Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43
Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Sepertinya akan di tampilin di IIMS tahun ini dan sudah ada unit yg first drive. Lebih berharap yg EV masuk duluan sih tpi sepertinya yg bensin yg akan di launching duluan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
brand penggembira doank



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Harga spek paling bawah 325jt, spek tertinggi 398jt, test drive tadi di IIMS so far lumayan jg buat value for moneynya. Interionyanya termasuk solid cuma sayang aja giginya CVT bukan DCT ky Tiggo8
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Nov 13, 2008 11:59
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Mungkin ga sih kalau unit test drive “dikondisikan” dengan performa yang “lebih”dibandingkan aslinya?nrvn wrote: Mon Feb 20, 2023 9:39 sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.
https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Di otodriver sudah dites sama om fitra :
- driving dynamics surprisingly sangat positif dan tidak berasa brand china (rasa berkendara di antara eropa dan china)
- akselerasi 0-100km/h chery omoda lebih cepat 0.1 detik dibanding AN HRV RS turbo
- konsumsi bbm hanya sedikit lebih boros dari AN HRV RS turbo dan bisa menggunakan oktan 92 (tertulis di tutup pengisian bbm)
- konklusinya jauh jika dibandingkan dengan rasa berkendaranya merk wuling
Tapi kembali lagi, keseriusan atpm chery dan aftersalesnya yg tentunya menjadi dasar laris atau tidaknya kedepan
- driving dynamics surprisingly sangat positif dan tidak berasa brand china (rasa berkendara di antara eropa dan china)
- akselerasi 0-100km/h chery omoda lebih cepat 0.1 detik dibanding AN HRV RS turbo
- konsumsi bbm hanya sedikit lebih boros dari AN HRV RS turbo dan bisa menggunakan oktan 92 (tertulis di tutup pengisian bbm)
- konklusinya jauh jika dibandingkan dengan rasa berkendaranya merk wuling
Tapi kembali lagi, keseriusan atpm chery dan aftersalesnya yg tentunya menjadi dasar laris atau tidaknya kedepan
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Pas test drive jdi keinget Chevrolet Trax hehehe, gasnya termasuk ringan. Kursi depannya jg lumayan nyaman cuma kursi belakang sepertinya agak tinggi. So far buat mocin sih lumayan solid dan gk terkesan murahan.nrvn wrote: Mon Feb 20, 2023 9:39 sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
Mazda sih handlingnya emg pakem hehehe dan karakternya hampir sama smua dri M2 smpe CX5.
ATPM sih sepertinya susah mengalahkan yg Jepang bengkelnya tapi klo liat dri margin harga (dan harapan penjualan) moga2 ada buffer lumayan dah buat dealer/bengkel untuk survive. Mungkin lebih bagus dealernya jgn terlalu banyak tetapi rata di tiap daerah jdi tidak terlalu bersaing.XMTdeluxe wrote: Mon Feb 20, 2023 11:09Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.
https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
wah nyayur ya beliau... abis terima pensiun di astra terima kerja lagi di chery yang dimana gajinya pasti gak murahXMTdeluxe wrote: Mon Feb 20, 2023 11:09Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.
https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
biar penggembira minimal niat um, mesin aja bikin ndiri.
masyarakat kremlin aja pada suka koq

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiriJenson wrote: Mon Feb 20, 2023 19:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg

itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Desain depan sama belakang ga nyambung ini mbl
Depan bulet2 belakang tajem2 aneh
Depan bulet2 belakang tajem2 aneh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Kasih kok om. Ada beberapa member komunitas wuling yg jualan sparepart ori ambil barang dari wuling pusat. Cuma mungkin penyebarannya gak semasif brand jepang mainstream yg memang udah lama jualan di indo.b0ku wrote: Tue Feb 21, 2023 2:20denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiriJenson wrote: Mon Feb 20, 2023 19:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg![]()
itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
lama2 beli partnya dari aliexpress jg nihmobilover wrote: Tue Feb 21, 2023 2:37Kasih kok om. Ada beberapa member komunitas wuling yg jualan sparepart ori ambil barang dari wuling pusat. Cuma mungkin penyebarannya gak semasif brand jepang mainstream yg memang udah lama jualan di indo.b0ku wrote: Tue Feb 21, 2023 2:20denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiriJenson wrote: Mon Feb 20, 2023 19:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg![]()
itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
hmmm inilah yang bikin simalakama buat brand2 yang blm established di indo.Jenson wrote: Mon Feb 20, 2023 19:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
satu sisi mau penetrasi pasar, mau buka di luar jak/sur (jakarta/surabaya) marketnya msh konservatif.
tp kalau hanya buka di jak/sur, penetrasi jelas nggak bisa gede secara global number. itupun tetap masih >50% konservatif.
tapi market lbh bisa di maintain di dua kota ini yg sudah less conservative soal pilihan kendaraan.
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.
sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Kalau saya liatnya :ChZ wrote: Tue Feb 21, 2023 3:13
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.
sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Nah sepakat...grimjow wrote: Tue Feb 21, 2023 4:02Kalau saya liatnya :ChZ wrote: Tue Feb 21, 2023 3:13
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.
sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.
Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama hondaSuryaputra wrote: Tue Feb 21, 2023 4:07
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.
Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer![]()

akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya

beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
T D H S Mb0ku wrote: Tue Feb 21, 2023 4:42ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama hondaSuryaputra wrote: Tue Feb 21, 2023 4:07
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.
Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer![]()
![]()
akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya
beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Bahas mobcin jadi inget mobil tetangga, MG baru beli, tapi udah tabrak depan. Itu harga jual gimana ya. Mobil jepang, ex laka aja udah susah jual.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
wkwkwk root cause nya sepertinya di gimana masyarakat memandang mobil yg masih nota bene dianggap luxury item, ya per tahun penjualan barely nyentuh sejuta unit, di populasi penduduk yang 270 juta. bahkan nggak sampe 0.5%. dan itu peaknya di mid-season (lebaran) yang mana orang lomba-lomba beli mobil paling baru lalu beres lebaran numpukin segudang masalah cicilan gak kebayar yang bikin pusing lembaga pembiayaangrimjow wrote: Tue Feb 21, 2023 4:02
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".

bahkan sebuah honda brio itu masih dianggep simbol kesuksesan anak muda yang karirnya moncer dan "self made", karena dianggep "udah bisa beli mobil sendiri" wkwkwkwk.
extreem nya untuk masyarakat bisa afford mobil (baru) pertamanya, harus udahlah dibantu insentif pemerintah (LCGC scheme), kadang dibantu cicilan yang bunga kreditnya tidak manusiawi wkwkwkwkw. unless dapet COP kantor atau privileged, sangat berat anak muda freshgrad punya mobil (baru) di sini. minimal dalam itungan under 5 tahun kerja di company yang sama dan udah di-promote baru bisa beli mobil (baru).
dan dengan entry barrier mobil baru yang makin naik, pasar mobil bekas jadi makin seksi. kan yang penting "punya mobil". dan market + masyarakat akan memberi pilihan logis yang itu lagi, itu lagi.
lalu jangan lupa namanya luxury item ya ada faktor gengsi. mau serendah apapun entry barrier mobil china, tetaplah gengsinya pakai toyota dan wuling itu beda. wkwkwkwkw. mau dikata almaz lebih mahal dari innova bekas, dibawa ke kampung tetep lbh "ngejual" innova bekas karena brand toyota lebih dikenal

dan terjadilah siklus yang om sebut itu

Last edited by ChZ on Tue Feb 21, 2023 7:08, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
OH Iya lupa suzuki satu lagi diluar merek2x itu ud deh kadang susah nyari partsSuryaputra wrote: Tue Feb 21, 2023 4:57T D H S Mb0ku wrote: Tue Feb 21, 2023 4:42ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama hondaSuryaputra wrote: Tue Feb 21, 2023 4:07
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?
gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...
PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.
Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer![]()
![]()
akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya
beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori![]()
![]()

lagian kalo kayak saya beli parts barangnya gak ada tukang parts akan nanya ke atpm dan info barang bisa di pesen ini boro2x bisa di pesen gak ada euy bisa ngomongnya ud gak ada dari berapa bulan lalu belom masukin lagi kayaknya antara partsnya laris manis apa tuh atpm males nyetok banyak

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
Berasa kek lingkaran setan ga sih wkwkChZ wrote: Tue Feb 21, 2023 6:57wkwkwk root cause nya sepertinya di gimana masyarakat memandang mobil yg masih nota bene dianggap luxury item, ya per tahun penjualan barely nyentuh sejuta unit, di populasi penduduk yang 270 juta. bahkan nggak sampe 0.5%. dan itu peaknya di mid-season (lebaran) yang mana orang lomba-lomba beli mobil paling baru lalu beres lebaran numpukin segudang masalah cicilan gak kebayar yang bikin pusing lembaga pembiayaangrimjow wrote: Tue Feb 21, 2023 4:02
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.
2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.
3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".![]()
bahkan sebuah honda brio itu masih dianggep simbol kesuksesan anak muda yang karirnya moncer dan "self made", karena dianggep "udah bisa beli mobil sendiri" wkwkwkwk.
extreem nya untuk masyarakat bisa afford mobil (baru) pertamanya, harus udahlah dibantu insentif pemerintah (LCGC scheme), kadang dibantu cicilan yang bunga kreditnya tidak manusiawi wkwkwkwkw. unless dapet COP kantor atau privileged, sangat berat anak muda freshgrad punya mobil (baru) di sini. minimal dalam itungan under 5 tahun kerja di company yang sama dan udah di-promote baru bisa beli mobil (baru).
dan dengan entry barrier mobil baru yang makin naik, pasar mobil bekas jadi makin seksi. kan yang penting "punya mobil". dan market + masyarakat akan memberi pilihan logis yang itu lagi, itu lagi.
lalu jangan lupa namanya luxury item ya ada faktor gengsi. mau serendah apapun entry barrier mobil china, tetaplah gengsinya pakai toyota dan wuling itu beda. wkwkwkwkw. mau dikata almaz lebih mahal dari innova bekas, dibawa ke kampung tetep lbh "ngejual" innova bekas karena brand toyota lebih dikenal![]()
dan terjadilah siklus yang om sebut itu![]()
Dan gw setuju soal mobil sebagai luxury item, mungkin itu jd salah satu faktor kenapa pemilik mobil tipe tertentu cenderung bersikap arogan di jalan raya, apalagi sampe berani ngancem pengguna jalan lain
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)
ya begimana, kenaikan gaji & harga mobil ga selarasloid wrote: Tue Feb 21, 2023 10:58
Dan gw setuju soal mobil sebagai luxury item, mungkin itu jd salah satu faktor kenapa pemilik mobil tipe tertentu cenderung bersikap arogan di jalan raya, apalagi sampe berani ngancem pengguna jalan lain
UMR paling naik ratusan ribu, mobil bisa puluhan juta. ya jauh

dulu 400jt kurang. bisa dapat ribon Q, skrg dapetnya zenix G
ibaratnya skrg ente punya 418jt bisa beli zenix G. taon depan belom tentu bisa dapat karena harga naik
ga heran klo mobil itu utk mayoritas dianggap luxury item
emang entry barriernya tinggi
tapi ngeliat T & H yg local manufaktur dan harga naek terus, oe jadi mikir. "apakah worth it utk full manufaktur mobil di indo?"
di sisi lain yah mau fully import jg susah stok
syulitttt....