history
zenix diluncurkan akhir 2022 lalu di Indonesia oleh TAM untuk menggantikan innova reborn . mobil ini merupakan sebuah gebrakkan yg cukup spektakuler dalam gen kijang, dimana mobil ini berubah total dari segala sisi. selain exterior dan interior, mobil ini juga mengalami perubahan pada mesin, sasis dan penggeraknya. yg paling fenomenal adalah berubahnya format penggerak dari RWD , yg selama ini menjadi kelebihan dan ciri khas keluarga kijang dari jaman doyok sampe reborn menjadi FWD . selain itu, format maticnya juga berubah dari matic konvensional menjadi CVT + varian manual juga dihilangkan. blm selesai sampai disitu, ubahan pada zenix ini juga ada pada varian mesinnya, yg sblmnya ada varian dieselnya, sekarang sudah discontinue menjadi hybrid, dan mesin bensinnya pun berubah, dari mesin legenda 1TR FE, sudah diubah menjadi mesin yg mirip dengan voxy + chasisnya juga sudah berubah total, dari ladder frame menjadi monokok, secara gak langsung zenix sudah "bercerai" dengan fortuner dan hilux dan sekarang sudah 1 basis dengan altis dan voxy. mobil ini diluncurkan dengan varian G (bensin & hybrid), V (bensin & hybrid) dan Q (hybrid) sebagai trim tertinggi (semua CVT dan FWD), jadi, dari reborn mobil ini jatohnya triple kill, karena no diesel, no manual dan no RWD

exterior





terlihat simpel, tapi elegan, sepintas memang keliatan model gado2 antara ANR, veloz baru & ANF. memang bukan selera semua orang termasuk saya, yg masih lebih suka desain innova lama / reborn , tapi plusnya keliatan fresh karena baru walaupun velgnya keliatan kekecilan, mungkin buat yg beli tipe G or V bisa upgrade ke velg yg lebih besar menurut saya
interior & fitur




















desain interiornya menurut saya sangat baik dan sangat revolusioner buat sebuah kijang, berubah jauh dibanding pendahulunya , serta sukses bikin interior reborn ketinggalan 2 generasi


driving feel
mobil ini dilengkapi dengan mesin yg sama dengan voxy & altis + batre dan transmisi matic cvt 7 percepatan

now, saatnya menuju poin yg bikin banyak orang penasaran, yaitu driving impressionnya. apakah lebih baik dari pendahulunya or duo ladder yg harganya lebih mahal atau tidak? i said yes. poin pertama. posisi duduknya sangat ergonomis buat sebuah kijang. jauh lebih baik dibanding reborn even duo ladder yg lebih mahal

begitu mesin di starter, suara mesinnya sangat halus, dibanding reborn bensin sih jauh bgt


now, let's go to 2nd row. disinilah letak keunggulan zenix. pertama, lumayan lega, row 3 nya juga cukup lega menurut saya. selain itu storagenya juga cukup banyak, duduk di row 2 dan disopirin, berasa sangat nyaman buat ukuran kijang. percayalah, naik mobil ini bakal berasa jauh jauh jauh lebih nyaman dibanding reborn bahkan duo ladder yg lebih mahal, kebetulan saya sudah coba semuanya. bantingan suspensinya berasa lebih empuk dan nyaman, apalagi buat macet macetan di jakarta. tapi, ada 1 hal yg mau saya sampaikan disini. zenix ini memang cukup nyaman
but
it depends what car that you have owned before. kalau kalian biasa make mobil kelas dibawahnya or reborn / innova lama / duo ladder, mobil ini akan berasa jauh lebih nyaman dan empuk. tapi kalau kalian biasa make mobil monokok kelas 450 jt keatas seperti crv, cx5 dll. mobil ini bakal berasa biasa aja. dibanding crv saya juga walaupun fitur , bq dan road noisenya sedikit lebih baik, tapi tetep aja, driving feel, tarikan, handling dan kenyamanannya blm bisa menyaingi crv turbo untuk saat ini menurut saya . kalau saya ada pilihan, saya lebih memilih keep crv saya lebih lama lagi daripada harus tukar ke zenix

conclusion
well, kesimpulannya mobil ini worthed untuk anda yg
- pemakaian mayoritas dalkot dan disopirin
- nyari konsumsi bbm yg irit
- nyari kehalusan suara mesin
- nyari mobil yg worry free karena baru
- nyari desain exterior dan interior yg fresh
- nyari fitur
- nyari kenyamanan dan keempukan bantingan suspensi
- anda biasa make mobil kelas dibawahnya, innova reborn / old innova / duo ladder, niscaya, mobil ini akan upgrade dari mobil anda sebelumnya dari aspek yg saya sebutkan diatas
tapi jangan beli mobil ini jika:
- masih parnoan dengan hybrid, cvt & fwd disebuah kijang
- nyari driving feel, tarikan dan handling
- blm bisa move on dari torsi gedenya diesel / at konven yg selama ini jadi ciri khasnya matic kijang hehehe

- anda biasa make mobil monokok kelas crv, serena dll, percayalah , mobil ini jadi berasa biasa aja, just a glorified kijang with fwd and better model + features, that's it ( no offence ya buat pengguna zenix)

kelebihan
- nama besar toyota & kijang
- aftersales terjamin
- irit bbm
- desain exterior dan interior
- fitur
- kenyamanan dan bantingan suspensi
- kehalusan suara mesin
- perpindahan transmisinya sigap & smooth
- akomodasi cukup baik
kekurangan
- driving feel biasa aja
- tarikan bawahnya agak kurang
- pengerjaan di bagian engine baynya agak kurang buat mobil range 400-600 jtan
- handling biasa aja
- torsinya gak segede diesel, apalagi di tol / lukot

- durabilitynya masih tanda tanya, harus dilihat minimal 1-2 tahun lg dari sekarang , apakah akan sama durablenya dengan gen sblmnya / lebih durable / less durable hehehe
sekian review saya kali ini , mohon maaf kalo ada kesalahan. i hope you will enjoy my review. thank you
