritas mulus di dalkot dan macet ga worthed reborn ini menurut saya? mengapa? kebetulan saya sudah pernah pakai keduanya dalam waktu lama dan sering dibawah harian tiap hari dengan berbagai rute jalan. buat perbandingan. di xpander, kalo dalkot, berasa kompak, ga berasa kaya nyetir mobil gede, lewat gang kecil jg masih bisa+ setirnya juga ringan bgt kalo dibandingin reborn, walaupun kalo di tol or jalan nanjak, tenaga putaran bawahnya agak kedodoran, apalagi diisi full load. sedangkan kalo di reborn walaupun tenaganya enak pake bgt dibanding xpander , tapi kalo buat dalkot berasa bgt getaran mesinnya walaupun lebih halus dibanding innova lama (karena kami biasa puluhan tahun make mobil bensin) , setirnya berat bgt + kalo lewat gang kecil juga perlu effort dan buat macet2an agak susah jg selap selipnya & berasa rada limbung dan kegedean
![]()
sm kalo soal kondisi kedepan yg om bilang " dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???". jawaban saya tergantung kebutuhan. balik lagi ke premis awal. kalo om rela antri buat biosol or rela ngisi dex yg lebih mahal buat mobil ini + rutenya mayoritas lukot or tol yg lancar alias ga macet2 amat + mentingin tarikan ya worthed2 aja, toh partnya juga gampang, dimana mana ada, mau ori mau kw jg gampang dapetnya. aftersalesnya juga terjamin because it's toyota + gak masalah sm fiturnya yg lumayan minim dibanding xpander. tapi kalo om mayoritas pemakaiannya untuk macet2an di jabodetabek, jarang sekali keluar kota, saya lebih prefer keep xpandernya saya or kalo emg pengen innova, langsung aja ke zenix. dijamin jauh jauh jauh lebih nyaman dan empuk buat dalkot dibanding reborn, saya sudah coba semua. karena kalau saya jadi om, apalagi tinggalnya di jabodetabek. mohon maaf saya gak akan mau beli reborn diesel kalo harus isi dex, mending mobil yg lebih nyaman sekalian kaya misalkan santa fe crdi kalo emg sama2 dex hehehe
, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada
dan pertanyaan terakhir" kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????". kalo buat saya, tidak, apalagi om ts makenya cuma muter2 jabodetabek doang, apalagi sering macet2an, saya masih lebih prefer mobil diesel modern kaya santa fe yg jauh lebih nyaman dibanding reborn kalo emg kudu sama2 diisi dex, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada or om makenya mayoritas lukot / sering lewat tanjakkan turunan jalan jelek hehehe . sebagai gambaran, kalo diisi biosol aja, kalo xpander , ganti oli sama2 yg bagus 300rban udh cukup (dengan bbm mayoritas pertamax pas saya make dulu). katakan lah biaya operasionalnya . kalo ditotal2 600rban. tapi kalo reborn diesel ,make biosol aja ganti oli yg bagus minimal 500rban + filsol 150rban + biosol ya kalo ditotal2 hampir 1jtan. bedanya kalo make dex , gausah pake filsol aja
, which is 1jtan lebih kalo ditotal2 heheh . sekian dari saya. semoga membantu
bonus gambar, peliharaan saya dulu yg keduanya sudah terjual, sekarang pakai brio satya baru cukup hehehe
![]()
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023
kalau memang masalahnya hanya spander lemot, kenapa ga dicoba remap dulu?