
[URL=https://imageshack.com/i/pnyIKFKEj
Ini adalah mobil midsize sedan kedua di keluarga kami dalam 10 tahun terakhir, terakhir pakai mobil jenis ini sudah sekitar 9 tahun lalu dengan merk honda accord cm7 nik 2007 lalu setelah itu berganti-ganti antara crv re, ertiga dan terakhir xpander yang digantikan camry ini.
Tahun kemarin diputuskan untuk cari mobil cc diatas 2000 karena sesekali dipakai keluar kota jadi butuh power yang oke dan ac yang dingin,
dengan syarat, modalnya jual xpander serta tambahan dana maksimal 50 jt sdh bersih buat rapi rapiin unitnya,
pertimbangan saya saat itu ada crv rm 2.4, cx5 dibawah thn 2015 tetapi masih kurang cocok dengan kondisi unitnya saat itu, lalu di showroom sebelah ada unit camry xv50 2014 tipe v kondisi km 68000an record dimana ini tergolong rendah buat mobil yang biasa dipakai ex operasional direksi pt atau pemerintahan
First impression saat itu saya lihat kondisi ban baru ganti sekitar 3 bulanan jadi sudah mengurangi biaya pr sekitar 6-7 jutaan, kondisi kulit setir masih mulus, kondisi jok driver sisi paha sebelah kanan sdh mulai menipis busanya walaupun kondisi kulit jok masih lumayan lah untuk sebuah mobil 8 tahunan, suara audio standar camry ini menurut sy masih diatas suara crv dan cx5 tadi serta dingin ac nya nampol khas toyota jadi mobil ini cocok lah untuk dipilih walaupun minusnya ground clearance lebih rendah
Setelah banding dengan unit lain diputuskan untuk pinang mobil ini dan langsung bawa ke shop and drive untuk ganti oli matic pakai atf ws, karena toyota termasuk salah satu brand mobil dengan kebijakan servis 100.000 km atf fluid club
Lalu ganti semua fluida lain seperti oli mesin, radiator coolant, minyak rem serta servis ac ringan (cuci blower, cuci evap lewat selang endoskopi, ganti filter ac, ganti oli kompresor dan freon).
Untuk penunjang kenyamanan berkendara saya tambahkan kamera belakang walaupun displaynya tambah spion lcd karena head unitnya tidak support kamera universal serta ganti kaca film semua sisi karena udah berkurang performa tolak panasnya pakai 3m ceramic ir/nightfall
Untuk sektor kaki-kaki saya repair rack steernya karena udah muncul suara gludug, ganti karet support shock breaker ( kalau beli online sebaiknya sekalian beli bearing/ laher support shocknya karena dijual terpisah).
Untuk konsumsi bbm mobil ini average di kisaran 1:8, bantingan mobil ini tidak seempuk camry generasi xv40, untuk pengendalian terasa sedikit lebih fun to drive dari xv40 walaupun body roll tetap ada kalau dibuat nikung jadi mobil ini enaknya dipakai cruising sambil sesekali takeover.
Semua perbaikan dan variasi diatas hanya menghabiskan biaya kurang lebih 10juta rupiah..menurut saya ini worthed daripada beli mobil baru,
dengan catatan kalau ingin dapet peace of mind di jalan harus jeli memilih unit mana pr yang paling minim dan harus bisa pilah-pilih dimana bengkel yang pas, dalam hal ini cari informasi di facebook diperlukan.
Demikian sharing dari saya, bila ada owner xv50 lain boleh disharing disini pengalamannya.
Terimakasih