Permisi para suhu,
Ane mau konsultasi soal masalah di mobil Civic fd ane, dimana kedua ban depan selalu kemakan bagian dalemnya dan cepet bener. Belum Ampe 10rb km ganti ban pake pilot sport 4, bagian dalemnya udah kemakan Ampe besinya keliatan.
Hal yang udah pernah dicoba:
Spooring -> hasil negatif Chamber tapi masih dalam batas acceptable (ijo di alat)
Ganti shock dan spring,bearing support atas Ama karet bawah per
Ganti bushing lower control arm
Ganti tie rod, long tie rod, stabilizer link
Tapi hasilnya tetep agak makan bagian dalam ban.
Kira2 root cause permasalahannya apa ya? Apa perlu ganti:
- lower control arm 1 set (gak ganti bushing doang)
- Knuckle
- Ball joint
Ada yang pernah ngalamin hal yang sama? Jadi sayang mau pake ban yang bagus, soalnya gak tahan lama kemakan bagian dalemnya.
Inner tyre wear civic fd
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Fri Aug 18, 2017 8:03
- Location: Duri
- Daily Vehicle: Motor
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Inner tyre wear civic fd
setelan toe nya ke arah luar fender apa ke dalam?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Inner tyre wear civic fd
saya jg ngalamin om di ferio '96 saya,
makan dalem jg, sudah spooring hijau dll tetep makan dalem ..
problemnya ternyata ada di lower dan upper arm ..
akhirnya ganti semua bushing set atas bawah dan ball joint ..
di ferio saya double wishbone, jadi ball joint atas bawah ..
untuk fd kalau ga salah konstruksinya kan macpherson ya?
harusnya sih misal sekilas bushing masih utuh, coba ganti ball joint nya dulu aja om ..
tapi mengingat fd umurnya udah diatas 10 tahun, saran nubie ganti bushingnya sekalian om ..
[gambar nyomot di gugel]
kalau ga salah konstruksinya kan seperti ini ..
bongpas 3 baut di lower arm + 1 baut ball joint yg nempel ke knucle ..
untuk bushing harus ke bengkel kaki yg bisa press ..
jangan lupa dikasih torsi pas mobil sudah turun dari jackstand ya om ..
biasanya kalau udah lemah dia mudah diputar .. nah ini posisinya kalau di spooring kan ga keliatan .. bisa hijau ..
tapi aktualnya pas jalan biasa, dia oblak lari sana - sini ..
makan dalem jg, sudah spooring hijau dll tetep makan dalem ..
problemnya ternyata ada di lower dan upper arm ..
akhirnya ganti semua bushing set atas bawah dan ball joint ..
di ferio saya double wishbone, jadi ball joint atas bawah ..
untuk fd kalau ga salah konstruksinya kan macpherson ya?
harusnya sih misal sekilas bushing masih utuh, coba ganti ball joint nya dulu aja om ..
tapi mengingat fd umurnya udah diatas 10 tahun, saran nubie ganti bushingnya sekalian om ..
[gambar nyomot di gugel]
kalau ga salah konstruksinya kan seperti ini ..
bongpas 3 baut di lower arm + 1 baut ball joint yg nempel ke knucle ..
untuk bushing harus ke bengkel kaki yg bisa press ..
jangan lupa dikasih torsi pas mobil sudah turun dari jackstand ya om ..
biasanya kalau udah lemah dia mudah diputar .. nah ini posisinya kalau di spooring kan ga keliatan .. bisa hijau ..
tapi aktualnya pas jalan biasa, dia oblak lari sana - sini ..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Fri Aug 18, 2017 8:03
- Location: Duri
- Daily Vehicle: Motor
Re: Inner tyre wear civic fd
Seinget ane toe out (arah luar fender) gan. Apa mending toe lebih ngarah kedalem?
Betul om, Civic fd udah MacPherson strut, jadinya gak ada upper arm, cuman lower arm dan ball joint.Ibet wrote: Tue Mar 07, 2023 1:35 saya jg ngalamin om di ferio '96 saya,
makan dalem jg, sudah spooring hijau dll tetep makan dalem ..
problemnya ternyata ada di lower dan upper arm ..
akhirnya ganti semua bushing set atas bawah dan ball joint ..
di ferio saya double wishbone, jadi ball joint atas bawah ..
untuk fd kalau ga salah konstruksinya kan macpherson ya?
harusnya sih misal sekilas bushing masih utuh, coba ganti ball joint nya dulu aja om ..
tapi mengingat fd umurnya udah diatas 10 tahun, saran nubie ganti bushingnya sekalian om ..
[gambar nyomot di gugel]
kalau ga salah konstruksinya kan seperti ini ..
bongpas 3 baut di lower arm + 1 baut ball joint yg nempel ke knucle ..
untuk bushing harus ke bengkel kaki yg bisa press ..
jangan lupa dikasih torsi pas mobil sudah turun dari jackstand ya om ..
biasanya kalau udah lemah dia mudah diputar .. nah ini posisinya kalau di spooring kan ga keliatan .. bisa hijau ..
tapi aktualnya pas jalan biasa, dia oblak lari sana - sini ..
Sebenernya bushing lower arm udah pernah diganti, tapi apa mungkin hasilnya kurang bagus/gak level waktu press ya?
Mungkin saya coba ganti ball joint dulu terus monitor beberapa bulan, liat apa masih kemakan bagian dalemnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Inner tyre wear civic fd
toe out dikombinasikan dengan camber negatif cenderung ngabisin sisi dalam ban tapi plus nya mobil lebih enak bermanuever sportyFraist wrote: Wed Mar 08, 2023 8:00Seinget ane toe out (arah luar fender) gan. Apa mending toe lebih ngarah kedalem?
Betul om, Civic fd udah MacPherson strut, jadinya gak ada upper arm, cuman lower arm dan ball joint.Ibet wrote: Tue Mar 07, 2023 1:35 saya jg ngalamin om di ferio '96 saya,
makan dalem jg, sudah spooring hijau dll tetep makan dalem ..
problemnya ternyata ada di lower dan upper arm ..
akhirnya ganti semua bushing set atas bawah dan ball joint ..
di ferio saya double wishbone, jadi ball joint atas bawah ..
untuk fd kalau ga salah konstruksinya kan macpherson ya?
harusnya sih misal sekilas bushing masih utuh, coba ganti ball joint nya dulu aja om ..
tapi mengingat fd umurnya udah diatas 10 tahun, saran nubie ganti bushingnya sekalian om ..
232.PNG
[gambar nyomot di gugel]
kalau ga salah konstruksinya kan seperti ini ..
bongpas 3 baut di lower arm + 1 baut ball joint yg nempel ke knucle ..
untuk bushing harus ke bengkel kaki yg bisa press ..
jangan lupa dikasih torsi pas mobil sudah turun dari jackstand ya om ..
biasanya kalau udah lemah dia mudah diputar .. nah ini posisinya kalau di spooring kan ga keliatan .. bisa hijau ..
tapi aktualnya pas jalan biasa, dia oblak lari sana - sini ..
Sebenernya bushing lower arm udah pernah diganti, tapi apa mungkin hasilnya kurang bagus/gak level waktu press ya?
Mungkin saya coba ganti ball joint dulu terus monitor beberapa bulan, liat apa masih kemakan bagian dalemnya.
kalo mau aman toe nya arahin ke 0 atau sedikit in
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Fri Aug 18, 2017 8:03
- Location: Duri
- Daily Vehicle: Motor
Re: Inner tyre wear civic fd
Siap om, berarti weekend ini saya coba ke bengkel spooring minta toe di arahin 0 aja. Sekaligus ngikutin saran om Ibet buat ganti balljoint. Semoga nggak makan ban bagian dalem lagicorollae11 wrote: Wed Mar 08, 2023 9:46 toe out dikombinasikan dengan camber negatif cenderung ngabisin sisi dalam ban tapi plus nya mobil lebih enak bermanuever sporty
kalo mau aman toe nya arahin ke 0 atau sedikit in
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Inner tyre wear civic fd
cambernya juga ya usahain jangan lebih dari -1,5Fraist wrote: Thu Mar 09, 2023 6:22Siap om, berarti weekend ini saya coba ke bengkel spooring minta toe di arahin 0 aja. Sekaligus ngikutin saran om Ibet buat ganti balljoint. Semoga nggak makan ban bagian dalem lagicorollae11 wrote: Wed Mar 08, 2023 9:46 toe out dikombinasikan dengan camber negatif cenderung ngabisin sisi dalam ban tapi plus nya mobil lebih enak bermanuever sporty
kalo mau aman toe nya arahin ke 0 atau sedikit in