sulitnya content creator ini macem ojol/taksol versus perusahaan taksi kaya yang dibahas di sebelah, ga ada regulasi atawa semacam ethics code / "gentleman agreement" nya.Jose wrote: Mon Nov 07, 2022 10:34
Nah kan, gue rasa in order to build a strong brand, sepertinya mereka (produsen besar korea) punya treatment khusus kepada reviewer, baik di dunia smartphone maupun otomotif. Sehingga jarang sekali ada reviewer yang bilang produk mereka jelek. Ini juga terjadi diluar negeri loh
pinternya para reviewer besar indo tsb main bersih dengan punya 2 channel, satu channel resmi yang seakan2 "independen" dan satu lagi channel pribadi yang didalamnya mereka bisa ngiklan dan justru jadi tambang duit dengan alasan pendapat personal, jadi posisinya tidak salah![]()
jd suka-suka aj mau terima uang dari mana.
kalau di media otomotif konvensional uang iklan ya masuk ke perusahaan bukan pribadi. two sides of same coin sih, sama aja wkwkkwkw. bedanya sekarang yang konvensional lebih seret iklannya jadi berani lebih vokal.
makanya jujur skrg kalo gak murni entertainment macem hagerty atau GT (moladin klo di indo), atau super teknikal macem SG (di indo masih belum ada yang super teknikal, klo rosano detail tapi lebih ke bahas fitur-fitur), ane dah males nonton, cenderungnya nonton podcast atau video essay aja wkwkwkwkw.
misalnya terakhir kemaren nonton ini
trio GT tuh sebenernya klo dipikir2 dah kayak podcast loh, si clarkson suka ini, si hammond suka ini, may suka ini, terus saling ngatain selera lo payah mobil ini sampah dll . udah jenuh kali tiap nonton review musti politically correct bahasanya harus alus objektif plus minus bla bla bla. satu sisi emang informasi pasti lebih jelas yang gini, tapi reviewer jadi kurang karakter krn "dipaksa" buat bahas barang yang sebenernya mereka gak suka.
apalagi kl udah kontrak brand puluhan jt mana tega bilang hyundai creta atau wuling almaz sampah

dan marketnya uda bukan penggemar otomotif lebih ke penggemar entertainment. tapi berkat mereka orang awam jadi paham dikit2 mobil. ga dikit sekitar ane yang ternyata ngikutin dari jaman TG pdhl bukan anak mobil. cewe ane aja gak ngerti mobil tapi ngerti jeremy clarkson
