vp920b wrote:Nimbrung disini ya..
Setelah pakai ertiga gx 2019 at dan xpander sport at 2019(maklum ane beli, bosen, jual lagi), akhirnya sekarang pke cetargazer yang 7 seat prime.
Kalau dibandingkan dengan 2 mobil tersebut yang dirasakan adalah:
Built quality hyundai diatas kompetitornya fit n finishnya. Paling kasar jelas ertiga, kedua xpander.
Untuk mesin menurut sy yg paling sensitif untuk stop n go traffic malah ertiga. Kalau xpander paling lemot, stargazer itu lebih pelan pelan alus tapi bertenaga. Oh ya mode yang dipke masukin SMART, krn normal terlalu lemot dan sport terlalu agresif n bensin lebih boros.
Bantingan, well ga usah ditanya stargazer 1 kelas diatas kompetitor sih. Sangat europe menurut saya, kena sambungan tol sangat alus n kalem. Kedua ternyaman xpander dan ketiga ertiga paling biasa saja.
Handling, paling OK kalau sporty feeling di ertiga, kedua stargazer, xpander terakhir.
Kekedapan sudah pasti stargazer, xpander dan terakhir ertiga. Kenyamanan jok juga stargazer, nyetir jauh ga pegel. Walaupun xpander lebih tebel tapi utk bobot saya yang 120kg dan tinggi 190cm, lebih cocok stargazer bahkan lebih lega row 1 dan 2 di stargazer.
Sadly yang buat saya kecewa adalah kenapa tiba2 diskon besar? Karena sy beli oktober hampir minim diskon. Terus tiba2 besar diskonnya. Padahal.mobil masih baru tapi seakan akan tidak pede jualnya? Fitur padahal terlengkap, built quality terbaik menurut saya.
Oh ya untuk rear cross traffic alert memang harus dimatiin setiap kali nyala, walaupun sangat berguna untuk keselamatan. Kalau kasar ya jujur di palisade saya juga kasar koq. Tapi utk mobil 300jt ada fitur tersebut sih wah banget.
Wuih. mantap perbqndinganya Om.
Izin nambahin lagi, krn kebetulan baru bolak balik ke Hyundai tuk dapetin Creta, jadi sekalian tes duduk di Stargazer..
sementara di rumah dah ada XL7.
XL7 tuk murni kursi (bukan posisi nyetir) menurut saya lebih pas di saya yang tinggi 179. support paha tempat duduk XL7 itu lebih panjang drpd Stargazer ataupun Creta, di row1 dan row 2. punya Creta dan Stargazer itu kurang panjang, jadi kurang suppprt paha saya.
Terus masalah bahan ya, murni cuma bahan, saya lebih seneng tuk bahan yang tetep ada fabricnya kayak di XL7 di tempat duduk, maupun di armrest pintu di XL7 dibanding Creta atau Stargazer yang dah pakai kulit. Dan ntah kenapa, di Creta itu materi empuknya hanya di armrest yg doortrim, tapi doortrimnya sendiri full keras.
Tuk posisi nyetir ya lebih pas Creta atau Stargazer krn ada teleskopik. Build quality, bagusan Hyundai dibanding Suzuki.
Tuk pintu, yang mungkin berimbas sama kekedapan, pintu Creta dan Stargazer kerasa kebih solid, terutama pas nutup pintu.
Terakhir, instrumen cluster.. Setelah pakai Creta, ntah mengapa saya jauh lebih mrmilih instrumem jarum konvesnional kayak di XL7, atau Honda BRV.. insttumen full digital kayak di Creta atau Stargazer itu ga cocok aja sama selera saya.
Yah.. plus minuslah ya.. yang jelas IVT di Creta, atau Stargazer secara feel lebih saya suka dibanding cvt honda atau Toyota.