Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
loid wrote: Tue Feb 21, 2023 10:58
Berasa kek lingkaran setan ga sih wkwk
Dan gw setuju soal mobil sebagai luxury item, mungkin itu jd salah satu faktor kenapa pemilik mobil tipe tertentu cenderung bersikap arogan di jalan raya, apalagi sampe berani ngancem pengguna jalan lain
Apalagi makin parah yg pake biasa emang kroco / ajudan pejabat yang gajinya cuma di atas UMR sikit. Yang punya sendiri aja arogan apalagi boleh minjem wkwkwkwk.
Gak bisa beli sendiri, dikasih ijin pake, fasilitas pake lampu lampuan onoh, gimana gak blagu bawaannya. Seumur2 cuma bisa blagu pake beat mberrr skrg bisa nyetir ala raja jalanan
Nggak beda sama orang yang kaget dapet uang miliaran dibelanja belanjain sampe jd miskin lagi wkwkwkw.
Ya sisi positifnya, makin banyak duo SUV arogan artinya banyak orang kaya baru.
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 0:16
Kemaren sempet test drive, suprisingly not bad mobilnya. Tarikan cvtnya juga cukup responsive. Kalo misalnya ini merek jepang sih udah pasti laku.
Sempet nyoba wooleng yang baru launching juga, itu sih.... No comment
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 0:16
Kemaren sempet test drive, suprisingly not bad mobilnya. Tarikan cvtnya juga cukup responsive. Kalo misalnya ini merek jepang sih udah pasti laku.
Sempet nyoba wooleng yang baru launching juga, itu sih.... No comment
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 0:16
Kemaren sempet test drive, suprisingly not bad mobilnya. Tarikan cvtnya juga cukup responsive. Kalo misalnya ini merek jepang sih udah pasti laku.
Sempet nyoba wooleng yang baru launching juga, itu sih.... No comment
Kayaknya laku jg om. Melebihi ekspetasi manajemen cherry indonesia pre bookingnya. Lumayan lah untuk kick start brandingnya cherry haha
Kl wuling alvez feeling saya sih tarikannya biasa aja karena pakai mesin economy standar 1500 cc. Yah intinya driving experiencenya pasti so so. Lebih jualan design dan fitur aja mobilnya
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 0:16
Kemaren sempet test drive, suprisingly not bad mobilnya. Tarikan cvtnya juga cukup responsive. Kalo misalnya ini merek jepang sih udah pasti laku.
Sempet nyoba wooleng yang baru launching juga, itu sih.... No comment
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
harga gak murah, karena dia invest nya beneran dan serius di sini.
klo dikasih harga murah, makin jauh ROI nya.
karena VVoleng perlu hitung total net income VS biaya produksi yang sudah crot, include variable sama fixed cost, belum lg bangun pabrik dgn biaya trilyunan
Jadi si VV ini most likely panjang hidupnya di Indonesiah.
klo Chery lbh murah? ya investnya jauh lbh dikit, pabrik masih makloon,... tapi negatif side nya, buyernya jg harus siap, klo someday si C gak survive, dia bisa aja cabut dr indonesia, spt merk US ono, karena investnya juga gak main resiko tinggi si C ini.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
harga gak murah, karena dia invest nya beneran dan serius di sini.
klo dikasih harga murah, makin jauh ROI nya.
karena VVoleng perlu hitung total net income VS biaya produksi yang sudah crot, include variable sama fixed cost, belum lg bangun pabrik dgn biaya trilyunan
Jadi si VV ini most likely panjang hidupnya di Indonesiah.
klo Chery lbh murah? ya investnya jauh lbh dikit, pabrik masih makloon,... tapi negatif side nya, buyernya jg harus siap, klo someday si C gak survive, dia bisa aja cabut dr indonesia, spt merk US ono, karena investnya juga gak main resiko tinggi si C ini.
Bukannya cherry ud MOU sm pemerintah utk bangun pabrik di sini yah? Dalam 2 - 3 tahun ke depan jadi pabrik seharusnya. Skrg mereka kerjasama dgn handal motor utk rakit CKD di sini sambil nunggu pabriknya jadi. Jadi start branding sambil paralel bikin pabrik. Beda strateginya sm wuling yg pabrik siap baru mulai jualan.
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
harga gak murah, karena dia invest nya beneran dan serius di sini.
klo dikasih harga murah, makin jauh ROI nya.
karena VVoleng perlu hitung total net income VS biaya produksi yang sudah crot, include variable sama fixed cost, belum lg bangun pabrik dgn biaya trilyunan
Jadi si VV ini most likely panjang hidupnya di Indonesiah.
klo Chery lbh murah? ya investnya jauh lbh dikit, pabrik masih makloon,... tapi negatif side nya, buyernya jg harus siap, klo someday si C gak survive, dia bisa aja cabut dr indonesia, spt merk US ono, karena investnya juga gak main resiko tinggi si C ini.
Bukannya cherry ud MOU sm pemerintah utk bangun pabrik di sini yah? Dalam 2 - 3 tahun ke depan jadi pabrik seharusnya. Skrg mereka kerjasama dgn handal motor utk rakit CKD di sini sambil nunggu pabriknya jadi. Jadi start branding sambil paralel bikin pabrik. Beda strateginya sm wuling yg pabrik siap baru mulai jualan.
oh my bad..
klo benar spt itu, berarti ini kesempatan emas buat yg mau beli mobcin yg masih worth to buy.
karena klo pabrik beneran dah jadi dalam 3 thn ke depan, harga bisa jadi naek lbh signifikan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ChZ wrote: Tue Feb 21, 2023 3:13
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.
sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
Makanya dibilang ini lomba lari marathon, butuh napas yg kuat dan panjaaaaaaaaang ....
Secara capital gak usah dipertanyakan, tapi namanya bisnis kan ujung2nya making profit or not
Ibarat kata seorang youtuber ; ini bisnis tahan mana atau mana tahan
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
Makanya dibilang ini lomba lari marathon, butuh napas yg kuat dan panjaaaaaaaaang ....
Secara capital gak usah dipertanyakan, tapi namanya bisnis kan ujung2nya making profit or not
Ibarat kata seorang youtuber ; ini bisnis tahan mana atau mana tahan
asal jgn lari sprint yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ibet wrote: Wed Feb 22, 2023 4:43
rada OOT,
tapi saya beneran penasaran kenapa Chinese brand ini ga main di LCGC ya?
Ada Om, namanya Baojun seri E. E100 , E200, E300.
Di sana kisaran 7000-8000 USD atau 100-115 juta IDR.
Unfortunately masuk Indo jadi Wuling air EV yang kita tahu harganya ga masuk Lcgc.
Ibet wrote: Wed Feb 22, 2023 4:43
rada OOT,
tapi saya beneran penasaran kenapa Chinese brand ini ga main di LCGC ya?
Ada Om, namanya Baojun seri E. E100 , E200, E300.
Di sana kisaran 7000-8000 USD atau 100-115 juta IDR.
Unfortunately masuk Indo jadi Wuling air EV yang kita tahu harganya ga masuk Lcgc.
lgian klo LGCC lgi tar kejadian QQ terulang lgi. Sayang sih ini so far mobcin yg bikin impresi bagus dibanding mobcin2 lain (ud td W, D ama M) karena lumayan fokus jg ke driving impression hehehe. Rata2 mobcin lain cuma jual fitur tpi ya masyarakat sini lbh penting fitur2 drpd driving impression sih kecuali merek Jepang lsg deh tutup mata wkkkk.
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
harga gak murah, karena dia invest nya beneran dan serius di sini.
klo dikasih harga murah, makin jauh ROI nya.
karena VVoleng perlu hitung total net income VS biaya produksi yang sudah crot, include variable sama fixed cost, belum lg bangun pabrik dgn biaya trilyunan
Jadi si VV ini most likely panjang hidupnya di Indonesiah.
klo Chery lbh murah? ya investnya jauh lbh dikit, pabrik masih makloon,... tapi negatif side nya, buyernya jg harus siap, klo someday si C gak survive, dia bisa aja cabut dr indonesia, spt merk US ono, karena investnya juga gak main resiko tinggi si C ini.
Makesenses sih, dengan bangun pabrik disini bukan berarti harga bisa lebih murah. Case yang sama juga terjadi di Piaggio, banyak yg keburu seneng mereka bangun pabrik di cikarang ngarep nya harga bisa turun jauh... ealah surprisingly harga sama aja
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
Makanya dibilang ini lomba lari marathon, butuh napas yg kuat dan panjaaaaaaaaang ....
Secara capital gak usah dipertanyakan, tapi namanya bisnis kan ujung2nya making profit or not
Ibarat kata seorang youtuber ; ini bisnis tahan mana atau mana tahan
asal jgn lari sprint yaa
Kayaknya (perkiraan ane) bakal menyusul ATPM's yang angkat kaki sebelumnya
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 0:16
Kemaren sempet test drive, suprisingly not bad mobilnya. Tarikan cvtnya juga cukup responsive. Kalo misalnya ini merek jepang sih udah pasti laku.
Sempet nyoba wooleng yang baru launching juga, itu sih.... No comment
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
Sptnya brand W sama DFSK mirip2 drivetrainnya agak acakadut, sampe Almaz hybrid aja ditest Om Fitra juga masih kurang drivetrainnya. Jd mendingan BRV & Xpander Cross ya
Makanya dibilang ini lomba lari marathon, butuh napas yg kuat dan panjaaaaaaaaang ....
Secara capital gak usah dipertanyakan, tapi namanya bisnis kan ujung2nya making profit or not
Ibarat kata seorang youtuber ; ini bisnis tahan mana atau mana tahan
asal jgn lari sprint yaa
Kayaknya (perkiraan ane) bakal menyusul ATPM's yang angkat kaki sebelumnya
klo bener si C jadi buka pabrik sesuai MoU, gak semudah itu angkat kaki koq
jd wait and see... hahahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kayaknya (perkiraan ane) bakal menyusul ATPM's yang angkat kaki sebelumnya
klo bener si C jadi buka pabrik sesuai MoU, gak semudah itu angkat kaki koq
jd wait and see... hahahaha
Mungkin untuk jangka waktu dekat, kaya 5 taunan benar sih uda buka pabrik kecil kemungkinan bangkrut. Tp kalo loss making trus, dbanding trus2an bakar duit sih saya rasa prinsipal gaakan segan2 untuk tutup juga. Sebagai contoh, kalo gasalah pabrik ahond d Inggris uda ditutup krna permintaan terus menurun. Ntah jadi apa fungsi pabriknya
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
harga gak murah, karena dia invest nya beneran dan serius di sini.
klo dikasih harga murah, makin jauh ROI nya.
karena VVoleng perlu hitung total net income VS biaya produksi yang sudah crot, include variable sama fixed cost, belum lg bangun pabrik dgn biaya trilyunan
Jadi si VV ini most likely panjang hidupnya di Indonesiah.
klo Chery lbh murah? ya investnya jauh lbh dikit, pabrik masih makloon,... tapi negatif side nya, buyernya jg harus siap, klo someday si C gak survive, dia bisa aja cabut dr indonesia, spt merk US ono, karena investnya juga gak main resiko tinggi si C ini.
Bukannya cherry ud MOU sm pemerintah utk bangun pabrik di sini yah? Dalam 2 - 3 tahun ke depan jadi pabrik seharusnya. Skrg mereka kerjasama dgn handal motor utk rakit CKD di sini sambil nunggu pabriknya jadi. Jadi start branding sambil paralel bikin pabrik. Beda strateginya sm wuling yg pabrik siap baru mulai jualan.
Saya kok malah bayangin kalau masi MOU ini jd sarana cerdik C buat testing Ina market ya. Kalau sukaes MOU dijadikan agreement dan beneran bikin pabrik. Kalo bbrp taun ini sales nyungsep auto pamit dr Ina lagi
alvez om? no comment positif atau negatif nih? hahaha
Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
Sptnya brand W sama DFSK mirip2 drivetrainnya agak acakadut, sampe Almaz hybrid aja ditest Om Fitra juga masih kurang drivetrainnya. Jd mendingan BRV & Xpander Cross ya
Nah, perkara drivetrain, katanya kalo di negara asalnya sana kan pada hebat2 di urusan BEV, nah udah ada yg pakai BEV bikinan RRC agak lamaan ndak ya, jd bukan test drive ? (Wuling Air ndak diitung, kutu itu bukan mobil), macam MG4 EV atau BYD spt. punya Blue Bird ?. Itu enak ndak feel drivingnya dari segi drivetrain. Pengalaman pake I5, definisi drivetrain BEV enak itu yg penting cuma 2 : pertama torsi ngisinya alus tapi linier, jd ndak tau2 njambak, kerasa ada tenaga tapi nurut, yg kedua regen kuat tapi alus. Nah : I5 vs I Classic, Classic yg kalah di no 2, regennya lemes.
Kalo BEV RRC pada feelingnya minimal kayak I Classic apalagi I5 ya jangan2 strategi mereka lari estafet jarak jauh, pelari pertama ICE, gpp. kalah, yg penting ndak jauh2 banget, ntar pelari kedua dat. ngebut ngejarnya pake BEV. Contoh kasus : Liat aja tu DFSK tau2 dah lokalisasi Gelora BEVnya, kalo dilawan Granmax bener mahal di 399 juta, tapi kalo dilawan Air EV yg 300 juta ya keliatan masuk akal…..
Montero wrote: Wed Feb 22, 2023 7:29
Makesenses sih, dengan bangun pabrik disini bukan berarti harga bisa lebih murah. Case yang sama juga terjadi di Piaggio, banyak yg keburu seneng mereka bangun pabrik di cikarang ngarep nya harga bisa turun jauh... ealah surprisingly harga sama aja
ya ini narasi rada misleading dari atpm sebenernya bahwa CKD = lebih murah. makin sesatnya sampe ke awak media dan sampe ke kita nggak dikritisi dulu wkwkwkkw.
masalahnya chinese company ini kalo ane lihat dari sektor apapun model bisnisnya buka buanyakkk (ehem itu franchise es krim) habis itu yang tutup ya buanyakkk yah kalopun rugi kan di domestic market udah cuan cuan cuan modelnya kayak tebar jala gitu. beda sama japanese brands yang musti mikir 1000x kalo mau buka fabrik.
ya si W sih udah 5 tahun blm ada tanda2 hengkang ya itu mobil SUV boros pun tetep dibeli masyarakat. bukti marketingnya sukses. mungkin krn pada blom pernah coba mobil 1.5 turbo lain yang dalem kota bisa 2 kali lebih hemat dan lebih powerful
tapi kalo kata bokap sih usaha itu tinggal "cucok opo ora?" alias balik lg ke basic principles cost berbanding profit. kalo perkiraan si W meleset jauh dari perkiraan ya jangan kaget nanti 5 - 10 thn lagi bye-bye nih merek. udah kejadian di GM indo dan FMI
Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.
Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.