Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pernah cek antara MID dengan full to full selisih berapa Om? MID-nya Ertiga ini eratic banget. Kadang selisih 0.3, kadang 0.7, pernah sampek 1.2 kmpl dibawah MID bedanya dengan kenyataan. Dan info range nya lucu. Sekali waktu bilang tinggal 150 km lagi, nanti saya gas nya lebih langsam tau2 naik lagi jadi 190 km. Beda dengan toyodai. Kalau range 150 km, ya segitu aja. Kalau kita lebih langsam gas nya paling2 range nya gak turun2 atau lambat turunnya, tapi nggak berubah2 gitu.
Kalau ngeliat angka di MID nya ertiga kayak lebih irit dari ayla. Tapi kalau itung full to full, jatuhnya sama. Tetap bikin ilfil. Ini ayla yg terlalu boros atau ertiga yg terlalu irit, padahal 1200 vs 1500 cc. Konsumsi di dalkot.
Ane pernah coba bandingin antara full to full dgn MID bedanya segituan juga. At least selisihnya masih di bawah 10% menurut ane masih acceptable, masih bisa menggambarkan seberapa boros atau irit itu mobil dan gaya mengemudi kita.
Ayla nya manual atau matic oom?
Kalau ayla nya masih dirasa terlalu boros, mungkin bisa tukar BPKB ke L12B atau K12M yg konon katanya irit oom
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
Mungkin biang keroknya itu transmisi 4AT legendarisnya kali oom. Soalnya ane pernah beberapa kali baca, entah di trit ini atau trit yg lain, ada yang bahas ayla agya manual vs metik ini beberapa ada yg bilang iritan manual katanya. So bisa aja penyebabnya gara2 si transmisi 4AT nya ini. Mungkin kalo manual bisa lebih irit lagi.
Penyebab lain perlu diliat juga rute yang dilalui gimana. Kalo banyak rute komplek, jalan2 kecil, banyak polisi tidur, banyak kena lampu merah, banyak belok2, atau intinya banyak stop n go sama akselerasi deselerasi lah, pasti lebih boros.
Perkara kons BBM brio ignis dll ane gatau soalnya ga ada mobilnya. Tapi kalo liat report user2nya kok kayanya iritnya emang menggiurkan ya.
OOT, kayanya 4AT nya ayla ini juga lumayan ngelimit performanya apa ya? Soalnya sebenernya horsepower enjin 3NR ini kan lumayan gede (88 PS), tapi kalo liat di hasil tes media2, jangankan dibandingin sama brio, bandingin sama ignis yang tenaganya lebih kecil sekitar 6 PS plus transmisi AGS terkutuknya itu aja masa akselerasi 0-100 nya ayla kebanyakan bisa kalah sampe sedetik sama ignis ya?
Ane pernah coba bandingin antara full to full dgn MID bedanya segituan juga. At least selisihnya masih di bawah 10% menurut ane masih acceptable, masih bisa menggambarkan seberapa boros atau irit itu mobil dan gaya mengemudi kita.
Ayla nya manual atau matic oom?
Kalau ayla nya masih dirasa terlalu boros, mungkin bisa tukar BPKB ke L12B atau K12M yg konon katanya irit oom
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
Terus klo ditegur ngamuk ya mbah
Kata pepatah, jangan membangunkan macan tidur mbah. Apalagi ini, macan lagi dandan. Berani mbah?
rakyatwkwkland wrote: Wed Jan 04, 2023 11:03
Mungkin biang keroknya itu transmisi 4AT legendarisnya kali oom. Soalnya ane pernah beberapa kali baca, entah di trit ini atau trit yg lain, ada yang bahas ayla agya manual vs metik ini beberapa ada yg bilang iritan manual katanya. So bisa aja penyebabnya gara2 si transmisi 4AT nya ini. Mungkin kalo manual bisa lebih irit lagi.
Penyebab lain perlu diliat juga rute yang dilalui gimana. Kalo banyak rute komplek, jalan2 kecil, banyak polisi tidur, banyak kena lampu merah, banyak belok2, atau intinya banyak stop n go sama akselerasi deselerasi lah, pasti lebih boros.
Perkara kons BBM brio ignis dll ane gatau soalnya ga ada mobilnya. Tapi kalo liat report user2nya kok kayanya iritnya emang menggiurkan ya.
OOT, kayanya 4AT nya ayla ini juga lumayan ngelimit performanya apa ya? Soalnya sebenernya horsepower enjin 3NR ini kan lumayan gede (88 PS), tapi kalo liat di hasil tes media2, jangankan dibandingin sama brio, bandingin sama ignis yang tenaganya lebih kecil sekitar 6 PS plus transmisi AGS terkutuknya itu aja masa akselerasi 0-100 nya ayla kebanyakan bisa kalah sampe sedetik sama ignis ya?
Iya jg kali ya Om. Di grup FB yg pakai manual enteng aja itu tembus 15 kmpl dalkot yg 1000 cc 18-19 kmpl dalkot spt bukan achievement
Anehnya yg metik kalau lukot gampang banget Ayla dapat 1:20, gak beda jauh dgn manualnya.
Saya pernah bawa Brio RS CVT yg masih model setrika. Dalkot Bandung seingat saya di 13an, sptnya sih iya lebih irit. Yg baru belum pernah nyoba.
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
Terus klo ditegur ngamuk ya mbah
Kata pepatah, jangan membangunkan macan tidur mbah. Apalagi ini, macan lagi dandan. Berani mbah?
Repot urusan klo udh ngamuk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
Terus klo ditegur ngamuk ya mbah
Kata pepatah, jangan membangunkan macan tidur mbah. Apalagi ini, macan lagi dandan. Berani mbah?
Kalo siap tidur di sofa sih boleh dicoba mbah
Btw kebalikan ma bini ane dulu pake vrz stater langsung grenggggg....dibilangin suruh panasin dlu tetep aja ga diturutin. Sueknya tuh mobil emang diabuse abis2an sampe skrng greng aja jalan.
Skrng pake CX30 uda dibilangin panasin dlu, sparepart M mahal mirip2 biem baru nurut. Emang namanya menkeu kalo ditakut2in keluar duit banyak baru nurut Tp baru jalan 4 bulanan sih. Gatau brp bulan lg gimana
Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 23:18
Terus klo ditegur ngamuk ya mbah
Kata pepatah, jangan membangunkan macan tidur mbah. Apalagi ini, macan lagi dandan. Berani mbah?
Kalo siap tidur di sofa sih boleh dicoba mbah
Btw kebalikan ma bini ane dulu pake vrz stater langsung grenggggg....dibilangin suruh panasin dlu tetep aja ga diturutin. Sueknya tuh mobil emang diabuse abis2an sampe skrng greng aja jalan.
Skrng pake CX30 uda dibilangin panasin dlu, sparepart M mahal mirip2 biem baru nurut. Emang namanya menkeu kalo ditakut2in keluar duit banyak baru nurut Tp baru jalan 4 bulanan sih. Gatau brp bulan lg gimana
Mbl zaman skrg mah gausah dipanasin, 20-30 detik jalan aja. Asal ga lgs geber mah mesin ttp awet
Ane tp ga pernah manasin mbl idle wkwk km mbl ga ada yg dibawah 110rb skrg
Kata pepatah, jangan membangunkan macan tidur mbah. Apalagi ini, macan lagi dandan. Berani mbah?
Kalo siap tidur di sofa sih boleh dicoba mbah
Btw kebalikan ma bini ane dulu pake vrz stater langsung grenggggg....dibilangin suruh panasin dlu tetep aja ga diturutin. Sueknya tuh mobil emang diabuse abis2an sampe skrng greng aja jalan.
Skrng pake CX30 uda dibilangin panasin dlu, sparepart M mahal mirip2 biem baru nurut. Emang namanya menkeu kalo ditakut2in keluar duit banyak baru nurut Tp baru jalan 4 bulanan sih. Gatau brp bulan lg gimana
Mbl zaman skrg mah gausah dipanasin, 20-30 detik jalan aja. Asal ga lgs geber mah mesin ttp awet
Ane tp ga pernah manasin mbl idle wkwk km mbl ga ada yg dibawah 110rb skrg
Dlu mah literally langsung nyala langsung gas om hahaha. Si mazda jg soalnya kalo cold start dia idlenya bisa sampe 1500rpm sih jd pasti ga enak langsung greng. Kalo vrz cold start jg segitu2 aja rpmnya.
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:55
Creta dalem kota jaksel + jakut dapet sekitar 9-10km/100 liter jadi 1:10-1:11 an.
Standar 1500cc + rute macet ya
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:52
Baru ganti oli Creta ke Q8 D1 FE 0w20, rute alsut-pik dapet 4.4L / 100km. Sebelumnya oli bawaan dapet 4.8L /100km.
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
XMTdeluxe wrote: Sun Jan 01, 2023 18:12
Pernah cek antara MID dengan full to full selisih berapa Om? MID-nya Ertiga ini eratic banget. Kadang selisih 0.3, kadang 0.7, pernah sampek 1.2 kmpl dibawah MID bedanya dengan kenyataan. Dan info range nya lucu. Sekali waktu bilang tinggal 150 km lagi, nanti saya gas nya lebih langsam tau2 naik lagi jadi 190 km. Beda dengan toyodai. Kalau range 150 km, ya segitu aja. Kalau kita lebih langsam gas nya paling2 range nya gak turun2 atau lambat turunnya, tapi nggak berubah2 gitu.
Kalau ngeliat angka di MID nya ertiga kayak lebih irit dari ayla. Tapi kalau itung full to full, jatuhnya sama. Tetap bikin ilfil. Ini ayla yg terlalu boros atau ertiga yg terlalu irit, padahal 1200 vs 1500 cc. Konsumsi di dalkot.
Ane pernah coba bandingin antara full to full dgn MID bedanya segituan juga. At least selisihnya masih di bawah 10% menurut ane masih acceptable, masih bisa menggambarkan seberapa boros atau irit itu mobil dan gaya mengemudi kita.
Ayla nya manual atau matic oom?
Kalau ayla nya masih dirasa terlalu boros, mungkin bisa tukar BPKB ke L12B atau K12M yg konon katanya irit oom
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan [emoji29]
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:55
Creta dalem kota jaksel + jakut dapet sekitar 9-10km/100 liter jadi 1:10-1:11 an.
Standar 1500cc + rute macet ya
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:52
Baru ganti oli Creta ke Q8 D1 FE 0w20, rute alsut-pik dapet 4.4L / 100km. Sebelumnya oli bawaan dapet 4.8L /100km.
1:20? Rute longgar atau macet Gan?
1:22 rute longgar jalan terus di 50-60km/h, kalo yang 1:10-11 itu rute macet betul.
trebla88 wrote: Sun Jan 15, 2023 0:15
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
Ane pernah coba bandingin antara full to full dgn MID bedanya segituan juga. At least selisihnya masih di bawah 10% menurut ane masih acceptable, masih bisa menggambarkan seberapa boros atau irit itu mobil dan gaya mengemudi kita.
Ayla nya manual atau matic oom?
Kalau ayla nya masih dirasa terlalu boros, mungkin bisa tukar BPKB ke L12B atau K12M yg konon katanya irit oom
Metik Om. Brio kons BBM brp Om rata2 dalkot? MID Ayla selalu lebih rendah dr full to full. AN Ertiga pernah MID 1:17, full to full hanya 16 kurang.
Ini saya catetin trs tiap ngisi. Yg atas full to full, yg bawah MID.
Screenshot_20230104-040030_Fuelio.jpg
Full dalkot segitu lah kons BBM nya. Tapi itu istri saya yg pake gada pulse glide, keseringan gas rem gas rem. Manasin mobil jg udah kayak manasin air. Bermenit2 sambil ditinggal dandan [emoji29]
Kalau paling bawah masih saya yg bawa, itu pun sdh dicampur lukot. Full dalkot paling pol 12an.
trebla88 wrote: Sun Jan 15, 2023 0:15
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
1500cc turbo jatuh2nya mirip 2000 na ya Gan? Kalo 1400cc turbo Chevy Trax saya sebelumya bisa jatuh 8.6ltr/100km alias setara 1:12, tapi ya saya pake sendiri sih cuma rumah kantor rumah sehari2, jarang kena macet berjam2 yg maju dikit2.
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:55
Creta dalem kota jaksel + jakut dapet sekitar 9-10km/100 liter jadi 1:10-1:11 an.
Standar 1500cc + rute macet ya
sahabatq8 wrote: Sat Jan 14, 2023 15:52
Baru ganti oli Creta ke Q8 D1 FE 0w20, rute alsut-pik dapet 4.4L / 100km. Sebelumnya oli bawaan dapet 4.8L /100km.
1:20? Rute longgar atau macet Gan?
1:22 rute longgar jalan terus di 50-60km/h, kalo yang 1:10-11 itu rute macet betul.
ok standard 1500 n/a iritnya
trebla88 wrote: Sun Jan 15, 2023 0:15
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
Iya saya baca2 juga Ignis iritnya keterlaluan. sayangnya Suzuki modern skrg hobi nempelin transmisi AGS, apalagi di India sana Swift aja pake AGS jadi bingung emang AGS kelebihannya apa ya kalo buat selip2 bukannya agak lola?
trebla88 wrote: Sun Jan 15, 2023 0:15
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
1500cc turbo jatuh2nya mirip 2000 na ya Gan? Kalo 1400cc turbo Chevy Trax saya sebelumya bisa jatuh 8.6ltr/100km alias setara 1:12, tapi ya saya pake sendiri sih cuma rumah kantor rumah sehari2, jarang kena macet berjam2 yg maju dikit2.
1:22 rute longgar jalan terus di 50-60km/h, kalo yang 1:10-11 itu rute macet betul.
ok standard 1500 n/a iritnya
trebla88 wrote: Sun Jan 15, 2023 0:15
Spertinya rata² matic at/ cvt 1.5cc modern yg beredar di indonesia rata² 1:10-11an kalau dalkot jakarta
1:16 -1:22an kalau pakai toll
Kalau irit menurut saya k12b ignis pakai ags bener² kerasa iritnya bisa 1:13 dalkot jkt dan 1: 23an di rute yg sama kalau saya lalui
Asal tahan aga ndut²an ags nya
Iya saya baca2 juga Ignis iritnya keterlaluan. sayangnya Suzuki modern skrg hobi nempelin transmisi AGS, apalagi di India sana Swift aja pake AGS jadi bingung emang AGS kelebihannya apa ya kalo buat selip2 bukannya agak lola?
AGS itu murah soalnya bikinya om , dibandingin torque converter
abe357 wrote: Sat Jan 21, 2023 1:55
Izin tanya, 1NZ FE di vios Gen 2 AT normalnya berapa ya?
Mobil setahun kemaren dikasih oli helix astra 10W40 bisa dapet 1:12.4 dalem kota.
Awal tahun ini baru aja ganti Cv joint terus ganti oli juga astra 10w30 tapi malah jadi 1:10.5
Kondisi yg lain gmn?
- tekanan ban (minimal banget 30 psi, jgn di bawah itu)
- air filter, busi, koil, filter oli, kualitas bbm, cooling system, kondisi throttle body, intake valve, dll
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
abe357 wrote: Sat Jan 21, 2023 1:55
Izin tanya, 1NZ FE di vios Gen 2 AT normalnya berapa ya?
Mobil setahun kemaren dikasih oli helix astra 10W40 bisa dapet 1:12.4 dalem kota.
Awal tahun ini baru aja ganti Cv joint terus ganti oli juga astra 10w30 tapi malah jadi 1:10.5
Kondisi yg lain gmn?
- tekanan ban (minimal banget 30 psi, jgn di bawah itu)
- air filter, busi, koil, filter oli, kualitas bbm, cooling system, kondisi throttle body, intake valve, dll
Tekanan ban selalu di 33 depan belakang gan pakai pertalite. Untuk komponen yang disebutin juga ga ada masalah.
Memang pas baru ganti CV joint (dalem+luar, kanan-kiri) itu gan tiba2 KM/L nya turun.
Sehari sebelum ganti masih di 1:12.4, sehari setelah ganti jadi 1:9 (oli masih 10w40)
Abis ganti oli baru deh naik lagi tapi ya itu cuma sampai 1:1.0.5
Apa mungkin gara2 masang CV joint ny ga bener ya? Tapi ga ada bunyi2 juga sih
abe357 wrote: Sat Jan 21, 2023 1:55
Izin tanya, 1NZ FE di vios Gen 2 AT normalnya berapa ya?
Mobil setahun kemaren dikasih oli helix astra 10W40 bisa dapet 1:12.4 dalem kota.
Awal tahun ini baru aja ganti Cv joint terus ganti oli juga astra 10w30 tapi malah jadi 1:10.5
Kondisi yg lain gmn?
- tekanan ban (minimal banget 30 psi, jgn di bawah itu)
- air filter, busi, koil, filter oli, kualitas bbm, cooling system, kondisi throttle body, intake valve, dll
Tekanan ban selalu di 33 depan belakang gan pakai pertalite. Untuk komponen yang disebutin juga ga ada masalah.
Memang pas baru ganti CV joint (dalem+luar, kanan-kiri) itu gan tiba2 KM/L nya turun.
Sehari sebelum ganti masih di 1:12.4, sehari setelah ganti jadi 1:9 (oli masih 10w40)
Abis ganti oli baru deh naik lagi tapi ya itu cuma sampai 1:1.0.5
Apa mungkin gara2 masang CV joint ny ga bener ya? Tapi ga ada bunyi2 juga sih
Hmm.. selama dalemnya dikasih grease, dan gerak cv joint + laher roda nya lancar dan smooth sih harusnya gak ada issue ya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri