alexand wrote: Mon Mar 13, 2023 19:12
Hallo warga Forum SM & suhu2 SM
mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain
kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?
pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya....
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????
saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???
mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks
kebetulan saya ex user xpander ultimate 2017 & innova reborn g diesel at 2018 . kebetulan yg reborn baru 1 bulan lalu saya jual karena ada kebutuhan yg saya ga bisa sebutkan disini, sedangkan yg xpander sudah saya jual akhir 2020 lalu . kalo dari harga. tergantung wilayah, kalo di jabodetabek. mahal. walaupun worth sm kondisinya. tawar aja sebagai awal pembukaan 290-295, apalagi warnanya putih or hitam beli aja (di harga 300-305 masih oke kok kalo emg km asli , kondisi bagus dan minim pr, tapi warnanya wajib 2 itu ya, putih or hitam hehehe) , warna favorit kok itu. kalo silver ya paling mentok tawar di 295, karena mohon maaf kalah populer dibanding 2 warna itu & kalo di reborn, harga sekennya antara silver dan hitam putih bisa selisih lumayan loh

(pengalaman sendiri bukan katanya katanya) . kalo emg abis cek unit mobilnya bagus dan minim pr. 305 masih oke lah. tapi kalo di luar jabodetabek, murah pake bgt, apalagi kalo km nya asli, 305 juga masih worthed hehehe. kalo modifan. tergantung selera om juga. kalo no 1,4&5 masih oke lah. dan tergantung, om mau pake berapa lama, kalo mau dipake sendiri diatas 2 tahun masih oke lah.
tapi kalo pakenya dibawah itu, mending cari yg standaran aja. minimal poin no 2 & 3. karena kalo emg suatu saat mau dijual lagi, gatau knp buyernya mayoritas lebih milih yg masih original speedonya dan fiturnya dkk menurut pengamatan sotoy saya. tapi kalo om mau pake long term or om ada waktu buat standarinnya lagi, go for it . sebagai gambaran, kebetulan saya juga blm lama jual punya saya sendiri innova g diesel at 2018 warna silver km 62 rb service record toyota dengan poin modifan persis kaya yg om sebutin, tapi yg no 4 & 5 aja , tapi bedanya punya saya velgnya up punya venturer 2018 juga yg pfl hehehe 305 ke pedagang bali. di jabodetabek ditawar rata2 dibawah 300, paling mentok jg 292

. sedangkan warna hitam or putih tahun sama tipe sama km sama saya perhatiin masih banyak yg buka di angka 315 keatas
efektif, asal bengkel yg masangnya bener & telaten. kalo mau tau lebih detil, bisa pm saya hehehe
kalo poin yg saya bold. saya sebagai user yg pernah miara keduanya coba bantu jawab ya. kalo dari saya. depends. pemakaian om seperti apa. kalo om makenya
- mayoritas lukot (1 tahun minimal 3x)
- sering lewat rute tol yg lancar (transjawa, cipali)
- sering lewat jalan jelek, jalan tanjakkan turunan
- gak masalah minum dex terus or rela mobilnya diisi bio (tapi dengan ritual tertentu, saya sendiri dari beli awal 2022, ampe dijual awal bulan lalu selalu pakai bio, kadang2 saja pakai dex, rutin ganti filsol tiap km 10rb, sampe dijual aman2 aja. beli di km 48rb, dijual di km 62rb) .
- sering nyetir sendiri
- suka dengan mobil yg lumayan kenceng, mentingin bgt tarikan kenceng hehehe . kalo dari xpander, tarikan saya berani jamin upgrade jauhhhhhhhh bgttt. kalo di xpander, 4 atnya berasa boyo bgt bawahnya, berat. walaupun tengah atasnya lumayan ngisi. tapi kalo di reborn diesel. tarikannya ngisi di semua putaran, blm lg transmisinya jg upgrade dari 4 at jadi 6 at, lari 170 gampang bgt di mobil ini

(walaupun xpander dulu saya pernah betot ampe 180 di tol, tapi rasanya udh berat, sedangkan kalo di reborn saya bawa ampe 180 masih ada nafasnya , cuma saya udh ga berani karena depan saya waktu itu udh mulai rame mobil

)
- sering dipakai baris ke 3 nya or buat bawa barang (sebagai gambaran, reborn saya jarang bgt kepake baris ke 3 nya, mayoritas buat bawa barang sampe akhirnya plafon saya ancur gara2 ketusuk barang untung ga parah, sampe akhirnya bapak saya memutuskan buat menjual mobil tersebut, karena saat ini lebih sering make brio yg lebih practical buat dalkot & kami hanya duduk maksimal ber 5 + buat 7 seater sudah ada crv turbo

)
- gak masalah sm fiturnya yg minim, apalagi yg om bakal beli tipe G
worthed ambil rebornnya
tapi kalo om makenya :
- mayoritas dalkot jabodetabek
- mayoritas rute yg dilewatin rute macet or jalan mulus
- jarang kepake baris ke 3 nya
- nyari mobil yg kompak
- worry kalo solarnya bakal dibatesin & agak keberatan kalo kudu diisi dexlite
- nyari fitur
keep xpandernya or ganti dengan lmpv or lsuv or crossover baru yg seharga
kalo masalah limbung. 11 12 ya, kalo lewat poldur or jalan rusak. tapi kalo buat dalkot jabodetabek, apalagi macet2an, lebih enak xpander . reborn diesel itu kelebihannya mayoritas baru berasa kalo kita pake ke lukot, rute tol yg lancar & mulus or jalan rusak, tanjakkan turunan. kalo mayoritas pemakaian oom TS cuma muter2 jabodetabek doang mah, apalagi jalan yg dilewatin mayoritas mulus di dalkot dan macet ga worthed reborn ini menurut saya? mengapa? kebetulan saya sudah pernah pakai keduanya dalam waktu lama dan sering dibawah harian tiap hari dengan berbagai rute jalan. buat perbandingan. di xpander, kalo dalkot, berasa kompak, ga berasa kaya nyetir mobil gede, lewat gang kecil jg masih bisa+ setirnya juga ringan bgt kalo dibandingin reborn, walaupun kalo di tol or jalan nanjak, tenaga putaran bawahnya agak kedodoran, apalagi diisi full load

. sedangkan kalo di reborn walaupun tenaganya enak pake bgt dibanding xpander , tapi kalo buat dalkot berasa bgt getaran mesinnya walaupun lebih halus dibanding innova lama (karena kami biasa puluhan tahun make mobil bensin) , setirnya berat bgt + kalo lewat gang kecil juga perlu effort dan buat macet2an agak susah jg selap selipnya & berasa rada limbung dan kegedean
sm kalo soal kondisi kedepan yg om bilang " dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???". jawaban saya tergantung kebutuhan. balik lagi ke premis awal. kalo om rela antri buat biosol or rela ngisi dex yg lebih mahal buat mobil ini + rutenya mayoritas lukot or tol yg lancar alias ga macet2 amat + mentingin tarikan ya worthed2 aja, toh partnya juga gampang, dimana mana ada, mau ori mau kw jg gampang dapetnya. aftersalesnya juga terjamin because it's toyota + gak masalah sm fiturnya yg lumayan minim dibanding xpander. tapi kalo om mayoritas pemakaiannya untuk macet2an di jabodetabek, jarang sekali keluar kota, saya lebih prefer keep xpandernya saya or kalo emg pengen innova, langsung aja ke zenix. dijamin jauh jauh jauh lebih nyaman dan empuk buat dalkot dibanding reborn, saya sudah coba semua

. karena kalau saya jadi om, apalagi tinggalnya di jabodetabek. mohon maaf saya gak akan mau beli reborn diesel kalo harus isi dex, mending mobil yg lebih nyaman sekalian kaya misalkan santa fe crdi kalo emg sama2 dex hehehe

, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada
dan pertanyaan terakhir" kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????". kalo buat saya, tidak, apalagi om ts makenya cuma muter2 jabodetabek doang, apalagi sering macet2an

, saya masih lebih prefer mobil diesel modern kaya santa fe yg jauh lebih nyaman dibanding reborn kalo emg kudu sama2 diisi dex, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada or om makenya mayoritas lukot / sering lewat tanjakkan turunan jalan jelek hehehe . sebagai gambaran, kalo diisi biosol aja, kalo xpander , ganti oli sama2 yg bagus 300rban udh cukup (dengan bbm mayoritas pertamax pas saya make dulu). katakan lah biaya operasionalnya . kalo ditotal2 600rban. tapi kalo reborn diesel ,make biosol aja ganti oli yg bagus minimal 500rban + filsol 150rban + biosol ya kalo ditotal2 hampir 1jtan. bedanya kalo make dex , gausah pake filsol aja

, which is 1jtan lebih kalo ditotal2 heheh . sekian dari saya. semoga membantu
bonus gambar, peliharaan saya dulu yg keduanya sudah terjual

, sekarang pakai brio satya baru cukup hehehe
