
Mobil impian ya? BMW F30 340i, but, masih mungkin gak sih dicapai dalam bbrp waktu ke depan? Secara unitnya aja di Indo bs dihitung jari. Well, semoga aja lah.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Itu yg ane bold, ane rasa ya itu definisi true dream car mbah hahaha. Mau mobil yg udah discontinued, mobil yg cm ada brp biji di dunia, mobil konsep ky Vision Gran Turismo, apapun, dream car itu bebas sih.ChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 4:23 ngomong2 mobil impian.... sebenernya makin kesini kadang makin berpikir. true dream car itu apa sih. ini curcol dikit hahahaha. krn lagi fase pencarian dream car juga.
mungkin my next next next car akan lebih ke cari mobil childhood dreams yang dulu blm sempat kebeli pakai wang ortu dan skrg bisa beli pakai wang sendiri.
Wkwkwk makanya namanya "dream" car yah. Ya bener sih. Krn kalo beneran "dream" car kadang kita orang blom pernah setir.mingoe wrote: Sun Jan 29, 2023 13:33
Itu yg ane bold, ane rasa ya itu definisi true dream car mbah hahaha. Mau mobil yg udah discontinued, mobil yg cm ada brp biji di dunia, mobil konsep ky Vision Gran Turismo, apapun, dream car itu bebas sih.
Jujur, ultimate dream car ane dari jaman dulu kecil sampe skrg yg ga pernah berubah tuh, Nissan R34 GTR. Dari jaman main NFS di PS sampe skrg, setiap kali liat itu mobil selalu terpesona. Tiap main game apapun, harus punya itu mobil biar kata bkn yg paling kenceng apa gmn hahaha.
Sementara cm bs nangis dl aja krn harganya kena goreng ga kira kira![]()
upgrade laaaa........ChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 4:23
apakah musti upgrade ke FK8? i dunno, maybe 10 thn lagi itu mobil value nya akan tetep 800 juta dan otak ane akan menjustifikasi untuk tidak membelinya. sementara it's already a 20++ something years old car.
sebenernya mungkin potensi FK8 (dan FL5) ga bakal se gila EK9 sih kegorengnya wkwkwkw... mungkin nanti bakal ada jg FK4 convert ke FK8darrelund wrote: Mon Jan 30, 2023 1:59
upgrade laaaa........
justru better beli skrg, tar 10 taun lg baru dicari dan harga naek dehh
tau ndiri dimari gmn, ada baru di diler aje dilupain
tar ud discontinue bru pada nyariin![]()
any CTR (kecuali gen Euro-trash), itu barang timeless. di jaman apapun bakal tetap menarik. meskipun styling jamet tp sasis ga lekang waktu
rawat gampang, mau modip gampang. sparepart yg tua pun ttp bisa dicari. aplg FK8 yg model global
oe jg pingin punya CTR, pengen megang shift knob alu begimana rasanya
oe klo punya CTR bakal lgsg ganti velg turun jd 18-19. ngeri euy 20" pke ban profil 30
tifis benerr....
nah ini. curhatan yg tepat banget. kuncinya sih emang bener, seiring dengan pertambahan umur, kita akan makin merasionalkan keputusan kita.ChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 4:23 ngomong2 mobil impian.... sebenernya makin kesini kadang makin berpikir. true dream car itu apa sih. ini curcol dikit hahahaha. krn lagi fase pencarian dream car juga.
dream car ane setiap masa pasti berubahdulu ngidam FK8 CTR... sekarang ya masih ngidam... masalah ane dgn mobil2 begini sekarang itu ngga bisa beli dengan normal depreciation. harga baru dulu 1 milyard, apa iya 5 thn dipake jadi 300 juta ane sangat ragu. sekarang aja lihat o*x bertengger di 800an sekennya. gila only 20% drop in 5 years mobil apa yang bisa begini? apa ditawar 600 mau? rasanya engga.
kalau sdh beli honda 1 milyard rasanya ga mungkin orang BU krn orang BU biasa belinya mercedes harga segitu yg dijual se-lakunya dan se-ikhlasnya krn salah financial decision dulu gaji puluhan tetiba kena arus PHK startup ala ala dulu belagu bisa ambil cicilan skrg cicilannya ga bisa bayar (kisah nyata di thread sebelah).
kalau lihat pasaran gini i'm totally stuck dengan my current car. apa yg ane cari lagi dari mobil semua udah terpenuhi. ok mungkin ada bisikan bisikan di otak hrs upgrade ke F30 lah accord lah tapi say upgrade ke F30 cuma bisa memberi ane satisfaction yang say cuma 20% lebih tinggi (i know i've driven any modern BMWs before dan the car is good tapi tidak kasih experience yang wow gimana dibanding my honda) dengan price to maintain yang lebih besar.... atau upgrade ke new civic nambah 75% harga jual ya tidak kasih satisfaction yang 75% lebih besar juga.
apakah musti upgrade ke FK8? i dunno, maybe 10 thn lagi itu mobil value nya akan tetep 800 juta dan otak ane akan menjustifikasi untuk tidak membelinya. sementara it's already a 20++ something years old car.
makanya skrg dream car ane adalah mobil yang bisa kasih experience berbeda total. bukan lebih tinggi, tapi berbeda. itulah knp current dream car ya E39. german midsize saloon, rear wheel drive, big gas guzzling BMW inline-six engine, ngga terlalu kuno modelnya, electronics nya masih berfungsi untuk me-refine driving exp nya bukan untuk eliminate the driver. makanya kalau bisa dapet 523i manual, itu makin sempurna lagi. sempat kegocek pilihan2 lain seperti W204, E46, E36, tapi tetap di kepala itu bentuk long lasting dan feel bawa E39 itu ngga bisa ilang. mau kegocek ngikutin napsu takut nyesel.
yes it maybe slow even compared to my econobox dan musti jilat ludah sendiri krn dulu suka banget bandingin 0-100 figure skrg ketika electric cars menyerang maybe 0-100 is not the point at all. even my gf's nissan kicks is quick but feels totally dull compared to my turbo civic. i don't want something crazy fast like 0-100 in 3 secs even tho i also don't like slow sub-15s economy engine. I also want the car to make me the driver. for me a car is a driving tool not just transportation means.
mungkin my next next next car akan lebih ke cari mobil childhood dreams yang dulu blm sempat kebeli pakai wang ortu dan skrg bisa beli pakai wang sendiri.
sekarang sih beneran stick ke E39iamwewe wrote: Mon Jan 30, 2023 2:20
nah ini. curhatan yg tepat banget. kuncinya sih emang bener, seiring dengan pertambahan umur, kita akan makin merasionalkan keputusan kita.
dan trust me bro, saya udh di fase ini. dari yg peduli banget figur 0-100, 60-80, 80-120, handling gmn, bla bla, sampe skrg bnr2 ngincer mobil yg emang ada 'jati diri'nya, dibangun dgn purposenya sndiri. nah tinggal dicari deh, kita sbnrnya nyari yg kaya gmn sih mobilnya.
daily beater cukup lah dgn preference masing2. ada yg mau sedan, ada yg ladder, ya u name it. tapi utk dream car, ato istilahnya me time car, ini udh bicara tentang siapa diri kita. landcruiser kah? ferrari kah? porschekah? u name it bro. good luck ya, penasaran juga nanti dream car nya akhirnya beli apa setelah ngikutin thread pencarian old bimmers.
pasti makin enak dong ngbrl sama bokap kalo ngmgin nostalgia. sama lah kaya bokap gw jg gitu, tipikal org tua. demennya old good memories aja yg dingomongin padahal mah ngomongnya itu2 aja wkwkwkw.ChZ wrote: Mon Jan 30, 2023 3:16sekarang sih beneran stick ke E39iamwewe wrote: Mon Jan 30, 2023 2:20
nah ini. curhatan yg tepat banget. kuncinya sih emang bener, seiring dengan pertambahan umur, kita akan makin merasionalkan keputusan kita.
dan trust me bro, saya udh di fase ini. dari yg peduli banget figur 0-100, 60-80, 80-120, handling gmn, bla bla, sampe skrg bnr2 ngincer mobil yg emang ada 'jati diri'nya, dibangun dgn purposenya sndiri. nah tinggal dicari deh, kita sbnrnya nyari yg kaya gmn sih mobilnya.
daily beater cukup lah dgn preference masing2. ada yg mau sedan, ada yg ladder, ya u name it. tapi utk dream car, ato istilahnya me time car, ini udh bicara tentang siapa diri kita. landcruiser kah? ferrari kah? porschekah? u name it bro. good luck ya, penasaran juga nanti dream car nya akhirnya beli apa setelah ngikutin thread pencarian old bimmers.ga ilang ilang tuh di kepala.
mana tetangga ada sebiji tiap lewat rumahnya seneng banget. ngebayangin suara rame kipas pendingin khas mobil eropa tua mesin gede dan suara mesin 2.8L nya hauling di toll jarak panjang. low slung form bentuk ga neko-neko dengan perfect proportion yang even bikin model-model terbarunya keliatan kayak mobil kegendutan dan kepanjangan wheelbasenya.
sekarang bener om, pengen mobil yang truly define who we are. yang orang liat tuh gila ini orang seleranya ajib ngga ikutan trend beli mobil terbaru terus. kalo istilah iklan pria punya selera![]()
emang agak cari perhatian, in a good way. pengen bonding sama sesama petrolheads kalo nongkrong random di warung kopi ditanyain itu E39 thn berapa buildnya apa aja ngambilnya di berapa. even mampir konsultasi ke bengkel BMW aja ane ud seneng ngobrol panjang sama pemilik bengkelnya.
gak ngerti old cars itu kayaknya bisa jadi jembatan generasi. ane ngobrol mobil sama bokap jd enak juga karena hunting E39. dia punya memory nya ketika BMW dulu masih affordable dengan E46 M43setelah itu ngga pernah beli bimmer lagi.
kwkwkwk ya mikirnya jg tipikal orang tua. awalnya resisten waktu gw bilang mau cari E39 kok ngga beli seri-3 aja seri-5 kan susah nanti jualnya lagiiamwewe wrote: Mon Jan 30, 2023 3:55
pasti makin enak dong ngbrl sama bokap kalo ngmgin nostalgia. sama lah kaya bokap gw jg gitu, tipikal org tua. demennya old good memories aja yg dingomongin padahal mah ngomongnya itu2 aja wkwkwkw.
good luck om huntingnya![]()
wah kalo 530 saya dah nyerah cari yg semi bahan susah.... wkwkwkwk. skrg malah mulai ngincernya yang M52 soalnya cari yg bahan lebih gampang. kalo M54 kemaren orangnya malah gak jadi jual pdhl hampir dapetAG497 wrote: Mon Jan 30, 2023 8:11 E39 530i mesin m54b30 memang enak om kalau dpt yg sehat.. cuman kelemahan nya di modul Abs n pump nya karena posisi dekat exhaust jd panas sekali .. elektronik kena panas ya pasti cepat modar
Dulu th 2012-13 ganti sekitar 25jt an
Mesin nyaman , plastik2, karet2 gampang kalah typikal bmw,
mesin punya saya sudah turun mesin ganti liner/boring krn sudah sedikit benjo diukur/lihat dibengkel bubut baru kelihatan.. shg tekanan oli turun kalau mesin sudah working temp.. jd stasioner nya bunyi agak kasar ... setelah turun mesin ya nyaman.. cuma saya ngga yakin bertahan lama .. pandemi th lalu sudah laku.. overall nyaman 200km/jam msh stabil [emoji3]
Ok happy hunting om[emoji3]
idem, FK-FL emg gabakal segila itu potensi gorengan kyk EK. karena ud model global punyaChZ wrote: Mon Jan 30, 2023 2:15
sebenernya mungkin potensi FK8 (dan FL5) ga bakal se gila EK9 sih kegorengnya wkwkwkw... mungkin nanti bakal ada jg FK4 convert ke FK8macem lancer ke evo atau ferio ke EK9 beli dalemannya EK9. gw ada kepikir mau convert punya sendiri tapi skrg masih sayang.
biasa mobil kalo sudah dijual ATPM apalagi ngga limited sih depresiasi lumayan normal walau nahan ya. apalagi prediksi FL5 bakal lebih diminati dan lebih rare krn makin mahal![]()
nahh itu di R club indo jg banyak yang "downgrade" ke 19 inch tuhkayak batu kerasnya pake ban std
nah iya paling dibangun gitu aja lahdarrelund wrote: Tue Jan 31, 2023 16:16
urusan convert si selera ya um, cuma klo oe sih ndak mau
ngapain pretensius ke diri sendiri![]()
bikin begini aja manizzz, ndak perlu gondrong yg penting kenceng
Sy jg sama om rasanya liat car market pakai apa yang ada dulu n dari civic klo ke f30 bener sih dijamin satifisaction yang di dapet gaChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 4:23 ngomong2 mobil impian.... sebenernya makin kesini kadang makin berpikir. true dream car itu apa sih. ini curcol dikit hahahaha. krn lagi fase pencarian dream car juga.
dream car ane setiap masa pasti berubahdulu ngidam FK8 CTR... sekarang ya masih ngidam... masalah ane dgn mobil2 begini sekarang itu ngga bisa beli dengan normal depreciation. harga baru dulu 1 milyard, apa iya 5 thn dipake jadi 300 juta ane sangat ragu. sekarang aja lihat o*x bertengger di 800an sekennya. gila only 20% drop in 5 years mobil apa yang bisa begini? apa ditawar 600 mau? rasanya engga.
kalau sdh beli honda 1 milyard rasanya ga mungkin orang BU krn orang BU biasa belinya mercedes harga segitu yg dijual se-lakunya dan se-ikhlasnya krn salah financial decision dulu gaji puluhan tetiba kena arus PHK startup ala ala dulu belagu bisa ambil cicilan skrg cicilannya ga bisa bayar (kisah nyata di thread sebelah).
kalau lihat pasaran gini i'm totally stuck dengan my current car. apa yg ane cari lagi dari mobil semua udah terpenuhi. ok mungkin ada bisikan bisikan di otak hrs upgrade ke F30 lah accord lah tapi say upgrade ke F30 cuma bisa memberi ane satisfaction yang say cuma 20% lebih tinggi (i know i've driven any modern BMWs before dan the car is good tapi tidak kasih experience yang wow gimana dibanding my honda) dengan price to maintain yang lebih besar.... atau upgrade ke new civic nambah 75% harga jual ya tidak kasih satisfaction yang 75% lebih besar juga.
apakah musti upgrade ke FK8? i dunno, maybe 10 thn lagi itu mobil value nya akan tetep 800 juta dan otak ane akan menjustifikasi untuk tidak membelinya. sementara it's already a 20++ something years old car.
makanya skrg dream car ane adalah mobil yang bisa kasih experience berbeda total. bukan lebih tinggi, tapi berbeda. itulah knp current dream car ya E39. german midsize saloon, rear wheel drive, big gas guzzling BMW inline-six engine, ngga terlalu kuno modelnya, electronics nya masih berfungsi untuk me-refine driving exp nya bukan untuk eliminate the driver. makanya kalau bisa dapet 523i manual, itu makin sempurna lagi. sempat kegocek pilihan2 lain seperti W204, E46, E36, tapi tetap di kepala itu bentuk long lasting dan feel bawa E39 itu ngga bisa ilang. mau kegocek ngikutin napsu takut nyesel.
yes it maybe slow even compared to my econobox dan musti jilat ludah sendiri krn dulu suka banget bandingin 0-100 figure skrg ketika electric cars menyerang maybe 0-100 is not the point at all. even my gf's nissan kicks is quick but feels totally dull compared to my turbo civic. i don't want something crazy fast like 0-100 in 3 secs even tho i also don't like slow sub-15s economy engine. I also want the car to make me the driver. for me a car is a driving tool not just transportation means.
mungkin my next next next car akan lebih ke cari mobil childhood dreams yang dulu blm sempat kebeli pakai wang ortu dan skrg bisa beli pakai wang sendiri.
Jangan lupa aluminium foilnya dililit pakai tape Daimaru, mbah...ChZ wrote: Mon Jan 30, 2023 8:19wah kalo 530 saya dah nyerah cari yg semi bahan susah.... wkwkwkwk. skrg malah mulai ngincernya yang M52 soalnya cari yg bahan lebih gampang. kalo M54 kemaren orangnya malah gak jadi jual pdhl hampir dapetAG497 wrote: Mon Jan 30, 2023 8:11 E39 530i mesin m54b30 memang enak om kalau dpt yg sehat.. cuman kelemahan nya di modul Abs n pump nya karena posisi dekat exhaust jd panas sekali .. elektronik kena panas ya pasti cepat modar
Dulu th 2012-13 ganti sekitar 25jt an
Mesin nyaman , plastik2, karet2 gampang kalah typikal bmw,
mesin punya saya sudah turun mesin ganti liner/boring krn sudah sedikit benjo diukur/lihat dibengkel bubut baru kelihatan.. shg tekanan oli turun kalau mesin sudah working temp.. jd stasioner nya bunyi agak kasar ... setelah turun mesin ya nyaman.. cuma saya ngga yakin bertahan lama .. pandemi th lalu sudah laku.. overall nyaman 200km/jam msh stabil [emoji3]
Ok happy hunting om[emoji3]![]()
yep unit yang saya liat pada diakalin kasih aluminium foil buat redam panas antara selang rem sama exhaustnyaterus itu pompa PS kalo bocor bisa kena alternator di bawahnya
emang tipikal BMW kalo desain kacau.
nah soal well specced dari factory ini.... yang bikin ane lari ke euros drpd japs wkwkwkkw.Devourer wrote: Wed Feb 01, 2023 12:24
Sy jg sama om rasanya liat car market pakai apa yang ada dulu n dari civic klo ke f30 bener sih dijamin satifisaction yang di dapet ga
worth it ( terutama utk 4 cylinder ya), klo 6 cylinder dgn harga yg digoreng ga masuk akal sih better loncat ke mobil lain.
Memang prioritas skrg sy jg yg penting mobil itu all rounder aja
irit dapet, reliable dapet, masih fun to drive, n sebisa mungkin well specced dr factory.
Ngidam jg bmw tua manual (terutama e36 323i ato e46 325/330 convert m/t) krn bbrp kali diracuni tmn emg sih secara ratio harga n fun to drive worth it, tapi masih maju mundur berhubung waktu ngebengkel cmn weekend, itupun klo sempet dan jarang2 bengkel minggu buka hehe.
Soal mbl impian untuk saat ini sama either fk8 ato fl5 type r krn gmn2 masih jepangan harusnya reliable hehe.
Tapi klo bebas ngarang, kepingin rasain mobil yg gated manual (R8, gallardo/murcielago dll ) hehe.
iya mbah, unit ane malah blom dikasih alu foil kayaknya mau pasang exhaust wrap deh abis iniginting wrote: Tue Feb 21, 2023 16:12
Jangan lupa aluminium foilnya dililit pakai tape Daimaru, mbah...
![]()
![]()
![]()