lalu belakangan resonate lagi akibat 3 thread review terakhir.
viewtopic.php?f=19&t=32576&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed
viewtopic.php?f=19&t=32571&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed
viewtopic.php?f=19&t=32569&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed
dan menyoroti harga mobil baru yang semakin skyrocket, meski kalau hitung pakai kalkulator inflasi sebenernya masuk akal aja, tapi POV nya begini :

untuk common cars (japanese) untuk upgrade dari tipe yang sekarang ke model terbaru. misal CR-V gen 4 ke CR-V gen 5, harus stretch budget sangat lumayan. say kita dulu beli CR-V gen 4 edisi terakhir di 2015 seharga 500 juta-an, sekarang CR-V gen 5 last edition di 660 juta-an. sementara itu CR-V gen 4 kita jual harganya nyungsep tinggal 200 juta-an. artinya kita nambahnya bukan 160 juta, tapi a whopping 460 juta untuk mobil yang secara fungsi sama!
ini dilemma yang sama waktu ane dl sempat berpikir mau tukar FK4 ke FE1. FK4 saya beli 400 juta, sekarang dijual yah pasaran si masih kuat yah 350 juta, say laku di 330juta, untuk beli FE1 brand new, saya harus rogoh kocek hampir 2 kali lipat dari harga jual saya tersebut.
mungkin untuk yang omset usahanya >10 miliar per tahun, nambah segitu nggak jadi masalah, tapi dari sisi financial rasanya kok nambah another 300-500juta untuk mobil yang nyaris (nyaris ya, bukan plek) sama secara fungsi gengsi dan spesifikasi itu.... terdengar seperti suatu financial mistake. apalagi kalo jual cuma dapet DPnya, sisanya dicicil. weleh kok makin terdengar salah lagi. meski katanya nilai uangnya beda, tapi kan secara angka tetep aja ngenes coy. kalo 350 jutanya saya pake beli mobil baru cuma dapet honda WRV. turun kelas nya 2 step wkwkwkwk.
sementara mobil saya jual jg belum tentu sudah rewel. masih works fine. masih hampir kayak baru malah with few wearable parts yang kalo di replace pun sebenernya hanya nggak sampe belasan. ya mungkin belasan juta kalo mobilnya europes. tapi kan daripada nambah 800 juta untuk beli brand new G20 utk upgrade dari F30 early model yang harga bekasnya paling 250 jutaan? paling mahal juga timing chain ganti per 5 tahun wkwkwkw. 15 juta, geli-geli dibanding nambah segitu.
Frugal Living : art of living with minimum cost, maximum benefit.
di channel youtube atas itu si pasangan sama-sama karyawan kantoran, dan ane cukup kaget juga wow pilihan mobilnya VW Tiguan. bukan avanza atau kawan kawannya. dan kalau menilik pasaran VW Tiguan model itu dengan biaya perbaikan, rasanya harga agya GR-S baru pun masih kembalian cukup banyak.
dan jika budget kita longgar, rasanya 300 juta saja bisa dapet 2 mobil yang sama-sama bagus. i propose seekor camry dan satunya motuba jerman, atau harrier/CRV lama buat pasangan. sementara kalau dipaksa beli mobil baru, dapetnya cuma sebuah toyota raize, atau kalo mau dipaksa ya wuling cortez, atau si odong-odong air EV.
kalau beli mobil bekas tua - harga murah, enaknya udah pasti beban cicilan nol. ya perbaikan kalau cari unitnya bener sih seharusnya nggak routine visit ke bengkel wkwkwk. kalo mobil jepang usia 10 tahun sih baru lepas breakin alias geli-geli doang apalagi odometer blom nyentuh 200 ribu. dah pasti sehat wal afiat. soalnya dari mini research, orang indo itu pake mobil sebenernya bentar-bentar. kayaknya lamaan macet daripada jalan. setahun 20ribu kilometer itu sedikit untuk itungan daily car dibanding di amrik yang bisa pake sampe lebih dari 50ribu per tahun. di indo
tapi ya ada tapinya... dari semua keenakan itu memang paling enggak harus belajar-belajar dikit soal mobil. karena mobil bekas nggak ada yang bisa 100% siap pake tinggal gas. pasti meninggalkan pe er yang sooner or later. apalagi kalau usianya sudah 10yrs up. musti effort dikit buat doing routine checking di pagi hari. dan selalu harus simpan nomor mekanik. kalau mobil jepang mungkin relatif gampang sih hampir semua bisa. mungkin merek seperti honda atau nissan yang butuh specialized technician.
dan enaknya lg biasa mekanik mobil tua-tapi-pasaran itu nggak main tebak-tebak berhadiah macem mekanik magang di bengkel resmi



ya selama orang indo masih punya mindset mobil harus ganti 5 thn sekali padahal dipake 15 thn jg belom kenapa-napa mobilnya, biarin aja jadi kesempatan kita yang budget cekak untuk piara mobil enak budget minimal.


plus enaknya lagi : mobil tua rata-rata pertalite-friendly, bahkan sekelas eropa sekalipun
