Dimulai dari case disini:
viewtopic.php?t=31479
dimana saya mencari alternatif untuk mendampingi Innova Reborn Diesel Matic yang sudah mulai menua, dan mempertimbangkan beberapa hal lainnya seperti bini yang uda mengandung, ortu yang semakin menua dan saya juga sudah mulai sulit punya waktu luang buat ngoprek, dan juga dana yang mulai tipis,
setelah diskusi dan pertimbangan yang panjang, walau sempat berputar putar ke beberapa opsi, mulai dari Wuling Almaz, Cortez, Suzuki XL-7 dan Hyundai Creta, hampir SPK Almaz, sebagai alternatif dari Innova, tapiiiii setelah kalkulator berhitung..
Opsi yang kami pilih adalah…


Pilihan paling aman.
Innova lagi, Warna Hitam lagi dan seri G lagi wakakakakakak
Namun kali ini kami memilih unit Hybrid.
Kagak kreatif amat ya gua milih mobil wkakwkawkak

Karena satu dan lain hal, kami memilih unit yang sudah terpasang beberapa add-on Cross-Over Package, dan.. Jadilah si hitam ini salah satu G dressed-up yang beredar di jalan, seenggaknya kalo di parkiran saya tahu Kijang yang saya pakai yang mana wkwkwkwk.



================================================================================================================================
Exterior.
Hal yang mengganjal dari Exterior Kijang Zenix seri spartan ini hanya velg nya yang terlalu kecil wkwkwk. Mana ban nya juga kecil bangat keliatannya dan sedihnya seri spartan Cuma dapet Champiro Luxe dan sialnya add on Cross-Over Package ini membuat peleknya keliatan semakin kecil..
Menurut saya, garis body nya oke, Fascia depan juga cukup gagah, hanya lampu belakangnya rada rada mirip Rush All New dan kalo diliat dari samping, peleknya sediiiihhh banget..



Untung juga kami ambil add-on Cross-Over Package jadi ga terlalu sepi ngeliatnya wkwkwk ga sedih2 amat lahh ga terlalu kayak mobil operasional atau mobil rentalan, dan ban serep nya juga ga terekspose.
Ga ada foglamp bukan masalah besar, toh lampu nya uda auto headlamp juga dan sudah full LED.
Compare ke Reborn seri G kami sebelumnya yang bener2 polos dan Nampak seperti mobil operasional, kami ga menyesal upgrade beberapa point Cross-Over Package ini. Mungkin akan beda kalau Anda ambil seri V atau Q.
8/10
semua jadi aneh karena pelek seri G terkutuk dan Champiro Luxe yang terlalu kecil
================================================================================================================================
Interior
Beep Beep,
Keyless entry menyalak tanpa harus saya pencet apapun
Sensor buka pintu ada di sisi dalam handle pintu pengemudi.
Pertama kali buka pintu Zenix, terasa lebih tebal dan mantap dari Reborn, tapi
First impression saya pas liat isi kabin seri G adalah: Sedih. Karena seringnya buka show unit seri V.


Hal yang paling menyedihkan dari Zenix seri spartan ini adalah hilangnya tempat kacamata di area spion depan, dan hilangnya kaca kaca cermin di sunshield, sedih banget dah mobil 450 juta dapet tepokan macem Avanza lawas hikssssss. Yang bikin makin sedih adalah masih absennya retractable mirror dan Mengapa itu door trim sama dasbor ga sewarna aja, dan kenapa tombol volume sama tombol seek / search di setir ditaro di tempat berbeda hadoooohhhh. Sama material doortrim dan konsul tengah hadoooohhh alamaaaakkk. Masi berasa lebih solid Reborn yang uda jalan 165rb km..



Good points:
Setirnya pas, ga kegedean kayak Reborn. Ibu Ibu atau Paman Paman pasti suka setir ini.

Semua tombol di tengah juga could be simply used and reached, start stop ada di tempat yang benar dan monitor nya juga asik. Dan buat seri spartan ini kalo ente ambil yang hybrid, tampilan speedometer nya sepertinya sama dengan seri seri atasnya, jadi ga sedih2 amat lah wkwkwkwk.
Compare ke reborn seri G lawas kami yang masi full kenop puter dan MID monokrom ya ini uda quantum leap si wakakakak. Dan semua tombol power window disini auto up down la la la so happy.

Posisi duduk, TOP, saya ga berasa sempit, jok ga ngatung kayak reborn, ga terlalu tinggi macam Fortuner, ga mendelep kayak Avanza dan Jok Pengemudinya juga enak, menurut saya ini melebihi ekspetasi.
Jok Row 2 Lega, Headroom lega dan Legroom juga mantap. Jok seri sedih ini juga lebih enak dari jok reborn seri sedih dalam kondisi standard, Cuma doortrim nya aja emang berasa cheapo sedih bat. Row 3 juga lebih manusiawi dari reborn yang sempit, dan dapet luggage net buat Cross-Over Package, really nice! Wkwkwkwk.
AC baris 2 dan 3 dipindah dari tengah ke samping, super good buat yang ga suka AC reborn yang muka oriented alias lgsg sembur ke muka wkwkwkwk dan AC row depan nya juga super good, ga nyembur ke kaca dan ga terlalu nyembur ke badan.
AC nya sangat menyenangkan wkwkwk cepet dingin… lebih cepet dingin dari AC reborn setelah service dan ganti kondensor evap dryer motor fan semua2nya dah wkakwkakwa.

Meskipun miskin fitur dan kalo diliat liat kosong bangat ini mobil hiks hiks hiks, ga banyak tombol2 dan fitur2 yang bisa dipencet pencet, seri G ini sangat memenuhi buat basic needs.
Tapi emang menyedihkan sih kalo buat diliat.



7/10
interiornya sedih banget kl buat diliat, tapi tidak sedih2 amat kalo buat digunakan.
================================================================================================================================
Di belakang setir, first impression
First impression yang sangat menyenangkan meski sangat sedih di awal gua buka pintu..
Jujur saya katrok banget pertama mencet rem dan tombol start, saya heran ini mobil kok ga nyala tapi speedometernya nyala semua. E koko, itu mobil uda nyala, lagi EV mode koko, salesnya bisikan saya. Haiyaaaaa kenapa ga dikasi tau wkwkwkwk emang si gua belom baca manual book nya tapi okelah. Pencet halus parking brake release, ini uda much better dari RU1 yang dulu sempet saya pakai, dan uda halus ya, Setirnya enteng bener anyway, oper presneling ke D dan..
EV Mode ON!
Nguuuungggg alus bangat ini mobil, lucu ga ada suaranya wkwkwkwkwk biasanya pake reborn diesel uda high mileage suaranya satu gang wakakakakakak dan bergeternya lumayan, Zenix melaju santai pas saya keluarin dari parkiran ruko dan masuk ke jalan raya.
Mesin bensin menyala dan nggggggggggg suaranya mirip2 NAV1 atau Voxy ya, alus tapi ya alus si compare ke TR Dual VVTi jauh halusan ini wkwkwk. Kl sama GD ya jauh lah wakakak. Tranny CVT nya menurut saya lebih halus dari City GN5 km 27rb yang adik saya pakai, dan masih lebih halus dari RU1..



Mari kita isi bensin, masukkan oktan 95 full tank dan arahkan mobil ke tyre shop,
Pas masuk ke dalem toko ban, si katrok liat lampu nyala sendiri, gua nyari kenop lampu mao matiin dan eeee gua baru inget dia udah auto lamp wuakaakaka yauda deh good good.
Isi nitrogen 34 rata dan,,,
Mari kita coba geber geber ngeeeenggggg.

9/10
Kijang never felt this good
================================================================================================================================
Accel & Speed & Handling
Basicnya Driving Mode Zenix HV ada di di Eco mode, kalo di eco mode yang terasa adalah mobil ini terasa lambat dan kurang menyenangkan wkwkwk
begitu diubah ke normal mode, sedikit ayunan gas memberikan tendangan yang baik ke roda depan, dan saat masuk power mode, saya ga perna kepikiran Kijang standar jeglek bisa sekenceng dan seenak ini wakakakak.





Ayun ayun pedal gas, CVT menyalak dengan sigap dan nggggeeeeeeeeengggggg suara mesin peresan tebu masuk secara halus ke kabin dan membuat perut buncit saya terdorong ke belakang, 70-80-90-100-110-120-130 enteng amat ni mobil wkakwkawka akselerasi ini mungkin setara atau mungkin lebih kencang dari X-Trail T30 saya dulu yang uda papas head & remap ECU, 0 ke 100 lebih kencang beberapa detik dari reborn diesel yang selalu diisi DEX, dan saat kami lepas pedal gas, masuk charging mode, ubah drive mode ke Eco, mobil kembali meluncur dengan halus, ga terasa engine brake, dan rem nya ulalamamamiaaa ga pernah saya bawa Kijang yang rem nya seenak ini dalam kondisi bawaan pabrik.
Rem nya pakem dan halus, mirip2 bawa T30 saya dulu yang uda upgrade brake pad & piringan, jauuuuhhh lebih enak dari rem Beleno HB apalagi City GN yang sedih, dan lebih enak dari Reborn saya yang uda pake kampas Bendix sak piringan2 e.





Saat masuk tikungan panjang di deket kantor, biasanya ban belakang reborn mulai berdecit di 70-80 kpj, zenix ini bisa dihajar 80-90 kpj tanpa kehilangan grip sama sekali, dan saat keluar tikungan mobil ini juga lumayan nurut, ga ada megal megol khas Kijang dalam kondisi standard. Diatas 120 kpj juga body nya masih anteng dan saat zig zag diatas 80 kpj, batas limbung mobil ini masih dalam batas kewajaran, ga separah reborn, malah cenderung enak kayak bawa City Hatchback, tapi lebih panjang aja.
Feedback setir pas dibawa merayap di kemacetan kota, sangat manusiawi, ga seperti setir reborn yang besar dan berat. Buat parkir dan nyelak2 juga radius putarnya dibawah Cortez, mirip2 Reborn tapi karena setirnya lebih ringan dan kecil, mobil ini seakan lebih mudah bergerak dan lebih lincah dari Reborn. Good!





9.5/10
sangat jauh di atas ekspetasi wuakwkakwkakwkakwakwkakwak
satu kata: enak
================================================================================================================================
Fuel Consumption
Baru coba di dalam komplek sampe ke jalan raya, jarak dibawah 30 km.
Zenix di 1:12.5 on MID by Oktan 95, reborn di rute yang sama 1:10.5an, by Solar Non Subsidi
Lebih irit Zenix 20% by MID, Plus harga BBM Oktan 95 vs Diesel non Pertamina yang ada selisih 5%an,
Weekly cost kami kira2 akan turun sekitar 15-20% saat pakai Zenix.
Good Job, akhirnya Toyota bisa bikin Kijang Bensin jadi irit. Meski pake Batre.





Buat rute kombinasi dan luar kota maupun full tol, sementara ini ON MID Reborn diesel kira kira di 1:12 buat kombinasi, luar kota full sekitar 1:14, full tol sekitar 1:17. Kalo bisa 20% diatas angka ini, bisa sangat amat membahagiakan.



9.5/10
Belum pernah ada Kijang sehemat ini wuakwkakwkakwak
================================================================================================================================
Pricing
Mahal kalo ngeliat fitur, tapi cukup okay lah kalo ngelihat apa yang kita dapatkan
Wkwkwkwk
Zenix G HV ini basic price nya 458
Add-On Accessories dsb 3 juta
Anti karat 4 juta
Plat nomer 4 angka nembak 5 juta
Jadi harganya 470 juta buat Kijang seri basic wkakwkakwkakwa.






Pajak sekitar 6.9 juta B Tangerang, Tangan Pertama.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
8.5/10
andai ada retractable mirror, ban pake 215/65-16 sama cermin2 buat ngaca ga dibuang uda saya kasih 9/10
Overall:
8.5 / 10
semua kesedihan terhadap fitur dan penampilan terbayar dari mobilnya sendiri yang menurut saya jauh lebih enak dari Kijang saya yang kemarin.
cocok buat yang beli mobil yang cukup nikmat dikendarai dan ditumpangi tanpa harus kaya fitur.
Layak kah Zenix Hybrid jadi pengganti Reborn Diesel sebagai kuda perang harian?
Setelah pemakaian 3-4 hari ini sih ortu saya dan driver yang pakai buat harian udar uder ngeng ngong lebih suka pake Zenix karena lebih hemat BBM dan lebih nyaman dari Reborn untuk pengemudi maupun penumpang, space row 2 lebih baik dan juga lebih tidak limbung & goyang goyang dalam kondisi standard pabrikan.
Kita coba saja beberapa bulan ke depan apakah biaya operasional dan maintenance nya diatas reborn?
Just my 2 cents, CnCs are so welcome
Regards
Vulvy
-maaf poskota dulu, foto2 menyusul, belom sempet wkwkwk-
uda banyak pict2 yang bagus dari kawan kawan lain di thread sebelah, but than post ini akan segera saya update.
Thank You.