Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dear suhu2 TS sekalian, anggap lah saya punya budget up to 3xx jt, utk saat ini mobil Eropa apa yg bisa dibeli dng dana segitu tapi paling minim drama*? Pemakaian: weekend car, jadi lupakan sebentar soal BBM BOROS krn bisa dimaafkan .
Opsi yg masuk budget (dan kepingin):
1) BMW Seri 3 F30
2) Merc A Class (yg sensible budget A200 hatch, but penginnya A250 AMG )
3) VW Golf (drama DSG?)
4) Audi (A4 atau Q3 --> tapi kok rasanya ketuaan buat harga segitu ya )
*Minim drama = no sheer repairing plesyehhhhhh
EDIT: sebagai mantan pengguna Fiesta S 2013, syarat utama juga pengin yg bisa selap selip tapi nempel ditanah, nostalgia
Last edited by peterming77 on Tue Feb 14, 2023 8:29, edited 1 time in total.
Audi ...
murni karena nostalgia game NFS Underground series dan entah kenapa itu logo gelang saling mengikat pas banget ama desainnya.
Tapi secara objektif, Bimer seri 3 lah pilihannya.
Mobil yurop tua macem russian roulette lah, kalo lg sial ya ada aja masalahnya.
1. F30 saya pake yg LCI sampe sejauh ini termasuk minim drama, ga ada kerusakan berarti cuman beberapa part wear n tear aja yg uda harus diganti karena umur. Liat history di beres sih cuman ganti speed sensor aja sisanya regular maintenance.
2. Merc A200, kemaren sempet mau jual F30 karena bosen, trus iseng2 test A250 2014 malah yg uda remapan. Jujur berasanya kurang enak sih, biar uda di remap tp ga berasa karena kayaknya turbo baru spooling diatas 2000rpm, jd tenaganya keluar diatas. Kalo si F30 dari 1000 lebih dikit uda lumayan narik. Masalah dramanya kayaknya kalo dari thread gla om pendoli ga yg bulletproof jg.
3. VW golf tsi ya dry clutchnya tau sendiri lah ya
4. Sama aja kan sering denger masalah transmisinya
Untung2an cari F30 LCI aja lah, kebetulan ane mo jual
esaka wrote: Tue Feb 14, 2023 8:24
Audi ...
murni karena nostalgia game NFS Underground series dan entah kenapa itu logo gelang saling mengikat pas banget ama desainnya.
Tapi secara objektif, Bimer seri 3 lah pilihannya.
Apakah bisa sheer repairing plesyeh??? Utk harga Audi ketahan banget ya, tahun udah tua tapi harga masih lumayan (Q3)
kendibocor wrote: Tue Feb 14, 2023 8:32
Mobil yurop tua macem russian roulette lah, kalo lg sial ya ada aja masalahnya.
1. F30 saya pake yg LCI sampe sejauh ini termasuk minim drama, ga ada kerusakan berarti cuman beberapa part wear n tear aja yg uda harus diganti karena umur. Liat history di beres sih cuman ganti speed sensor aja sisanya regular maintenance.
2. Merc A200, kemaren sempet mau jual F30 karena bosen, trus iseng2 test A250 2014 malah yg uda remapan. Jujur berasanya kurang enak sih, biar uda di remap tp ga berasa karena kayaknya turbo baru spooling diatas 2000rpm, jd tenaganya keluar diatas. Kalo si F30 dari 1000 lebih dikit uda lumayan narik. Masalah dramanya kayaknya kalo dari thread gla om pendoli ga yg bulletproof jg.
3. VW golf tsi ya dry clutchnya tau sendiri lah ya
4. Sama aja kan sering denger masalah transmisinya
Untung2an cari F30 LCI aja lah, kebetulan ane mo jual
Kayaknya memang F30 paling sensible ya, paling less drama queen diantara semua. Baru inget VW sama Audi kan 1 basis, bener ya pasti masalahnya sama aja (DSG).
A250 vs F30 bantingan lebih 'kaku' yg mana Gan? Jangan bilang keras
kendibocor wrote: Tue Feb 14, 2023 8:32
Mobil yurop tua macem russian roulette lah, kalo lg sial ya ada aja masalahnya.
1. F30 saya pake yg LCI sampe sejauh ini termasuk minim drama, ga ada kerusakan berarti cuman beberapa part wear n tear aja yg uda harus diganti karena umur. Liat history di beres sih cuman ganti speed sensor aja sisanya regular maintenance.
2. Merc A200, kemaren sempet mau jual F30 karena bosen, trus iseng2 test A250 2014 malah yg uda remapan. Jujur berasanya kurang enak sih, biar uda di remap tp ga berasa karena kayaknya turbo baru spooling diatas 2000rpm, jd tenaganya keluar diatas. Kalo si F30 dari 1000 lebih dikit uda lumayan narik. Masalah dramanya kayaknya kalo dari thread gla om pendoli ga yg bulletproof jg.
3. VW golf tsi ya dry clutchnya tau sendiri lah ya
4. Sama aja kan sering denger masalah transmisinya
Untung2an cari F30 LCI aja lah, kebetulan ane mo jual
Kayaknya memang F30 paling sensible ya, paling less drama queen diantara semua. Baru inget VW sama Audi kan 1 basis, bener ya pasti masalahnya sama aja (DSG).
A250 vs F30 bantingan lebih 'kaku' yg mana Gan? Jangan bilang keras
Errrr, subjektif ini mah um. A250 keras sih, bahkan yg ane TD kaki2nya standar tp masih lebih enak F30 ane yg uda pake lowering kit+velg R19. Kalo sasis ane ga bs ngomong karena kemaren A250 cuman muter bentar. Tp kena speed trap di bsd ya gabruk2an, F30 ane malah lebih "blep blep" dibanding A250nya. F30 ane nurut sih diajak belok kenceng, limit sasisnya masih jauh lebih gede dibanding nyali ane
lucu ya dulu orang avoid BMW at all cost karena katanya paling rewel tapi di pilihan ini justru malah paling sensibel
mau yang modern dan minim drama, coba 523i F10 atau 528i F10 yang keluaran 2011an jg masih N52B30.
sebenernya mobil eropa klo masih BMW mercy itu asal pake type yang engine nya dipake accross lineup, itu aman pake banget. yang mulai susah itu kalo mesinnya udah lah gak ada yang sama, mereknya bukan BMW/mercy lagi. audi di jakarta masih ok. di luar jakarta agak sulit ngerawatnya.
volkswagen 1.4 dan 2.0 masih oke DSGnya nggak se horror kata orang-orang juga toh kan juga kalo rusak perbaikan "cuma" 30 juta mobilnya padahal harganya lebih murah dari LCGC baru cincai laa wkwkwkwkwk.
rumusnya kalo mobil eropa ada komunitas penggemar, dah pasti aman. mekanik indo ga kurang akal buat modifikasi sistem pendinginan supaya kuat dipake di cuaca sini.
kendibocor wrote: Tue Feb 14, 2023 8:32
Mobil yurop tua macem russian roulette lah, kalo lg sial ya ada aja masalahnya.
1. F30 saya pake yg LCI sampe sejauh ini termasuk minim drama, ga ada kerusakan berarti cuman beberapa part wear n tear aja yg uda harus diganti karena umur. Liat history di beres sih cuman ganti speed sensor aja sisanya regular maintenance.
2. Merc A200, kemaren sempet mau jual F30 karena bosen, trus iseng2 test A250 2014 malah yg uda remapan. Jujur berasanya kurang enak sih, biar uda di remap tp ga berasa karena kayaknya turbo baru spooling diatas 2000rpm, jd tenaganya keluar diatas. Kalo si F30 dari 1000 lebih dikit uda lumayan narik. Masalah dramanya kayaknya kalo dari thread gla om pendoli ga yg bulletproof jg.
3. VW golf tsi ya dry clutchnya tau sendiri lah ya
4. Sama aja kan sering denger masalah transmisinya
Untung2an cari F30 LCI aja lah, kebetulan ane mo jual
Kayaknya memang F30 paling sensible ya, paling less drama queen diantara semua. Baru inget VW sama Audi kan 1 basis, bener ya pasti masalahnya sama aja (DSG).
A250 vs F30 bantingan lebih 'kaku' yg mana Gan? Jangan bilang keras
Errrr, subjektif ini mah um. A250 keras sih, bahkan yg ane TD kaki2nya standar tp masih lebih enak F30 ane yg uda pake lowering kit+velg R19. Kalo sasis ane ga bs ngomong karena kemaren A250 cuman muter bentar. Tp kena speed trap di bsd ya gabruk2an, F30 ane malah lebih "blep blep" dibanding A250nya. F30 ane nurut sih diajak belok kenceng, limit sasisnya masih jauh lebih gede dibanding nyali ane
Kabin A250 juga kayaknya masih lebih out of date ya, kalo F30 lebih ageless, hari ini masih keliatan bagus dilihat
Image Merc kok menurut saya condong bapaque bapaque dari BMW yg lebih anak muda, bener ga sih? Dari exterior beemer lebih ngajak ngacir daripada Merc yg demure
ChZ wrote: Tue Feb 14, 2023 8:45
lucu ya dulu orang avoid BMW at all cost karena katanya paling rewel tapi di pilihan ini justru malah paling sensibel
mau yang modern dan minim drama, coba 523i F10 atau 528i F10 yang keluaran 2011an jg masih N52B30.
sebenernya mobil eropa klo masih BMW mercy itu asal pake type yang engine nya dipake accross lineup, itu aman pake banget. yang mulai susah itu kalo mesinnya udah lah gak ada yang sama, mereknya bukan BMW/mercy lagi. audi di jakarta masih ok. di luar jakarta agak sulit ngerawatnya.
volkswagen 1.4 dan 2.0 masih oke DSGnya nggak se horror kata orang-orang juga toh kan juga kalo rusak perbaikan "cuma" 30 juta mobilnya padahal harganya lebih murah dari LCGC baru cincai laa wkwkwkwkwk.
rumusnya kalo mobil eropa ada komunitas penggemar, dah pasti aman. mekanik indo ga kurang akal buat modifikasi sistem pendinginan supaya kuat dipake di cuaca sini.
Itu insinyur2 aria uda brainstorming sama insinyur toyodah, uda dikeplakin kepalanya kali sama insinyur toyodah jgn bikin mesin aneh2 dan ga reliabel
peterming77 wrote: Tue Feb 14, 2023 8:47
Kabin A250 juga kayaknya masih lebih out of date ya, kalo F30 lebih ageless, hari ini masih keliatan bagus dilihat
Image Merc kok menurut saya condong bapaque bapaque dari BMW yg lebih anak muda, bener ga sih? Dari exterior beemer lebih ngajak ngacir daripada Merc yg demure
Ya F30 interiornya masih ga berasa out of date sih (subjektif ya). Masalah exterior F30 sebenernya kalo standaran bukan yg M-sport, culun jg sih om. Kalo pake yg MSport baru berasa kerennya. Mirip2 W205 yg body std sama amg lah vibesnya beda banget. A200 vs A250 jg lebih enak jauh diliat A250. Oh iya A250 interiornya plastik banget, btw duit mepet 400 coba cari W212 FL aja yg E200. Biar MID tetep culun dan fitur seadanya, tp kualitas kulitnya jauh diatas F30.
Last edited by kendibocor on Tue Feb 14, 2023 8:52, edited 2 times in total.
ChZ wrote: Tue Feb 14, 2023 8:45
lucu ya dulu orang avoid BMW at all cost karena katanya paling rewel tapi di pilihan ini justru malah paling sensibel
mau yang modern dan minim drama, coba 523i F10 atau 528i F10 yang keluaran 2011an jg masih N52B30.
sebenernya mobil eropa klo masih BMW mercy itu asal pake type yang engine nya dipake accross lineup, itu aman pake banget. yang mulai susah itu kalo mesinnya udah lah gak ada yang sama, mereknya bukan BMW/mercy lagi. audi di jakarta masih ok. di luar jakarta agak sulit ngerawatnya.
volkswagen 1.4 dan 2.0 masih oke DSGnya nggak se horror kata orang-orang juga toh kan juga kalo rusak perbaikan "cuma" 30 juta mobilnya padahal harganya lebih murah dari LCGC baru cincai laa wkwkwkwkwk.
rumusnya kalo mobil eropa ada komunitas penggemar, dah pasti aman. mekanik indo ga kurang akal buat modifikasi sistem pendinginan supaya kuat dipake di cuaca sini.
Oh ya seri 5 F10 masih bisa dapat di budget 3xx ya, kok bisa harganya mepet sama seri 3 yah? Sama juga kayak Audi Q3 - Q5, harga bekasnya mepet2
Impian masih muda sih kepinginnya VW (Golf) tapi skrg setelah bisa beli baca2 soal masalah DSG serem juga. Kalo BMW dulunya ga kepingin, tapi makin kesini ditimbang2 kayaknya paling sensible
ChZ wrote: Tue Feb 14, 2023 8:45
lucu ya dulu orang avoid BMW at all cost karena katanya paling rewel tapi di pilihan ini justru malah paling sensibel
mau yang modern dan minim drama, coba 523i F10 atau 528i F10 yang keluaran 2011an jg masih N52B30.
sebenernya mobil eropa klo masih BMW mercy itu asal pake type yang engine nya dipake accross lineup, itu aman pake banget. yang mulai susah itu kalo mesinnya udah lah gak ada yang sama, mereknya bukan BMW/mercy lagi. audi di jakarta masih ok. di luar jakarta agak sulit ngerawatnya.
volkswagen 1.4 dan 2.0 masih oke DSGnya nggak se horror kata orang-orang juga toh kan juga kalo rusak perbaikan "cuma" 30 juta mobilnya padahal harganya lebih murah dari LCGC baru cincai laa wkwkwkwkwk.
rumusnya kalo mobil eropa ada komunitas penggemar, dah pasti aman. mekanik indo ga kurang akal buat modifikasi sistem pendinginan supaya kuat dipake di cuaca sini.
Sejauh yang ane perhatikan mod...perkara canggih-canggihan alias elektrifikasi produk massal di tahun 90-an kan Bimer termasuk pemain utama...
Satu-satunya problem cuma mereka nggak kaizen di sektor elektrifikasinya. Setelah diobok2 ama Jepun baru deh mereka dikit2 kaizen juga di sektor elektrifikasi. Bimer yang katanya mesinnya sering mogok pun klo seingat ane kebanyakan problemnya karena radiator seukuran Sigra dipasangin ama mesin bawaan yang karakternya semi balap (tapi balapan di wilayah sub-tropis).
Mesin Audi ama VW (pasca merger besar-besaran) tuh yang over-engineering nya keterlaluan, bongkarin mesin VW ama Audi di channel speedkar99 bisa buat ASMR...
Mesin boxer Subaru nggak se-over engineered gitu deh klo gw liat.
kendibocor wrote: Tue Feb 14, 2023 8:49
Itu insinyur2 aria uda brainstorming sama insinyur toyodah, uda dikeplakin kepalanya kali sama insinyur toyodah jgn bikin mesin aneh2 dan ga reliabel
Ntu waktu bikin enjin B58 mungkin dikuliahin mulu sama opa akio
anjir apaan 5 lap overheat, lu selama ini bangun mesin gimane sih kenceng doank 5 lap kaga kuat
Saat itu injinir jerman baru nyadar oh cuaca asia tuh beda sama jerman yah kirain selama ini sama
peterming77 wrote: Tue Feb 14, 2023 8:52
Oh ya seri 5 F10 masih bisa dapat di budget 3xx ya, kok bisa harganya mepet sama seri 3 yah? Sama juga kayak Audi Q3 - Q5, harga bekasnya mepet2
Impian masih muda sih kepinginnya VW (Golf) tapi skrg setelah bisa beli baca2 soal masalah DSG serem juga. Kalo BMW dulunya ga kepingin, tapi makin kesini ditimbang2 kayaknya paling sensible
Nah makanya itu yang bikin 5er menarik om. Dapet mbl kelas atas blm seribet 7er tp lebih murah dan lebih nyaman, bawanya jg masih lincah. Ane dpt E39 aja lbh murah dari pasaran E46 323 jauh. Wkwkwkwkw. Emang pasaran lebih drop 5er apalagi 7er. Tp 7er dirasa kegedean jd gak populer sementara market BMW kan beda dengan mercy.
Tp di indo kayaknya mercy C class sama BMW seri3 paling kuat pasarannya... mercy S class aja gak terlalu kuat. Big limo gini pd takut miaranya dan musti pake supir wkwkwkkwkw.
esaka wrote: Tue Feb 14, 2023 9:09
Sejauh yang ane perhatikan mod...perkara canggih-canggihan alias elektrifikasi produk massal di tahun 90-an kan Bimer termasuk pemain utama...
Satu-satunya problem cuma mereka nggak kaizen di sektor elektrifikasinya. Setelah diobok2 ama Jepun baru deh mereka dikit2 kaizen juga di sektor elektrifikasi. Bimer yang katanya mesinnya sering mogok pun klo seingat ane kebanyakan problemnya karena radiator seukuran Sigra dipasangin ama mesin bawaan yang karakternya semi balap (tapi balapan di wilayah sub-tropis).
Mesin Audi ama VW (pasca merger besar-besaran) tuh yang over-engineering nya keterlaluan, bongkarin mesin VW ama Audi di channel speedkar99 bisa buat ASMR...
Mesin boxer Subaru nggak se-over engineered gitu deh klo gw liat.
Iya, sbenernya mesin biem itu bandel. Yg bikin ga bandel itu radiator makanya jurus mekanik BMW biasa ganti termostat sama kipas.
VW mah gimana gak over engineered mesin dual charger serumit itu aja bisa badak zero issue tuh engine... Ford bikin ecoboost aja rewel pdhl cuma seliter turbo.
ChZ wrote: Tue Feb 14, 2023 9:48
Nah makanya itu yang bikin 5er menarik om. Dapet mbl kelas atas blm seribet 7er tp lebih murah dan lebih nyaman, bawanya jg masih lincah. Ane dpt E39 aja lbh murah dari pasaran E46 323 jauh. Wkwkwkwkw. Emang pasaran lebih drop 5er apalagi 7er. Tp 7er dirasa kegedean jd gak populer sementara market BMW kan beda dengan mercy.
Tp di indo kayaknya mercy C class sama BMW seri3 paling kuat pasarannya... mercy S class aja gak terlalu kuat. Big limo gini pd takut miaranya dan musti pake supir wkwkwkkwkw.
S-class sekali rusak bikin pusing biayanya (pengalaman punya boss)
W176 a200 aja keras ga nyaman sih, a250 lebih keras lg tp lebih kenceng. Dct mercy agak2 bingung ga se enak vw punya. Saya aja cm pake 6 bulan, ga tahan wkwkw
Vw golf gti mk6 harusnya dpt 300an itu udh enak dr default
328i jg enak atau 528i yg mesin n20 ya, kilik2 bisa dpt 300hp an cuma kaki2 harus upgrade jg, kl ga masih empuk
Yg enak tp ga keliatan itu, audi q3 2.0t quattro, awd, mesinnya enak, kilik dikit 310hp, kilik banyak 400hp, panoramic pula, sleeper bgt. Handling enak lah awd apa lg kasi coilover ban bagus. Mantep. Mesin sih harusnya minim drama ya
farizfsa wrote: Tue Feb 14, 2023 12:56
W176 a200 aja keras ga nyaman sih, a250 lebih keras lg tp lebih kenceng. Dct mercy agak2 bingung ga se enak vw punya. Saya aja cm pake 6 bulan, ga tahan wkwkw
Vw golf gti mk6 harusnya dpt 300an itu udh enak dr default
328i jg enak atau 528i yg mesin n20 ya, kilik2 bisa dpt 300hp an cuma kaki2 harus upgrade jg, kl ga masih empuk
Yg enak tp ga keliatan itu, audi q3 2.0t quattro, awd, mesinnya enak, kilik dikit 310hp, kilik banyak 400hp, panoramic pula, sleeper bgt. Handling enak lah awd apa lg kasi coilover ban bagus. Mantep. Mesin sih harusnya minim drama ya
Itu kemaren ane TD A250 low rpmnya kopong gitu emang begitu karakternya ya om? Apa yg unit yg ane TD uda masalah ya?
Golf gti yg 2000cc atau Scirocco 2000 sepertinya robust.
Kalo baca2 banyak yg jarang pake dan 2 Minggu lbh ga jalan jadi aki soak.
Sayangnya saat terjadi ga cukup ganti aki aja.
Pas baca gti mark 7 pake direct injection dan mpi.
Sepertinya lebih resistif dr karbon build.
peterming77 wrote: Tue Feb 14, 2023 10:32
S-class sekali rusak bikin pusing biayanya (pengalaman punya boss)
S-class ama seri-7 paling amsiong kalo dapet yang ownernya udah males benerin. wkwkwkwk. makanya enakan beli seri bawahnya E atau 5. dirancang ngga terlalu "economy minded" macem seri bawahnya lagi (C atau 3), tapi enuff luxury dan blom terlalu banyak elektrikal bikin pusing
cuma antara seri-7 sama S Class mending S class sih, seri-7 ini seperti BMW pada umumnya sok-sok an paling canggih di zamannya tapi berimbang dengan repair bill dan tingkat kerusakan lebih tinggi
S class paling engga punya 1 model yang terkenal badak dan over engineered the almighty W140
Itu kemaren ane TD A250 low rpmnya kopong gitu emang begitu karakternya ya om? Apa yg unit yg ane TD uda masalah ya?
A250 ini pake M27x yah, yang berturbo emang kopong banget sih. dulu coba SLK200 ya gitu. makanya experience nya ane bilang nggak lebih enak dari MX-5 NC karena ini mobil karakter mesinnya justru meledak-ledak wkwkwkwkw.
farizfsa wrote: Tue Feb 14, 2023 12:56
W176 a200 aja keras ga nyaman sih, a250 lebih keras lg tp lebih kenceng. Dct mercy agak2 bingung ga se enak vw punya. Saya aja cm pake 6 bulan, ga tahan wkwkw
Vw golf gti mk6 harusnya dpt 300an itu udh enak dr default
328i jg enak atau 528i yg mesin n20 ya, kilik2 bisa dpt 300hp an cuma kaki2 harus upgrade jg, kl ga masih empuk
Yg enak tp ga keliatan itu, audi q3 2.0t quattro, awd, mesinnya enak, kilik dikit 310hp, kilik banyak 400hp, panoramic pula, sleeper bgt. Handling enak lah awd apa lg kasi coilover ban bagus. Mantep. Mesin sih harusnya minim drama ya
Harga bekas Q3 2012 masih ketahan diatas 300, kalo F30 bisa dapat tahun lebih muda. Soal mesin mungkin minim drama Gan, tapi Audi VW kan tukar2 parts, bisa nanti DSG nya yg jadi sumber drama + bengkel VW/Audi juga susah kalo di luar JKT.
Soal style BMW lebih sedep dipandang ya, VW boring, Audi juga agak boring.