Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
- Location: Jakarta Barat
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Halo..
Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.
Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)
Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.
Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)
Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Now
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Pasang sendiri om, pakai yang model internal tpms. TPMS Udah 2 tahun pakai sejauh 80rb km dia muter2 terus ampe puyeng kali tapi masih baik2 aja itu TPMS.henbob wrote: Wed Mar 01, 2023 7:12iya om, wkt itu ga ada suara meledak om.. cuma tiba2 denger suara kaleng (velgnya) kena aspal baru berhenti. Yg penting smuanya sehat2 smua..AbdulHakim wrote: Fri Feb 24, 2023 11:28kalo ban kempes tapi masih digas, itu bunyi "kepek-kepek-kepek" sama feeling setir agak aneh, driver berkewajiban, berhenti di bahu jalan dan cek kondisi, kecuali kondisi malam hari dan/atau di lokasi yg dirasa kurang aman, monggo.. so be it! tetap gas aja sampe ketemu tempat rame.henbob wrote: Fri Feb 24, 2023 7:52 mobil kantor livindut 2022, katanya yg lagi nyetir di tol arah bandung baru minggir setelah ada bunyi suara besipas diliat udah gini.
2.jpg
1.jpg
Tp setelah gw cek kyknya bocor duluan deh, jadi ban bocor trs tapi tetep digas terus. itu mnrt analisa noob gw loh ya.mungkin kaka2 ada analisa berbeda lainnya gw jg ga tau. hehe.
![]()
skrng udah ganti dgn brizton t005.
Tapi ini tol cipularang, aman dari begal, harusnya siy bisa menepi buat cek kondisi mobil.
kalo tekanan masih dalam range, terus meletus, harusnya notice kalo ada bunyi letusan dan setir menjadi sulit dikemudikan.
sorry kalo noob sangat pendapat saya![]()
karena ini fasilitas perusahaan dan dalam rangka business trip, lakukan RCA terhadap incident yang terjadi.
siap om, makasih tipsnya om. tpms emang fungsi bgt ya om.. om pake tpms dari bawaan mobil ato pasang sendiri om?wicaksono99 wrote: Sat Feb 25, 2023 3:59Disinilah gunanya TPMS.. Kalau ban bocor habis sensor TPMS langsung alarm (seperti ban saya sebelumnya ketauan karna bunyi alarm, kalau ga ada TPMS ya saya bisa jalan terus karna kondisi hujan lebat).. Bocor halus juga ketauan keliatan dari display tekanannya kok berkurang terus dikit2, jadi bisa langsung preventif tambal tiptop.henbob wrote: Fri Feb 24, 2023 7:52 mobil kantor livindut 2022, katanya yg lagi nyetir di tol arah bandung baru minggir setelah ada bunyi suara besipas diliat udah gini.
2.jpg
1.jpg
Tp setelah gw cek kyknya bocor duluan deh, jadi ban bocor trs tapi tetep digas terus. itu mnrt analisa noob gw loh ya.mungkin kaka2 ada analisa berbeda lainnya gw jg ga tau. hehe.
![]()
skrng udah ganti dgn brizton t005.
TPMS juga berguna ketika nyetir sendiri agar terhindar dari tindak kejahatan.. Bulan lalu saya lagi nyetir sendiri pas dinas dalam kota, ada 2 motor klakson2 saya sambil nunjuk2 ban belakang. Saya liat cermin cembung tambahan kecil di tiap spion gak ada yang aneh dengan bagian belakang mobil saya & liat TPMS semua ban tekanan normal, pas saya liat lagi itu motor yang klakson2 saya gak ada plat nomernya & sambil lirik2 kendaraan saya dari depan. Wah udah deh ini modus perampokan jadul.. Karna ketika saya nanti minggir ngecek mobil pasti itu oknum ngambil barang2 di dalem mobil. Itu rampok juga milih2 korban, pasti diintip dulu kendaraan yang hanya sendiri di mobil. Akhirnya saya jalan terus aja.. Hehe...

Kebetulan waktu pasang pas ngebarengin ganti ban juga biar sekalian gak kena biaya pasang lagi. Display non stop saya nyalain (ada auto sleep), sekali cas full bisa bertahan sampai 10 hari kedepan sampai dicas lagi. Mobil setiap hari jalan sekitar 190km.. Hehe...
Ini baru ketauan baut nancep di ban lagi, dari TPMS yang tekanannya turun tapi very slow.. Dalam 2 hari turun 1psi, bocor halus saya kira mungkin dari pentil ban udah waktunya ganti.. Eh tapi pas dicek ada baut nancep.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..
Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.
Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)
Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
- Location: Jakarta Barat
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Iya, Pirelli Cinturato P1.fannykuncoro wrote: Fri Mar 03, 2023 10:58Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..
Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.
Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)
Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Now
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Stay di Pirelli ajahbundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51Iya, Pirelli Cinturato P1.fannykuncoro wrote: Fri Mar 03, 2023 10:58Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..
Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.
Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)
Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.

Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.
Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..
klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
- Location: Jakarta Barat
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38Stay di Pirelli ajahbundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.
Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..
klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton![]()
Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Now
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yepbundaberg wrote: Sat Mar 04, 2023 6:52Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38Stay di Pirelli ajahbundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51
Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.
Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..
klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton![]()
Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Sampai 2025 max lah klo bukan spirited driver yaa
BS 684 klo dipakai ke monokok udh cukup mantap itu noisenya di aspal beton

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
- Location: Jakarta Barat
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Makasih omSuryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 7:27Yepbundaberg wrote: Sat Mar 04, 2023 6:52Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38
Stay di Pirelli ajah
Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.
Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..
klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton![]()
Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Sampai 2025 max lah klo bukan spirited driver yaa
BS 684 klo dipakai ke monokok udh cukup mantap itu noisenya di aspal beton![]()
Now
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24
Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh
). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by daimler on Sun Mar 05, 2023 12:05, edited 1 time in total.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbahdaimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu)

Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orangdaimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Mobil nya dan bannya apa om?daimler wrote:Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.
Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.
Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.
Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.
Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Wah gitu ya, oke mbah stick di 36psi di atas itu kayanya bakal berasa naek katana jaman dulu, sabar2in kalo yg ikut pd ngeluh mantul2Suryaputra wrote: Sun Mar 05, 2023 12:00
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbah
Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu)![]()
Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik![]()

Nah itu dia sepaham, mobil kecil bobot ringan, ban bawaannya pun ratio tebal 65 kudunya diisi 30~32psi kudunya aman2 aja lah ya, ga bakal makan samping bannyaMSU wrote: Sun Mar 05, 2023 12:53 Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orang
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
Mobilnya agya AT 2015 1000cc , bannya GT radial champiro eco 175/65 r14 om. Wah membantu sekali itu tabelnyaClonz wrote: Sun Mar 05, 2023 13:19 Mobil nya dan bannya apa om?
Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.
Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.
Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.
Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.
Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds. images (8).jpg

Kira2 ada saran dimari merk ban yg ukuran segitu atau lebar naik 1 step misalnya 185/60 yg penting ring 14 yg load indexnya di di atas 82?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Betul ini mbah. Pas ganti ban dari 185 65 r16 ke 195 55 r16, tekanan ban depan 36 jadi 35, ban belakang 33 jadi 32. Yg ban baru load indexnya lebih tinggi.
Ada di trit sebelah, 185 65 r16 ke 195 60 r16.
Tekanan ban diisi depan 36 belakang 33 jadi keras naikannya. Menurut itungan load index harusnya depan 33 belakang 30.
https://tiresize.com/calculator/
Ada di trit sebelah, 185 65 r16 ke 195 60 r16.
Tekanan ban diisi depan 36 belakang 33 jadi keras naikannya. Menurut itungan load index harusnya depan 33 belakang 30.
https://tiresize.com/calculator/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
iya set aja 36,daimler wrote: Sun Mar 05, 2023 13:21Wah gitu ya, oke mbah stick di 36psi di atas itu kayanya bakal berasa naek katana jaman dulu, sabar2in kalo yg ikut pd ngeluh mantul2Suryaputra wrote: Sun Mar 05, 2023 12:00
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbah
Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu)![]()
Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik![]()
![]()
Nah itu dia sepaham, mobil kecil bobot ringan, ban bawaannya pun ratio tebal 65 kudunya diisi 30~32psi kudunya aman2 aja lah ya, ga bakal makan samping bannyaMSU wrote: Sun Mar 05, 2023 12:53 Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orang
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
Mobilnya agya AT 2015 1000cc , bannya GT radial champiro eco 175/65 r14 om. Wah membantu sekali itu tabelnyaClonz wrote: Sun Mar 05, 2023 13:19 Mobil nya dan bannya apa om?
Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.
Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.
Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.
Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.
Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds. images (8).jpg![]()
Kira2 ada saran dimari merk ban yg ukuran segitu atau lebar naik 1 step misalnya 185/60 yg penting ring 14 yg load indexnya di di atas 82?
dan jgn kurang dr 32-33 psi ajah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
- Location: PlusEnamDua
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Bahaya om, klo extreme underinflated kek gitu cepet botak pinggir, & makin botak pinggir makin riskan meleduk pas di tengah jalan. Klo mo bikin empuk, yg aman deh metodenya, misal pake ban yg kompon karetnya empukan, ato ganti shock/ per/ keduanya, ato pasang peredam full body krn efek tambahannya selain jadi kedap, juga jadi ngurangin mental mentulnya sasis2 entry level. Cuma ya fuel cons bakalan sedikit tambah boros yadaimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2547
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Goodyear assurance maxguard kayaknya seru om [emoji16]sahabatq8 wrote:Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
wearnya agak tinggi neh ban... noise nya so-so sih cuma kalo ud agak ngintip ke TWI berisiknya ampun. menang di gripnya emang enak. sama murah sih 1.3jt aja per pc buat CRV.sahabatq8 wrote: Tue Mar 07, 2023 2:26 Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
GY donghadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.

https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2
Garansi 1 thn / 20rb km
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
thanks om...Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 10:16GY donghadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2
Garansi 1 thn / 20rb km
ADP 2 ama ATM 2, kalau untuk kesenyapan dan empuk mending mana ya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
ATM 2 lbh empukhadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 10:56thanks om...Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 10:16GY donghadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2
Garansi 1 thn / 20rb km
ADP 2 ama ATM 2, kalau untuk kesenyapan dan empuk mending mana ya?
ADP 2 buat mobil tempur
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sat Jan 28, 2023 21:08
- Location: Provinsi Termiskin se-Jawa
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Nubie numpang tanya om2 semua, akan bermasalah tidak jika tipe ban beda sepasang dgn ukuran sama? Misal depan bridgestone er370 dan ban belakang baru bridgestone t005a? Mau cari er370 buat belakang sekarang harganya naik gak kira2, alternatifnya ganti t005. Ada yg pernah komparasi er370 vs t005a kah? Thanks om2
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Aman.. jalan sesuai batas kecepatan aman ajaMutualIsMe wrote: Tue Mar 07, 2023 11:51 Nubie numpang tanya om2 semua, akan bermasalah tidak jika tipe ban beda sepasang dgn ukuran sama? Misal depan bridgestone er370 dan ban belakang baru bridgestone t005a? Mau cari er370 buat belakang sekarang harganya naik gak kira2, alternatifnya ganti t005. Ada yg pernah komparasi er370 vs t005a kah? Thanks om2
Fwd?
Klo iya... er370 taro depan aja, biar cepet abisnya, trus ganti sama t005a lg biar seragam
Umur pakai ban optimalnya 5 thn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri