darrelund wrote: Sat Mar 04, 2023 3:05
jualan di indo itu susah" gampang
klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu
toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun
tau sukses di indo itu begimana?
muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"
yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar
coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan
chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas
coba harganya setara
lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
pinternya jejepangan, mereka tuh pasang harga mahal, cost cutting di tempat yang sekiranya mayoritas penggunanya gak bakal ributin

pengguna ya, bukan netijen nyinyir.
coba lah se banyaknya netijen nyinyir sama HRV CRV apa inofa reborn yg kualitinya jelek, mang penggunanya peduli yah.

a selected few, yang beli jg bukan duit die tp masih duit bapaknye
krn yang biasa di exploit kan repeat order konsumen lama yg dari kijang beli kijang lagi aja saking males milih. buanyak tipikal bapak bapak gini. salesnya jg paling dari masih junior sales ampe sales manager RO terus. toyota harga mati. yang kesel anaknya punya mobil kijang mulu
inofa reborn ya pada ngeluhin beberapa kualitinya gak sebagus inofa lama, tp dibeli semata ini toyota, gampang kalo mau cari apa-apa.

kan we need to choose the lesser evil
pabrikan china jg bukan malaikat kok emang tuh mobcin klo laku gak bakal tuh profit oriented jg jd jangan seneng dulu lah, pengusaha dimana-mana sama aja tujuannya cuan bukan malaikat

lah woleng kongpero aja diem diem disunatin khan dr yang awal
