Soalnya klo kondisi macet berat, ituChr1stm1 wrote: Fri Feb 03, 2023 0:18Mantab Mbah, ini mobil awet dapet, irit dapet kalo di aplikasikanSuryaputra wrote: Wed Feb 01, 2023 22:37Gak da masalahGT888 wrote: Wed Feb 01, 2023 14:13
Oo ok om. Di bukman boleh 0-20 om. Cuma mobil tua apa masih ok pake 0-20? Kondisi lalu lintas setiap hari gading-sunter per hari 30km. 2-3 bulan sekali nyeberang palembang.
Ikutin manual book aja
(Hindari percaya sm orang yg katanya mesin makin tua, makin kentel, krn klo dikasih oli kentel, dan murah... yg ada makin parah resiko sludge nya)![]()
Rentang visco klo honda biasanya di w20 dan w30 max
Ok pakai aja:
- Best: Amsoil Signature 0w20 / 5w30
- Alternatif: Q8 D1 FE 0w20 / Q8 D1 G2 5w30
Sebelum gas sampai 10rb KM (karena dah 77rb km):
- Fluah pakai PTT Flusing oil (ini oli beneran, bukan cairan engine flush)
- Pakai filter oli PTT Fit auto yg bs long drain
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
- Hindari idle berlebihan/ berhenti di tempat dalam kondisi mesin nyala
- Cek penguapan secaa berkala tiap 1000 km
- Ketika ganti oli, pastikan dan lihat lgs aja dituang oli baru yg mbah punya
Selanjut2nya... ganti oli spt biasa, dan tuang mesran/ shell merah ketika tetes oli lama terakhir, buat dorong sisa oli lama di oil pan.
Dan selalu ganti filter oli, klo ganti oli.
Enjoyy
Tambahan aja: kalo lagi ngetoll sesekali bejek rpm 4000an, biar olahraga mobilnya
- temperature intake bisa >60C
- Coolant temp bisa >95C
- ATF temp >95C
Begitu jalan, dan di tol lgs perlahan turun drastis jauh
