panther ane ngebul dari lubang tutup oli dan dipstick kalau dibuka pas mesin udah panas. di ujung knalpot juga sering lihat oli, dan kalau habis nge-tol lalu parkir, next starter sering muncul asap putih tebal dari knalpot. ada rembesan oli di sambungan pipa intake udara juga. ada rembesan oli menetes di celah paking mesin, sepertinya dari paking yg udah getas. sudah dikasih stop leak dan berkurang.
total pengurangan oli sekitar 0.7 liter per 3000km.
mungkin karena ane bandel ngetest long drain oli di panther yg kapasitas cuma 5 liter

. bbrp kali oli seperti fastron diesel, delvac dan rimula r5e coba ane pake sampe 9-10rb km.
lalu bbrp hari lalu coba engine flush, ganti oli+filter, tuang nano energizer. belum tambah additive pengental, karena menurut logika ane harusnya efek nano jangan dikasih pengental supaya partikel nano bisa lebih mudah mengisi celah. mungkin kalau udah selesai pelapisan baru kasih pengental.
tapi ada sedikit salah prosedur sih, abis tuang nano-e cuma nyalain mesin sebentar lalu parkir semalem. harusnya dipake dulu jalan jauh.
sekarang sudah jalan 200km, sepertinya mulai terasa efek nano, mesin mulai lebih halus dan bertenaga daripada waktu habis ganti oli. padahal katanya efek pelapisan nano baru bekerja setelah 1000km, dan ada yg merasa efeknya di 500km. tapi ane sepertinya udah kerasa di 200km. entahlah, masih akan dicoba terus sampe waktunya ganti oli lagi.
btw, additive pengental oli itu sebetulnya intinya cuma mengentalkan saja kan? apa ada additive lain didalamnya? kalau hanya pengental saja, dulu pernah pake STP diesel oil additive kaleng hitam, dan sekarang ane dikasih merk jumbo, murmer tapi belum dipake.